Penyebab Busi Motor Hitam Dan Basah : Tips Ulasan Lengkap – Manjakan

PENYEBAB BUSI MOTOR HITAM DAN BASAH

Penyebab Busi Motor Hitam Dan Basah – Pada kendaraan bermotor, busi hitam dan basah sudah menjadi hal lumrah. Namun, meskipun sudah sering terjadi, hal ini tidak bisa diabaikan begitu saja. Jika didiamkan secara terus menerus, maka akan menimbulkan dampak negatif pada kendaraan bermotor.

Maka dari itu, perlu mengetahui penyebab busi motor hitam dan basah agar bisa diantisipasi. Apabila busi basah dan hitam, biasanya akan membuat motor mati, mogok, dan tak bisa dinyalakan. Tentunya hal ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, karena kendaraan motor merupakan barang yang dibutuhkan.

Agar terhindar dari situasi tersebut, maka perlu mengetahui apa penyebabnya. Maka, inilah beberapa penyebab busi basah dan menghitam pada kendaraan bermotor.


1. Masuknya Air ke Dalam Mesin

Masuknya Air Ke Dalam Mesin

Air yang masuk ke dalam mesin dapat menyebabkan besi menjadi basah. Hal ini bisa terjadi saat sedang mencuci motor. Air bisa masuk saat sedang intake dan terbawa melalui aliran udara. 

Dengan begitu api tidak bisa keluar dari busi karena basahnya busi. Kemudian, pada mesin konstruksi berdiri, air bisa masuk melalui lubang dan celah busi, yang kemudian membuat busi menjadi basah. Maka dari itu, perlu ketelitian agar air tidak bisa masuk secara tidak sengaja.


2. Pemasangan Karburator yang Tidak Pas

Pemasangan Karburator Yang Tidak Pas

Penyebab busi motor hitam dan basah selanjutnya yaitu pada pemasangan Karburator yang tidak pas. Bahan bakar dan tekanan udara akan menjadi tak seimbang jika pemasangan karburatornya kurang diperhatikan atau asal-asalan. Hal itu akan berdampak pada busi motor yang akan menjadi basah. 

Jika ingin memasang karburator, harus mengikuti standar pabrik yang sesuai, yaitu 1 gram bensin dan 14 gram udara. Apabila sudah memasang karburator dengan benar, maka busi dijamin tidak akan basah. Serta apabila bahan bakar terlalu banyak digunakan, maka akan membuat busi menjadi hitam.

Baca Juga: Cara Membuat Knalpot Mobil Ngebass


3. Waktu Pakai yang Lama

Waktu Pakai Yang Lama

Biasanya jika busi dipasang dan dipakai dalam jangka waktu yang lama, akan membuat busi menjadi hitam dan basah. Hal ini merupakan hal yang wajar dan terjadi karena saat pembakaran di dalam mesin, api akan meledak secara terus menerus. Maka dari itu, diperlukan untuk selalu memperhatikan kondisi busi dan rutin membersihkan. Serta, jika memang busi sudah lama dipakai, bisa diganti dengan busi yang baru.

Baca Juga: Cara Pasang Gps Mobil


4. Terdapat Kotoran pada Saluran dan Tangki Bahan Bakar

Terdapat Kotoran Pada Saluran Dan Tangki Bahan Bakar

Kendaraan motor yang sering digunakan biasanya akan terdapat kotoran pada saluran dan tangki bahan bakarnya. Jika saluran dan tangki bahan bakar tak pernah dibersihkan, maka akan menjadi penyebab busi motor hitam dan basah. Tak hanya berdampak itu saja, tangki motor yang kotor dapat membuat saluran tersumbat di injeksi motor dan karburator.

  Apa Saja Yang Harus Diservice Pada Motor Matic ? Yuk Simak Penjelasan

Baca Juga: Ciri Ciri Busi Mobil Mati


5. Bocornya Oli Mesin

Bocornya Oli Mesin

Elektroda besi yang lembab bisa terjadi karena ruang bakar yang dimasuki oleh oli. Jika hal ini terjadi, maka akan disebut terjadinya kebocoran pada oli mesin. Letak kebocoran biasanya berada di ring piston aus atau katup mesin. 

Kemudian, apabila terjadi kebocoran pada mesin, hal ini dapat menyebabkan busi menjadi basah. Tak hanya busi yang menjadi basah, kebocoran pada oli mesin juga dapat membasahi bagian knalpot.


6. Kualitas Busi

Kualitas Busi

Setiap busi motor memiliki kualitas yang berbeda-beda. Meskipun memang hanya berupa barang yang berukuran kecil, tapi busi motor memiliki tingkatan kualitas masing-masing. Masalah akan timbul apabila kualitas busi tidak cocok dengan motor yang dimiliki. 

Oleh sebab itu, pilihlah busi yang memang sesuai dengan mesin motor, jangan hanya dilihat dari lubang ulir. Busi yang berkualitas kurang bagus, dapat menyebabkan busi cepat basah dan menghitam.

Demikianlah 6 penyebab busi motor hitam dan basah. Periksalah busi yang ada pada motor, dan ketahui apa penyebabnya. Semoga ulasan tentang penyebab menghitam dan basahnya busi bisa menjadi referensi.

penyebab busi motor hitam dan basah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *