Contoh Penutup Pidato yang Efektif dan Berkesan untuk Acara Kegiatan

5 min read

Penutup Pidato

Penutup Pidato Pidato merupakan sebuah pernyataan yang bisa bersifat formal. Sementara penutup pidato merupakan bagian yang tak terpisahkan dari pidato itu sendiri. Selain itu, pidato biasanya disampaikan pada beberapa acara tertentu yang dilaksanakan oleh lembaga, kalangan tertentu dan sebagainya. Biasanya yang berpidato akan menyiapkan topik sesuai tema yang akan disampaikan pada audiens.

Unsur pidato tidak bisa dipisahkan begitu saja dan harus disesuaikan dengan urutan, pembukaan, isi kemudian penutup. Biasanya saat berpidato, penutup merupakan bagian ending yang memang harus disampaikan dengan baik dan lebih menyenangkan. Bisa dengan menambahkan pantun pada pidato penutup agar memberikan kesan natural dan lucu kepada audiens.

Maka saat berpidato memang harus mempersiapkan pidatonya dengan baik dan benar, selain itu harus memperhatikan semua unsur dari pidato bisa tersampaikan dengan semestinya kepada audiens. Dan yang terpenting tujuan dari topik pidato yang diangkat bisa memberikan manfaat kepada masyarakat luas.


Pengertian Penutup Pidato

Pengertian Penutup Pidato

Pada sebuah pidato yang terdiri dari tiga bagian penting yaitu pembukaan, isi dan penutup. Untuk penutup pada pidato tersebut merupakan sebuah kalimat yang disusun guna menghasilkan kesimpulan dari isi pidato yang disampaikan. Selain itu penutup juga berarti mengakhiri topik yang dibahas pada saat berpidato.

Lazimnya penutup pada bagian pidato terdapat ucapan permohonan maaf dan terimakasih. Selain itu kalimat yang disampaikan juga berupa sebuah kesimpulan serta penekanan pada suatu hal.

Diharapkan dengan penyampaian penutup yang baik pada pidato bisa mengajak serta menyentuh hati dan pikiran audiens untuk tergerak melakukan sesuatu yang bermanfaat. Serta mendapat ilmu pengetahuan yang baru dari isi pidato yang disampaikan.

Pada saat menyampaikan penutup di akhir pidato maka seseorang perlu berbicara dengan nada menurun dan sedikit penekanan pada kalimatnya. Guna memberikan kesan ketegasan pada audiens dan memberikan kesan yang mendalam.

Ada juga penutup yang disampaikan dengan beberapa pantun yang lucu sehingga memberikan kesan gembira dan menyenangkan. Semua penyampaian penutup pada pidato tergantung pada acara yang diselenggarakan saat itu, maka pidato pun disampaikan dengan penyesuaian tema acara.

Baca Juga: Pidato Persuasif


Bagian Dari Pidato Penutup

Bagian Dari Pidato Penutup

Tiga bagian utama dari sebuah pidato memang harus dibuat dan disampaikan secara urut dan tidak dapat terpisahkan. Urutan tersebut dibuat agar tujuan dari pidato bisa langsung ditransfer dengan baik kepada para audiens. Inilah beberapa bagian dari penutup pada sebuah pidato yang harus diperhatikan.

1. Harapan

Pada penutup sebuah pidato, unsur kalimat yang disusun harus mengandung harapan yang disesuaikan dengan topik yang disampaikan. Misalnya saja jika sedang membahas peran generasi muda, maka harapan yang bisa diungkapkan adalah sebuah kalimat pengharapan seperti, “semoga kita bisa mengantarkan para generasi muda menjadi lebih baik di era globalisasi saat ini.”

Pentingnya penekanan pada penyusunan kalimat mengandung unsur harapan, harus jelas dan tegas. Semua audiens tentu mendengar dan memperhatikan pidato yang disampaikan. Dengan begitu semua audiens akan merasakan harapan yang sama, satu tujuan dalam menerapkan topik yang disampaikan.

2. Himbauan

Kalimat penutup lainnya mengandung unsur himbauan, yaitu sebuah kalimat yang mengajak para audiens untuk bergerak melakukan sesuatu hal yang lebih baik dan bermanfaat bagi sesama. Himbauan ini bersifat mengajak kepada semua audiens agar audiens tergerak pula mengajak para masyarakat ikut serta mencapai suatu tujuan yang bermanfaat.

Contoh kalimat himbauan, “Mari bersama ciptakan budaya membiasakan memilah sampah dari rumah, agar meminimalisir penumpukan limbah sampah di lingkungan kita.”

3. Kesimpulan

Bagian Kesimpulan merupakan ending dari kalimat pidato yang merupakan inti dari keseluruhan pidato yang telah disampaikan. Kesimpulan ini biasanya berupa pandangan positif pada suatu hal sebagai tujuan untuk menekankan topik dari pidato.

Kesimpulan itulah yang merupakan penguat akhir dari sebuah pidato yang telah disampaikan kepada audiens. “Oleh karena itu, sebaiknya kita bersama-sama saling menjaga satu sama lain agar lingkungan tetap tertib dan aman.”

4. Permohonan Maaf

Kalimat permohonan maaf ini sering diucapkan di akhir penutup pidato setelah menyampaikan kesimpulan. Biasanya permohonan maaf ini disampaikan sudah semestinya pada saat berpidato. Karena dengan topik yang disampaikan tidak selalu sempurna, bisa jadi ada kesalahan ucap atau penjabaran saat berpidato yang salah, maka dengan sebuah kata maaf menjadikan maklum jika terjadi.

Permohonan maaf ini disampaikan standar seperti pada umumnya dengan diiringi ucapan terima kasih kepada semua audiens dan lainnya. ” Jika ada hal yang tidak berkenan, maka saya memohon maaf.”

5. Ucapan Terima kasih

Ucapan terimakasih selalu beriringan diucapkan pada bagian penutup pidato setelah permohonan maaf disampaikan. Dengan sebuah ucapan tersebut maka pidato dianggap usai, ucapan terima kasih ini diberikan kepada semua jajaran penting yang memang telah menyelenggarakan acara saat berpidato.

Selain itu juga diucapkan kepada para audiens sebagai bentuk rasa hormat dan rasa menghargai. “Terimakasih atas perhatian semuanya.”


Contoh Penutup Pidato

Ada berbagai macam pidato yang bisa disampaikan di berbagai acara. Pidato tersebut menyesuaikan dengan tema dan acara yang dilaksanakan. Misalnya saja saat hari bumi, maka pidato bisa bertemakan lingkungan hidup. Atau pidato di sekolahan, biasanya pidato perpisahan dan lain sebagainya. Berikut ini ada beberapa contoh penutup pidato yang bisa dijadikan referensi.

1. Penutup Pada Saat Pidato Di Sekolah

1. Penutup Pada Saat Pidato Di Sekolah

Penutup Pada Saat Pidato Di Sekolah

Di sekolah sering diadakan upacara bendera setiap senin agar menanamkan rasa patriotisme kepada siswa. Maka guru atau kepala sekolah akan memberikan pidato di sela upacara tersebut. Saat itulah isi pidato akan didengar oleh para siswa yang isinya tentang himbauan kegiatan sekolah atau ajakan tentang program serta hal penting lainnya.

Bagaimana informasi serta pengumuman di sekolah bisa tersampaikan dengan baik kepada siswa. Inilah contoh dari pidato penutup yang biasa disampaikan di sekolah:

Semua warga sekolah selalu bekerjasama dalam mewujudkan sekolah yang berprestasi. Oleh karena itu, marilah kita semua untuk giat dalam belajar, giat berkegiatan sehingga mampu memberikan yang terbaik bagi sekolah ini.

Prestasi sekolah ini akan terwujud jika para siswanya memiliki semangat juang yang tinggi dan para guru yang selalu membimbing masa depan siswa. Raihlah mimpi setinggi langit dengan mengukir prestasi dimanapun adanya nanti.

Mohon maaf jika ada kata yang kurang berkenan dihati, terimakasih atas perhatian seluruh warga sekolah yang baik budi.

Wassalamualaikum. Wr. Wb


2. Penutup Pada Acara Pernikahan

2. Penutup Pada Acara Pernikahan

Penutup Pada Acara Pernikahan

Di acara pernikahan yang begitu sakral biasanya ada sambutan atau pidato yang disampaikan oleh wali dari pihak perempuan atau laki-laki. Isi dari pidato akan banyak membahas tentang tema rumah tangga.

Begitu juga dengan penutup pada pidato acara pernikahan, yaitu sebuah rangkaian kata yang memang ditujukan kepada kedua mempelai sebagai pengingat hidup hingga akhir hayat. Serta nasehat yang bisa diingat oleh kedua mempelai dalam menjalani kehidupan. Berikut ini contoh pidato penutup di acara pernikahan:

Untuk ananda yang begitu kami cintai, sebaik-baiknya kalimat adalah penyampaian pidato ini sebagai pengingat hidup di kemudian hari. Ingatlah hari ini untuk lebih memperkuat jalinan rumah tangga. Bahwa menikah artinya siap untuk saling menjaga, saling mengasihi dan saling setia hingga maut memisahkan.

Maka, berjalanlah selalu untuk bersama, jika ada aral rintangan maka hadapilah bersama. Sebagai orangtua, kami hanya mampu mengantarkan ananda sekalian ke gerbang pernikahan ini. Selanjutnya di bahtera kehidupan, ananda sekalian harus berjuang untuk selalu seiring sejalan.

Maaf jika ada kata yang tidak berkenan. Terima kasih untuk kebahagiaan dihati ini. Semoga senantiasa kita selalu diberi keberkatan.

Wassalamualaikum. Wr. Wb.


3. Pidato Penutup Pada Hari Bumi

3. Pidato Penutup Pada Hari Bumi

Pidato Penutup Pada Hari Bumi

Biasanya pada hari bumi akan diperingati oleh seluruh warga dunia. Di hari bumi pula akan diadakan berbagai macam kegiatan positif guna mengingatkan semua manusia untuk melestarikan bumi yang semakin tua. Dengan ditetapkannya hari bumi pada tanggal 22 April menjadikan pengingat kepada seluruh manusia yang tinggal di bumi untuk melestarikan alam dan menjaga bumi.

Pidato yang disampaikan pun akan berisi tentang berbagai macam cara dan himbauan guna mengajak semua warga untuk peduli pada bumi. Berikut ini contoh pidato penutup pada hari bumi yang bisa disimak:

Bumi semakin menua, banyaknya pemanasan global dan berbagai masalah sampah mendorong kita untuk lebih memperhatikan dan menjaga bumi ini. Dengan adanya peringatan hari bumi ini, marilah kita semakin bergandengan tangan untuk mewujudkan bumi yang lestari dan menjadikan bumi sebuah tempat untuk diwariskan ke anak cucu kita nanti.

Jagalah bumi dengan peduli terhadap lingkungan sekitar, jagalah bumi dengan berperan aktif dalam mengurangi pemanasan global dan krisis sampah. Ayo kita bersama menjaga bumi kita sebisa mungkin.

Akhir kata jika ada kesalahan dalam penyampaian saya mohon maaf dan terimakasih banyak atas segala perhatiannya.

Wassalamualaikum. Wr. Wb.

Baca Juga: Pembukaan Pidato


4. Penutup Pidato Hari Kemerdekaan

4. Penutup Pidato Hari Kemerdekaan

Penutup Pidato Hari Kemerdekaan

Hari Kemerdekaan selalu menjadi momen bersejarah bagi semua masyarakat Indonesia. Hari dimana semua mengenang jasa para pahlawan untuk mewujudkan Indonesia yang merdeka.

Pidato di hari kemerdekaan pasti berisi tentang semangat Juang para pahlawan, mengenang jasa pahlawan yang senantiasa membela tanah air hingga titik darah penghabisan. Inilah penutup pada pidato kemerdekaan yang biasanya disampaikan kepada seluruh audiens:

Perjuangan para pahlawan belum berakhir, jasanya akan terkenang selamanya. Marilah kita semua sebagai warga negara Indonesia yang cinta pada tanah air, bergandengan tangan untuk meneruskan cita-cita para pahlawan. Dengan mengisi kemerdekaan untuk hal yang positif. Jadilah putra-putri bangsa yang menjunjung tinggi nilai moral, cinta tanah air dan spiritual guna menjadi bangsa yang besar. Dengan begitu kita semua menjaga Indonesia tetap merdeka.

Apabila ada kata yang kurang berkenan, saya mohon maaf sebesar-besarnya. Terimakasih banyak atas perhatian semua yang telah hadir disini.

Wassalamualaikum. Wr. Wb.

Dengan adanya beberapa contoh dari pidato penutup ini tentu bisa dijadikan referensi pada saat akan membuat pidato. Gunakan bahasa yang tegas dan mudah dipahami dalam menyusun pidato, selain itu berikan penekanan ajakan dan himbauan kepada audiens. Pidato penutup sendiri akan berpengaruh kepada audiens dalam melaksanakan tujuan dari topik yang disampaikan.

Penutup pidato menjadi bagian yang sangat penting dalam mengakhiri topik yang disampaikan. Audiens akan memperhatikan di akhir pidato, tujuan apa yang ditekankan dalam pidato tersebut. Maka saat berpidato harus tetap membawa suasana pada audiens untuk akhirnya sampai pada klimaks di pidato penutup. Selanjutnya audiens akan secara sadar melakukan tujuan bersama demi kepentingan masyarakat luas.

 

10 Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris Beserta Terjemahan

Pembukaan Pidato Bahasa Inggris – Pidato bahasa Inggris adalah salah satu kegiatan berbicara di depan umum untuk menginformasikan suatu hal dengan bahasa Inggris. Salah...
bikinartikel
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: