Begini Cara Memberikan Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Jawa

3 min read

Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Jawa

Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa JawaSetiap orang pasti sangat senang dengan datangnya hari kelahiran. Saat berulang tahun, hal yang paling ditunggu adalah ucapan dan doa dari orang-orang terdekat. Ucapan ulang tahun saja sudah bisa menjadi hadiah yang sangat spesial di hari kelahiran. Untuk itulah, jangan lupa untuk memberikan ucapan selamat kepada seseorang yang berulang tahun. Kali ini akan dibahas mengenai ucapan selamat ulang tahun Bahasa Jawa.

Ucapan selamat ulang tahun tidak harus selalu menggunakan Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia. Agar lebih istimewa, ucapan selamat ulang tahun juga bisa diungkapkan menggunakan bahasa daerah. Untuk yang berasal dari wilayah Jawa, bisa memberikan ucapan selamat ulang tahun bahasa Jawa kepada orang-orang tercinta.

Mengucapkan selamat ulang dalam Bahasa Jawa memang terbilang jarang. Namun, hal ini justru akan membuat Kamu berbeda dari yang lainnya. Orang-orang yang mendapatkan ucapan selamat tersebut, pasti akan merasa sangat diperhatikan dan dihargai. Sehingga, bisa menambah rasa bahagia pada hari ulang tahunnya.

Ucapan selamat ulang tahun menggunakan bahasa Jawa pasti akan terasa unik dan memberi kesan tersendiri bagi mereka yang mendapatkannya. Cara ini dapat dilakukan ke semua orang. Lalu, bagaimana cara memberikan ucapan selamat ulang tahun dalam Bahasa Jawa? Tidak perlu bingung, karena ada banyak contoh yang akan diulas berikut ini.


1. Ucapan Ulang Tahun Bahasa Jawa Untuk Teman Kecil

1. Ucapan Ulang Tahun Bahasa Jawa Untuk Teman Kecil

Memiliki teman kecil yang sampai sekarang masih menjaga hubungan dekat pasti sangat istimewa. Teman kecil inilah yang sejak dahulu hingga sekarang selalu ada dan memberikan dukungan dalam kondisi apa pun. Pada hari lahirnya, berikan kejutan dengan mengucapkan selamat ulang tahun dalam Bahasa Jawa. Seperti ini contohnya:

“Sugeng ambal warsa kancaku sing paling ayu. Wiwit mbiyen nganti saiki, aku ora lali karo dina ulang taunmu. Ing dina ulang tahun iki, aku mesthi ndonga supaya Gusti Allah nglindhungi lan menehi kesehatan marang sampeyan. Muga-muga apa sing dikarepake bisa diwujudake. Aku tresna sampeyan wiwit kita isih cilik nganti saiki”.
“Sugeng ambal warsa kangge kanca cilikku sing paling tek tresnani. Ora ana hadiah khusus nalika ulang taunmu saniki. Mung pandonga sing bisa dakparingake. Muga-muga bisa sehat lan cita-citamu bisa diwujudake. Tetep dadi kanca sing paling apik saka dewek cilik nganti tuwa mengko. Aku kangen dolanan bareng sampeyan”.

2. Ucapan Ulang Tahun Bahasa Jawa Untuk Sahabat Sekolah

2. Ucapan Ulang Tahun Bahasa Jawa Untuk Sahabat Sekolah

Saat duduk di bangku sekolah, setiap orang pasti punya sahabat yang selalu menemani dalam suka atau pun duka. Di sekolah, seorang sahabat tidak hanya bisa menemani bermain saja. Tapi juga bisa diajak untuk belajar bersama. Saat ada sahabat di sekolah yang berulang tahun, Kamu bisa memberikan ucapan dalam bahasa Jawa seperti ini.

“sugeng ambal warsa sahabatku. Matur nuwun amarga wis dadi kanca sing apik banget. Muga-muga dhewe bisa bareng terus selawase. Muga-muga sampeyan dadi luwih diwasa dan bisa gawe wong tuamu bangga. Ayo sareng-sareng wujudke cita-cita. Yen wis lulus sekolah, aja lali karo aku yo”.
“Ing dina ulang tahun sampeyan, ora ana hadiah mewah sing bisa diwenehake. Nanging pandongaku tansah kangge sampeyan, kancaku sing paling apik. Sugeng ambal warsa, muga-muga pajang umur lan murah rejekine. Matur nuwun sampun dados kanca apik ing sekolah. Nek dhewe sampun lulusan, aku mesti bakal kangen banget karo sampeyan.”

3. Ucapan Ulang Tahun Bahasa Jawa Untuk Orang Tua

3. Ucapan Ulang Tahun Bahasa Jawa Untuk Orang Tua

Orang tua mana yang tidak bahagia jika mendapatkan ucapan selamat ulang tahun dari anak tercinta. Sebagai anak yang berbakti dan perhatian kepada orang tua, cobalah sesekali memberikan kejutan dengan mengucapkan selamat saat orang tua merayakan hari kelahiran. Berikut contoh ucapan selamat ulang tahun bahasa Jawa untuk orang tua:

Sugeng tanggap warsa, Buk. Mugi-mugi Gusti Allah tansah maringi kesehatan serta rejeki kang barokah. Matur nuwun panjenengan sampun nresnani wiwit kula lahir teng dunyo ngantos samene gedene. Saniki kulo dereng saged maringi nopo-nopo kangge Ibu. Nanging kula bakal terus nyoba dados tinyang bagus kangge panjenengan.”
“Bapak ingkang kula tresnani, sugeng tanggap warso nggih. Mugi-mugi Bapak tansah keparengan rejeki ingkah berkah lan kesehatan saking Gusti Allah ingkang maha agung. Rawuhipun Bapak menika hadiah paling sae ingkang urip kulo. Mugi-mugi kulo saged damel Bapak lan Ibu bangga. Kulo tresna banget kalih Bapak dan Ibu”.

4. Ucapan Ulang Tahun Bahasa Jawa Untuk Kekasih atau Pacar

4. Ucapan Ulang Tahun Bahasa Jawa Untuk Kekasih Atau Pacar

Biasanya, ucapan selamat ulang tahun diungkapkan menggunakan Bahasa Indonesia maupu Bahasa untuk sang pacar. Coba sesekali lakukan hal yang anti mainstream, yaitu memberikan ucapan selamat ulang tahun menggunakan Bahasa Jawa. Pacar tercinta pasti akan merasa kaget saat mendengar atau membaca ucapan dalam bahasa Jawa yang penuh makna tersebut.

“Sugeng tanggap warsa kangge kekasihku ingkang paling aku tresnani. Sanajan saiki awakmu karo awakku dipisahane kanti jarak. Nanging aku yakin, sampeyan lan aku bakal ketemu kanti secepete. Kulo ugi ngarep-ngarep bisa urip bebarengan karo sampean ing tali pernikahan. Mugi-mugi kula bisa tansah nggawe sampeyan seneng selawase. Aku tresno karo kowe”.
“Sugeng ambal warsa pacarku sing paling ayu. Muga-muga sampeyan tansah sehat lan kaparingan rejeki ingkang kathah saking Gusti Allah. Matur nuwun sampun gelem berjuang sareng-sareng. Saking sampeyan, aku saged sinau marang komitmen dan perjuangan. Mugi-mugi aku lan sampeyan bisa neruske hubungan ingkang jenjang ingkang lewih duwur.”

5. Ucapan Ulang Tahun Bahasa Jawa Untuk Saudara

5. Ucapan Ulang Tahun Bahasa Jawa Untuk Saudara

Kakak dan adik pasti akan merasa sangat bahagia saat mendapatkan ucapan selamat di hari ulang tahunnya. Apalagi jika ucapan tersebut menggunakan Bahasa Jawa yang selama ini jarang dilakukan. Pasti akan membuatnya semakin terharu dan  bahagia. Di bawah ini ucapan selamat ulang tahun Bahasa Jawa untuk saudara:

“Sugeng tanggap warsa kangge kakang. Mugi-mugi Gusti Allah maringi kesehatan lan yuswo ingkah berkah. Matur nuwun sampun dados kakang ingkang tansah nglindungi lan gawe seneng adhine. Mugi-mugi kabeh apa sing dikarepke saget digapai. Aja pernah mendheg kangge tresna marang aku.”
“sugeng tanggap warsa kagem adiku ingkang paling ayu dhewe. Muga-muga sampeyan dados anak ingkang sholehah, cerdas, lan tumindak karo wong tuwa. Aku seneng duwe sedulur wadon kaya awakmu. Sekolah sing sregep supaya cita-citamu bisa kewujud. Aku tresna sampeyan. Nuwun sewu aku sering jail karo sampeyan. Asline aku tresna pisan marang adiku sing ayu iki.”

Ucapan ulang tahun tersebut bisa menjadi inspirasi bagi yang ingin memberikan ucapan selamat menggunakan Bahasa Jawa kepada orang-orang tercinta. Mereka pasti akan sangat terkejut dan berkesan saat membaca kata demi kata yang disusun dengan menggunakan Bahasa Jawa.

Ucapan selamat ulang tahun Bahasa Jawa bisa diberikan kepada siapa saja. Mulai dari orang tua, saudara, adik, kakak, teman kecil, teman di sekolah, hingga untuk pacar tercinta. Ingat bahwa bukan hadiah mewah yang mereka inginkan, tapi doa demi doa yang mereka harapkan. Yuk, berikan kejutan untuk orang tersayang di hari kelahirannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: