Contoh Pantun Lingkungan

3 min read

Pantun Lingkungan

Pantun LingkunganPantun adalah kreasi rangkaian kata untuk menyampaikan suatu makna. Contoh-contoh  pantun lingkungan nyaman akan menyiratkan suatu makna dalam kehidupan yang terjadi di lingkungan sekitar. Pantun ini menyampaikan pesan untuk mencintai alam sekitar tempat tinggal dalam keseharian.

Lingkungan adalah tempat suatu mahluk hidup untuk menjalankan hidupnya dari terbitnya matahari sampai terbenam. Selama berjalannya hari mahluk hidup menghabiskan harinya dengan makan, bergerak, dan berinteraksi. Pantun seringkali dikaitkan dengan tema yang ditemui sehari-hari.

Pantun yang mengena dihati akan memberikan efek yang positif. Mengubah pola pikir yang buruk menjadi pola pikir yang menyayangi sesama serta menyayangi lingkungan. Lingkungan yang nyaman akan mendamaikan serta memberi semangat untuk belajar, bekerja, dan meraih cita-cita.


1. Pantun Lingkungan Sekolah

Pantun Lingkungan Sekolah

Interaksi banyak terjadi dengan teman dan guru di sekolah. Belajar, berolahraga, serta membuat kreasi di sekolah. Pantun untuk lingkungan sekolah akan membuat para penghuni sekolah yang tidak hanya siswa, namun juga guru dan staff TU akan merasa nyaman untuk berada disana. Pantun lingkungan akan mengajarkan akan makna menjaga dan menyayangi sekolah yang tercinta

  • Pulang siang menuju ke sawah
  • Tidak lupa berpamitan pada guru
  • Sayangilah lingkungan di sekolah
  • Tempat untuk menimba ilmu

Dengan adanya pantun ini membuat seorang siswa akan semakin giat untuk menimba ilmu. Seperti contoh pantun tersebut, membuat yang membacanya akan menjadi lebih menyayangi sekolahnya dengan cara rajin menjaga kebersihan dan merawat tanaman yang ada di sekitar sekolahnya.

Siswa akan lebih bertanggung jawab jika menyayangi sekolahnya. Dengan cara rajin piket sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Sebagai siswa harus mentaati peraturan piket yang telah dibuat agar terciptanya lingkungan yang bersih baik di dalam kelas maupun di luar kelas

Baca Juga: Pantun Penutup Acara


2. Pantun Lingkungan Sehat

Pantun Lingkungan Sehat

Pantun lingkungan sehat adalah pantun yang ditujukan untuk lingkungan yang masuk dalam kategori lingkungan ASRI. ASRI yang dimaksud disini adalah sebuah singkatan yaitu lingkungan yang Aman, Sehat, Rapi, dan Indah.

Lingkungan yang sehat akan membuat yang tinggal di dalamnya selalu memiliki tubuh yang sehat. Karena di dalam lingkungan yang sehat tersedia udara yang bebas polusi serta terdapatnya air yang jernih serta melimpah. Pantun yang dapat menyiratkan lingkungan sehat dapat dilihat di bawah ini.

  • Berjalan pagi melewati taman
  • Pulangnya harus menaiki sepeda
  • Ayo bersama mari mewujudkan
  • Lingkungan sehat semuanya ceria

Dengan membaca pantun tersebut, masyarakat akan mencintai lingkungan yang sehat. Menjadi lebih bersemangat untuk mengingatkan tetangga yang masih kurang dalam menjaga lingkungan. Tindakan tersebut merupakan suatu langkah positif dalam mengajak untuk berbuat baik dengan sesama.


3. Pantun Lingkungan Alam

Pantun Lingkungan Alam

Alam itu selalu memberikan energi positif yang melimpah. Jika ingin melepaskan kerumitan hidupnya akibat tekanan hidup yang banyak, dianjurkan untuk berekreasi menikmati alam. Macam-macam kenampakan alam yang memanjakan di setiap waktu, yang memiliki energi positif yang banyak.

Banyak cara untuk mengekspresikan rasa peduli kepada alam. Membuat pantun untuk alam bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dalam meresapi adanya alam yang musti dijaga selalu. Lingkungan alam akan banyak memberikan manfaat, jika selalu menghormati alam dengan baik. Namun berhati-hatilah, jangan sampai membuat alam menjadi marah. Bencana yang dahsyat akan menimpa, jika alam marah dan manusia enggan untuk memperbaiki apa yang harusnya dijaga dengan sepenuh jiwa.

Berikut adalah puisi yang mampu disampaikan pada alam yang tercinta:

  • Burung kecil hinggap di kaca
  • Berkilau mata mengibaskan surai
  • Menjaga alam di hati semua
  • Supaya tercipta linkungan damai

Diharapkan untuk mampu menjadikan hati lebih menyayangi alam. Sehingga akan membuka mata pada bencana yang telah terjadi. Keyakinan dan usaha yang besar pasti mampu untuk mengembalikan alam seperti sediakala.


4. Pantun Lingkungan Bersih

Pantun Lingkungan Bersih

Kesadaran akan lingkungan bersih harus selalu dijaga dalam hati. Dengan memulainya dari lingkungan yang berada di sekitar seperti di rumah. Pantun lingkungan bersih mampu menggerakkan masyarakat untuk membersihkan semua yang ada di sekitar.

Kata-kata yang disematkan pada pantun akan membuka dan mengajak kesadaran akan kebersihan. Jagalah kesehatan lingkungan, sehingga akan menuai hasil dari lingkungan yang bersih berupa tubuh yang sehat. Kesehatan adalah hal yang harus dijaga untuk menikmati hidup yang lebih baik.

  • Membersihkan sungai penuh sampah
  • Memakai sarung tangan tidaklah lupa
  • Menjaga kebersihan tidaklah mudah
  • Ayo bersama bergerak semua

Pantun tersebut mengajak untuk membersihkan lingkungan. Perhatikan dan jagalah selokan tetap mengalir dengan baik. Air yang tergenang disana akan menimbulkan kotornya lingkungan. Setelah selokan ciba lihat halaman rumah, dimana banyak sampah yang akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Setelah lingkungan depan telah bersih dari semua yang mengotori lingkungan. Mulailah  untuk membersihkan dalam rumah. Rumah adalah lingkungan inti dari kehidupan keluarga. Keluarga sebaiknya menjaga dan saling mengingatkan akan kebersihan bersama, salah satunya melalui pantun yang mengajak hidup sehat.

Bukan hanya tanggung jawab seorang ayah ataupun ibu saja dalam membersihkan rumah. Semuanya wajib menjaga kebersihkan. Membuang sampah di tempat sampah setelah makan makanan ringan merupakan langkah awal untuk memulai lingkungan sehat dari dalam diri. Beberapa orang mungkin belum tahu cara menjaga kebersihan, maka ingatkanlah dengan sabar dan secara perlahan.

Baca Juga: Pantun Bahasa Banjar


5. Pantun Lingkungan Sekitar

Pantun Lingkungan Sekitar

Apakah lingkungan sekitar contohnya di sekitar desa adalah tanggung jawab kepala desa? Tentu tidak. Itu merupakan tanggung jawab bersama. Meskipun telah membayar uang kebersihan untuk mengangkut dan membersihkan sampah, semua juga harus ikut andil dalam menjaga lingkungan.

Lewat pantun akan menunjukan akan makna yang besar kalau menjaga lingkungan sekitar. Yuk melalui contoh contoh pantunnya sebarkan kebaikan untuk lingkungan dan untuk semua yang ditemui.

  • Kura-kura jatuh terdampar
  • Awalnya berenang mengikuti kapal
  • Jaga kebersihan lingkungan sekitar
  • Supaya nanti tidak menyesal

Jika lingkungan menjadi rusak semua mahluk yang akan rugi, manusipun juga yang akan menyesal sendiri. Jagalah lingkungan sekitar bersama dengan seluruh masyarakat. Saling membantu membersihkan desa dengan tulus untuk kebaikanmu dan masyarakat.

Masyarakat akan terlibat dalam kegiatan kebersihan bersama. Semua harus dimulai dari hati, tanamkan sifat mencintai lingkungan, ajaklah yang lain ikut bersama. Dengan bersama semua akan menjadi ringan.

Itulah contoh-contoh pantun yang menggambarkan lingkungan. Gunakan pantun untuk mengajak orang tua, saudara, teman-teman, masyarakat, dan semuanya untuk menjaga kebersihan. Banyak manfaat yang akan dirasakan jika lingkungan ditat senyaman mungkin.

sedangkan bila malas untuk menjaga, membersihkan, bahkan untuk menyayangi lingkunganpun enggan maka berhati-hatilah akan alam yang marah lewat bencana. Semua akan rugi, kehilangan harta benda, kehilangan teman-teman, bahkan yang paling mengerikan adalah kehilangan keluarga akibat dari bencana. Pasti akan menyesal kemudian.

Maka mulai sekarang, yuk jaga lingkungan dengan baik, ajak semua melalui contoh pantun lingkungan hidup nyaman. Rangkulah semua untuk bergerak bersama, tetap semangat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *