Contoh Pidato Tentang Lingkungan

5 min read

Pidato Tentang Lingkungan

Pidato Tentang LingkunganLingkungan merupakan tempat yang sangat penting untuk kehidupan manusia, Oleh sebab itu menjaga lingkungan merupakan kewajiban setiap manusia. Namun hal tersebut kurang disadari bagi beberapa orang. Diperlukan motivasi dan nasihat melalui pidato tentang lingkungan agar semakin banyak orang yang sadar menjaga lingkungan.

Menjaga lingkungan merupakan kewajiban setiap orang mulai dari anak-anak, hingga orang tua sekalipun. Hal ini harus ditanamkan sejak dini pada diri anak, melalui peran orang tua dan lainnya.

Membicarakan lingkungan tidak pernah terlepas dari kata kebersihan, kenyamanan, serta keindahan. Hal tersebut merupakan tiga aspek yang membuat lingkungan nyaman untuk ditinggali oleh manusia. Berikut ini merupakan contoh pidato tentang lingkungan lengkap :


Pidato Tentang Lingkungan Sekolah

Pidato Tentang Lingkungan Sekolah

Pidato tentang lingkungan sekolah biasanya dibawakan oleh guru maupun petugas sekolah lainnya, guna mengajak masyarakat sekolah untuk menjaga lingkungannya. Pidato ini dapat dibawakan pada hari kapanpun, misalnya ketika amanat upacara. Adapun contoh pidato tentang lingkungan sekolah yaitu sebagai berikut :

Pidato Tentang Lingkungan Sekolah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua

Pertama-tama marilah kita mengucapkan Alhamdulillah kepada Allah SWT karena-Nya kita telah diberikan nikmat sehat sehingga bisa berkumpul di sekolah yang kita banggakan ini.

Shalawat serta salam semoga selalu sampaikan kepada Baginda nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam, kepada keluarga sahabat serta para pengikutnya sekalian.

Yang terhormat untuk bapak ibu guru serta murid-murid yang saya cintai. Berdirinya saya disini ingin menyampaikan pidato tentang lingkungan, dengan tujuan agar kita selalu menjaga lingkungan baik di rumah maupun di sekolah. Karena kebersihan lingkungan sangat penting untuk dijaga demi kenyamanan serta keindahan yang diharapkan.

Lingkungan sekolah menjadi cerminan budaya dari sekolah kita sendiri, maka dari itu buatlah lingkungan sekolah menjadi nyaman dan bersih. Jadikan sekolah seperti rumah kedua untuk kalian jaga. Terlebih sekolah merupakan tempat untuk menuntut ilmu.

Apabila sekolah terlihat bersih, maka kegiatan belajar dan mengajar pun semakin nyaman dan tertib, serta mampu meningkatkan konsentrasi. Oleh sebab itu, kita semua sebagai bagian dari keluarga sekolah harus peduli terhadap lingkungan sekolah.

Caranya kita bisa membersihkan taman yang kotor, kelas yang berantakan, dan tempat yang berada di sekolah lainnya seperti kantin, kamar mandi, lab, dan lainnya. Jadi, saya harap setiap kelas mempunyai jadwal piket tersendiri untuk membersihkan kelas.

Setiap siswa dan siswi juga harus memiliki kesadaran yang tinggi. Apabila memasuki jadwal piket, maka siswa tersebut harus datang lebih awal agar membersihkan kelas terlebih dahulu sebelum pelajaran dimulai.

Jangan lupa buang sampah di tong sampah. Supaya sekolah yang kita cintai ini bersih dari sampah yang berserakan.

Yang terhormat bapak ibu guru, serta murid-murid yang saya cintai

Semoga kita bisa bersama-sama menjaga lingkungan sekolah agar tetap bersih dan nyaman. Mulai dari diri kita dan dari hal-hal yang kecil yang membawa pengaruh besar untuk kehidupan yang lebih baik.

Semoga kalian dapat menerima pesan dari saya dengan baik dan mulai menjaga lingkungan sekolah.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Baca Juga: Pidato Tentang Kenakalan Remaja


Pidato Tentang Kebersihan Lingkungan Masyarakat

Pidato Tentang Kebersihan Lingkungan Masyarakat

Pidato tentang lingkungan bertujuan untuk mengedukasi masyarakat mulai dari anak-anak hingga orang tua mengenai pentingnya menjaga lingkungan. Salah satu tema yang akan dibahas mengenai lingkungan yaitu tentang kebersihan. Berikut ini merupakan contoh pidato tentang kebersihan lingkungan masyarakat, yaitu :

Pidato Tentang Kebersihan Lingkungan Masyarakat

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Salam sejahtera

Yang paling utama marilah kita mengucap hamdalah kepada Allah SWT, atas segala nikmat karunia-Nya kepada kita semua. Tak lupa juga shalawat serta salam kita curahkan kepada Baginda nabi besar Muhammad SAW, kepada keluarga, sahabat, serta para pengikutnya sekalian.

Saya juga ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada rekan-rekan semua, karena telah diizinkan untuk menyampaikan beberapa pesan dalam pidato tentang lingkungan. Semoga kita bisa selalu bersama dan saling mengingatkan akan kebaikan.

Yang terhormat bapak ibu serta rekan-rekan sekalian,

Seperti yang kita sudah ketahui bahwa lingkungan sangat penting untuk dijaga, salah satunya adalah lingkungan sekitar kita. Hal ini sudah kita sadari sejak kegiatan bersih-bersih setiap minggu diselenggarakan akhir-akhir ini.

Bahkan, sudah banyak perubahan besar yang terjadi pada lingkungan kita. Namun sayang sekali, masih ada beberapa orang yang kurang peduli terhadap lingkungan sekitar.

Padahal, kesadaran untuk menjaga lingkungan mesti ditanamkan pada diri setiap orang, khususnya untuk pemuda dan pemudi. Karena merekalah para generasi penerus bangsa yang juga mesti menjaga lingkungan.

Yang terhormat bapak ibu serta rekan-rekan sekalian,

Kita juga tahu bahwa lingkungan yang kotor memberi dampak buruk bagi kehidupan. Bahkan, sampah plastik yang menumpuk bisa membahayakan alam sekitar mulai dari banjir, tanah longsor, bau tak sedap, dan lainnya.

Yang lebih parahnya, bawa sampah plastik merupakan sampah terbesar yang sering kita temui dan mencemari lingkungan sekitar. Lalu mengapa hal itu bisa terjadi?

Karena masih banyak diantara kita yang tidak peduli dengan persoalan sampah plastik yang berserakan ini. Misalnya, pemakaian sedotan plastik, mika, botol plastik, masih sering digunakan dan dibuang sembarangan.

Sehingga kita perlu mengubah kebiasaan ini, yaitu dengan menggunakan sedotan besi dan tumblr agar bisa digunakan kembali. Setidaknya hal tersebut dapat mengurangi sampah plastik di Indonesia.

Kita dapat membuat organisasi kecil yang mengkampanyekan penggunaan sedotan besi dan tumblr. Kampanye ini dapat dilakukan setiap hari minggu.

Mulai sekarang, mulai dari diri sendiri, kita harus bisa mengubah pola pikir serta kebiasaan buruk yang dapat mencemari lingkungan. Kampanye ini dapat disebarkan melalui surat kabar maupun media sosial.

Semoga kita bisa membangun lingkungan kita menjadi lebih baik lagi. Mohon maaf bila terdapat kata yang salah.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Pidato Tentang Lingkungan Car Free Day

Pidato Tentang Lingkungan Car Free Day

Ketika car free day, biasanya walikota akan berpidato mengenai lingkungan setempat. Hal ini sebagai bentuk ajakan terhadap masyarakat dan pendengar untuk selalu menjaga lingkungan. Berikut ini merupakan contoh pidato lingkungan ketika car free day, yaitu :

Pidato Tentang Lingkungan Car Free Day

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam sejahtera dan selamat pagi semuanya.

Yang paling utama marilah kita mengucap hamdalah kepada Allah SWT, atas segala nikmat karunia-Nya kepada kita semua. Semoga kita senantiasa dalam lindungan-Nya, Aamiin.

Senang sekali rasanya karena hari ini saya bisa bertemu dengan kalian semua. Saya akan sedikit berpidato mengenai lingkungan yang perlu kita jaga. Agar kita dapat mewujudkan kota yang nyaman dan bersih.

Pidato ini sekaligus menjadi pengingat bagi diri kita agar tetap menjaga lingkungan. Dengan menjaga lingkungan berarti kita telah menjaga kehidupan. Karena yang tinggal dalam lingkungan disekitar kita bukan hanya manusia, melainkan ada tumbuhan dan hewan.

Sudah menjadi kewajiban kita, sebagai makhluk yang berakal untuk selalu menjaga lingkungan. Misalnya, mulai dari membuang sampah di tong sampah yang sudah disediakan. Sebagai masyarakat, kita juga harus berpartisipasi untuk membangun kota menjadi lebih baik dan lebih bersih.

Mengingat, di sini juga telah disediakan tempat sampah sesuai dengan klasifikasi nya. Mulai dari sampah plastik, sampah basah, dan sampah kering. Meskipun sederhana, namun kebiasaan membuang sampah pada tempatnya akan berdampak baik bagi kehidupan.

Hadirin yang berbahagia

Saat ini, sampah plastik menjadi permasalahan serius yang dapat mencemari lingkungan. Bahkan, Indonesia merupakan negara penyumbang sampah plastik terbesar kedua sedunia. Parahnya, sampah plastik merupakan sampah yang sulit diurai dalam tanah.

Mengapa hal tersebut dapat terjadi?

Karena sampah plastik membutuhkan waktu hingga ratusan tahun agar bisa terurai dalam tanah. Oleh sebab itu, kita juga perlu mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan. Karena kebiasaan tersebut dapat menjaga lingkungan agar tetap bersih.

Jangan sampai alam menunjukkan kemarahannya dengan kejadian seperti banjir, tanah longsor, jalan ambles dan lain yang dikarenakan lingkungan kotor.

Mulai dari sekarang kita harus bisa menjaga kebersihan lingkungan sekitar, dan mengajarkannya kepada anak cucu kita. Semoga pidato saya hari ini dapat membuka pikiran kita semua.

mohon maaf apabila ada ucapan yang salah. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Baca Juga: Struktur Pidato


Pidato Tentang Lingkungan di Kantor

Pidato Tentang Lingkungan Di Kantor

Sama halnya dengan sekolah, kantor juga merupakan tempat yang perlu dijaga kebersihan. Biasanya pidato tentang lingkungan di kantor dibawakan oleh HRD maupun manajer atau atasan kantor tersebut.

Penyampaiannya harus singkat, informatif, serta lugas agar pesan yang terkandung tersampaikan dengan baik. Berikut ini merupakan contoh pidato tentang lingkungan di kantor yaitu :

Pidato Tentang Lingkungan di Kantor

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam sejahtera dan selamat pagi.

Sebelumnya, marilah kita bersama-sama untuk mengucapkan hamdalah atas berkat dan karunia Allah SWT kepada kita semua. Semoga kita selalu dilindungi dan dijaga oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Di waktu cerah ini saya akan membawakan pidato mengenal lingkungan. Hal ini bertujuan agar kita semakin sadar bahwa menjaga lingkungan sangat penting. Serta kita bisa menjadi orang yang beriman, karena kebersihan merupakan sebagian dari iman.

Bicara tentang kebersihan, sangat penting diterapkan dalam kantor agar bekerja semakin konsentrasi, semangat, nyaman, dan aman. Hal ini juga berhubungan dengan adanya surat pemerintah dalam menjaga lingkungan kantor.

Para hadirin, ijinkan Saya untuk menyampaikan beberapa hal yang yang berkaitan dengan menjaga kebersihan lingkungan kantor.

Dimulai pada Minggu nanti, kita akan melaksanakan kegiatan Jumat bersih yang diadakan secara rutin dalam rangka membersihkan seluruh kantor. Sehingga, seluruh staff beserta manager setiap divisi harus berkontribusi dalam melaksanakan kegiatan ini

Aktivitas yang dilakukan dalam menjalankan kegiatan ini yaitu membersihkan meja kerja, ruang kerja, ruang rapat, sampai lapangan parkiran. Selain untuk membersihkan lingkungan, kegiatan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan rasa tanggung jawab, mempererat hubungan, serta meningkatkan rasa solidaritas antar pekerja.

Mulai hari ini, kami juga telah menyediakan kotak sampah untuk setiap sudut area kantor dan setiap meja pekerja. Sehingga jangan ada lagi yang membuang sampah sembarangan dan membiarkannya.

Semoga pidato tentang lingkungan yang saya bawakan ini bisa membuka pikiran kita semua agar menjaga lingkungan kantor dengan baik.

Mohon maaf apabila saya melakukan kesalahan dalam perbuatan dan perkataan. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Demikianlah contoh pidato tentang lingkungan lengkap, yang bisa dibawakan dalam acara kapanpun dan dimanapun. Pidato tersebut dibuat untuk mengajak masyarakat umum dan para pendengar agar tetap menjaga lingkungan.

Contoh pidato tersebut juga bisa menjadi referensi dalam menyampaikan suatu pidato. Misalnya untuk murid sekolah, masyarakat umum dan para pekerja kantoran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *