10 Penyebab Motor Beat Mati Mendadak dan Bagaimana Cara Mengatasi

PENYEBAB MOTOR BEAT MATI MENDADAK

Sudah menjadi rahasia umum bahwa terkadang motor beat ini bisa mengalami mati mendadak yang terkadang bisa sangat merepotkan. Meskipun sudah lazim terjadi, tapi masih banyak yang tidak mengetahui apa penyebabnya, dan berakibat salah penanganan. Adapun beberapa penyebab motor beat mati mendadak diantaranya :


1. Usia Motor yang Sudah Cukup Tua

Usia Motor Yang Sudah Cukup Tua

Tidak bisa dipungkiri bahwa usia motor juga bisa menjadi penyebab terjadinya motor mengalami mati mendadak. Tidak terkecuali motor beat. Biasanya jika usia motor sudah terlalu lama, maka akan ada beberapa part yang mengalami kerusakan. Selain itu beberapa bagian seperti ring piston, piston, dan juga dinding silinder akan mengalami aus.


2. Kompresi Mengalami Kebocoran

Kompresi Mengalami Kebocoran

Di motor beat hal yang juga menjadi penyebab utama motor sering mati adalah kompresinya yang mengalami kebocoran. Hal ini bisa terjadi ketika kompresi mengalami keausan sehingga ada rongga yang ditimbulkan. Rongga ini biasanya terdapat di piston ataupun dinding silinder.


3. BBM Mengandung Kotoran

BBM Mengandung Kotoran

Selanjutnya yang sering terjadi adalah bahan bakar yang digunakan mengandung kotoran di dalamnya. Hal ini biasanya sering terjadi apabila menggunakan BBM yang rendah oktan. Apabila didiamkan, maka kotoran ini bisa menyebabkan penumpukan dan memperparah kondisi mesin sehingga mesin menjadi rusak.


4. Terlalu Sering Mengangkut Beban Berat

Terlalu Sering Mengangkut Beban Berat

Lalu perhatikan juga kapasitas beban yang dimiliki oleh motor, karena apabila motor terlalu sering mengangkut beban berat bisa berbahaya. Hal ini bisa menjadi penyebab motor beat mati mendadak, karena akan berpengaruh ke kinerja mesin secara keseluruhan. Sehingga motor akan lebih sering mengalami mati mendadak.


5. Saluran Bahan Bakar Kotor

Saluran Bahan Bakar Kotor

Hal ini menjadi penyebab lanjutan dari yang sebelumnya terkait penggunaan BBM yang kotor. Apabila BBM yang digunakan kotor, maka akan menyebabkan penumpukan kotoran pada saluran bahan bakar. Sehingga apabila sudah seperti itu, maka penyaluran bahan bakar menjadi tidak lancar.


6. Mesin yang Terlalu Panas

Mesin Yang Terlalu Panas

Kalau yang satu ini biasa terjadi ketika kondisi jalan sedang macet. Sehingga mesin menjadi terlalu panas sebab dijemur terlalu lama di bawah sinar matahari. Biasanya motor akan susah dinyalakan apabila sedang dalam kondisi seperti itu. Namun tidak perlu panik, karena hal tersebut bisa diatasi dengan mudah. Hanya tinggal tunggu mesin sampai dingin saja.


7. Injector Kotor

Injector Kotor

Selain saluran bahan bakar, hal lainnya yang apabila kotor bisa menyebabkan mesin mendadak mati adalah injector. Bagian injector ini apabila kotor maka akan menghambat supply aliran listrik. Sehingga motor beat bisa tiba-tiba berhenti karena kurang maksimalnya supply aliran listrik.


8. Mesin Kebanjiran Bensin

Mesin Kebanjiran Bensin

Biasanya terjadi pada beat keluaran pertama yang memiliki tahun produksi sangat tua. Pada beat tersebut, mesin yang beroperasi kadang sudah memiliki rongga, dan tidak menutup kemungkinan mesin bisa kebanjiran bensin. Sehingga susah untuk dinyalakan, dan bisa mengalami mati mendadak..

  5+ Cara membuat Suara Turbo Knalpot Mobil Lebih Mantap Suaranya

9. Klep yang Terlalu Rapat

Klep Yang Terlalu Rapat

Selanjutnya perhatikan juga pemasangan pada klep yang dilakukan di motor honda beat. Karena jika klep terlalu rapat, maka bisa membuat motor tiba-tiba mati. Pastikan klep memiliki celah standar yakni 0,14mm+/-0,02mm.


10. Masalah Tutup Tangki Bensin

Masalah Tutup Tangki Bensin

Terakhir periksa juga bagaimana pemasangan tutup tangki bensin. Perhatikan apakah pada lubang pernapasan atau ventilator terjadi mampet. Karena apabila mampet, maka bisa menyebabkan bahan bakar hilang dan mesin tidak mendapatkan supply.

Ternyata masalah mesin mati pada beat ini bukan lagi masalah baru, dan penyebabnya sangat banyak sekali. Karena sudah mengetahui apa-apa saja penyebab motor beat mati mendadak, maka diharapkan pengguna bisa melakukan pencegahan. Serta tidak panik apabila motor mengalami mati mendadak saat digunakan.

Penyebab Motor Beat Mati Mendadak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.