5 Bagaimana Cara Memasang Aki Mobil dan Tips Perawatan Aki Mobil

CARA MEMASANG AKI MOBIL

Dalam beberapa keadaan darurat ada saatnya orang-orang melakukan hal yang mungkin belum pernah dilakukannya. Salah satunya salah memasang aki mobil sendiri.

Maka dari itu, artikel kali ini akan membahas tentang cara memasang aki mobil untuk pemula. Meskipun terlihat mudah, namun pada kenyataannya memasang aki tidak dapat dilakukan secara sembarangan.

Ada hal-hal yang harus dilakukan secara berurutan. Karena, jika tidak dilakukan secara berurutan dapat merusak aki tersebut. Maka dari itu, berikut ini adalah langkah-langkah untuk cara memasang aki mobil :


1. Masukkan Aki Ke Dalam Tempatnya Di Ruang Mesin

Masukkan Aki Ke Dalam Tempatnya Di Ruang Mesin

Hal pertama yang harus lakukan pada saat akan memasang aki adalah meletakkan kotaknya di tempat yang sudah disediakan. Tempat aki ini sendiri terletak di bagian ruang mesin. Ingatlah untuk meletakkan kutub aki berhadapan dengan kabel yang terhubung dengan mesin. Karenanya, jika kabel dan kutub tidak berhadapan berarti posisi meletakkan aki tersebut salah.

Selain itu juga, pada saat meletakkan aki perhatikan keamanan aki secara keseluruhan. Salah satunya adalah, jika menggunakan aki yang basah maka pastikan tutup airnya sudah tertutup dengan erat. Karena jika tutupnya tidak erat, akan berpotensi untuk tumpah dan bisa jadi merusak mesin lainnya.


2. Kuatkan Braket Pengikat Aki

Kuatkan Braket Pengikat Aki

Pada saat aki sudah diletakkan di tempat yang benar maka selanjutnya adalah mengeratkan mur pengikat aki. Mur ini disebut dengan braket, bentuknya berupa besi yang persis terletak di sebelah kotak aki. Tentunya kegunaannya adalah menjaga kotak aki agar tidak bergerak ataupun goyang.

Untuk mengencangkan mur tersebut pun harus menggunakan kunci yang pas. Tentu untuk memastikan sekali lagi bahwa aki tersebut sudah benar-benar mantap. Maka dari itu, untuk memasang aki diperlukan beberapa alat, termasuk salah satunya kunci yang pas untuk mengencangkan mur ini.


3. Pasang Kabel Positif

Pasang Kabel Positif

Alasan mengapa memasang aki harus pada posisi yang benar adalah poin satu ini. Karena, jika posisi aki tidak benar atau terbalik maka sudah pasti kabel ini tidak dapat terhubung. Maka dari itu, poin pertama untuk meletakkan aki pada posisi yang benar adalah sebuah poin yang sangat  penting.

Kabel positif ini sendiri biasanya ditandai dengan warna merah. Kebanyakan berbagai jenis mobil pun memang menggunakan warna merah untuk menandai kabel satu ini. Tentunya supaya mudah diingat meskipun memasang aki pada tipe mobil yang berbeda-beda.

Pastikan kepala terminal kabel ini masuk secara keseluruhan ke dalam terminal yang ada pada aki. Selain itu juga perlu untuk dikencangkan dengan kunci yang sesuai. Biasanya kunci yang digunakan untuk mengencangkan kabel ini adalah kunci dengan nomor 10.


4. Pasang Kabel Negatif

Pasang Kabel Negatif

Pada setiap baterai tentunya dapat ditemukan kutub positif dan juga kutub negatif. Termasuk juga dalam hal baterai aki ini. Jika kutub positif ditandai dengan warna merah maka kutub negatif ditandai dengan warnanya yang hitam.

Lakukan cara yang sama seperti sebelumnya pada saat memasang kabel positif. Perlu diingat untuk melakukannya dengan hati-hati dan jangan sampai memukul bagian kotak aki. Selain itu juga, jangan lupa untuk mengencangkannya dengan kunci yang pas dengan ukurannya.


  5+ Alasan Kenapa AC Mobil Tidak Dingin Penyebab & Cara Mengatasinya

5. Pastikan Semua Bagian Sudah Terpasang Dengan Benar

Pastikan Semua Bagian Sudah Terpasang Dengan Benar

Setelah semua sudah terpasang, langkah terakhir yang harus dilakukan adalah memastikan semua kabel tersebut terpasang dengan benar. Selain itu juga perlu untuk memastikan bahwa braket juga sudah terkunci dengan erat. Karena, jika terjadi kesalahan pada kemasan kabel ini maka kerusakan yang diakibatkannya tidak dapat dihindari lagi.

Pastikan kabel-kabel sudah terpasang kuat di terminalnya masing-masing. Tentunya juga jangan lupa untuk memastikan tidak ada kabel yang terlilit ataupun terjepit.

Itulah beberapa langkah untuk cara memasang aki mobil bagi pemula. Pengetahuan tentang hal ini cukup penting untuk diketahui. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa mungkin suatu saat butuh untuk memasang aki sendiri.

Cara Memasang Aki Mobil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.