Kumpulan Ide Ucapan Pernikahan yang Menarik dan Berkesan

9 min read

Ucapan Pernikahan

Ucapan PernikahanPernikahan nyatanya bukan hanya memberikan kebahagiaan bagi kedua mempelai saja. Namun juga bagi orang-orang di sekitarnya. Cara penyampaian kebahagiaan tersebut dapat diberikan melalui ucapan pernikahan.

Sebetulnya ada beberapa contoh ucapan pernikahan yang bisa disampaikan untuk kedua mempelai. Baik itu kedua mempelai merupakan teman, sahabat, atau keluarga sendiri. Ucapan pernikahan ternyata punya banyak versi.

Mulai dari yang penuh makna hingga yang mengundang tawa. Pada intinya ucapan selamat pernikahan dapat memberikan kebahagiaan sendiri terutama bagi pengantin. Sekaligus bisa dijadikan doa bagi mereka. Berikut contoh-contohnya


1. Ucapan Penikahan Bernuansa Islami

1. Ucapan Penikahan Bernuansa Islami

Bagi pemeluk agama islam, sebaiknya gunakan kata-kata ucapan selamat pernikahan dengan nuansa islami. Selain lebih sopan, ucapan selamat menikah bernuansa islami lebih religius sehingga lebih enak didengar terutama untuk sesama muslim. Berikut beberapa inspirasinya :

”Selamat menempuh hidup baru untuk Akhi. Semoga Allah SWT menjadikan Akhi sebagai calon iman terbaik dan penyayang bagi istri. Ukhti doakan juga semoga engkau dapat membawa istri dan anak-anakmu kelak pada CintaNya. Barakallahu Lakum wa Baraka alaikum Akhi”.
”Selamat atas pernikahanmu Ukhti. Semoga dapat menjadi sebagai bidadari terbaik. Baik untuk suami maupun untuk anak-anakmu kelak, Amin”.
”Selamat menempuh kehidupan baru untukmu. Semoga engkau dan pasangan selalu menjadi keluarga sakinah, mawadah, warahmah. Doa terbaik untukmu, semoga kamu, pasangan sahmu, serta anak-anakmu kelak selalu berada dalam lindunganNya”.
”Barakallahu laka wabaaraka alaikuma wa jamaa banaikumaa fii khoir. Selamat mengarungi bahtera rumah tangga untuk kalian berdua. Semoga kau dan pasangan selalu berada dalam keberkahan rezeki melimpah dari Allah SWT”.
”Selamat menikah untuk kalian berdua pasangan baru. Semoga samawa till Jannah. Doa terbaik semoga kau dan pasangan bisa berjodoh dunia dan akhirat. Bisa membangun biduk rumah tangga sesuai syariat al-quran dan hadist, Amin”.
”Semoga Allah Subhanahu wa ta’ala dapat menguatkan ikatan yang sudah membuat kalian berdua bersatu. Kau dan pasangan juga diberikan keberkahan hati dengan iman dan cinta sejati selamanya. Selamat menikah untuk kalian berdua”.
”Semoga pernikahan kalian berdua ini menjadi pernikahan abadi dan bisa membawa  kebahagiaan pada orang sekitar. Dan juga semoga Allah SWT selalu memberikan rahmatnya pada kalian untuk dapat merasakan kedamaian dan kebahagiaan melimpah, Amin”.
”Alhamdulillah, selamat atas pernikahan kalian berdua. Semoga pernikahan kalian ini selalu dilimpahi banyak cinta, kebahagiaan, dan kebaikan yang melimpah ruah. Jazakallahu khairan khatira.”

Baca Juga: Ucapan Selamat Tahun Baru


2. Ucapan Pernikahan Berbahasa Arab

2. Ucapan Pernikahan Berbahasa Arab

Tidak hanya ucapan selamat menikah untuk mempelai yang diselipi nuansa islami. Beberapa juga menggunakan ucapan selamat menikah menggunakan bahasa arab. Meskipun ini tidak banyak dipakai, tapi banyak juga yang mencoba mengucapkannya. Berikut beberapa contohnya :

a. ”Barakallahu lakum wa Baraka alaikum. Alf Mabrouk Ala Alzeefaf Alsa’eed”. Ucapan seperti ini sering didengar dan diucapkan oleh beberapa orang pada rekannya yang menikah. Arti dari ucapan selamat menikah tersebut cukup bagus.

Kurang lebih ucapan bahasa arab tersebut memiliki arti yaitu doa semoga diberikan limpahan rahmat yang besar untuk kedua mempelai. Selain itu kalimat bahasa arab tersebut juga memiliki arti pernyataan selamat atas pernikahan yang sudah digelar oleh pasangan menikah tersebut.

b. ”Barakallahu lakuma wa jama’a baina kuma fii khair”. Makna dari ucapan selamat menikah dengan bahasa arab tersebut juga tidak kalah bagus dengan sebelumnya. Arti dari ucapan tersebut memang sedikit banyak sama dengan ucapan sebelumnya.

Keduanya mengandung arti sebagai doa untuk kedua mempelai semoga selalu diberikan limpahan rahmat dari Allah SWT. Selain itu harapan semoga Allah SWT dapat menghimpun kedua mempelai untuk selalu dalam keadaan baik dalam arti bahagia.

c. ”Barakallahu laka wa baroka alaika wa jama’a Banaikumaa fii khoirin”. Cukup singkat untuk menjadi ucapan selamat pernikahan yang diucapkan untuk kedua mempelai. Namun artinya cukup menyentuh, sehingga sering kali diucapkan.

Arti dari ucapan berbahasa arab tersebut adalah kurang lebih sebagai bentuk harapan semoga kedua mempelai mendapatkan limpahan rahmat dari Allah SWT. Lebih tepatnya rahmat dalam segala hal terutama yang baik. Serta selalu dipersatukan dalam ikatan kebaikan untuk keduanya.

d. ”Barakallahu laka”, yang merupakan ucapan selamat pernikahan paling singkat. Arti dari kalimat ini bermakna semoga kedua mempelai mendapatkan keberkahan yang melimpah dari Allah SWT. Pada dasarnya semua kata-kata tersebut mengandung arti yang sama.

Yaitu doa supaya kedua mempelai mendapatkan limpahan rahmat dari Allah SWT. Selain itu bisa juga dengan mengucapkan kalimat lainnya. Misalnya setelah kalimat berbahasa arab tersebut gunakan kalimat seperti “ini adalah langkah awal untuk perjalanan cinta kalian.

Untuk membangunnya kembali lebih besar di bawah atap yang sama yaitu rumah tangga. Hanya doa yang baik-baik yang bisa kuberikan pada kalian berdua. Jadilah kalian pasangan yang penuh cinta kasih abadi. Semoga kelak kalian diberikan momongan yang lucu, Amin”.


3. Ucapan Pernikahan Lucu

3. Ucapan Pernikahan Lucu

Ucapan selamat atas pernikahan para sahabat, teman, atau keluarga juga bisa diungkapkan dengan bumbu humoris. Sehingga terkesan lucu dan tidak membosankan. Butuh inspirasi ucapan selamat menikah dengan tema humor? Berikut beberapa contohnya :

”Pergi berkunjung ke kota Jeddah, janganlah engkau lupa untuk bawa sajadah. Senangnya yang baru saja menikah, semoga sakinah mawardah warahmah”.
”Happy wedding ya untuk kalian berdua, selamat menumpuh hidup baru. Akhirnya ya lagu dari payung teduh “AKAD” bisa dihapus dari playlist mp3mu. Hehehe”
”Selamat menikah ya sobatku. Banyak orang bilang kalau nikah itu bagaikan film drama. Ya untukmu semoga banyak adegan komedi dan romantisnya aja ya. Daripada adegan mellow dan sedih-sedihnya. Hahahah.”
”Temanku ini udah punya gandengan sehidup semati. Sementara aku masih betah dirundung kejombloan. Tapi gak papa, yang penting kalian berdua selalu bahagia. Selamat menikah ya kalian berdua. Terus jangan lupa juga doakan aku segera menyusul”.
”Cieee… yang akhirnya nikah. Selamat nih sudah berhasil lolos dari dunia kejombloan. Doakan aku juga ya kawan semoga cepet nyusul kalian”.
”Wah sekarang udah gak ditemenin mie rebus lagi kalau malam-malam lapar. Sudah ada yang menemani seorang wanita soleh yang cantik. Selamat menikah ya teman, semoga bahagia sampai surga”.
”Sebenernya aku hanya ingin bilang. Teman yang jahat itu, yang tega meninggalkan teman lainnya untuk menikah lebih dulu. Namun aku tetap sayang kamu kok. Selamat menempuh hidup baru untukmu teman dan pasanganmu. Semoga kalian berbahagia selalu”.

4. Ucapan Pernikahan Formal

4. Ucapan Pernikahan Formal

Memberikan ucapan pernikahan yang formal sangat dianjurkan. Terutama bila ucapan sengaja diberikan untuk orang yang dihormati. Misalnya saja untuk atasan di kantor, atau rekan kerja. Berikut beberapa inspirasi ucapan pernikahan bernuansa formal

a. ”Selamat menikah untuk anda dan pasangan. Semoga cinta dan kebahagiaan selalu menyertai langkah anda berdua. Keberkahan yang melimpah akan selalu mengisi hari-hari anda dengan pasangan.”
b. ”Selamat menikah untuk kalian berdua. Selamat menempuh hidup baru untuk mengarungi bahtera rumah tangga yang abadi. Semoga selalu berbahagia sampai akhir. Cepat mendapatkan momongan yang mampu membanggakan kedua orang tuanya kelak”.
c. ”Selamat menempuh hidup baru buat anda serta pasangan. Semoga selalu dianugerahi dengan kebahagiaan yang berlimpah ruah. Menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah. Hanya doa terbaik yang selalu menyertai langkah kalian berdua”.
d. ”Selamat menempuh babak baru dalam hidup. Terutama untuk anda dan pasangan pilihan terbaik anda. Semoga anda berdua selalu bisa terus bersama hingga maut memisahkan. Untuk membangun keluarga yang sakinah, mawadah, warahmah.

Lekas diberikan momongan yang lucu hingga kelak bisa tumbuh membahagiakan kedua orang tuanya. Hanya doa terbaik yang akan menemani langkah anda berdua mengarungi biduk rumah tangga berdua. Semoga pernikahan kalian terus langgeng dan tetap mesra”.

e. ”Selamat atas pernikahan kalian berdua. Semoga hidup kalian selalu diberkadi dengan kebahagiaan. Kuat menjalani biduk rumah tangga. Diberikan momongan yang lucu. Yang kelak bisa membanggakan kedua orang tuanya.”
f. ”Selamat menempuh hidup baru untuk kalian berdua. Semoga setelah ini hanya akan ada cinta yang mewarnai kehidupanmu dan pasangan. Keluarga yang kalian bina akan selalu dilimpahi kebahagiaan saja tanpa kesedihan.

Cepat diberikan momongan. Dengan begitu kebahagiaan kalian pasti akan lebih lengkap. Doa terbaik selalu menyertai langkah mu dan pasangan”.

g. ”Saya turut bahagia dengan pernikahan anda dan pasangan. Semoga pernikahan yang anda rajut bisa terus awet dan langgeng hingga kakek nenek. Juga selalu diliputi kebahagiaan hingga hanya ajal yang akan memisahkan”.
h. ”Selamat atas pernikahan anda berdua. Semoga ALLAH SWT selalu memberikan rahmatnya bagi anda berdua untuk selalu menguatkan ikatan pernikahan. Sehingga rumah tangga yang anda berdua jalin bisa terus bersatu selamanya.

Saya juga sangat berharap semoga anda berdua bisa dikaruniai momongan yang soleh solekhah. Mampu menjadikan keluarga anda semakin lengkap dan bahagia selamanya”.


5. Ucapan Pernikahan Simple

5. Ucapan Pernikahan Simple

Kadang orang lebih menyukai memberikan ucapan selamat menikah dengan kata-kata simple. Mungkin karena tidak punya banyak waktu atau memang menyampaikannya tidak secara langsung. Berikut beberapa contoh ucapan pernikahan simple yang bisa dipakai

a. ”Selamat menempuh hidup baru bersama untuk kalian berdua. Ingat jangan sampai menyakiti pasanganmu ya. Buatlah dia selalu merasa bahagia sampai kapanpun. Hanya doa-doa terbaik yang bisa kuberikan padamu. Salam manis dari sahabat terbaikmu”.
b. ”Semoga cinta yang selama ini kalian jaga bisa terus tumbuh. Bahkan semakin kuat setiap harinya. Hanya doa-doa baik saja yang mampu kuberikan pada kalian berdua. Selamat menikah untuk kalian berdua.

Semoga selalu kuat menjaga mahligai rumah tangga. Dilimpahi banyak keberkahan dan rezeki halal. Bahagia selalu temanku”.

c. ”Sungguh elok dan indah sayap seekor kupu-kupu. Dengan penuh suka cita menari-nari kesana kemari. Selamat menempuh hidup baru untuk kalian berdua sebagai pasangan. Hari bahagia sudah menanti kalian untuk kedepannya”.
d. ”Sesungguhnya pernikahan adalah awal dari sebuah kehidupan. Juga awal munculnya kebahagiaan, serta kebersamaan yang baru. Selamat berbahagia untuk kalian berdua. Semoga selalu mendapatkan limpahan kebahagiaan yang besar dari Allah SWT”.
e. ”Akhirnya kau telah menemukan sumber kebahagiaan. Belahan jiwa sekaligus menjadi tulang rusuk yang selama ini kau cari. Aku sebagai teman ikut bahagia melihat dirimu yang semakin bahagia setelah pernihakanmu ini.

Doa yang baik akan selalu menyertaimu kawan. Selamat menempuh hidup baru. Mengarungi samudera rumah tangga yang cerah bersama pasangan hidupmu”.

f. ”Sebetulnya deklarasi cinta yang paling benar adalah sebuah ikatan pernikahan. Selamat menikah yang kawan. Semoga cinta kalian dapat bertahan sampai kakek nenek. Bahkan hingga hanya maut yang memisahkan”.

6. Ucapan Pernikahan Casual

6. Ucapan Pernikahan Casual

Ada lagi jenis ucapan pernikahan dengan gaya casual atau santai. Biasanya ucapan seperti ini disampaikan oleh sesama teman atau sahabat. Penggunaan bahasa yang dipakai juga cenderung tidak baku dan santai. Ucapan selamat menikah dengan gaya casual seperti

a. ”Happy wedding  sobat. Akhirnya setelah sekian lama menjomblo sekarang sudah menemukan tambatan hati. Semoga bahagia selalu ya. Cepet diberi momongan juga biar makin nambah kebahagiaannya”.
b. ”Selamat menikah teman. Semoga mulai hari ini sampai seterusnya hari-harimu selalu diwarnai dengan kebahagiaan. Kelak akan dikaruniai buah hati yang bisa berbakti dan membanggakan kedua orang tuanya. Sekali lagi selamat ya buat kalian berdua”.
c. ”Selamat menempuh hidup baru kawan baikku. Jaga diri baik-baik ya kamu dan pasangan. Lindungi istrimu dengan segenap jiwa dan raga. Kebahagiaan selalu menyertai kalian berdua”.
d. ”Wah, selamat menikah kalian berdua. Selamat menempuh hidup baru, semoga bahagian selalu. Langgeng terus ya kalian berdua. Sampai kakek nenek, punya banyak keturunan yang soleh solehah.”
e. ”Saudaraku yang paling jahil nikah duluan nih. Aku ditinggal asem banget. Tapi gak papa, yang penting kau dan pasanganmu bahagia selalu. Alhamdulillah sekarang saudaraku ada yang menemani pas makan. Doakan aku cepet nyusul juga, hehehe”.

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha


7. Ucapan Pernikahan Bernuansa Kristiani

7. Ucapan Pernikahan Bernuansa Kristiani

Ucapan yang ditujukan untuk kedua mempelai dalam pernikahan, bukan hanya bernuansa islami. Bagi pemeluk agama lain seperti kristiani misalnya, mereka punya ucapan selamat pernikahan sendiri. Berikut inspirasi ucapan selamat pernikahan dengan tema kristiani

a. ”Selamat atas pernikahan kalian berdua. Akhirnya sekarang Tuhan telah mengabulkan keinginan dan harapan yang kalian impikan setiap waktu. Jaga selalu cinta suci kalian berdua. Jangan sampai impian kalian ini diracuni oleh hal-hal tidak baik.

Seperti ketidakjujuran yang bisa memisahkan kalian. Semoga hanya mautlah yang mampu memisahkan ikatan kalian berdua, Amin”.

b. ”Happy wedday untuk kalian berdua. Selamat menempuh mahligai rumah tangga yang sebenarnya. Selalu berlaku setialah pada pasanganmu. Semoga Tuhan selalu memberikan limpahan kebaikannya pada pernikahan kalian berdua. Doa terbaik selalu menyertai kalian”.
c. ”Selamat atas pernikahanmu dan pasangan pilihan terbaikmu. Ada salah satu ayat yang intinya adalah sudah menjadi kewajiban suami untuk memenuhi kewajibannya terhadap istri yang dinikahinya. Demikian juga sebaliknya yaitu untuk istri terhadap suaminya.

Maka dengan melakukan ayat tersebut, kalian akan diberkahi Tuhan. Sehingga bisa hidup bahagia selamanya”.

d. ”Selamat menikah untuk kalian pasangan baru. Selamat menjalankan kehidupan biduk rumah tangga. Semoga Tuhan selalu menjaga kalian begitu pun anak-anak kalian kelak. Doa terbaik selalu aku panjatkan untuk menyertai langkah kalian kedepan”.
e. ”Kalian bertemu tentu atas campur tangan Tuhan yang kemudian mempersatukan dalam ikatan pernikahan. Maka sudah menjadi barang wajib kalian tidak boleh sampai pisah diantara kalian. Selamat atas pernikahanmu dan pasangan pilihan terbaikmu”.
f. ”Kau dan pasanganmu sebenarnya telah melakukan setidaknya satu dari sekian banyak kebaikan dalam hidup. Hal tersebut adalah mengikat diri dalam sebuah pernikahan. Kalian harus menjaga ikatan suci ini dan selalu ingat tentang segala karunia Tuhan.

Selamat menikah untuk kalian berdua”.

Itulah tadi beberapa contoh ucapan pernikahan. Mulai dari yang bertema islami, bahasa arab, yang lucu, formal, dan masih banyak lagi. Bila bingung ingin mengucapkan kata-kata apa saat kerabat atau teman menikah, beberapa contoh di atas bisa menjadi inspirasi.

Meskipun hanya sebuah ucapan selamat menikah, pasti sedikit banyak akan berpengaruh pada kehidupan kedua mempelai. Ucapan tersebut bisa jadi sebuah doa yang terbaik bagi keduanya dan keluarganya kelak. Jadi memberikan ucapan pernikahan mestinya tidak boleh dilupakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: