Beragam Pilihan Ucapan Ulang Tahun untuk Bos

4 min read

Ucapan Ulang Tahun Untuk Bos

Ucapan Ulang Tahun untuk BosUlang tahun adalah momen yang penting karena hanya ada setahun sekali sehingga banyak orang yang merayakan dan berusaha membuatnya berkesan. Surprise atau kejutan juga menjadi momen  yang hampir selalu ada pada acara ulang tahun. Apa lagi jika ucapan itu ditujukan untuk orang penting seperti bos, tentunya ucapan ulang tahun untuk bos tidak bisa asal-asalan.

Terkadang tak hanya keluarga yang istimewa, surprise juga diberikan pada orang-orang yang setiap hari ditemui seperti bos atau atasan misalnya. Teman partner atau bawahan juga biasa memberikan hadiah, kejutan ataupun sekedar selamat dan doa.

Memberikan ucapan selamat terutama yang tertulis untuk bos jangan sembarang, pilih gaya ucapan ulang tahun untuk bos yang sesuai dengan seleranya.


1. Selera Formal

1. Selera Formal

Ucapan ulang tahun formal adalah yang paling aman, cocok dan banyak dipakai. Ucapan selamat disertai doa dengan bahasa yang baku cocok untuk digunakan jika tidak terlalu akrab dengan atasan.

“Selamat ulang tahun yang ke 55 tahun, Pak dan semoga panjang umur dan sehat selalu. Terimakasih atas bimbingan dan motivasinya sehingga kami bisa terus bekerja dengan penuh semangat. Bapak adalah pemimpin terbaik kami.”
Selamat, doa dan terimakasih adalah poin penting untuk disampaikan di hari spesial atasan. Tidak perlu panjang lebar untuk sebuah ucapan ulang tahun untuk bos yang formal agar tidak terlihat berlebihan.
“Semoga di hari spesial ini Bapak memperoleh lebih banyak berkah dan semangat menjalani lembaran baru, selamat ulang tahun, Pak.”

Contoh satu ini juga tidak bertele-tele namun menjurus dan mengena. Doa yang diselipkan dalam ucapan ini pasti otomatis di-Aminkan oleh pembacanya karena to the point.”

Baca Juga: Ucapan Selamat Menikah


2. Gaul

2. Gaul

Jika bos adalah seorang yang santai dan dekat dengan semua bawahannya maka bisa menggunakan ucapan yang lebih gaul dan santai. Tetapi, pastikan hubungan dengan bos sudah akrab seperti teman sejawat agar tidak salah paham.

“Bosku yang paling kece, semoga selalu menjadi inspirasi kami dan segera bertemu jodoh. Amin. Selamat ulang tahun ke 28 tahun, bos kami tercinta.”
Bos yang kece dan masih lajang bisa diberi ucapan seperti di atas. Dijamin atasan langsung tersenyum dan turut menyetujui doanya.
“Jangan takut karena menjadi tua itu pasti, selamat bertambah usia bosku. Semoga rezekinya lancar, segala urusannya dipermudah dan sehat terus.”

Selingan canda untuk bos yang gaul tak ada salahnya karena mencerminkan kedekatan anak buah dengan atasannya. Tapi jangan sembarang ya, pastikan sudah cukup dekat dengan bos di kantor.


3. Religius Islam

3. Religius Islam

Jika bos adalah seorang yang religius dan beragama Islam maka lebih tepat jika mendoakannya secara Islami dan tentu pemberi ucapan juga seorang muslim agar lebih nyaman.

“Milad Mubarak, Pak. Semoga Allah selalu memberikan keberkahan dalam setiap langkah hidup Bapak. Terimakasih telah sabar membimbing kami selama ini.”
Milad mubarak yang artinya selamat ulang tahun dalam bahasa Arab cocok untuk bos yang religius. Sertakan pula doa yang tulus dan cukup penting seperti harapan hidup yang berkah atau harapan agamis lainnya.
“Barakallah fii umrik, pimpinan sekaligus mentor kami. Semoga istiqomah menjadi muslim yang pantas kami teladani dan semoga Allah selalu menyayangimu.”
Barakallah fii umrik yang artinya semoga umurmu diberi keberkahan oleh Allah adalah harapan semua muslim. Bisa mencantumkannya di surat singkat pada hadiah yang diberikan atau diucapkan secara lansung.

4. Religius Kristen

4. Religius Kristen

Berbeda sedikit dengan sebelumnya, ucapan selamat ini khusus bagi bos yang beragama Kristen atau Katolik.  Jadi, jika ingin menggunakan ucapan religius pastikan telah sesuai dengan agamanya, ya.

“Selamat bertambah usia, semoga selalu dalam pelukan Tuhan dan Kasih Bunda, bapak pimpinan kami tercinta. Kami berharap bapak sehat selalu dan diberikan umur panjang untuk anugerah Yang Kuasa.”
“Begitu Pula dengan bos yang beragama Kristen, sangat cocok untuk diberi ucapan dan doa keberkahan serta umur panjang seperti di atas. Doa yang simpel tetapi harapan semua orang yang sedang berulang tahun, bukan?
“Terimakasih Tuhan telah menganugerahi umur yang bertambah panjang di hari ini, semoga selalu dituntun dalam menjalani hidup yang lebih baik dan menjadi panutan bagi kami anak buahmu.”

Ucapan ulang tahun untuk bos diselingi dengan harapan dan kesan selama ini setelah bekerja dengan bos adalah ucapan yang menyentuh hati. Bos pun akan mengingatnya dan akan mendapatkan hati atasan jika beruntung.


5. Bahasa Inggris

5. Bahasa Inggris

Ingin ucapan yang lebih keren? Bahasa Inggris mampu membuat ucapan selamat terlihat lebih cool.

“You know, Sir, there are no words to express to be able to describe my pleasure working with you. In this moment, I say thank you so much and happy birthday, Bos.”

Kesan yang diungkapkan dalam bahasa Inggris akan semakin menambah keren surat yang diberikan. Ucapan agar atasan memahami jika anak buahnya sangat senang telah bekerja sama dengannya adalah cara yang juga bisa mengambil hati pimpinan.

“For our beloved boss, Forget the past and look forward to the future for the best things which are going to come. Happy Birthday, Bos.”

Ucapan di atas juga berisi semangat untuk terus percaya diri dan tetap melihat kedepan. Jika bos sudah seperti teman atau partner bisa memberikan ucapan santai semacam ini.


6. Bahasa Jawa

6. Bahasa Jawa

Bahasa Jawa kental digunakan di kantor? Atau bahkan menggunakan bahasa Jawa dengan atasan? Coba pilih alternatif ucapan selamat dalam bahasa daerah ini agar lebih mengena.

“Sugeng lagi njupuk warsa sampeyan. Rezeki angin gedhe, sabar ing gedhe, sehat lan ditambahke adhidasar cara nglindungi tanah sing dilindungi Allah SWT.”

Kalimat ini cenderung halus sehingga cocok untuk atasan. Arti kalimat diatas kurang lebih yaitu selamat ulang tahun, Kami doakan rejekinya lancar, sehat, sabar dan dilindungi dalam tanah yang dilindungi Allah SWT ini.

“Nderek bungah cita ingkang ambal warsa dumateng Bapak Suroso, mugi-mugi tansah tansah pinaringan kasasaran ingkang lahir lan batos.”

Bisa juga memilih kalimat ucapan ulang tahun untuk bos yang juga halus dan lebih dalam maknanya seperti di atas. Artinya kurang lebih yaitu turut bersuka cita atas hari ulang tahun Bapak Suroso dan semoga selalu diberi kesehatan lahir dan batin.”

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri


7. Ucapan Menyentuh Hati

7. Ucapan Menyentuh Hati

Tak ada salahnya pula memberikan ucapan ulang tahun untuk bos dengan kalimat yang menyentuh hati, apalai jika bos seorang wanita yang mudah tersentuh hatinya. Ulang tahun yang hanya sekali dalam setahun ini juga perlu selingan yang mengharukan agar moment penting tersebut tidak mudah dilupakan.

“Saya tidak tahu bagaimana mengungkapkan terimakasih kepada bapak yang dengan sabar membimbing karyawan seperti saya. Banyak ilmu dan pengalaman yang saya dapat selama menjadi bagian perusahaan ini.Meski hanya karyawan, saya turut berbahagia dan bersyukur atas bertambahnya usia bapak. Selamat bertambah usia, mentor terbaik. Kami beruntung bisa mengenalmu.”

Meski sedikit panjang, bos akan tersenyum karena banyak orang yang senang bekerja padanya. Hal ini bisa menambah kedekatan pimpinan dengan bawahan sehingga suasana kantor lebih menyenangkan.

“Sebelum semua kotak itu terisi, kau menerima kotak kosong itu lalu mengisinya dengan sabar. Kaupun tak pernah meminta kembali apapun dari kotak itu, meski sejatinya kau berhak memintanya kembali. Terimakasih telah menerima saya menjadi keluarga perusahaan ini, semoga panjang umur dan bahagia selalu, Pak.”

Ucapan di atas cocok diungkapkan saat hari spesial atasan apalagi bersama kado yang cantik dan dibutuhkan bos. Pemilihan ucapan ulang tahun untuk bos yang tepat akan membuat atasan merasa senang. Membuat senang atasan tersebut juga bisa mendapatkan hati bos sekaligus, bukan?

Memilih ucapan di atas harus disesuaikan dengan kondisi kedekatan dengan bos serta budaya kantor masing-masing. Jika bos sehari-harinya berkomunikasi dengan bahasa formal maka jangan menggunakan bahasa gaul. Bos akan menganggap hal tersebut tidak sopan sehingga berbahaya bagi karier pemberi ucapan, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *