Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Arab

5 min read

Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Arab Romantis

Ucapan Selamat Ulang Tahun  – Seperti sebuah kewajiban yang tidak tertulis ketika harus memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada seseorang yang tengah berulang tahun. Memang bukan sebuah keharusan, tapi tetap saja akan lebih baik jika memberikan ucapan saat momen spesial pergantian usia ini. Akan lebih berkesan lagi jika ucapan selamat ulang tahunnya unik, seperti ucapan selamat ulang tahun Bahasa Arab.

Kenapa menggunakan Bahasa Arab? Karena bahasa ini sangat keren untuk dijadikan sebuah ucapan. Selain itu ucapan selamat ulang tahun Bahasa Arab juga masih jarang digunakan jadi tentu akan memberikan nuansa yang berbeda. Bagi yang bingung ingin mengucapkan seperti apa bisa melihat beberapa rekomendasinya di bawah ini yang sudah langsung ada artinya.


Daftar isi Artikel

Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Arab Romantis

Selamat Ulang Tahun Bahasa Arab Romantis

Kata siapa Bahasa Arab hanya untuk hal yang formil seperti berdoa? Faktanya Bahasa yang satu ini juga tidak kalah romantis jika digunakan sebagai ucapan untuk orang tersayang. Bahkan tidak kalah romantisnya dengan bahasa perancis. Sehingga memberikan ucapan selamat ulang tahun bahasa arab yang romantis untuk orang terkasih tidak ada salahnya untuk dilakukan, karena masih indah untuk didengar.

1. ”’Ant taelam ‘ana alkthyr yatanafasun liyakunuu ‘awal min yatamanaa lakum eid milad saeayd. lakani lm ‘afeal dhlk , li’anani ‘aradt alaintizar lifatrat hadiatin. fadlaan ean kawnuh al’amal al’akhir fi kli shay’in”

Kamu tahu banyak yang berlomba untuk menjadi yang pertama mengucapkan selamat ulang tahun untukmu. Tapi aku tidak, karena aku ingin menunggu waktu yang tenang. Sekaligus menjadi harapan aku yang terakhir dalam segala hal.

“Fi qalbi litalima aietaqadat ‘anani lm ‘ansak abdana walaw lathaniat wahidat faqat , wa’adrakat ‘anani lm ansik abdana. khasatan fi hadha alyawm alkhasi , ‘atadhakaruk kthyrana fi dhakirti wasulwati. eid milad saeid eazizi.”

Dalam hati aku selalu berpikir pernah tidak aku melupakanmu walau hanya sedetik, dan aku sadar tidak pernah. Apalagi saat hari spesialmu ini, aku mengingatmu semakin sering dalam ingatan dan doaku. Sayangku, selamat ulang tahun yah.

“’Iidha samahat li fi hadha alyawm alsaeid , daeni ‘amsik yadak. ‘atruk risalatan min khilalih bi’anani sa’akun maeak daymana. ‘ana ‘uhbik jawhrat eid milad saeid.”

Jika kau mengizinkan di hari yang berbahagia ini izinkan aku menggenggam tanganmu. Menitipkan pesan melaluinya bahwa aku akan selalu bersamamu. Aku mencintaimu permataku, selamat ulang tahun.

“Eyd miladi aleaziz , amul ‘an la tataghayar wa’an tabqaa shkhsana jydana. li’ana alealam yahtaj li’anas tybwn mthlk. eid milad saeid”

Sayangku yang berulang tahun, semoga kamu tidak berubah dan tetap menjadi orang baik. Karena dunia butuh orang baik yang hebat seperti kamu. Selamat ulang tahun

“’Ant taelam ‘ana jasdiin la ymkn ‘an yumsikak ‘iilaa al’abd. walakun fi hadhih allahzat alkhasat , amul ‘an tatadhakar ‘ana sulwati satahtadink daymana.”

Kamu tahu bahwa ragaku tidak pernah bisa selamanya memelukmu. Tapi di momen spesialmu ini aku berharap kamu mengingat bahwa doaku akan selalu merengkuh dirimu.


Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Arab Jenaka

Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Arab Jenaka

Biar semakin unik bisa juga memberikan ucapan selamat ulang tahun dengan unsur jenaka. Biasanya sangat cocok untuk diberikan kepada teman ataupun sahabat sebagai bahan bercanda. Meskipun sifatnya jenaka tapi ucapan selamat ulang tahun Bahasa Arab ini tidak berlebihan. Sehingga tidak akan membuat orang yang mendapatkan ucapan ini merasa marah ataupun tersinggung saat membacanya.

“An yakun nur alealam, waqadat alealam, wahumat alealam. ‘ant last bldana yabanyana , walakun la tuqaliq , fa’ana murtabik bishan ma ‘usli min ‘ajliha. alnuqtat hi eid milad saeid.”

Menjadi cahaya dunia, pemimpin dunia, dan pelindung dunia. Kamu bukan Negara Jepang, tapi ya sudahlah aku bingung ingin mendoakan apa. Selamat ulang tahun, itu intinya.

“Tajanub daymana almushkilat jydana , li’ana qism wajhak yumathil balfel mushkilat eind rawyth. la taghdib , li’anah eyd miladik.”

Selalu terhindar dari masalah yah, karena sumpah muka kamu saja sudah bermasalah saat dilihat. Jangan marah, karena ini sedang hari ulang tahun kamu.

“’Ant last narutu , ‘ant last bieizmat saswky. alnuqtat hi ‘anak ghyr muhimin , mjrd tahdiat muzhata. eid milad saeid lak (wlkn ma qultuh lak sabqana)”

Kamu bukan naruto, kamu juga tidak sehebat sasuke. Intinya kamu itu tidak penting, tenang saja itu guyonan. Selamat ulang tahun yah, (tapi yang sebelumnya aku mengatakan sesungguhnya)

“Namal fi hadhih alsin ‘an tahsul ealaa alhadyat alty turiduha ‘akthar , wahi khaliat min eubudiat aldayn. li’anani taeabut min ruyatik bialdiwar min kawmat min aldyun”

Semoga di pertambahan usiamu ini kamu mendapatkan kado yang paling kamu inginkan, yakni terbebas dari lilitan hutang. Karena aku capek melihatmu pusing karena tumpukan hutang.

“Tudhkar eindama takabar , la yumkinuk ‘an tukrih nfsk. li’ana alkathirin yukrihunak balfel , fhm. eid milad saeid”

Ingat saat pertambahan usia ini, kamu tidak boleh membenci dirimu sendiri. Karena sudah banyak yang membenci dirimu, mengerti. Selamat ulang tahun

Baca Juga: Ucapan Ulang Tahun Untuk Ibu


Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Arab Untuk Sahabat

Selamat Ulang Tahun Bahasa Arab Untuk Sahabat

Bisa juga memberikan ucapan selamat ulang tahun untuk sahabat dengan menggunakan bahasa Arab. Hal ini juga bisa menambahkan kesan kepada sahabat yang menerima ucapannya. Tentu saja sebagai sahabat dekat selalu berusaha untuk bisa membuat sahabatnya terkesan. Kalau bingung ingin memberikan ucapan yang seperti apa, bisa melihat contoh di bawah ini yang sekaligus dengan artinya.

“Laqad kunaa ‘asdaqa’ lifatrat tawilat wahataa ma yaqrub min nsf hadhih alhayati. mae tuqadimuk fi aleumr , amul ‘an takun seydana daymana wa’an tazala sadaqatana qawiatan waqaribati. eid milad saeidin”

Kita sudah bersahabat sangat lama bahkan hampir setengah hidup ini. Saat pertambahan usia kamu ini aku harap kamu selalu bahagia dan persahabatan kita tetap terjalin kuat dan erat. Selamat ulang tahun.

“Eid milad saeid ‘aeaz sidiyq li , ‘atamanaa lak hayatan tawilatan wasahiatin. namal ‘an nueaziz sadaqatana wanazid aldhikriaat alty ladayna. ‘ahbik dayimaan saeidat.”

Selamat ulang tahun sahabat terbaikku semoga panjang umur, sehat selalu. Semoga kita semakin mempererat persahabatan dan bertambah kenangan yang kita miliki. Aku menyayangi kamu selalu berbahagia.

“Ant alan tahtafil baeid milad mimma yaeni ‘anak takabir , walakun yjb ‘an tafahum ‘anah lm yafut al’awani. la tujad kalimatan qadimat jdana ‘aw muta’akhirat jdana litahqiq jmye al’ahlam alty tahlim biha.”

Kamu sekarang sedang berulang tahun yang berarti usia kamu bertambah, tapi kamu harus paham kalau tidak ada kata terlambat. Tidak ada kata terlalu tua ataupun terlambat untuk mengejar semua mimpi yang kamu impikan.

“Sayazdad aleumr daymana kl eam , ldhlk lays ealayk daymana hisabuhu. nansaa dhlk waistamtae faqat biallahzat alty yatimu ‘iinshawuha daymana kl eamin. li’an hdha ln yatakarar murtayn”

Usia akan selalu bertambah setiap tahun, jadi tidak usah selalu kamu hitung. Lupakan hal tersebut dan nikmati saja momen yang selalu tercipta pada setiap tahunnya. Karena hal tersebut tidak akan terulang dua kali.

“Litusbih ‘akthar dhaka’ wahikmat salat ‘usliin lak fi alyawm aldhy takabar fih. eid milad saeid , amal ‘alaa taqtasir sadaqatuna ealaa alealam fahasb , bal taqtasir ealaa alakhirat.”

Menjadi semakin pintar lagi bijaksana adalah doa yang kupanjatkan pada kamu di hari pertambahan usia kamu ini. Selamat ulang tahun, semoga persahabatan kita tidak hanya sebatas di dunia tapi juga di akhirat.

Baca Juga:pan Selamat Bertanding


Ucapan Selamat Ulang Tahun Untuk Orang Tua Bahasa Arab

Selamat Ulang Tahun Untuk Orang Tua Bahasa Arab

Terakhir ucapan selamat ulang tahun yang berkesan dengan menggunakan Bahasa Arab juga bisa diberikan kepada orang tua. Karena bagaimanapun orang tua lah yang sudah berjasa besar dalam hidup selama ini. Untuk menghormati hal tersebut tidak ada salahnya untuk membuatnya terkesan di hari yang spesial untuknya, yakni hari pertambahan usianya.

“Mama tadhayatuk kanat kabirat jiddaan , lakanani lm ‘astatie alradu balmthl. namal ‘an yazid eumurik , fa’ant daymana sbwrana limuajahat li ghyr almathali. eid milad saeid lak ya malak”

Mama pengorbananmu sudah sangat besar, tapi aku belum sanggup untuk membalasnya. Semoga semakin bertambahnya usiamu, kamu selalu bersabar menghadapi aku yang belum sempurna. Selamat ulang tahun untukmu malaikatku.

“’Abi , ‘ana ‘aelam ‘anak mutaeab kla yawman. lakank qawiun wataqul ‘anah la basa. amal fi hadha alyawm ‘an yatima manhak daymana almazid min alsihat walquati. li’anak ‘aezam rajul qabilatih ealaa al’iitlaq.”

Ayah, aku tahu bahwa setiap harinya kau lelah. Tapi kau kuat dan mengatakan bahwa tidak apa-apa. Aku harap di hari jadimu ini kau selalu diberikan kesehatan dan kekuatan lebih. Karena laki-laki terhebat yang pernah kutemui adalah dirimu

“Al’umu ruhk fanus fi hayati , aibtisamatk hi quti. bdlaan min dhlk , al’umu alhazinat hi duef. lidha amal min alan fsaeda ‘an tasheur al’um bialsaeadat fi alhaya”

Ibu semangatmu adalah lentera dalam hidupku, senyum kamu adalah kekuatanku. Sebaliknya sedih ibu adalah kelemahanku. Jadi aku berharap mulai sekarang setiap saatnya ibu akan merasakan kebahagiaan dalam hidup.

“Balnsbt lila’abi , ‘urid ‘an ‘atawaqaf ean aleamal hataa la tadtur ‘iilaa altaqadum fi alemr. ‘ana last ‘ananiatan , ‘ana faqat last ealaa aistiedad lilkhuruj maeak. ma zilt ‘urid ‘an ‘akun min qabl eindama kunaa meana kama law kunt sghyrana.”

Untuk ayah ingin rasanya aku membuat waktu berhenti supaya kau tidak perlu bertambah tua. Bukan aku egois, aku hanya belum siap untuk berpisah denganmu. Aku tetap ingin seperti dahulu saat kita bersama seperti aku kecil.

“Walidatik / walduk taerif ‘anani khajawlun. lhdha alsabab la yumkinuni ‘an ‘aqwam fi kalimat eid almilad hadhih bibaed alkalimat aljamilati. lkn sadaquni , salawati ‘akthar sdqaan bkthyr min mjrd kalimatin.”

Ibu/ayah kalian tahu bahwa aku adalah orang yang pemalu. Karena itu saat ulang tahun ini aku tidak bisa merangkai kata sebagai ucapan yang indah. Tapi percayalah doaku jauh lebih tulus jika hanya dibandingkan dengan ucapan.

Jadi bagaimana rekomendasi ucapan selamat ulang tahun bahasa Arab di atas, sangat lengkap bukan? Dijamin dengan menggunakan ucapan yang disarankan di atas, maka ucapan selamat ulang tahun akan berbeda sendiri, paling unik dan pastinya paling berkesan.

Sekarang tidak perlu bingung lagi ketika ingin mengucapkan selamat ulang tahun kepada seseorang. Apalagi jika ucapan tersebut diperuntukkan kepada seseorang yang spesial. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *