5 Cara Menghilangkan Embun di Lampu Mobil dan Cara Mengatasinnya

Cara Menghilangkan Embun Di Lampu Mobil

Salah satu masalah yang membuat jengkel yaitu sulitnya menemukan cara menghilangkan embun di lampu mobil. Biasanya muncul ketika mulai memasuki musim hujan. Padahal lampu merupakan bagian terpenting sebagai penerangan ketika berkendara di malam hari.

Jadi sebaiknya sebelum berkendara harus mengecek kondisi lampu mobil terlebih dahulu agar tidak menghambat saat berkendara. Adanya embun selain menghambat penerangan, embun juga dapat membuat tampilan lampu mobil jadi kusam tak menarik. Munculnya embun timbul akibat dari rumah lampu mobil yang terdapat celah didalamnya.

Maka secara tidak langsung air dapat masuk kedalamnya dan menjadi udara. Bila lampu mobil mulai berembun, segera ambil tindakan agar tidak terjadi kerusakan yang semakin memperparah keadaan.

Bisa saja bila tidak langsung diatasi akan menyebabkan konsleting karena adanya embun yang menumpuk. Cara yang dilakukan sangatlah mudah dan bisa dilakukan sendiri. Agar menghilangkan embun pada rumah lampu, maka simak beberapa tips di bawah ini.


1. Bukalah Kap Mesin Mobil 

Bukalah Kap Mesin Mobil 

Salah satu cara menghilangkan embun di lampu mobil yaitu pertama harus dilakukan adalah membuka kap mesin mobil. Tujuan dari membuka kap mesin mobil agar memudahkan ketika akan mencapai bagaian belakang lampu yang ingin dihilangkan embunnya. Namun ada hal terpenting sebelum membuka kap mobil pastikan mesin mobil dingin terlebih dahulu.


2. Pengecekan Lubang Udara dalam Rumah Lampu Mobil 

Pengecekan Lubang Udara Dalam Rumah Lampu Mobil 

Fungsi dari pengecekan lubang udara yang ada dalam rumah lampu mobil ini yaitu melihat apakah lampu mobil sedang tersumbat oleh kotor atau tidak. Jika lampu mobil terdapat debu atau kotoran yang menyumbat di dalamnya maka segera lakukan tindakan untuk dibersihkan. Pastikan tidak ada kotoran yang tersisa setelah selesai dibersihkan. 


3. Lepaskan Rumah Lampu Mobil

Lepaskan Rumah Lampu Mobil

Jika ingin melepasnya pastikan melepas rumah lampu mobil secara benar dan sesuai prosedur. Keluarkan embun dari tempat lampu, cara melepasnya dapat diputar searah dengan jarum jam. Tujuannya agar udara dapat keluar masuk melalui lampu sein mobil atau lampu tanda belok


4.  Lepaskan Soket Lampu

Lepaskan Soket Lampu

Lepaskan juga soket-soket agar bisa leluasa untuk membersihkannya. Kemudian setelah melepas soket bisa melakukan pengelapan agar tidak merusak reflektor lampu. Setelah itu lepaskan bohlam pada rumah lampu dan siapkan alat atau benda yang ukurannya hampir sama dengan ukuran jari kelingking orang dewasa

Tujuannya agar nantinya akan memudahkan ketika dimasukkan ke dalam rumah lampu. Jika ingin cepat mengering gunakan pemanasan melalui lubang lampu agar lebih cepat. Setelah dirasa kering pasang kembali bohlam, rumah lampu beserta soketnya pada tempat semula.


5. Menyalakan Lampu Beberapa Menit

Menyalakan Lampu Beberapa Menit

Dengan menyalakan lampu sampai beberapa menit maka hasil panas yang berasal dari pancaran sinar lampu akan membuat embun menghilang dengan sendirinya.  Hal ini akan menimbulkan penguapan pada embun yang ada di lampu mobil dan udaranya akan keluar melalui lampu tanda belok.

Tunggu hingga sampai kurang lebih 20 menit sampai dirasa bisa mengurangi embun yang berada didalamnya. Kemudian gunakan kain bersih dan kering untuk mengeringkan sekaligus membersihkan rumah lampu mobil yang ada di dalamnya.

Jadi pemilik mobil yang merasa sering mendapatkan embun pada lampu mobil. Sekarang tidak perlu bingung dengan cara menghilangkan embun di lampu mobil. 

Cara mengatasinya cukup mudah sekali dan bisa dilakukan sendiri karena masalah ini cukup sering terjadi pada kebanyakan mobil. Waktu yang tepat untuk menghilangkan embun adalah di waktu siang hari dan ketika waktu senggang. Dengan ini uap air akan menghilang dengan cepat

  6+ Cara Membersihkan Blok Mesin Motor & Merawat Supaya Bisa Awet

Cara menghilangkan embun di lampu mobil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.