Cara Aki Kering Mati Bisa Hidup Lagi

1 min read

CARA AKI KERING MATI BISA HIDUP LAGI

Merawat aki kering dapat dikatakan lebih mudah daripada merawat aki basah. Cara aki kering mati bisa hidup lagi pun cukup sering dicari. Karena memang, ada beberapa kondisi yang membuat aku kering ini mati total. Maka dari itulah, artikel kali ini akan membahas cara memperbaikinya.

Aki kering yang memiliki perawatan yang lebih mudah juga tentunya memiliki kekurangan. Salah satu kekurangannya yang paling terlihat adalah harganya yang lebih mahal dibandingkan aki basah. Hal itulah, yang terkadang membuat orang-orang kurang tertarik untuk beralih pada aki kering.

Namun, meskipun begitu tentunya ada orang-orang yang tetap menggunakan aki kering ini. Lalu, jika aki kering mati maka dapat mencoba langkah-langkah dibawah ini. Berikut dibawah ini adalah langkah cara aki kering mati bisa hidup lagi dengan mudah :


1. Melepaskan Aki Dari Tempatnya

Melepaskan Aki Dari Tempatnya

Langkah pertama yang tentunya harus dilakukan adalah menyiapkan alat-alatnya terlebih dahulu. Kemudian, barulah mulai untuk membuka kotak aki dan melepaskannya dari tempatnya. Baik mobil ataupun motor tentunya memiliki tempat aki tersendiri.

Satu tips yang perlu diingat pada saat membuka aki kering pada mobil adalah untuk membuka kabel positif terlebih dahulu. Kabel ini biasanya ditandai dengan warna merah. Karena jika membuka kabel negatif terlebih dahulu ada beberapa hal yang dapat membuat terbitnya percikan api.


2. Bersihkan Permukaan Aki Dan Buka Penutupnya

Bersihkan Permukaan Aki Dan Buka Penutupnya

Selanjutnya, langkah yang perlu dilakukan agar aki kering mati dapat menyala lagi adalah membersihkan terlebih dahulu permukaan aki. Biasanya, aki yang lama tidak dibuka tentunya akan berdebu. Maka lebih baik untuk membersihkannya terlebih dahulu. Selain itu juga untuk menghindari supaya kotoran tersebut tidak masuk kedalam bagian yang tidak boleh terdapat kotoran.

Cara membersihkannya pun hanya perlu dengan mengelap bagian-bagian yang kotor tersebut. Lebih baik untuk menggunakan lap yang dalam keadaan kering. Setelah bersih maka selanjutnya perlu untuk membuka penutup aki tersebut. Biasanya membuka aki ini harus menggunakan obeng karena cukup keras.


3. Masukkan Air Aki

Masukkan Air Aki

Setelah tutup aki sudah terbuka sempurna dan permukaan aki sudah bersih maka sudah bisa untuk melakukan langkah yang berikutnya ini. Air aki juga dikenal dengan sebutan zuur. Untuk memasukkan zuur kedalam aki diperlukan suntikan khusus. Suntikan ini biasanya bisa didapatkan di bengkel-bengkel.

Cara memasukkan zuur ini pun sama seperti ketika memasukkannya pada aki basah. Zuur tersebut terlebih dahulu ditampung di dalam tabung suntikan. Kemudian, melalui suntikan tersebut dimasukkan kedalam aki melalui lubang-lubang yang sudah tersedia. Lakukan cara ini hingga semua lubang sudah terisi. Setelah itu jangan lupa untuk menutup lubang air aki kembali.


4. Cas Aki Kering

Cas Aki Kering

Setelah lubang tertutup dengan sempurna maka selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengisi daya dari aki tersebut. Untuk mengisi daya aki ini diperlukan alat khusus yang biasanya terdapat di bengkel.

Maka, pada saat ingin mengisi daya aki bisa datang ke bengkel terdekat lalu menumpang untuk mengecas aki. Proses pengisian daya ini tidak memakan waktu yang lama tentunya. Sehingga, aki tersebut tidak harus ditinggalkan terlebih dahulu.


5. Pasang Kembali Aki Lalu Cek

Pasang Kembali Aki Lalu Cek

Setelah proses mengisi daya selesai maka selanjutnya yang harus dilakukan adalah memasang aki tersebut pada tempat semula. Selanjutnya adalah mengecek aki tersebut. Jika kendaraan dapat dihidupkan kembali maka aki kering tersebut memang masih bisa diperbaiki. Sebaliknya, jika mesin tidak bisa menyala berarti aki sudah tidak bisa diperbaiki lagi.

Itulah langkah cara aki kering mati bisa hidup lagi yang dapat dilakukan sendiri. Tentunya cara ini dapat dilakukan untuk memastikan keadaan aki. Karena mengingat harga aki yang cukup mahal, maka selagi bisa diperbaiki maka lebih baik untuk dicoba perbaiki terlebih dahulu.

Cara Aki Kering Mati Bisa Hidup Lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *