Kumpulan Ucapan Selamat Imlek Yang Sangat Inspiratif

8 min read

Ucapan Selamat Imlek

Ucapan Selamat ImlekTahun baru China yang  biasa dirayakan suku Tionghoa, juga diikuti ucapan selamat Imlek dan identik dengan berbagi angpau. Selain itu sajian manis kue keranjang dan ikan emas menjadi penghias perayaan imlek. Ditambah nyala lilin besar yang berwarna merah dan penampilan barongsai akan semakin memeriahkan pesta perayaan tersebut.

Selain sudah menjadi akar budaya, perayaan tahun baru China menjadi kesempatan untuk seluruh anggota keluarga berkumpul bersama. Sambil mengenang para leluhurnya secara bersama-sama. Lalu kemudian diikuti berbagi ucapan selamat saat Imlek dan rejeki melalui amplop merah.

Angpau yang dibagikan sambil memberikan ucapan selamat Imlek menjadi simbol agar setiap manusia mau belajar berbagi, baik dengan keluarga sendiri maupun dengan orang lain. Angpau yang dibagikan tersebut bersifat kekeluargaan bukan ukuran kesuksesan seseorang.  Jadi yang mendapat angpau adalah anak kecil atau yang belum menikah.

Di malam Imlek atau Chúx yang menjadi malam pergantian tahun merupakan momen tradisi yang dinanti-nantikan warga Tionghoa, untuk menyambut perayaan Imlek. Beragam makna dan ungkapan tahun baru Imlek yang merupakan doa dan harapan akan kesuksesan dan kebahagian di masa-masa mendatang. Beberapa ucapan selamat Imlek yang inspiratif, antara lain:


1. Untuk Orang Tua Dan Yang Dituakan

1. Untuk Orang Tua Dan Yang Dituakan

Merayakan Imlek bersama orangtua dan para sesepuh yang masih hidup menjadi bagian budaya perayaan tahun baru China. Menghormati dan menjunjung kehormatan orangtua dan sesepuh menjadi kewajiban budaya Imlek. Termasuk memberikan persembahan dan penghormatan kepada para arwah leluhur. Beberapa ucapan selamat Imlek untuk orangtua dan orang yang dituakan antara lain:

  • Yīzhí duì wǒ yǎngyù bìng jiàoyù wǒ de bàba hé māmā de xūróng hé zūnzhòng. Wēnróu, wèi nín chōngmǎn xìngfú hé jiànkāng. Yang artinya; sujud sembah dan hormat untuk papa dan mama yang telah membesarkan dan mendidik aku selama ini. Selamat Imlek, limpahan kebahagian dan kesehatan untuk kalian.
  • Yǔ opa hé oma yīqǐ qìngzhù nónglì xīnnián shí, xīnnián de tiánmì gǎnjué gèngjiā kuàilè. Yang artinya; manisnya tahun baru terasa lebih membahagiakan saat merayakan Imlek bersama opa dan oma.
  • Gǎnxiè shàngdì, nín shǐ wǒmen yǒu jīhuì yǔ zǔfù hé zǔmǔ yīqǐ qìngzhù nónglì xīnnián. Chūnjié kuàilè. Yang artinya; terimakasih Tuhan telah Engkau berikan kesempatan untuk merayakan Imlek bersama opa dan oma tersayang. Selamat Imlek
  • Chúle hé bàba māmā yīqǐ qìngzhù shí, méiyǒu qítā měilì de nónglì xīnnián wènhòu. Gǎnxiè nín yīzhí yǐlái duì wǒ de jiàoyù. Xīwàng jiànkāng hé xìngfú yǒngyuǎn bànsuízhe bàba hé māmā. Yang artinya; tidak ada ucapan selamat Imlek yang indah kecuali saat merayakannya bersama papa dan mama. Terimakasih telah membesarkan dan mendidik aku selama ini. Semoga kesehatan dan kebahagian selau menyertai papa dan mama.
  • Bàba hé māmā yuè lái yuè gǎndào jīnnián qìngzhù zhōngguó xīnnián de xìngfú. Chūnjié kuàilè. Yang artinya; kebahagian merayakan Imlek tahun ini semakin terasa lengkap bersama papa dan mama. Selamat Imlek.
  • Yǔ zhǎng zhě yīqǐ qìngzhù zhōngguó rén shì yī zhǒng bùkěsīyì de kuàilè. Xìngfú kuàilè rénmen zǒng shì xīwàng huòdé cáifù hé chénggōng. Yang artinya; berkumpul bersama para tetua untuk merayakan Imlek merupakan kebahagian yang tak terkira. Selamat Imlek semoga semuanya selalu dilimpahi kekayaan dan kejayaan.
  • Suǒyǒu dà jiātíng hé zhǎng zhě de dàolái, duì xīn de yī nián de xìngfú gèngjiā wánzhěng. Yuàn zhège nónglì xīnnián wèi wǒmen quánjiā dài lái fánróng hé cáifù. Yang artinya; kebahagian tahun baru ini semakin lengkap dengan kehadiran seluruh keluarga besar dan para tetua. Semoga Imlek ini memberikan kesejahteraan dan rejeki yang berlimpah untuk seluruh keluarga kita.
  • Xīwàng jīnnián néng shíxiàn huīhuáng, chénggōng hé xìngfú. Nónglì xīnnián kuàilè. Yang artinya; semoga kejayaan dan kesuksesan serta kebahagian semakin nyata terwujud di tahun ini. Selamat Imlek para tetua keluarga
  • Gōngxǐ nónglì xīnnián, suǒyǒu de fùmǔ dōu néng jiànkāng kuàilè. Yang artinya; selamat Imlek semoga para tetua selalu sehat dan penuh limpahan kebahagian.

Baca Juga: Ucapan Ulang Tahun Untuk Ayah


2. Kepada kerabat Dan Saudara

2. Kepada Kerabat Dan Saudara

Bersama seluruh kerabat dan saudara berkumpul merayakan Imlek menjadi salah satu tradisi tahun baru China. Sehingga suasana kekeluargaan dan kekerabatannya semakin dekat dan kuat, untuk bersama-sama menyembahyangkan para arwah leluhurnya. Beragam ucapan selamat Imlek yang inspiratif untuk kerabat dan saudara, antara lain:

  • Zài měi yīcì nónglì xīnnián de wènhòu zhōng, nǐmen dōu qídǎo bìng xīwàng dàjiā dōu xìngfú kuàilè. Yang artinya; di dalam setiap ucapan selamat hari Imlek untukmu terselip doa dan harapanku agar kalian semua selalu bahagia dan sejahtera
  • Chénggōng yǔ xìngfú xiàng bàn, gōnghè xīnchūn. Yang artinya; sukses dan kebahahagian menyertai kalan semua, selamat Imlek
  • Xīwàng zhège nónglì xīnnián néng gěi nín dài lái róngyào hé chénggōng, péngyǒu. Yang artinya; semoga Imlek ini membawa kejayaan dan kesuksesan untukmu sahabat
  • Xīwàng zhège nónglì xīnnián néng shǐ nín gèngjiā chénggōng hé shènglì. Yang artinya; semoga tahun baru Imlek ini menjadikanmu semakin sukses dan jaya.
  • Chūnjié kuàilè, xīwàng gèng fēngfù, gèng chénggōng. Yang artinya; selamat merayakan Imlek, semoga semakin kaya dan penuh kesuksesan.

3. Untuk Anak Dan Remaja

3. Untuk Anak Dan Remaja

Generasi muda seperti remaja dan anak-anak keturunan Tionghoa sudah seharusnya mulai belajar memahami hakekat dari perayaan Imlek. Tidak cukup dengan hanya ucapan selamat Imlek, tetapi makna saling berbagi melalui rejeki yang melalui amplop merah. Sehingga anak dan remaja tersebut menjadi lebih peduli terhadap lingkungannya, sebagaimana beberapa kalimat berikut:

  • Wǒ de háizimen, xīnnián kuàilè, xīwàng dàjiā zài zhè yī nián lǐ yīzhí dōu hěn kuàilè. Yang artinya; Selamat tahun baru anak-anakku, semoga kalian semua selalu bahagia di sepanjang tahun ini
  • Yuàn chūnjié kuàilè dì péi dàjiā. Yang artinya; semoga kebahagian Imlek menemani kamu semua.
  • Nónglì xīnnián jīngshén shì nín chénggōng de dònglì. Yang artinya; semangat Imlek menjadi pendorong kesuksesan kalian
  • Nónglì xīnnián de qìngzhù huódòng yě jiāng dài gěi nín gèng hǎo de chéngjiù jīngshén. Yang artinya; Meriahnya perayaan Imlek ini juga akan memberikan semangat berprestasi yang lebih baik untuk kalian
  • Zhùhè nónglì xīnnián, xīwàng xìngfú de zhùfú gèngjiā fēngfù. Yang artinya; selamat Imlek dan semoga berkah kebahagian semakin melimpah
  • Zhù nǐmen chénggōng kuàilè, nónglì xīnnián kuàilè. Yang artinya; sukses dan bahagia untuk kalian, selamat Imlek
  • Chénggōng de chéngjiù hé róngyào, gōnghè xīnchūn. Yang artinya; prestasi yang sukses dan kejayaan untuk kalian, selamat Imlek
  • Yǒngyuǎn wèi nǐ gāoxìng, nónglì xīnnián kuàilè. Yang artinya; bahagia selalu untukmu, selamat Imlek

4. Kepada Teman Dan Sahabat

4. Kepada Teman Dan Sahabat

Memberikan ucapan selamat Imlek kepada teman atau sahabat yang merayakan tahun baru tersebut merupakan salah bentuk penghargaan  antar sesama warga  negara Indonesia. Yang dapat mempererat persatuan dan saling silahturahmi. Beberapa ucapan Imlek yang data menjadi inspirasi, seperti:

  • Gōngxǐ yī méi kè, jīnnián dài gěi nín suǒyǒu de zhùfú hé fēngfù de cáifù. Yang artinya; selamat Imlek, semoga tahun ini  membawa berkat kebahagian dan rejeki yang melimpah
  • Xīnnián kuàilè, zhù nǐ hǎo yùn. Yang artinya; selamat menyambut tahun baru dan semoga selalu panjang rejeki
  • Xīwàng xīn de yī nián néng gěi nín hé nín de jiārén dài lái xìngfú. Yang artinya; semoga tahun baru ini memlipahan kebahagaian kepda kalian dan keluarga
  • Nónglì xīnnián yǒngyuǎn wèi nín dài lái xìngfú hé chénggōng. Yang artinya; semangat Imlek akan selalu berkelimpahan kebahagian dan kesuksesan untukmu.
  • Nónglì xīnnián kuàilè. Xīwàng zǒng shì fācái. Yang artinya; selamat menyongsong tahun baru Imlek. Semoga selalu berkelimpahan rejeki.
  • Xīwàng nín shōu dào de měi yīgè nónglì xīnnián wènhòu dōu jiāng dài lái xìngfú hé xìngfú. Yang artinya; Semoga dalam setiap ucapan selamat Imlek yang kalian terima menjadi berkah limpahan rejeki dan kebahagian.

Baca Juga: Ucapan Selamat Natal


5. Untuk Relasi Bisnis

5. Untuk Relasi Bisnis

Berbagi ucapan selamat hari Imlek kepada relasi bisnis yang kebetulan keturunan Tionghoa Indonesia merupakan salah satu bentuk toleransi berbudaya. Yang secara tidak langsung akan memberikan kesan mendalam dan semangat persatuan sebagai warga negara Indonesia. Maka beberapa ucapan perayaan Imlek untuk relasi bisnis, antara lain:

  • Chūnjié kuàilè, xīwàng zài jiānglái, xìngfú jiàng yǒngyuǎn bànsuízhe nín hé nín de jiārén. Yang artinya; Selamat Imlek, semoga di tahu depan kebahagian selalu menyertaimu dan keluarga.
  • Xīnnián kuàilè, yuàn nín de cáifù zài wèilái jǐ nián gèngjiā chōngyù. Yang artinya; Selamat tahun baru, semoga rejekimu semakin berlimpah di tahun-tahun mendatang.
  • Yuàn xīn de yī nián wèi nín dài lái gèng duō de chénggōng. Yang artinya; Semoga tahun baru ini membawamu menjadi semakin sukses.
  • Zhù nín xīnnián kuàilè, zhù nín xīnnián kuàilè, shēngyì xīnglóng. Yang artinya; Selamat berbahagia dan semoga tahun baru ini mengantarmu untuk semakin sukses serta lancar bisnismu.
  • Nónglì xīnnián de sàmó yǎ tígōngle yuè lái yuè fēngfù de cáifù hé xìngfú. Yang artinya; Semoga tahun baru Imlek ini memberikan rejeki dan kebahagian yang semakin berlimpah.
  • Chūnjié kuàilè, xīwàng zhè jiāng shì shíxiàn nín de zhíyè hé shāngyè chénggōng de zhèngquè dònglì. Yang artinya; selamat merayakan Imlek, semoga menjadi momentum yang tepat untuk menggapai karir dan kesuksesan bisnis

Nah, demikian beberapa ucapan selamat Imlek yang dapat dijadikan inspirasi, selain berbagi rejeki melalui angpau. Yang sebelumnya dilakukan perayaan mengenang dan menghormati para leluhur di Kelenteng. Dapat juga di rumah salah satu anggota keluarga yang memiliki meja abu atau lingwei untuk bersembahyang

Kemudian diikuti dengan persembahan untuk para roh leluhur berupa jamuan makan. Yang memberikan makna ucapan selamat hari Imlek, untuk para arwah leluhur agar turut serta merasakan kebahagian. Dan dilanjutkan dengan persembahan bakaran berupa zhǐzhā dan jinzhi.

Meskipun saat ini sudah cukup beragam agama dan kepercayaan yang dianut warga Indonesia keturunan Tionghoa. Tetapi tradisi perayaan tahun baru China ini masih tetap terjaga dengan baik, walaupun dengan beragam cara. Dengan berkumpul bersama sambil menikmati manisnya kue keranjang dan berbagi angpau menjadi benang merah perayaan tahun baru Imlek. Semoga beragam ucapan selamat Imlek ini memberikan inspirasi dan bermanfaat. Wànshì rúyì.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: