Contoh Pidato Tentang Kebersihan Lingkungan yang Sangat Berkesan

6 min read

Pidato Tentang Kebersihan

Pidato Tentang Kebersihan Pidato merupakan salah satu kegiatan yang biasanya diadakan sebagai bagian dari kegiatan upacara, pembukaan kegiatan atau peresmian. Pidato sendiri terbagi kedalam berbagai jenis dan tema, seperti pidato tentang kebersihan yang akan dibahas kali ini. Namun ada juga pidato mengenai kesehatan anak, pendidikan, lingkungan bahkan ekonomi pembangunan

Dimana pengertian dari pidato sendiri merupakan kegiatan penyampaian informasi secara formal untuk tujuan tertentu kepada khalayak ramai. Orasi yang disampaikan di depan khalayak umum ini sendiri merupakan biasanya lahir dari pendapat pribadinya mengenai suatu situasi. Namun bisa juga penyampaian informasi yang ada ini berdasarkan fakta yang ada di lapangan.

Pidato yang disampaikan pada sebuah pertemuan atau kegiatan sendiri memang umum dilakukan dan seolah sudah menjadi kewajiban. Apalagi ketika adanya kegiatan peresmian kegiatan, peringatan hari besar nasional bahkan ketika akan memulai rapat. Oleh sebab itu menjadi penting untuk mengetahui bab-bab mengenai pidato itu sendiri.

Dalam artikel dan ulasan yang akan dibahas kali ini sendiri akan merujuk pada berbagai informasi mengenai pidato. Khususnya lagi adalah pidato tentang kebersihan yang bisa disampaikan untuk menggalangkan cinta lingkungan. Bisa juga disampaikan  pada saat perayaan hari bumi juga untuk menyerukan kampanye lingkungan, sebagai berikut.


Mengapa Penting Menyuarakan Pidato Bertema Kebersihan?

Mengapa Penting Menyuarakan Pidato Bertema Kebersihan

Nah sebelum membahas mengenai berbagai informasi penting mengenai pidato maka sebelumnya akan dibahas terlebih dahulu pentingnya pidato kebersihan. Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa pidato merupakan salah satu cara untuk mempengaruhi pola pikir seseorang. Sehingga ketika disampaikannya pidato mengenai kebersihan harapannya banyak khalayak menjadi sadar kebersihan.

Dewasa ini memang kebersihan menjadi salah satu hal yang paling diperhatikan oleh berbagai kalangan dan pemerintah sekalipun. Hal ini dikarenakan kebersihan menjadi salah satu bentuk penjagaan terhadap alam semesta. Kegiatan seperti membuang sampah pada tempatnya, menjaga kebersihan saluran air seperti sungai menjadi penting diperhatikan.

Lingkungan yang bersih memungkinkan untuk bencana seperti banjir untuk dapat diminimalisir terjadi. Kemudian sikap menjaga kebersihan dan lingkungan bisa meningkatkan nilai kesehatan manusia dan rendahnya tingkat penyakit. Oleh sebab itu menjadi penting untuk banyak orang menyadari arti pentingnya kebersihan dengan melalui pidato tentang kebersihan.

Baca Juga: Penutup Pidato


Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pembuatan Pidato

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pembuatan Pidato

Nah setelah mengetahui beberapa hal mengenai pentingnya penyampaian pidato sebagai bentuk pengaruh terhadap suatu khalayak. Maka kali ini akan dibahas mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembentukan pidato, sebagai berikut.

1. Salam Atau Sapaan Pembuka

Hal yang perlu untuk diperhatikan dalam pembuatan pidato tema kesehatan dan tema umum lainnya adalah salam pembuka. Dimana salam dan sapaan pembuka menjadi penting karena setiap kegiatan akan membutuhkan salam yang berbeda. Misalnya saja untuk pidato kebersihan di pemerintahan akan berbeda dengan salam pada pidato kesehatan sekolah.

2. Pendahuluan

Menjadi penting untuk memahami bagian dan apa saja yang wajib untuk diperhatikan dalam bab pendahuluan. Untuk bagian ini sendiri memang pada umumnya memberikan uraian singkat tujuan diadakannya pidato  itu sendiri. Sehingga jangan sampai salah dalam menentukan pendahuluan yang ada.

3. Isi Pidato

Isi dari pidato merupakan salah satu hal yang  paling mendasar untuk diperhatikan. Hal ini berkaitan nantinya dengan tema dan tujuan diadakannya pidato itu sendiri. Merujuk pada tema kebersihan kali ini maka isi pidatonya jangan sampai melenceng dari tema kebersihan.

4. Harapan-harapan

Jangan lupa untuk membuat harapan-harapan untuk kemajuan dari apa yang sudah dibahas di dalam isi pidato. Misalnya saja ada harapan untuk penanganan dan kesadaran kebersihan masyarakat X menjadi lebih baik dari sebelumnya. Atau bisa juga harapan untuk tingkat kebersihan lingkungan kantor pemerintahan D menjadi lebih baik dari sebelumnya.

5. Kesimpulan dan Penutup

Selain berbagai poin diatas menjadi penting pula untuk memahami penempatan kesimpulan dan penutup dari pidato. Jadi pemberi pidato bisa memberikan penegasan isi pidato pada bagian kesimpulan dan penutup. Oleh sebab itu dalam menyusun kerangka pidato bagian ini menjadi penting untuk diperhatikan.


Berikut Contoh Pidato Tentang Kebersihan Di Berbagai Kalangan

Setelah mengetahui bagaimana dan hal apa yang perlu diperhatikan dalam pembentukan pidato masa kini beranjak pada contoh pidatonya. Sesuai dengan judulnya sendiri kali ini akan diberikan beberapa bentuk pidato tentang kebersihan yang bisa dicontoh, sebagai berikut:

1. Pidato Kebersihan Untuk Kalangan Siswa Sekolah

1. Pidato Kebersihan Untuk Kalangan Siswa Sekolah

Pidato Kebersihan Untuk Kalangan Siswa Sekolah

Assalamualaikum Wr. Wb, pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang sudah memberi rahmat. Dimana pada kesempatan kali ini kita semua bisa diberikan kesehatan dan juga keberkahan hidup. Pada kesempatan kali ini saya selaku kepala sekolah SMA 2 XX ingin menyampaikan perihal issue kebersihan.

Dimana seperti yang kita ketahui semua wahai murid-murid, bapak ibu guru dan para tenaga pembantu di lingkungan sekolah. Bahwasanya seperti yang diketahui bahwa menjaga kebersihan bagian penting dari keimanan dan kehidupan. Selain itu sendiri, menjaga kebersihan merupakan salah satu bentuk menjaga bumi yang kita pijak.

Dengan adanya kesadaran untuk menjaga kebersihan mulai dari diri sendiri, baik di lingkungan rumah hingga sekolah. Merupakan salah satu cara untuk membantu pemerintah menekan laju bencana semacam banjir dan menjaga kebersihan lingkungan juga. Bersih itu dimulai dari diri sendiri, seperti rajin membuang sampah dan berbenah diri.

Tubuh yang bersih dan lingkungan yang bersih akan menekan laju penyakit. Diri akan lebih terhindar dari penyakit dan kegiatan belajar mengajar bisa menjadi lebih efektif. Oleh sebab itu semua civitas sekolah wajib menjaga kebersihan, assalamualaikum wr.wrb


2. Pidato Kebersihan Untuk Kalangan Perusahaan

2. Pidato Kebersihan Untuk Kalangan Perusahaan

Pidato Kebersihan Untuk Kalangan Perusahaan

Selain contoh pidato kebersihan di lingkungan sekolah yang bisa dicontoh ada juga pidato tentang kebersihan lingkungan perusahaan. Berikut adalah uraiannya, mari simak:

Assalamualaikum Wr. Wb, pertama-tama mari kita panjatkan puji syukur kehadiran Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberi karunia sehat. Dimana pada atas kesehatan yang diberikan-Nya kita bisa berkumpul disini. Pada kesempatan kali ini saya selaku Ketua Direksi Utama Perusahaan Yamin ingin  menggalangkan minat kebersihan.

Dimana kebersihan sendiri merupakan salah satu bagian penting yang bisa menunjang kenyamanan dalam bekerja. Dengan menjaga kebersihan dari diri sendiri, kita bisa terhindar dari penyakit dan tubuh lebih menjadi bugar. Sehingga ketika kita sehat maka performa kerja kita menjadi lebih baik dan semakin baik.

Selain itu menjaga kebersihan juga berlaku pada kebersihan lingkungan yang bisa dimulai dari diri sendiri. Contohnya saja adalah menjaga kebersihan untuk tidak membuang sampah sembarangan apalagi di lingkungan kantor. Kemudian rajin membersihkan lingkungan kerja dan bijak dalam menggunakan fasilitas kantor untuk tetap dijaga kebersihannya.

Tubuh yang bersih dan lingkungan yang bersih akan membuat produktivitas menjadi semakin besar. Oleh sebab itu semua civitas perusahaan wajib menjaga kebersihan. Jangan bermalas-malasan dalam menjaga kebersihan, wassalamuallaikum wr.wrb


3. Pidato Kebersihan Kalangan Rukun Tetangga

3. Pidato Kebersihan Kalangan Rukun Tetangga

Pidato Kebersihan Kalangan Rukun Tetangga

Rumah tangga merupakan salah satu lingkungan yang menjadi penghasil sampah plastik dengan presentasi yang cukup banyak. Oleh sebab itu perlu adanya penanaman pengetahuan tentang kebersihan, dengan contoh pidato berikut:

Assalamualaikum Wr. Wb, pertama-tama marilah kita memanjatkan rasa syukur kehadiran Tuhan Yang Maha Esa ditengah kita. Dimana pada kesempatan kali ini kita semua seluruh warga masyarakat Dusun Kepek bisa diberikan kesehatan untuk berkumpul disini. Pada kesempatan kali ini untuk memahami arti kebersihan termasuk pentingnya mengelola sampah rumah tangga.

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih untuk kedatangan seluruh warga masyarakat pada kegiatan kerja bakti kali ini. Dimana berarti para warga memiliki kesadaran akan pentingnya kebersihan diri dan lingkungan. Dewasa ini sendiri memang issue kebersihan diri maupun lingkungan banyak digunakan termasuk soal sampah rumah tangga.

Dengan adanya kesadaran untuk menjaga kebersihan maka memungkinkan diri untuk menjadi lebih sehat dan produktif. Lingkungan dan diri yang terjaga memungkinkan kita untuk selalu sehat dan terhindar dari penyakit, misalnya penyakit kulit. Bersih itu dimulai dari diri sendiri dan disebarkan pada lingkungan, harus rajin-rajin membuang sampah rumahan.

Oleh sebab itu mari saya sampaikan agar seluruh warga menjadi lebih rajin membuang sampah dan berbenah diri. Gunakan kebutuhan air dengan sebaik-baiknya, juga fasilitas publik jangan sampai menumpuk sampah rumah tangga. Ingat untuk jaga kebersihan, sekian Wassalamuallaikum wr.wrb


4. Contoh Pidato Kebersihan Di Hari Bumi Untuk Seluruh Kalangan

4. Contoh Pidato Kebersihan Di Hari Bumi Untuk Seluruh Kalangan

Pidato Kebersihan Di Hari Bumi Untuk Seluruh Kalangan

Selain contoh pidato kebersihan di lingkungan sekolah, rumah tangga juga perusahaan maka berikut adalah contoh pidato tema hari bumi. Seperti apa uraiannya, berikut mari simak bersama:

Assalamuallaikum Wr. Wb, pertama-tama mari kita haturkan puja puji syukur kehadiran Allah SWT ditengah kita. Dimana dengan karunianya kita bisa berkumpul dalam acara ini dengan keadaan sehat tanpa halangan. Sehingga kita bisa bertukar pandang dan kesempatan memaknai hari bumi bersama-sama.

Pada kesempatan kali ini saya selaku wakil pembicara Dinas Kebersihan dan Lingkungan hidup ingin menyampaikan perihal issue kebersihan. Terimakasih sebelumnya saya sampaikan pada semua kalangan yang sudah hadir pada kesempatan kali ini. Seperti yang diketahui bahwasanya menjaga kebersihan merupakan suatu bagian dari keimanan.

Oleh sebab itu marilah dari diri sendiri untuk rajin menjaga kebersihan termasuk menjaga kesehatan lingkungan. Buanglah sampah pada tempatnya baik di lingkungan rumah atau lingkungan umum sekalipun. Gunakan fasilitas publik dengan sebaik-baiknya dan kemudian jagalah diri untuk selalu bersih.

Tubuh yang bersih dan lingkungan yang bersih akan menekan laju penyakit oleh sebab itu mandilah setidaknya 2x sehari. Kemudian makan yang bergizi dan jaga lingkungan yang ada untuk selalu bersih. Wassalamuallaikum wr.wb

Baca Juga: Pidato Persuasif


5. Contoh Pidato Untuk Pentingnya Kebersihan dalam Bagian Keagamaan

5. Contoh Pidato Untuk Pentingnya Kebersihan Dalam Bagian Keagamaan

Pidato Untuk Pentingnya Kebersihan dalam Bagian Keagamaan

Nah terakhir adalah contoh pidato tentang kebersihan dalam bagian atau ranah keagamaan. Dimana kebersihan merupakan bagian dari keimanan bukan? berikut ulasannya:

Assalamualaikum Wr. Wb, pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT di tengah-tengah kita semua. Dimana karena karunia-Nya kita masih bisa diberikan nikmat sehat dan berkumpul bersama kali ini. Sehingga kita juga memiliki kesempatan untuk berkumpul pada kajian kali ini di masjid Nur Jannah.

Berkumpulnya kita kali ini sendiri karena ingin mengkaji perihal pentingnya menjaga kebersihan baik dari diri dan lingkungan. Dimana kebersihan merupakan bagian dari keimanan dan sudah diwajibkan dalam agama kita.  Menjaga kebersihan sendiri membawa banyak manfaat seperti bisa menjaga kesehatan dan tentunya bisa menghindarkan dari penyakit.

Oleh sebab itu kita wajib untuk menjaga diri selalu makan yang bergizi, kemudian rajin mandi untuk membersihkan diri. Kemudian juga  wajib untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan rajin membuang sampah dan membersihkan lingkungan rumah. Bersih itu dimulai dari diri sendiri dan penting untuk digunakan.

Tubuh yang bersih dan lingkungan yang bersih akan menekan laju penyakit serta menaikkan keefektifan diri baik untuk bekerja atau beribadah. Diri yang bersih akan lebih terhindar dari penyakit .Oleh sebab itu semua yang hadir dalam kajian ini diharapkan mampu menjaga kebersihan, sekian wassalamuallaikum wr.wrb

Itulah diatas berbagai ulasan mengenai pidato tentang kebersihan yang dapat diperhatikan, mulai dari pengertian, bentuk dan contohnya. Jadi kini sudah bisa dipahami bukan betapa pentingnya pidato untuk disampaikan dan mempengaruhi berbagai khalayak. Oleh sebab itu kini ketika ingin berorasi khususnya untuk menggalangkan kebersihan bisa mengikuti berbagai tips diatas.

Menjaga kebersihan sendiri memang merupakan sebagian dari iman dan menjadi tanggung jawab bersama sebagai seorang manusia. Hakikatnya kebersihan merupakan suatu cerminan diri dan sikap dari masing-masing masyarakat suatu bangsa. Oleh sebab itu jangan sampai tidak menjaga kebersihan dan jangan sampai membuang sampah sembarangan!

 

10 Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris Beserta Terjemahan

Pembukaan Pidato Bahasa Inggris – Pidato bahasa Inggris adalah salah satu kegiatan berbicara di depan umum untuk menginformasikan suatu hal dengan bahasa Inggris. Salah...
bikinartikel
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: