Alarm Mobil Bunyi Sendiri

1 min read

Alarm Mobil Bunyi Sendiri

Alarm Mobil Bunyi Sendiri – Pengguna pasti akan dibuat jengkel jika alarm mobil bunyi sendiri padahal tidak ada yang menyentuhnya. Tak sedikit yang terganggu karena suara nya tidak bisa dimatikan begitu saja. 

Alarm sendiri memiliki fungsi yang penting untuk mencegah tindak kriminal seperti pencurian atau pengrusakan mobil.

Namun apa jadinya jika kondisinya aman tapi alarm terus berbunyi. Pemilik pasti dibuat bingung dan penasaran. Untuk itu, berikut penyebab dan cara mengatasi alarm mobil mengeluarkan bunyi sendiri yang penting diketahui.


1. Pintu Mobil Terbuka

Pintu Mobil Terbuka

Penyebab alarm mobil bunyi sendiri pertama adalah pintu mobil yang terbuka. Saat pintu tidak menutup dengan sempurna, sensor mendeteksi hal yang tidak diinginkan sedang terjadi. jadi jangan heran jika alarm terus-menerus berbunyi.

Untuk mengatasinya, selalu pastikan pintu mobil menutup dengan sempurna. Disamping itu, pengguna juga disarankan untuk mengkondisikan switch lampu plafon ke arah door mobil. Hal tersebut karena posisi door akan memudahkan pemilik mengetahui apakah pintu sudah tertutup rapat atau belum.

 Jika kurang rapat, lampu plafon akan menyala. Sebaliknya, jika lampunya mati maka dipastikan pintu sudah menutup dengan sempurna. Setelah menempatkan switch di posisi door, pengguna bisa langsung menutup semua pintu kemudian lihat apakah lampu kabin menyala atau tidak.

Jika masih hidup, pengguna perlu mengecek pintu satu per satu. Saat semua pintu sudah tertutup rapat, alarm pun akan otomatis berhenti. Jika masih belum berhenti juga, mungkin alarm minta diganti dengan yang baru.


2. Kepekaan Modul Alarm yang Tinggi

Kepekaan Modul Alarm Yang Tinggi

Penyebab lainnya yakni kepekaan modul alarm yang tinggi. Bagian ini akan menangkap getaran yang terjadi di sekitar mobil bisa berupa suara mahluk hidup atau kendaraan lewat. Sensor getaran nantinya ditangkap dan membuat alarm mobil berbunyi.


3. Kepekaan Sensor Pintu

Kepekaan Sensor Pintu

Selain modul alarm, kepekaan sensor pintu juga bisa mengakibatkan alarm mobil berbunyi sendiri. Ini sering terjadi saat pengguna membuka pintu secara manual tanpa menggunakan remot. Remot sendiri terhubung dengan bagasi switch pintu dan kap mesin. Untuk mematikannya, pengguna hanya perlu menekan tombol off.

Tetapi tidak semua jenis mobil memiliki fitur tersebut seperti Toyota Avanza misalnya. Solusinya, pengguna harus mencopot sekring alarm atau melepas akinya.


4. Baterai Central Lock Habis

Baterai Central Lock Habis

Baterai central lock yang habis juga akan memicu alarm mobil berbunyi sendiri. Oleh karena itu, pengguna pun harus membuka pintu mobil secara manual. Jika tak ingin mengalami kejadian demikian, sebaiknya cek rutin kondisi alarm.


5. Komponen Alarm Rusak

Komponen Alarm Rusak

K komponen alarm yang rusak bisa diakibatkan karena kurangnya perawatan maupun kualitasnya yang kurang bagus. Saat rusak, alarm secara otomatis akan berbunyi sendiri. Untuk memperbaikinya, pengguna hanya perlu membeli alarm baru dengan kualitas yang lebih bagus.


6. Sensor Kap Mesin Rusak

Sensor Kap Mesin Rusak

Saat sensor kap mesin bermasalah, alarm mobil bisa berbunyi sendiri. Tanda bunyi yang dikeluarkan biasanya sebanyak tiga kali. Masalah ini bisa pengguna atasi dengan membuka kap bagian depan pada area mesin. Jika sudah tutup kembali. Selanjutnya, tekan tombol gerak pada remot alarm.

Jika masih mengeluarkan bunyi, pengguna perlu mengecek sensor kap pintu mesin yang berada dibawah mesin. Bagian itu bisa disetting naik turun. Jika masih belum berhenti juga, sudah saatnya sensor pintu diganti karena kerusakan ada pada sensornya.

Itu dia beberapa penyebab dan cara mengatasi alarm mobil berbunyi sendiri. Sekarang, Tak perlu khawatir lagi jika mengalami hal demikian. Dengan mengetahui penyebabnya, pengguna pun akan lebih mudah mengatasinya.

Alarm Mobil Bunyi Sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *