Mengatasi Bodi Mobil Penyok

1 min read

Mengatasi Bodi Mobil Penyok

Mengatasi Bodi Mobil Penyok – Bodi mobil yang penyok menjadi hal yang sangat menyebalkan bagi para pemilik mobil. Karena membuat tampilan mobil menjadi jelek atau tidak menarik seperti sebelumnya.

Tapi sekarang tidak perlu khawatir, karena sudah banyak cara mengatasi bodi mobil penyok. Cara mengatasinya juga cukup mudah. Berikut adalah cara mengatasi bodi mobil penyok.


1. Menggunakan Air Panas

Menggunakan Air Panas

Cara mengatasi bodi mobil penyok yang pertama ialah dengan menggunakan air panas. Jadi fungsi dari air panas ini adalah untuk melenturkan bagian yang penyok. Sehingga nantinya mudah dibentuk atau dikembalikan ke bentuk semula. Pertama siapkan teko berisi air panas, kemudian siramkan air panas tersebut sedikit demi sedikit ke bagian yang penyok.

Lalu tekan dari dalam bagian yang penyok agar kembali ke bentuk semula. Tekan secara perlahan agar tidak melebihi bentuk normal. Ulangi langkah tersebut hingga bentuk bodi mobil kembali seperti semula. Perlu diingat bahwa metode ini hanya bisa untuk body mobil berbahan serat karbon dan plastik.


2. Menggunakan Hair Dryer dan Cairan Karbondioksida

Menggunakan Hair Dryer Dan Cairan Karbondioksida

Cara yang kedua adalah menggunakan pengering rambut atau Hair Dryer dan cairan karbondioksida. Untuk cairan karbondioksida dapat dibeli di toko yang menjual bahan-bahan kimia. Pertama siapkan pengering rambut dan satu botol cairan karbondioksida. Kemudian nyalakan pengering rambut atau Hair Dryer dan arahkan ke bodi mobil yang penyok. Terus arahkan pengering rambut hingga bagian tersebut panas.

Jika sudah panas, selanjutnya tuangkan cairan karbondioksida sedikit demi sedikit ke bagian yang penyok. Lalu tekan dari dalam bagian yang penyok hingga ke bentuk semula. Cara ini hanya dapat digunakan untuk penyok dengan ukuran yang kecil hingga sedang. Jika penyok terlalu besar apalagi hancur, maka membutuhkan penanganan khusus.


3. Menggunakan Pops A Dent

Menggunakan Pops A Dent

Cara yang ketiga adalah menggunakan Pops A Dent. Jika cara sebelumnya mengandalkan panas yang dapat mengakibatkan karat hingga warna cat memudar, cara yang berikut ini berbeda. Karena cara yang satu ini menggunakan sebuah produk khusus, yang sangat kecil kemungkinan merusak bodi mobil.

Ada banyak sekali keunggulan dari produk ini, yakni tidak merusak warna cat, caranya sangat mudah, dan dapat digunakan untuk semua jenis penyok. Cara menggunakan Pops A Dent adalah dengan memilih pad lem yang sesuai dengan ukuran penyok. Kemudian panaskan glue stick selama 5 menit, lalu biarkan lem mengering.

Pastikan lemnya sudah benar-benar lengket. Dan harus diingat jangan biarkan lem menempel di mobil hingga lebih dari 8 menit. Ulangi langkah-langkah sebelumnya hingga mendapatkan hasil yang diinginkan.


4. Menggunakan Es Batu

Menggunakan Es Batu

Cara yang keempat adalah menggunakan es batu. Es batu merupakan komponen utama dalam cara ini. Alat lain yang dibutuhkan ialah pengering rambut. Pertama siapkan terlebih dahulu kedua bahan tersebut. 

Kemudian tempelkan es batu ke bagian bodi yang penyok selama 3 menit. Setelah itu gunakan pengering rambut hingga bagian yang penyok hilang. Cara ini dapat dilakukan untuk kondisi penyok yang tidak terlalu parah.


5. Ketok Magic

Ketok Magic

Cara yang terakhir adalah ketok magic. Mungkin hampir semua orang sudah tahu apa itu ketok magic. Ketok magic merupakan cara untuk memperbaiki bodi mobil yang penyok. Ketok magic cukup populer saat awal kemunculannya. Sebenarnya masih belum diketahui bagaimana cara kerja ketok magic. Yang pasti ketok magic terbukti dapat memperbaiki penyok pada mobil.

Itulah tadi cara mengatasi bodi mobil penyok dengan mudah. Jika ragu, maka bisa dibawa kepada ahlinya langsung. Atau mungkin sudah mencoba cara diatas dan tidak berhasil, maka langsung konsultasikan kepada ahlinya.

Mengatasi Bodi Mobil Penyok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *