9 Tujuan Komunikasi yang Wajib Kamu Ketahui

2 min read

Tujuan Komunikasi – Secara umum, komunikasi adalah suatu cara yang dilakukan untuk penyampaian informasi, gagasan, dan ide, dari satu pihak kepada pihak lain.

Komunikasi dapat dilakukan dengan cara verbal maupun cara lisan.

tujuan komunikasi

Secara harfiah komunikasi berarti interaksi antara dua orang atau lebih untuk menyampaikan pesan atau informasi.

Tujuan, Manfaat dan Fungsi Komunikasi Secara Umum

Sebagai aktivitas penyampai pesan, komunikasi juga memiliki beberapa tujuan seperti terwujudnya perubahan, pembentukan sifat, serta beberapa tujuan lainnya yaitu :

1. Menemukan

Sebelum melakukan komunikasi tentu kita memiliki keinginan untuk mengetahui suatu informasi terhadap hal yang kita butuhkan.

Dengan adanya komunikasi kita dapat mencapai tujuan tersebut.

Misalnya untuk berkenalan dengan seseorang kita dapat berbincang dengannya dan kita akan mengetahui identitas serta segala hal yang berhubungan dengan orang tersebut.

2. Menjaga Hubungan Baik

Seluruh manusia tentu memiliki hubungan dalam hidupnya baik hubungan keluarga, persahabatan hingga hubungan percintaan.

Berkomunikasi adalah cara yang paling tepat dalam berhubungan.

Selain mampu menyampaikan informasi, komunikasi dalam suatu hubungan juga akan memberi pengaruh terhadap hubungan yang terjalin serta menjauhkan dari berbagai kesalahpahaman.

Untuk itu menjaga komunikasi hingga tidak menimbulkan miskomunikasi sangat di perlukan.

3. Meyakinkan

Hal inilah yang diupayakan oleh penjual kepada pembelinya dalam memasarkan produk.

Melalui iklan dan berbagai slogan yang digunakan diharapkan masyarakat yakin dengan kualitas barang yang ditawarkan sehingga masyarakat mau menjadi konsumen terhadap barang tersebut.

Baca Juga :  10+ Game offline terbaik android sepanjang masa

Dalam hal ini, iklan menjadi media komunikasi yang dapat digunakan.

4. Mendapatkan Hiburan

Pada saat suasana hati sedang sedih atau barang kali dalam keadaan pikiran yang sedang jenuh.

Komunikasi dapat menjadi hal yang mampu membawa hiburan.

Dengan berkomunikasi, kita dapat merelaksasi sejenak pikiran kita dengan bercerita kepada teman mengenai hal-hal menyenangkan.

Cara ini akan membuat kita tertawa dan merasa bahagia seperti menceritakan hal menyenangkan yang baru kita alami kemarin atau membahas tentang artis idola.

5. Memberikan Informasi Penting

Dianggap sebagai fungsi pokok komunikasi memang sangat diakui bahwa dengan berkomunikasi suatu informasi dapat tersampaikan pada satu orang atau lebih hingga menyebar secara luas.

Informasi tersebut sangat beraneka ragam ada yang ditujukan untuk personal maupun umum seperti undangan gotong royong dan hal lainnya.

6. Mendidik

Dalam hal ini komunikasi haruslah dilakukan dengan cara yang baik dan benar.

Mendidik melalui komunikasi dapat diibaratkan seperti mengajak orang lain atau kelompok agar melakukan hal baik yang bermanfaat maupun menerima informasi pembelajaran penting yang kita sampaikan.

Dalam lingkungan pendidikan, guru mengkomunikasikan materi dengan siswa yang membuat kesan agar siswa percaya terhadap kebenaran yang disampaikan.

7. Mengubah Opini Masyarakat

Mengubah opini masyarakat melalui komunikasi memang suatu hal yang tidak mudah bahkan harus hati-hati dan jangan sampai menyinggung masyarakat itu sendiri.

Hal ini bertujuan menyamakan pandangan secara luas hingga mampu bergerak sesuai pandangan pendapat kita.

Akan tetapi memang tidak dapat dipungkiri jika tidak semua orang dapat dengan mudah menerima pendapat orang lain terutama pendapat yang berbeda dengan pemikirannya.

8. Agar Mengenal Orang Lain

Dalam bepergian tentu kita tidak akan terlepas dalam interaksi dengan orang lain baik orang yang telah kita kenal maupun tidak.

Baca Juga :  6 Tips Membeli Rumah yang Perlu Diperhatikan

Komunikasi dengan menyampaikan keinginan kita untuk berkenalan tentu dapat membuat orang lain mengenal kita.

Begitu juga sebaliknya kita dapat mengenal orang tersebut dan berlaku dengan orang yang telah kita kenal sehingga membawa kedekatan secara personal hingga emosional.

9. Memahami Orang Lain

Dengan komunikasi kita dapat mengenal dan mengetahui pribadi seseorang lebih dalam.

Berkomunikasi secara personal dapat membuat kita mengetahui tentang hal-hal yang ia sukai maupun tidak ia sukai dan memahami lebih dalam tentang karakter pribadi orang tersebut.

Komunikasi merupakan suatu aktivitas yang tidak akan pernah terlepas dalam keseharian kita sehingga sangat diperlukan pemahaman terhadap tujuan komunikasi itu sendiri.

Dengan mengetahui tujuan komunikasi yang telah dijabarkan, diharapkan kita mampu membentuk ikatan yang lebih baik lagi dengan orang-orang terdekat hingga orang baru guna menjalin relasi kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: