Penyebab Lampu Motor Redup

1 min read

PENYEBAB LAMPU MOTOR REDUP

Lampu pada sepeda motor memiliki fungsi yang sangat penting. Saat malam hari atau di area yang gelap, tentunya sangat membutuhkan penerangan. Jika lampu tidak terang pasti akan mengganggu pada saat perjalanan. Penyebab lampu motor redup pun ada berbagai macam sehingga perlu memeriksanya.

Pengendara motor harus selalu memperhatikan kondisi lampu. Hal ini agar bisa dengan cepat untuk mengantisipasi kerusakan yang terjadi. Periksa ]lah secara berkala apakah nyala lampu terang atau tidak. Jika lampu redup, maka inilah penyebab yang perlu diketahui mulai dari sekarang :


Daftar isi Artikel

1. Debu Pada Saklar Lampu

Debu Pada Saklar Lampu

Penyebab lampu motor redup biasanya terletak pada bagian saklar. Hal ini karena saklar sangat rentan terkena debu dan kotoran. Dengan demikian, akan merusak fungsinya dan membuat cara kerja saklar menjadi menurun. Debu pada bagian ini juga bisa menyebabkan karat pada bahan logam. Oleh karena itu, lampu motor bisa menjadi redup atau bahkan mati.


2. Gangguan Pada Kabel

Gangguan Pada Kabel

Kabel merupakan penghubung utama dalam arus listrik. Saat bagian ini mengalami gangguan, maka lampu motor pun akan redup atau tidak menyala. Masalah pada kabel pada umumnya karena terlalu tinggi suhu yang diterima sehingga kabel akan panas. Jika sering terjadi seperti itu, kabel akan meleleh dan tentunya sangat membahayakan. Apabila sudah meleleh, maka arus listrik yang disalurkan pun tidak akan maksimal dan membuat sinar lampu tidak terang.


3. Baterai Tidak Kuat

Baterai Tidak Kuat

Daya baterai sangat berpengaruh pada terang redupnya lampu. Baterai yang dimaksud dalam motor adalah aki. Jika lampu motor redup, maka bisa jadi kondisi aki rusak atau tidak kuat untuk menyuplai arus. Segera periksa kondisi aki saat mengetahui lampu penerangan sudah tidak terang lagi. Jika tidak bisa memperbaiki sendiri, maka bisa langsung dibawa ke bengkel. Untuk menghindari kerusakan lanjutan, bisa juga mengganti dengan aki baru.


4. Warna Mika Buram

Warna Mika Buram

Mika adalah pelindung lampu yang berwarna bening. Jika warnanya sudah tidak jernih lagi, maka itu bisa menjadi salah satu penyebab mengapa lampu bisa redup. Biasanya banyak terdapat goresan karena terbentur dengan barang lain. Selain itu, bisa juga karena masa pakai mika yang sudah terlalu lama sehingga warnanya menjadi buram. Untuk itu, perlu dilakukan penggantian agar nyala lampu bisa terang kembali.


5. Fitting Lampu Rusak

Fitting Lampu Rusak

Fitting pada lampu merupakan bagian yang rawan akan kerusakan. Bagian ini sangat rentan karena letaknya yang dekat dengan lampu sehingga akan terlalu lama menerima suhu panas. Jika terus-menerus menerima panas, maka lama-kelamaan fitting akan terbakar. Dengan demikian, sistem kerja lampu tidak akan sempurna, bahkan bisa tidak berfungsi lagi.


6. Karat Pada Soket Lampu

Karat Pada Soket Lampu

Soket pada lampu terbuat dari bahan logam. Oleh sebab itu, sangat mudah mengalami karatan saat sering terkena debu. Karat ini akan menghambat arus yang lewat sehingga bisa membuat nyala lampu motor menjadi redup. Soket harus diganti secara berkala agar kerusakan tidak merambat ke bagian yang lain.


7. Pemasangan Soket Tidak Pas

Pemasangan Soket Tidak Pas

Saat melakukan pemasangan soket harus benar-benar diperhatikan apakah sudah menempel dengan pas atau belum. Sebagian besar penyebab redupnya lampu adalah kendornya soket yang dipasang. Dengan demikian, tegangan pada arus tidak akan berjalan lancar saat melewati bagian ini.

Itulah beberapa penyebab lampu motor redup yang perlu diperhatikan. Selalu periksa keadaan lampu agar selalu waspada karena bagian ini termasuk hal yang penting dalam motor. Cek masalah lampu dengan mengikuti penjelasan di atas agar tahu bagian mana yang mengalami masalah.

Penyebab Lampu Motor Redup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *