Ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa yang Indah dan Menggugah

6 min read

Ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ucapan Selamat Menunaikan Ibadah PuasaBentuk ucapan selamat menunaikan ibadah puasa sangat banyak. Sedangkan isi ucapannya ditentukan oleh suasana hati masing-masing dari orang yang mengucapkan selamat. Sekalipun demikian biasanya ucapan yang terkait ibadah identik dengan kebaikan-kebaikan dan hal yang positif. Maka dari itu, secara tradisi, masyarakat boleh saling mengutarakan ucapan selamat berpuasa kepada orang lain.

Memberi ucapan selamat menunaikan ibadah puasa kepada yang berpuasa tentunya akan menjadi semangat tersendiri dalam menjalaninya. Untuk itu, tidak salah jika memberikan ucapan semangat untuk orang-orang yang menjalankannya.

Ada banyak sekali jenis ucapan yang bisa dijadikan referensi. Mulai dari yang berlandaskan hadis dan juga ucapan berupa doa-doa. Semua tergantung pada pribadi masing-masing ingin memberi ucapan seperti apa yang ingin diberikan. Bisa juga ucapan tergantung situasi dan kondisi sekarang ini.


Ucapan Terkait Al-quran dan Hadist

Ucapan Terkait Al Quran Dan Hadist

Nah bagi yang belum mengetahui seperti apa ucapan selamat menunaikan puasa, berikut akan dijelaskan secara lengkap. Tema ucapan selamat berpuasa yang pertama adalah yang terkait dengan dasar hukum berpuasa itu sendiri yaitu Al Quran dan Hadist. Ini penjelasannya:

1. Ucapan Terkait Setan Diikat pada Bulan Ramadhan

Masyarakat muslim mengetahui kalau di bulan ramadhan setan diikat. Kabar ini disampaikan oleh ulama yang dalam menyampaikannya dengan menukil ayat Al Quran maupun Hadis Nabi. Ini juga sering diucapkan oleh kalangan santri dan orang kebanyakan yang mengerti tentang hukum islam sebagai bagian dari materi dakwah.

Dalam ucapan ini tidak hanya sekedar ucapan melainkan juga ada pesan-pesan religi yang harus dipatuhi oleh umat.  Untuk contoh-contohnya silakan lihat kalimat berikut:

“Bulan Ramadhan telah tiba. Bulan di mana semua setan telah diikat. Mari menyambutnya dengan suka cita. Selamat menunaikan ibadah puasa”

2. Ucapan Terkait Keutamaan Lailatul Qadar

Dalam Alquran difirmankan kalau Lailatul Qadar adalah malam yang lebih utama daripada 1000 Bulan. Maka dari itu barang siapa yang benar-benar menjalankan ibadah di malam itu dan diterima ibadahnya, maka terhapuslah dosa yang telah lewat dan dosa 80 tahun ke depan.

Malam Lailatul Qadar adalah malam turunnya Al Quran yang menurut para ulama kejadian luar biasa tersebut terjadi pada malam-malam ganjil di 10 malam Ramadhan terakhir. Maka dari itu wajar jika kita menyampaikan ucapan sekaligus mengiringi dengan harapan agar bisa mendapatkan malam tersebut. Untuk melihat contoh ucapannya silakan baca kalimat di bawah:

“Bulan yang dinantikan telah tiba. Bulan yang penuh berkah yang di dalamnya terdapat satu malam yang sangat luar biasa. Selamat berpuasa dan semoga kita menjadi ahli Lailatul Qadar”

3. Ucapan Keutamaan 10 Malam Terakhir Ramadhan

Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam dalam Hadits-nya menyampaikan bahwa 10 malam terakhir ramadhan adalah malam pengampunan. Ketika malam tersebut didapatkan maka saat Idul Fitri selayaknya bayi yang baru dilahirkan oleh ibunya.

Ini merupakan cita-cita bersama umat Islam maka selayaknya ketika menuliskan ucapan selamat menunaikan ibadah puasa di bulan ramadhan disampaikan juga harapan tentang hal tersebut. Untuk contohnya silakan lihat narasi berikut:

“Bulan puasa sudah memasuki malam ke-20. Berarti 10 malam ke depan adalah malam ketika kita menantikan ampunan dari Allah. Selamat menunaikan ibadah puasa semoga kita menjadi Insan yang akan terlahir kembali dalam keadaan suci dan fitri”

4. Ucapan Yang Berhubungan Dengan Syarat-Syarat Puasa

Syarat puasa yang umum adalah tidak makan dan minum dari subuh hingga terbenam matahari. Sedangkan menjaga hawa nafsu adalah syarat khusus termasuk juga di dalamnya tidak berhubungan intim dan lain sebagainya. Jika ingin mengucapkan selamat menempuh bulan Ramadhan maka silahkan tuliskan tema syarat-syarat tersebut. Lebih bagus lagi jika ucapannya disampaikan di awal bulan. Berikut contohnya:

“Selamat menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan kali ini. Semoga kita senantiasa terjaga dari hawa nafsu yang buruk dan mata diselamatkan dari pandangan yang membatalkan puasa”

5. Ucapan Yang Terkait Dengan Diri yang Suci

Di dalam Islam disebutkan bahwa barang siapa yang mendapatkan pahala Ramadhan, maka ketika keluar dari bulan penuh berkah tersebut seperti bayi yang baru lahir. Itu artinya segala dosa telah diampuni dan amal pahala telah tercatat. Karena itu manusia yang mendapatkan pahala Ramadhan laksana kertas putih yang belum tertulis dengan tinta warna apapun.

Ini sebuah harapan semua umat Islam. Maka dari itu, doa boleh disampaikan bersamaan dengan ucapan menunaikan ibadah puasa. Untuk mengetahui contoh ucapannya silahkan baca kalimat berikut:

“Bulan puasa telah tiba. Mari kita mengisinya dengan pahala-pahala untuk meraih ampunanNya. Di Bulan puasa ini semoga kita kembali suci. Selamat berpuasa”

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Raya Waisak


Ucapan Selamat Berpuasa Dengan Tema Doa-Doa

Ucapan Selamat Ramadhan Terkait Tema Bulan Itu Sendiri

Terkadang ucapan selamat berpuasa diiringi dengan berbagai doa-doa.  Tentu di dalamnya berisi harapan-harapan kebaikan tentang kehidupan, kesehatan, rezeki kebahagiaan rumah tangga dan lainnya. Di bawah ini akan dijelaskan seperti apa ucapan-ucapan tersebut. Berikut ini penjelasannya:

1. Ucapan Yang Terkait Dengan Doa Kesehatan

Ketika berpuasa pasti tidak makan dan juga tidak minum seharian penuh. Jika di waktu normal mungkin itu bisa membuat kesehatan menurun. Namun karena ini bulan puasa ada jaminan bahwa siapapun orang yang sedang berpuasa gangguan kesehatan tidak akan terjadi.

Sekalipun demikian berharap untuk disehatkan saat bulan Ramadhan adalah hal yang perlu untuk didoakan. Silakan harapan tersebut dituangkan dalam bentuk ucapan berpuasa. Ini dia contoh ucapannya:

“Bulan puasa sudah menjelang. Sudah waktunya tidak makan dan tidak minum. Sekalipun demikian semoga tetap disehatkan”

2. Ucapan Yang Terkait Dengan Doa Rezeki

Bila sudah tiba bulan ramadhan membutuhkan bekal yang lebih banyak dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Tentu yang dimaksud adalah uang untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan berbuka, bersahur maupun nanti ketika sudah menjelang hari raya.

Jika terkait dengan uang yang didapatkan oleh seseorang maka erat hubungannya dengan rezeki dari orang tersebut. Maka dari itu silahkan doakan saat bulan Ramadhan sudah datang semoga rezeki ditambahkan. Berikut contoh ucapannya jika diiringi dengan kata-kata selamat berpuasa:

“Selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga di bulan puasa kali ini rezeki ditambahkan dan disegerakan”

3. Ucapan Yang Terkait Dengan Doa Kebahagiaan

Seharusnya ketika bulan Ramadhan sudah tiba semua umat Islam menyambutnya dengan rasa gembira dan bahagia. Bulan tersebut adalah bulan penuh berkah dan ampunan. Tak hanya dalam penyambutan, ketika menjalankan ibadah puasa sekalipun harus tetap dengan perasaan bahagia. Hati senantiasa dijauhkan dari perasaan pilu dan kesedihan.

Silahkan berdoa agar diri tetap bahagia dalam menjalankan ibadah puasa. Sampaikan bersamaan dengan ucapan selamat menunaikan puasa.  Untuk melihat ucapannya silakan baca kalimat di bawah:

“Ramadhan telah datang. Mari menyambutnya dengan rasa bahagia. Semoga kita menjadi insan yang menjalankan puasa dengan penuh suka cita”

4. Ucapan Yang Terkait Dengan Doa Keikhlasan

Jika sedang menjalankan puasa terkadang ada perasaan tidak ikhlas. Bahkan tidak sampai di situ, terkadang ada perasaan marah dan lainnya. Di kalangan orang awam ini adalah kewajaran. Sekalipun demikian harus tetap belajar sabar dalam menjalankan puasa.

Sabar dan ikhlas inilah yang senantiasa harus terus didoakan. Bahkan lebih bagus dibandingkan semata mengucapkan selamat saja. Untuk melihat contoh ucapannya silakan baca kalimat berikut:

“Puasa ramadhan telah tiba. Semoga hati ini tetap diikhlaskan untuk menyambutnya dengan indah. Semoga pula diberikan kesabaran yang tulus dalam menjalankan”

5. Ucapan Yang Terkait Dengan Doa Terbebas Pandemi Wabah

Di bulan Ramadhan tahun 2020 ini bertepatan dengan terjadinya wabah pandemi kovid 19. Tidak dimungkiri ini merupakan pukulan telak bagi umat Islam yang sedang beribadah puasa. Bahkan umat tidak bisa beribadah dengan tenang dan nyaman. Shalat tarawih dijalankan di rumah-rumah, iftar buka puasa ditiadakan, tadarus dilakukan segelintir orang saja.

Oleh sebab itu berdoa agar pandemi ini cepat berlalu sangat layak di hantarkan. Apalagi bulan ini adalah bulan yang mana semua doa diijabah. Silahkan doa ini disandingkan dengan pengucapan selamat puasa. Untuk contohnya lihat kalimat berikut:

“Bulan Ramadhan kali ini bertepatan dengan pandemic Corona. Alhasil umat tidak bisa beribadah dengan khusyuk dan nyaman. Semoga wabah cepat berlalu agar kita kembali menjalankan puasa dengan khusuk dan ikhlas”

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Guru


Ucapan Selamat Ramadhan Terkait Tema Bulan Itu Sendiri

Ucapan Selamat Berpuasa Dengan Tema Doa Doa

Bulan Ramadhan adalah satu-satunya bulan yang khusus. Pada  satu malam ini yang merupakan malam turunnya Alquran. Bila sudah memasuki pada bulan tertentu sesungguhnya tetap sama yang dilalui yaitu siang dan malam. Namun, ketika sudah tiba bulan Ramadhan maka siang dan malam yang telah dilalui tersebut lebih dihargai dan disyukuri dibandingkan siang dan malam yang lainnya. Berikut tema dari kekhususan bulan yang dimaksud:

1. Ucapan Yang Terkait Dengan Keindahan Malam Ramadhan

Tidak ada yang lebih indah ketika sudah masuk bulan Ramadhan kecuali menikmati malam-malamnya. Yang mana rasa indah itu muncul beberapa saat setelah adzan Maghrib berkumandang. Oleh karenanya, sebaiknya ketika mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa diiringi dengan kata yang terkait dengan hal tersebut. Minimal sebagai bentuk rasa takjub diri akan keindahan malam ramadhan. Untuk contoh ucapannya silakan baca kalimat di bawah:

“Malam Ramadhan adalah malam yang indah. Purnama di mayapada seakan-akan ikut berdzikir mensyukurinya”

2. Ucapan Yang Terkait Dengan Terik Panas Penuh Berkah

Ramadhan berasal dari kata yang bermakna suatu hari yang panas.  Fakta yang tidak terbantahkan sebagian besar bulan Ramadhan memang sering terjadi pada musim kemarau. Ini menjadi sebentuk ujian yang harus tetap disyukuri sebagai hal yang bisa memacu diri untuk berlatih sabar dan ikhlas.

Oleh sebab itu silahkan tulis ucapan selamat berpuasa dengan memakai kata siang, terik, panas dan selainnya. Untuk contoh ucapannya silahkan lihat kalimat berikut:

“Ramadhan, terik siangmu tidak membuatku gentar. Tetapi justru menginspirasi untuk tetap beribadah dengan indah dan hangat sehangat matahari”

3. Ucapan Yang Terkait Dengan Purnama Di Bulan Ramadhan

Malam bulan Ramadhan adalah malam yang sangat indah. Apalagi ketika sudah tiba  pertengahan bulan yang biasanya ditandai dengan munculnya purnama. Bulan Ramadhan jatuh pada hari yang panas. Tentu suasana pada malam harinya sangat indah. Langit bersih, bintang bertebaran tanpa penghalang dan purnama menjadi puncaknya

Karena itu mari syukurilah malam tersebut dengan cara mengucapkan selamat Ramadhan dengan menggunakan diksi-diksi yang indah dan ada kata purnama di dalamnya. Untuk contoh ucapannya silahkan dilihat kalimat berikut:

“Malam di bulan Ramadhan adalah malam yang begitu indah. Terasa diri tidak mampu untuk meninggalkannya. Mohon ditabahkan ke purnama bulan Ramadhan berikutnya. Selamat menunaikan ibadah puasa”

4. Ucapan Terkait Dengan Malam Ganjil Ramadan

Pada malam-malam ganjil Ramadhan ibadah harus semakin ditingkatkan. Sebab dikala itulah berada malam Lailatul Qadar. Maka dari itu mensyukuri malam karena telah mempertemukan kembali kepadanya adalah hal yang perlu diucapkan. Sedangkan untuk ucapannya silahkan lihat contoh di bawah:

“Ramadhan telah tiba. Di dalamnya ada malam-malam ganjil yang penuh dengan barokah dan ampunan. Sampaikan kami ya Allah”

Sangat banyak bukan contoh ucapan yang bisa diungkapkan kepada kerabat, teman, dan juga orang tercinta. Menebar kebahagiaan kepada orang yang berpuasa termasuk ke dalam sedekah. Jadi, tidak ada salahnya untuk memulainya dari sekarang.

Itulah beberapa ucapan selamat menunaikan ibadah puasa. Ucapan yang di dalamnya berisi doa, harapan, rasa syukur, berzikir dan bukti penghambaan diri kita. Semoga di bulan Romadhon ini kita menjadi insan yang benar-benar mendapat ampunanNya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: