Kompresor Ac Mobil Tidak Berputar

2 min read

3. Kompresor Ac Mobil Tidak Berputar

Pernah merasa AC mobil tidak bekerja dengan optimal? Itu mungkin disebabkan karena kompresor ac mobil tidak berputar. Kompresor menjadi bagian paling penting dalam sistem AC.

Pasalnya hanya di sana tempat aliran sirkulasi freon dipompa. Kemudian baru bisa disirkulasikan seluruhnya pada sistem AC mobil. Kompresor AC ini sebenarnya bekerja melalui putaran pulley yang terhubung langsung dengan crankshaft.

Keduanya bisa terhubung karena adanya magnetic clutch sehingga kompresor AC mobil dapat berputar dan seluruh kabin mobil  menjadi sejuk. Namun pada beberapa kasus kompresor AC mobil tidak berputar, mungkin saja dikarenakan beberapa sebab seperti :


1. Putusnya Fanbelt AC

Putusnya Fanbelt AC

Kemungkinan pertama jika kompresor AC mobil tidak mau berputar bisa jadi disebabkan karena fanbelt AC ternyata putus. Padahal fanbelt ini berguna untuk menghubungkan pulley AC dengan pulley crankshaft. Jika fanbelt berputar, maka putarannya bisa menjalankan pulley kompresor AC sehingga freon dapat dipompa lalu dialirkan ke seluruh sistem AC.

Jika fanbelt ini putus, artinya tidak bisa berputar dan tidak mampu membantu jalannya kompresor AC. Lalu bagaimana solusinya? Silahkan segera ganti fanbelt dengan yang baru. Namun jika ternyata setelah diperiksa fanbelt ini tidak dalam kondisi putus, artinya kompresor AC tidak berputar disebabkan oleh hal lain.


2. Putusnya Sekring Magnetic Clutch

Putusnya Sekring Magnetic Clutch

Sudah diperiksa fanbeltnya tapi dalam kondisi baik-baik saja? Mungkin saja kompresor AC tidak mau berputar karena sekring magnetic clutch yang putus. Pada umumnya sekring magnetic clutch ini putus karena adanya aliran listrik yang terlalu besar. Jika tidak tahu dimana letak sekring ini, biasanya ada dalam fuse box di ruang mesin.

Pada merek-merek mobil sekring ditandai dengan beragam kode tertentu. Misalnya mobil avanza dengan kode MGC, atau kode MG CLT yang pada umumnya ada di mobil Agya. Jika ditemukan sekring benar-benar putus, segera ganti yang baru dengan ukuran ampere yang sama.


3. Kerusakan Pada Relay Magnetic Clutch

Kerusakan Pada Relay Magnetic Clutch

Jika sekring dalam kondisi bagus, tapi kompresor AC tetap tidak mau berputar kemungkinan disebabkan karena relay magnetic clutch yang rusak. Relay magnetic clutch ini sebenarnya bekerja secara electromagnetic. Maka ketika saklar AC dihidupkan maka otomatis arus listrik besar akan mengalir ke kumparan magnetic clutch.

Baru kemudian menuju ke kompresor AC mobil. Jika relay magnetic ini rusak, maka akan mengganggu aliran elektromagnetik sehingga tidak bisa mencapai pulley kompresor. Lakukan pengecekan untuk memastikan relay magnetic ini rusak atau tidak. Caranya dengan menukarnya dengan relay lain seperti relay klakson untuk mencoba apakah bisa menghidupkan AC atau tidak.


4. Kerusakan Pada Magnetic Clutch

Kerusakan Pada Magnetic Clutch

Selain itu penyebab kompresor AC mobil tidak mau berputar juga bisa jadi karena magnetic clutch yang mengalami kerusakan. Pada umumnya jenis kerusakan yang terjadi adalah lilitan dalam magnetic clutch yang putus. Ini bisa dicek dengan cara menjumper socket magnetic clutch.

Tinggal hubungkan saja menggunakan kabel ke positif aki mobil. Jika setelah dijumper ternyata diketahui magnetic clutch tidak menjangkau pulley kompresor artinya memang terjadi kerusakan. Segera ganti dengan yang baru supaya bisa kembali dipergunakan.


5. Sensor Suhu Serta Tekanan AC Yang Bermasalah

5. Sensor Suhu Serta Tekanan AC Yang Bermasalah

Penyebab lainnya mengapa kompresor AC mobil tidak berputar bisa jadi karena ada masalah pada sensor suhu dan tekanan AC. Pasalnya jika kedua komponen ini tidak bekerja dengan baik, dapat mengganggu kinerja magnetic clutch. Mudahnya begini, ketika AC dinyalakan maka otomatis magnetic clutch akan merekatkan pulley kompresor.

Ketika sensor rusak, maka akan menganggap tekanan freon terlalu besar sehingga magnetic clutch juga tidak mau menyala. Untuk jenis kerusakan semacam ini ada baiknya dicek oleh pihak yang lebih berpengalaman. Misalnya pada bengkel-bengkel AC yang terpercaya.

Itu tadi beberapa penyebab kompresor ac mobil tidak berputar. Sudah dibahas pula sedikit tentang bagaimana solusinya. Jadi ketika dirasa AC di mobil tidak terasa dingin, itu bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Kompresor Ac Mobil Tidak Berputar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *