Ucapan Selamat Kelahiran Bayi

5 min read

Ucapan Selamat Kelahiran Bayi

Ucapan Selamat Kelahiran BayiUcapan selamat kelahiran bayi adalah kata-kata yang perlu untuk disampaikan. Karena peristiwa ini adalah sebentuk kebahagiaan yang tidak hanya dirasakan oleh perempuan yang melahirkan saja. Tetapi seluruh keluarga, teman-teman bahkan tetangga juga ikut senang mendengarnya.

Karena alasan ini mengapa ucapan selamat untuk bayi sering kali memenuhi media sosial. Bahkan, yang mengucapkan selamat tidak hanya orang dekat dan kenal saja, orang yang tidak kenal sekalipun juga mengucapkannya.

Di bawah ini akan dijelaskan tentang bentuk-bentuk ucapan selamat kelahiran untuk bayi. Diharapkan dengan adanya artikel ini perbendaharaan tentang contoh ucapan semakin banyak. Ini dia contoh-contoh yang dimaksud:


Ucapan dengan Tema Doa Kebaikan Untuk Si Bayi

Ucapan Dengan Tema Doa Kebaikan Untuk Si Bayi

Baca Juga: Ucapan Ulang Tahun Untuk Guru

Ucapan selamat kelahiran sebagian besar bertemakan doa-doa kebaikan. Utamanya kebaikan untuk si bayi itu sendiri. Ada berbagai macam bentuk ucapan semacam ini. Untuk mengetahui tema ucapan yang dimaksud, silakan simak list di bawah:

1. Ucapan Selamat Terkait Kesehatan

Seorang bayi yang baru lahir, tentunya memiliki kesehatan yang masih rentan. Bahkan sebelum lima tahun, tubuh si bayi harus tetap dijaga dengan baik.

Hal ini dikarenakan oleh imun si bayi yang masih lemah. Sebagian besar juga masih menumpang pada sang ibu melalui asi yang diberikan. Nah, karena hal inilah, doa untuk kesehatan bayi layak diucapkan.

Doa pada si kecil bisa disampaikan berbarengan dengan ucapan selamat kelahiran kepadanya. Untuk contoh ucapan kalimatnya, silakan lihat kalimat di bawah:

“Anakmu sudah lahir. Selamat Ya. Semoga Sehat selalu, Amin”

2. Ucapan Selamat Terkait Fisik

Setiap orang pasti menginginkan anak yang cantik dan tampan. Bahkan, terkadang impian ini menjadi isi dari-doa doa yang dipanjatkan. Tentu rasa syukur akan semakin besar jika bayi sudah lahir dan doa orang tuanya tercapai.

Nah, jika ada anggota keluarga atau teman yang baru melahirkan dan masih belum melihat sang bayi, silakan ucapkan selamat dengan kata-kata yang sama dengan doa sang ibu. Yaitu mengharapkan bayi memiliki fisik yang sehat, cantik atau tampan.

Untuk contoh kalimatnya, silakan lihat di bawah lalu tiru dan sampaikan kepada orang yang baru melahirkan. Ini dia ucapannya:

“Atas kelahiran anak keduamu, saya ucapkan selamat. Semoga ia menjadi anak yang sehat dan tampan ya”

3. Ucapan Terkait dengan Kesuksesan

Setiap anak yang baru dilahirkan, tentu harapannya ialah si kecil bisa menjadi orang sukses yang membanggakan kedua orang tuanya. Terkadang ucapan-ucapan yang terkait dengan hal ini juga ramai di media sosial. Alasannya sederhana karena ucapan simpel dan mudah dibuat.

Orang yang ingin mengucapkan selamat kelahiran bayi, maka isinya boleh diselipkan harapan tentang kesuksesannya. Paling tidak ini menunjukkan rasa simpati, keakraban serta hal yang menyenangkan si ibu.

Untuk contoh kalimatnya, silakan lihat narasi di bawah ini:

“Wahai temanku yang baru melahirkan. Semoga Anakmu menjadi insan yang sukses di sepanjang hidupnya. Amin”

4. Ucapan yang Terkait dengan Agama dan Ibadah

Di Indonesia, sebagian besar bayi yang baru lahir pasti beragama karena ikut agama kedua orang tuanya. Hal ini dibuktikan dengan KTP yang akan mereka dapatkan ketika berusia di atas tujuh belas tahun.

Harapannya ialah, semoga bayi yang baru dilahirkan, kelak bisa menjadi insan yang agamis dan taat beribadah. Ini juga harapan kedua orang tuanya selain kesehatan dan kesuksesan di dunia.

Ucapan terkait agama dan ibadah yang akan dijalankan si bayi kelak boleh disampaikan beriringan dengan ucapan selamat kelahirannya. Ini juga layak bahkan terkesan unik sekalipun sedikit lebih serius dibandingkan jenis ucapan yang lain.

Jika belum mengetahui jenis ucapannya, silakan lihat contoh kalimat di bawah ini:

“Selamat ya dek, semoga anakmu menjadi anak yang sholeh dan taat beribadah ya”

5. Ucapan Terkait dengan Prestasi

Bayi yang baru lahir adalah cikal bakal anak yang bakal membanggakan kedua orang tuanya. Mereka yang akan meraih banyak prestasi dan kesuksesan di sepanjang hidupnya.

Jika anak sukses dan berprestasi, tentu orang tuanya akan ikut bangga. Bahkan keluarga juga ikut senang dan gembira. Karena alasan inilah, silakan doakan bayi baru lahir dengan harapan-harapan tersebut.

Untuk yang belum mengetahui ucapan selamat kelahiran yang di dalamnya berisi harapan prestasi, maka silakan lihat kalimat di bawah ini:

“Selamat ya kawan, kini anak pertamamu sudah lahir dengan selamat. Semoga ia menjadi anak yang berprestasi dan membanggakan ya”

Ucapan Selamat dengan Tema Pengabdian Bayi

Ucapan Selamat Dengan Tema Pengabdian Bayi

Baca Juga: Ucapan Selamat Dalam Bahasa Inggris

Ucapan selamat kelahiran bayi yang perlu diucapkan selanjutnya ialah ucapan yang terkait dengan pengabdian si bayi kelak ketika dewasa. Baik pengabdian kepada orang tua, keluarga, lingkungan rumah maupun pengabdian terhadap bangsa dan negaranya.

Ini dia beberapa tema ucapan selamat kelahiran yang terkait dengan pengabdian si kecil kelak. Silakan disimak semoga ada manfaatnya.

1. Ucapan Terkait dengan Kepatuhan pada Orang Tua

Setiap orang tua pasti ingin memiliki anak yang patuh dan taat. Alasannya supaya pendidikan lebih mudah dan anak bisa menjadi putra-putri yang membanggakan.

Nah, ucapan selamat yang berisi tentang harapan kepatuhan seorang bayi layak disampaikan. Tentu, jika ada ucapan semacam ini, si ibu akan sangat gembira  mendengarnya.

Nah, untuk mengucapkan selamat dengan tema di atas, silakan lihat kalimat di bawah:

“Selamat atas kelahiran anak pertamamu ya teman. Semoga menjadi anak yang patuh dan taat kepada orang tuanya ya”

2. Ucapan yang Terkait dengan Penyebab Kebahagiaan

Jika anak sudah lahir, tentu ada harapan si kecil bisa menjadi penyebab kebahagiaan kedua orang tuanya. Ini merupakan tujuan orang tua yang utama sekalipun kelak anak akan menjadi beban ekonomi baru bagi orang tuanya.

Bisa dipastikan tidak ada satu pun orang tua yang menginginkan anaknya menjadi penyebab kesedihan. Jika ada, berarti orang tua tersebut perlu diperiksa kondisi psikologis-nya.

Mengingat pentingnya tema ini, maka silakan diucapkan bersamaan dengan ucapan selamat kelahiran bayi. Iringi pula dengan doa yang tulus, supaya ucapan yang sudah disampaikan menjadi kenyataan.

Untuk jenis ucapannya silakan lihat kalimat di bawah ini:

“Selamat atas kelahiran anak pertamamu. Semoga ia menjadi penyejuk mata yang membahagiakan kedua orang tuanya”

3. Ucapan Terkait Masa Depan Orang Tua

Masa depan orang tua tentu lebih cerah jika memiliki anak. Karena kelak mereka itulah yang bakal menjadi sandaran hidup jika orang tuanya sudah berusia senja dan tidak lagi mampu beraktivitas.

Ini juga menjadi dasar mengapa seorang anak sejak balita sudah diberikan pendidikan yang layak. Supaya mereka bisa menjadi insan yang sukses yang bisa menjaga kedua orang tuanya melewati masa tua.

Tentu memiliki anak semacam ini bisa dijadikan sebagai doa yang harus disampaikan dengan ikhlas. Bagi orang sekitarnya, juga boleh mendoakan dengan harapan yang sama. Termasuk dengan menyelipkannya di dalam ucapan selamat kelahiran.

Untuk contoh ucapannya, silakan dibaca narasi kalimat di bawah ini. Setelah itu silakan disampaikan pada kerabat keluarga yang baru melahirkan. Ini dia ungkapannya:

“Anggota keluarga kita bertambah dengan kelahiranmu sayang. Semoga kelak kamu bisa menjadi anak yang mampu menjaga ayah dan ibumu saat sudah pensiun ya”

4. Ucapan Terkait dengan Abdi terhadap Bangsa

Harapan orang tua kepada anak-anaknya, tidak hanya bisa mengabdi kepada orang tuanya saja. Tetapi anak juga harus mampu mengabdi kepada bangsa dan negaranya.

Ini juga doa dan harapan yang tidak mungkin untuk ditinggalkan. Apalagi orang tua juga ikut senang jika anaknya menjadi abdi negara serta memiliki jiwa patriotisme sejati untuk bangsanya.

Maka dari itu, silakan selipkan harapan tersebut ke dalam ucapan selamat kelahiran bayi. Sampaikan ucapan tersebut dengan tulus dan ikhlas. Karena hanya dengan sifat doa semacam ini, peluang doa terkabul lebih besar.

Bagi yang ingin mengucapkan selamat dengan tema di atas, silakan lihat kalimat di bawah ini. Baca dengan detil lalu ditirukan atau membuat ucapan yang serupa. Ini dia ucapannya:

“Alhamdulillah anakmu sudah lahir dengan selamat. Semoga menjadi anak yang berbakti kepada orang tua dan bangsanya ya”

5. Ucapan Terkait Abdi Masyarakat

Bayi yang baru lahir, mungkin masih menjadi milik orang tuanya. Tetapi ketika sudah beranjak dewasa, maka ia tidak hanya milik keluarga, tetapi juga menjadi milik masyarakatnya.

Artinya, si anak sudah diterima sebagai anggota masyarakat. Maka dari itu, tingkah lakunya harus baik supaya masyarakat masih menganggapnya sebagai insan yang berbudi luhur dan tahu adat sopan santun.

Sebaliknya, jika anak justru tumbuh dengan buruk dan memiliki karakter jelek, tentu masyarakat tidak akan menerimanya. Malah ia akan ditolaknya dari pergaulan alias dikucilkan.

Karena alasan inilah, silakan sampaikan ucapan yang tulus dengan harapan-harapan di atas. Untuk contoh ucapannya silakan lihat jenis kalimat di bawah:

“Selamat ya istriku semoga bayi yang baru kau kahirkan ini bisa berguna bagi keluarga kita dan masyarakat di sekitar kita. Amin”

6. Ucapan Terkait dengan Kebanggaan Keluarga

Seorang bayi yang baru lahir tentunya dipundaknya disematkan kebanggaan orang tua dan keluarganya. Karena ketika ia sudah dewasa nanti, maka ia ditugaskan untuk terus menjaga nama baik orang tua dan seluruh keluarganya di luar rumah.

Termasuk juga si anak harus terus berprestasi supaya orang tua dan keluarga merasa bangga. Keinginan ini tidak lahir instan melainkan harus didoakan dengan ikhlas dan tulus.

Tak hanya itu, ucapan selamat kelahiran bayi juga harus disandingkan dengan doa-doa di atas. Supaya masa dewasa si anak benar-benda mampu mendatangkan banyak kebanggaan yang indah.

Untuk jenis ucapannya silakan dibaca kalimat di bawah ini:

“Alhamdulillah cucuku sudah lahir. Selamat ya anakku, semoga cucuku ini bisa menjadi anak yang membanggakan seluruh keluarga”

7. Ucapan Terkait dengan Perasaan Sayang

Impian orang tua agar secepatnya memiliki momongan yaitu agar kelak ada yang menyayangi orang tuanya ketika sudah dewasa. Karena orang tua tidak mungkin sehat sepanjang hayat.

Nah, dengan lahirnya seorang anak, minimal ada yang akan terus mengurus orang tua sekalipun sudah lanjut usia. Termasuk juga memenuhi segala kebutuhan orang tua yang sudah pensiun dan tidak mampu bekerja untuk memenuhi kebutuhannya sendiri.

Ini juga bagian dari doa yang harus disampaikan dengan ikhlas. Silakan harapan ini disampaikan bersamaan dengan ucapan selamat untuk kelahiran sang bayi. Ini dia jenis ucapannya:

“Alhamdulillah bayi kita lahir dengan selamat. Semoga ia menjadi anak yang sayang kepada kedua orang tuanya kelak”

Demikian beberapa ucapan selamat kelahiran bayi yang bagus untuk disampaikan. Semoga dengan ucapan ini, si bayi benar-benar tumbuh menjadi insan yang baik dan selalu membanggakan kedua orang tua dan seluruh keluarganya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *