Cara Menambal Ban Tubeless Sepeda Motor

1 min read

CARA MENAMBAL BAN TUBELESS SEPEDA MOTOR

Ban tubeless adalah ban yang saat ini banyak digemari oleh para pengguna sepeda motor. Karena, ban satu ini ketika mengalami kebocoran tidak harus dibawa ke bengkel langsung. Namun juga bisa diperbaiki sendiri di tempat. Maka dari itu artikel ini akan membahas cara menambal ban tubeless sepeda motor.

Jika kebocoran terjadi di jalan yang banyak ditemui bengkel maka hal itu bukanlah masalah besar. Namun, tentunya akan sangat menyulitkan ketika terjadi di jalanan yang sepi.  Maka, dengan menggunakan ban tubeless dan membawa tire repair kit maka ban bocor dimana pun tidak menjadi masalah besar lagi.

Tire Repair Kit ini merupakan sekumpulan alat yang digunakan untuk memperbaiki ban bocor. Mulai dari alat pencongkel hingga untuk menambah angin pada ban. Harganya pun beragam, disesuaikan dengan kelengkapannya. Maka dari itu, berikut dibawah ini adalah cara menambal ban tubeless sepeda motor :


1. Ambil Barang Yang Menyebabkan Bocor

Ambil Barang Yang Menyebabkan Bocor

Ban yang bocor tentunya karena melindas sesuatu yang tajam sehingga dapat melubangi ban. Benda-benda tersebut umumnya dapat berupa paku ataupun logam-logam tajam lainnya. Untuk langkah awal memperbaiki ban bocor adalah dengan mengambil benda tersebut terlebih dahulu.

Alat yang dapat digunakan untuk mencongkel benda tersebut tersedia di dalam tire repair kit tadi. Namun, jika dalam tire repair kit tersebut tidak ada maka bisa mencabutnya dengan cara manual. Lepaskan benda yang menancap pada ban dengan berbagai cara, tidak masalah jika lobang bertambah besar.


2. Lubangi Lagi Lobang

Lubangi Lagi Lobang

Seperti yang dikatakan diatas, mengeluarkan benda yang menyebabkan kebocoran tidak harus angkat berhati-hati. Karena, lobang yang tadinya kecil memang akan dilubangi lagi dengan lebih besar. Untuk alat ini sendiri biasanya selalu tersedia dalam tire repair kit.

Alatnya biasanya berupa alat yang digunakan untuk membuka mur. Cara menggunakan alat ini adalah dengan mendorongnya ke dalam dan keluar secara terus menerus. Hingga lobang yang tadi menjadi sedikit lebih longgar.


3. Tambal Ban Dengan Karet Yang Sudah Diberi Lem

Tambal Ban Dengan Karet Yang Sudah Diberi Lem

Lubang yang dibuat longgar tadi berguna supaya proses penambalan menjadi lebih mudah. Karena, jika lobang tersebut sudah longgar maka memasukkan karet tambalan pun akan mudah. Karet tambalan ini biasanya tidak tersedia bersama dengan tire repair kit. Maka harus didapatkan secara terpisah.

Caranya adalah dengan melumuri karet tersebut dengan lem khusus yang tersedia di tire repair kit. Selanjutnya adalah memasukkan karet dengan lem basah itu secara perlahan ke lubang. Perlu diingat jangan sampai karet tersebut malah masuk ke bagian dalam ban.


4. Tunggu Hingga Lem Mengering

Tunggu Hingga Lem Mengering

Setelah karet tambalan terpasang dengan sempurna maka selanjutnya adalah menunggu lem tersebut kering. Selagi menunggu lem kering bisa menggunakan waktunya untuk merapikan sisa-sisa karet yang keluar ban. Lamanya waktu lem ini kering adalah sekitar 15 menitan. Selama waktu tersebut, bisa dimanfaatkan untuk menggunting karet-karet tambalan yang kurang rapi pada ban.


5. Isi Lagi Angin Pada Ban

Isi Lagi Angin Pada Ban

Hal satu ini adalah hal yang sangat penting untuk dibawa. Ada tire repair kit yang sepaket dengan pompa manual. Namun, sebagian lagi juga tidak menyediakan pompa untuk mengisi angin ban ini. Maka dari itu, jika tidak memiliki alat untuk memompa ban lebih baik untuk selalu waspada dengan kebocoran. Karena, jika kebocoran cepat diketahui maka angin yang keluar ban pun akan lebih sedikit.

Itulah beberapa langkah dari cara menambal ban tubeless sepeda motor. Jenis ban tubeless ini sangat cocok untuk digunakan pada saat sedang bepergian ke tempat yang jauh. Terlebih di jalan-jalan lintas yang jarang sekali terdapat tukang ataupun bengkel tambal ban.

Cara Menambal Ban Tubeless Sepeda Motor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *