Penyebab Rem Mobil Ngempos

1 min read

Penyebab Rem Mobil Ngempos

Pernah punya masalah dengan sistem pengereman mobil? Rem merupakan bagian cukup vital terutama dalam menjamin keamanan pengemudi mobil. Salah satu masalah pengereman mobil yang paling sering ditemukan adalah mengalami blong atau ngempos. Penyebab rem mobil ngempos atau blong itu bermacam-macam.

Demi keamanan, rem mobil sebenarnya harus terus dicek supaya tetap bisa berjalan dengan optimal. Apalagi jika digunakan untuk perjalanan jauh, setidaknya tidak membahayakan diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya. Simak beberapa penyebab rem mobil ngempos atau blong di bawah ini untuk menambah pengetahuan :


1. Sistem ABS Mobil

Sistem ABS Mobil

Salah satu penyebab rem mobil ngempos adalah adanya efek dari sistem ABS mobil itu sendiri. Jadi ketika mobil tidak bergerak namun saat mencoba menginjak rem tapi berasa blong, mungkin inilah penyebabnya. ABS pada mobil punya fungsi untuk mencegah roda mobil terjadi selip.

Pada umumnya ABS ini bekerja dengan menggunakan semacam pompa untuk menekan minyak rem. Maka meskipun rem sudah diinjak, sebetulnya minyak rem belum otomatis tertekan tapi lebih dulu melewati pompa ABS ini sehingga serasa blong. Kondisi seperti ini wajar jika mobil tidak sedang bergerak.


2. Gelembung Udara Masuk Ke Sistem Hidrolis Rem

Gelembung Udara Masuk Ke Sistem Hidrolis Rem

Kondisi seperti ini lebih dikenal dengan istilah “masuk angin”. Jadi gelembung yang tidak sengaja masuk tersebut menyebabkan sensasi ngempos pada rem mobil. Masuk angin seperti ini biasanya terjadi karena kurangnya volume minyak rem yang terdapat pada reservoir.

Ditambah lagi jika mobil dalam keadaan miring, maka gelembung udara akan lebih mudah masuk pada saluran master rem. Untuk mengeluarkan gelembung udara ini bisa dengan cara bleeding. Kocok pedal rem bolak-balik hingga terasa berat, lalu buka bledder nipple hingga gelembung udara bisa keluar.


3. Master Rem Yang Rusak

Master Rem Yang Rusak

Fungsi utama dari master rem adalah mengubah dorongan dari pedal rem menjadi sebuah tekanan hidrolik. Ketika master rem ini bermasalah, akan mengganggu tekanan hidrolik menjadi lebih kecil. Efeknya rem bisa blong atau ngempos. Untuk mengganti master rem yang rusak silahkan langsung dibawa ke bengkel, karena mereka lebih berpengalaman.


4. Minyak Rem Habis

Minyak Rem Habis

Rem mobil ngempos bisa juga disebabkan karena minyak rem yang habis. Penggunaan minyak rem yang kurang berkualitas pun bisa mengganggu performa rem mobil. Dikarenakan proses penerusan tenaga yang tidak dapat diberikan secara maksimal oleh minyak rem tersebut. Jadi ada baiknya untuk rutin mengecek kuantitas minyak rem supaya tetap dapat bekerja prima.


5. Kanvas Rem Yang Sudah Aus

Kanvas Rem Yang Sudah Aus

Kanvas rem dalam kondisi aus pasti menyebabkan masalah pengereman mobil. Mulai dari kesulitan mengontrol laju mobil karena rem terasa blong atau ngempos. Sangat berbahaya jika hal seperti ini terjadi di jalanan. Maka jika mendapati kanvas rem sudah aus setidaknya langsung cepat-cepat bawa ke bengkel agar diganti dengan yang baru.


6. Terjadinya Vapour Lock

Terjadinya Vapour Lock

Salah satu hal yang menyebabkan rem mobil ngempos adalah terjadinya Vapour Lock. Vapour Lock sendiri terjadi dikarenakan adanya suhu yang terlalu panas akibat penguapan minyak rem. Peristiwa penguapan minyak rem tersebut akan memunculkan gelembung udara yang dapat mengganggu sistem rem.


7. Tersumbatnya Selang Minyak Rem

Tersumbatnya Selang Minyak Rem

Terakhir, rem mobil ngempos juga dapat disebabkan karena selang minyak rem sedang tersumbat. Biasanya minyak rem secara tidak sengaja kemasukan kotoran yang masuk melalui tangki cadangan. Sejumlah kotoran yang masuk juga bisa disebabkan karena pemilihan minyak rem yang kurang berkualitas. Oleh karena itu memilih minyak rem yang tepat sangat diperlukan.

Itu tadi apa saja yang kemungkinan menjadi penyebab rem mobil ngempos. Rem mobil menjadi bagian terpenting karena menyangkut keamanan. Maka sebaiknya diperhatikan betul kinerjanya, misalnya dengan rutin membawa kendaraan ke bengkel terpercaya.

Penyebab Rem Mobil Ngempos

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *