Contoh Pidato Tentang Kenakalan Remaja

6 min read

Pidato Tentang Kenakalan Remaja

Pidato Tentang Kenakalan RemajaRemaja merupakan masa pertumbuhan yang paling penting, Karena di masa tersebut mereka akan mencari jati diri serta mudah dipengaruhi. Tak jarang ditemukan remaja yang berperilaku buruk, tidak senonoh, dan labil. Mereka perlu diedukasi melalui pidato tentang kenakalan remaja.

Bahkan akhir-akhir ini kenakalan remaja semakin marak terjadi di Indonesia. Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan para orang tua, karena merekalah penerus generasi bangsa. Jangan sampai negara Indonesia hancur karena banyaknya kenakalan remaja yang dilakukan.

Menyampaikan pidato mengenai permasalahan kenakalan remaja yang terjadi, bisa memberikan kesan yang baik untuk para remaja. Berikut ini merupakan contoh pidato tentang kenakalan remaja untuk para remaja agar menjadi lebih baik lagi :


Pidato untuk Mencegah Kenakalan Remaja

Pidato Untuk Mencegah Kenakalan Remaja

Pidato untuk Mencegah Kenakalan Remaja
Kenakalan remaja di awali dari kebiasaan buruk serta pergaulan yang kelewatan. Terdapat contoh pidato yang bisa disampaikan untuk mencegah kebiasaan buruk yang sering dilakukan anak muda atau para remaja.

Pidato ini bisa disampaikan oleh guru kepada orang tua murid dan murid. Berikut ini merupakan contoh pidato tentang kenakalan remaja untuk mencegah kebiasaan buruk yaitu,

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selamat pagi saya ucapkan kepada hadirin sekalian dan salam sejahtera untuk kita semua.

Yang pertama dan paling utama marilah kita mengucapkan syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT Tuhan pencipta alam yang telah memberikan rahmat berupa kesehatan sehingga kita bisa berkumpul di sini dalam keadaan baik.

Tak lupa juga untuk selalu bershalawat kepada Baginda nabi besar Muhammad SAW, kepada keluarga sahabat serta para pengikutnya yang semoga kita termasuk di dalamnya.

Kepada Bapak Ibu yang saya hormati,

Kita semua tahu bahwa kenakalan remaja saat ini marak dilakukan, mulai dari tawuran, bolos, seks bebas, dan pergaulan buruk lainnya. Hal tersebut tentu saja sangat mengkhawatirkan, mengingat para remaja ini sedang tumbuh dewasa.

Apabila kenakalan remaja sudah sering dilakukan, maka hal tersebut menjadi kebiasaan buruh dan budaya untuk generasi selanjutnya. Tentu saja, budaya atau kebiasaan buruk tersebut harus kita cegah bahkan dimusnahkan. Karena hal itu bisa berdampak buruk pada moral dan karakter anak bangsa.

Ada 2 faktor yang menyebabkan kenakalan remaja tersebut bisa terjadi, yaitu faktor eksternal serta faktor internal. Faktor eksternal berasal dari luar diri, seperti pergaulan bebas, keluarga yang tidak harmonis, diajak teman dan lainnya.

Sedangkan faktor internal berasal dari dalam diri, seperti sifat labil, mudah dipengaruhi dan terprovokasi, keinginan untuk melakukan hal yang buruk dan lainnya.

Untuk mencegah terjadinya kenakalan remaja, diperlukan peran orang tua dan pengajar dalam mendidik serta membangun moral anak remaja. Dimana orang tua dapat memberikan inspirasi atau motivasi kepada anaknya untuk selalu berbuat baik.

Selain itu para orangtua juga harus menjaga keharmonisan keluarga, agar anak tidak kehilangan kasih sayang serta perhatian yang mereka butuhkan. Dengan begitu maka anak-anak mampu mengontrol diri dari pergaulan bebas.

Orang tua harus selalu memperhatikan pergaulan anak, seperti dimana mereka bermain? Dengan siapa mereka bermain? Dan apa yang mereka lakukan ketika berada di luar rumah? Karena hal tersebut dapat meminimalisir terjadinya kenakalan remaja.

Namun perlu diingat ya Bapak Ibu sekalian agar tidak mengekang anak dalam bergaul. Karena hal tersebut juga bisa memicu anak menjadi pemberontak. Selalu dengarkan apa yang mereka ceritakan dan berilah mereka pendidikan yang baik.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kepada Bapak Ibu sekalian pada kesempatan kali ini. Semoga kita semua dapat membangun karakter dan moral yang baik kepada anak dan mencegah terjadinya kenakalan remaja.

Akhir kata, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Baca Juga: Struktur Pidato


Pidato Tentang Kenakalan Remaja tema Merokok

Pidato Tentang Kenakalan Remaja Tema Merokok

Merokok merupakan salah satu kenakalan remaja yang sering terjadi di sekitar kita. Untuk mencegah hal ini terjadi, para orangtua atau para guru bisa memberikan pidato tentang kenakalan remaja dengan tema merokok.

Berikut ini merupakan contoh pidato tentang kenakalan remaja tema merokok yang dapat disampaikan oleh guru di sekolah :

Pidato Tentang Kenakalan Remaja tema Merokok

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Selamat pagi semuanya

Marilah sejenak kita mengucap syukur kepada Allah SWT karena atas nikmat dan karunia-Nya, kita semua bisa berkumpul dalam keadaan baik dan sehat. Tak lupa juga shalawat serta salam kita junjung kepada nabi besar Muhammad SAW, kepada para sahabat, keluarga, serta kita semua sebagai pengikutnya sampai hari akhir nanti. Aamiin.

Kepada yang terhormat kepala sekolah, bapak ibu guru beserta staf staf TU dan anak-anak yang saya cintai.

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa perokok aktif di Indonesia sangat banyak, salah satunya adalah para remaja yang juga merupakan seorang pelajar. Tentu hal ini sangat mengkhawatirkan para orang tua dan pendidik di sekolah.

Mengingat dampak negatif rokok sangat besar bagi remaja. Bukan hanya berbahaya bagi kesehatan tubuh, melainkan menimbulkan sifat atau karakter buruk pada remaja, misalnya menghambur-hamburkan uang, pergaulan bebas, serta memberi dampak buruk bagi yang lainnya.

Di Indonesia sendiri sudah terdapat jutaan manusia yang menjadi korban jiwa akibat merokok. Diantaranya yaitu mengalami cacat seumur hidup, sakit-sakitan, bahkan meninggal dunia.

Dalam kemasan rokok pun kita sudah menemukan peringatan berbahaya bagi para penggunanya. Seperti menyebabkan impotensi, gangguan janin, serta penyakit mematikan lainnya Meskipun begitu, masih banyak orang yang membeli rokok.

Hadirin sekalian,

Peringatan-peringatan tentang bahaya merokok tidak dipedulikan oleh sebagian orang, termasuk para pelajar. Bahkan para pelajar pun ikut-ikutan untuk merokok.

Seringkali ditemukan para pelajar mulai dari SMP, SMA bahkan SD pun sudah menjadi perokok aktif. Padahal mereka belum cukup umur untuk merokok. Oleh sebab itu, sangat penting bagi bapak ibu guru untuk mengedukasi anak-anak mengenai bahaya merokok.

Menurut studi, dampak bahaya dari rokok bukan hanya pada perokok aktif, melainkan juga perokok pasif. Hal tersebut tentu merugikan orang lain.

Bapak ibu guru beserta murid yang saya cintai,

Untuk menghilangkan rokok dari negara Indonesia cukup sulit bahkan tidak mungkin. Kenapa? Karena produksi rokok menjadi devisa besar bagi negara Indonesia. Di mana rokok dapat diekspor ke luar negeri dengan harga yang tinggi serta menguntungkan negara.

Namun, hal tersebut bukan tidak mungkin kita bisa merubah kebiasaan merokok pada diri khususnya para remaja. Kita perlu menjauhkan diri dan anak-anak dari rokok serta menggantinya dengan berperilaku hidup sehat, seperti berolahraga.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan kepada kalian semua, guna menyadarkan kalian dari efek negatif rokok. Semoga kita semua dapat terhindar dari bahaya merokok dan tidak ada lagi remaja yang merokok.

Mohon maaf apabila ada ucapan yang kurang mengenakkan hati. Akhir kata, Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Pidato Tentang Kenakalan Remaja tema Narkoba

Pidato Tentang Kenakalan Remaja Tema Narkoba

Narkoba memiliki dampak yang buruk terhadap kesehatan dan lingkungan. Oleh sebab itu, menggunakan narkoba termasuk kedalam kasus kesehatan.

Namun sayangnya, banyak pengguna narkoba yang berasal dari kalangan remaja atau pelajar. Berikut ini merupakan pidato tentang kenakalan remaja tema narkoba yang bisa diberikan untuk para remaja, yaitu :

Pidato Tentang Kenakalan Remaja tema Narkoba

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam sejahtera saya haturkan bagi kita semua,

Marilah kita mengucap syukur alhamdulillah ke hadirat Allah SWT, Karena tanpa seizinnya kita tidak bisa berkumpul di tempat ini. Tak lupa juga untuk selalu bershalawat kepada Baginda nabi besar Muhammad SAW.

Yang terhormat kepala sekolah, bapak ibu guru beserta staf TU dan murid-murid yang saya banggakan. Pada kesempatan ini saya akan berpidato mengenai kenakalan remaja dengan tema narkoba.

Saat ini pengguna narkoba bukan hanya dari orang dewasa, melainkan para remaja yang juga merupakan seorang pelajar. padahal seharusnya para remaja harus ikut serta dalam memerangi narkoba. Mengingat penggunaan narkoba membawa dampak besar.

Penggunaan narkoba mengakibatkan kesehatan terganggu, perubahan perilaku, kriminalitas, kekerasan, dan kejahatan lainnya. Sepatutnya kita memerangi penggunaan narkoba.

Namun, kurangnya pendidikan yang baik untuk para remaja menjadikannya sebagai pengguna. Sehingga mereka terjerumus dalam dampak negatif narkoba.

Bapak ibu guru sekalian,

Sebagai pengajar di sekolah, sudah seharusnya kita mendidik anak-anak kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi agar berguna bagi bangsa dan negara. Hal ini menjadi langkah pencegahan agar anak murid kita tidak terjerumus dalam narkoba.

Begitupula dengan anak-anakku yang saya cintai. Tentunya kalian juga memiliki peran yang penting untuk memerangi narkoba, bukan justru sebaliknya menjadi pengguna. Sebagai remaja yang baik, kalian bisa mengikuti kegiatan sosial yang bermanfaat dan tentunya baik untuk lingkungan.

Sebagai seorang remaja yang terpelajar, kalian harus pintar memilih pergaulan serta teman baik. Jangan sampai kalian berteman dengan orang yang menjadi pemakai, bahkan pengedar narkoba.

Hadirin sekalian,

Pihak sekolah dan guru bimbingan konseling harus lebih aktif untuk memberikan penyuluhan kepada pelajar mengenai narkoba, mulai dari penggunaan, ciri-ciri pengguna, serta dampak buruk narkoba. Begitu pula dengan para guru, yang harus mengetahui ciri-ciri pengguna narkoba.

Sehingga ketika ditemukan ciri-ciri yang mencurigakan dari anak murid, sekolah mampu menangani hal tersebut dengan tepat dan cepat. Sekolah juga perlu waspada terhadap tamu yang datang ke sekolah. Jangan sampai tamu tersebut merupakan pengedar dari yang mencari anggota baru.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan kepada bapak ibu guru serta murid-murid yang saya cintai. Semoga kita semua bisa bekerja sama untuk memerangi narkoba.

Akhir kata, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Baca Juga: Pidato Mensyukuri Nikmat Allah


Pidato Tentang Kenakalan Remaja Singkat tema Tawuran

Pidato Tentang Kenakalan Remaja Singkat Tema Tawuran

Tawuran merupakan kenakalan remaja yang marak dilakukan oleh para pelajar khususnya. Bahkan akibat terjadinya tawuran tersebut menelan korban jiwa yang cukup tinggi.

Oleh sebab itu sangat penting memberikan edukasi kepada para remaja mengenai bahaya tawuran. Berikut ini merupakan contoh pidato tentang kenakalan remaja tema tawuran :

Pidato Tentang Kenakalan Remaja Singkat tema Tawuran

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Pertama-tama marilah kita mengucap syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat kepada kita semua. Tak lupa juga untuk selalu bershalawat kepada Baginda nabi besar Muhammad SAW.

Yang terhormat bapak ibu guru beserta staf TU dan murid-murid yang saya banggakan.

Berdirinya saya disini untuk berpidato singkat mengenai tawuran yang marak dilakukan oleh para pelajar.

Seperti yang kita ketahui bahwa banyak pelajar yang melakukan tawuran dengan pelajar lainnya, karena masalah sepele. Akibatnya tak sedikit korban jiwa yang melayang dari tawuran tersebut.

Tawuran sendiri merupakan kenakalan remaja yang perlu kita hindari dan kita hilangkan. Karena membawa dampak buruk bagi diri sendiri dan lingkungan.

Murid-murid yang saya cintai, kalian harus menjaga diri agar tidak terperosok ke dalam pergaulan yang buruk. Biasanya seseorang yang melakukan tawuran yaitu berada pada geng bentuk perkumpulan negatif.

Anak-anakku sekalian, mulai dari sekarang kalian harus sadar untuk tidak melakukan tawuran. Karena tindakan tersebut dapat meresahkan orang lain. Jangan sampai kalian yang terpelajar mengecewakan orang tua dan guru.

Justru kalian harus mengajak orang lain ke dalam pergaulan yang positif. Misalnya dengan melakukan berbagai kegiatan sosial yang berdampak baik untuk lingkungan.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Itulah beberapa contoh pidato tentang kenakalan remaja yang bisa disampaikan kepada para remaja khususnya pelajar. Semoga pidato tersebut dapat bermanfaat dan memberi pesan yang baik untuk remaja.

Semoga contoh pidato di atas juga bisa menjadi referensi dalam menyampaikan materi. Jangan lupa untuk selalu memberikan kebaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *