Cara Naik Motor Kopling

1 min read

Cara Naik Motor Kopling

Motor kopling banyak sekali dianggap lebih susah dibandingkan dengan jenis motor lainnya. Banyak orang, terutama wanita menghindari menggunakan motor kopling dan lebih memilih menggunakan motor matic. Namun, juga sebagian ada yang mencari cara naik motor kopling supaya bisa mengendarainya.

Jenis motor ini memang lebih rumit dioperasikan dibandingkan dengan motor matic. Karena pengemudinya harus menghafal tuas kopling itu sendiri. Berbeda dengan motor matic yang hanya tinggal mengegas dan rem saja. Maka dari itu, artikel kali ini akan membahas tentang cara naik motor kopling untuk pemula.


1. Siapkan Peralatan Berkendara

Siapkan Peralatan Berkendara

Setiap mengendarai kendaraan jenis apapun maka perlengkapannya haruslah lengkap. Terlebih pada saat mengendarai motor yang memiliki perlengkapan jauh lebih banyak. Mulai dari helm, sarung tangan hingga jaket dan sepatu. Semua itu perlu disiapkan untuk menghindari kemungkinan terburuk jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Termasuk juga untuk naik motor kopling. Semua keperluan mengendarainya harus lengkap seperti mengendarai motor pada umumnya. Perlengkapan yang paling dan harus selalu tersedia tentunya adalah helm. Karena, selain untuk melindungi diri hal ini juga untuk mematuhi peraturan mengendarai sepeda motor.


2. Pelajari Tuas Kopling

Pelajari Tuas Kopling

Karena yang akan dipelajari adalah cara naik motor kopling maka tentunya pengendaranya harus paham tentang tuas kopling. Biasakanlah diri dengan tuas tersebut selama mengendarai sepeda motor jenis ini.

Caranya yang pertama adalah saat pertama kali motor menyala maka tariklah tuas kopling tersebut. Setelah itu lepaskan perlahan sambil memasukkan gigi pertama. Jika berhasil maka saat itu motor sudah berada dalam gigi netral. Setiap akan menggantikan gigi maka jangan lupa untuk menarik tuas kopling.


3. Pahami Fitur-Fitur Motor

Pahami Fitur Fitur Motor

Setiap mengendarai setiap jenis kendaraan maka perlu untuk memahami fitur-fiturnya. Untuk motor kopling maka yang harus mutlak diketahui adalah tuas kopling dan gigi. Selanjutnya adalah fitur-fitur tambahan lainnya. Seperti klakson, sein, lampu dan lain sebagainya. Hal itu supaya mempermudah saat sedang menjalankan motor di jalan raya yang membutuhkan semuanya berjalan dengan cepat dan tepat.


4. Jalankan Motor

Jalankan Motor

Selanjutnya jika sudah menghafal fitur-fitur motor dan mempelajari kopling maka selanjutnya adalah belajar menjalankannya. Pada saat awal mula belajar ini haruslah di tempat sepi dan hanya berupa jalan lurus saja. Memilih tempat yang sepi supaya nantinya jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan tidak ada orang lain yang menjadi korban.

Jalanan sepi ini bisa terletak di perumahan pada siang hari. Di saat orang-orang sedang tidur siang maka saat itu adalah saat yang cukup tepat untuk belajar motor. Selain itu juga bisa memanfaatkan lapangan-lapangan yang tersedia.


5. Belajar Berganti Gigi Ketika Motor Berjalan

Belajar Berganti Gigi Ketika Motor Berjalan

Hal satu ini adalah yang biasanya sulit dilakukan oleh para pemula yang baru belajar motor kopling. Seringkali pada saat ini juga terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan. Maka dari itu, pada saat belajar menjalankan motor, hal satu ini adalah salah satu yang harus benar-benar dipelajari.

Karena, hal ini akan selalu berguna pada saat menjalankan motor kopling. Terlebih saat sudah mulai berkendara di jalan ramai. Karena ketika mengendarai motor kopling dengan tidak lancar maka juga bisa menyebabkan kecelakaan.


6. Fokus Dan Jangan Mudah Panik

Fokus Dan Jangan Mudah Panik

Hal satu ini juga adalah hal yang sangat diperlukan pada saat berkendara. Karena, ketika panik dan tidak fokus dapat mengakibatkan terjadinya hal yang tidak diinginkan. Maka saat berkendara apalagi belajar naik motor kopling lebih baik untuk selalu berusaha fokus dan tidak panik jika terjadi sesuatu.

Itulah cara naik motor kopling untuk pemula. Motor ini sangat cocok untuk pada laki-laki yang ingin terlihat lebih gentle. Karena memang, agak kurang cocok jika dikendarai oleh seorang perempuan.

Cara Naik Motor Kopling

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *