N.Hafizqi N.Hafizqi nama pena dari seorang perempuan yang dilahirkan pada bulan ke-2 terakhir dalam tahun masehi. Menyukai warna merah muda serta puisi sebagai karya sastra yang memiliki berjuta teka-teki sebagai pemahaman.

Penulisan Laporan Pengamatan Beserta Contohnya

3 min read

Contoh Laporan Pengamatan – Pengamatan adalah suatu penelitian yang dilakukan untuk melihat dan memperoleh suatu hasil penelitian atau informasi yang diinginkan.

Saat ini dalam dunia pendidikan sering kali siswa hingga mahasiswa melakukan penelitian untuk menyelesaikan tugas-tugasnya.

contoh laporan pengamatan

Suatu pengamatan juga haruslah dilakukan dengan terstruktur dan terencana serta memiliki suatu tujuan.

Beberapa hal yang harus kita pahami dalam melakukan pengamatan antara lain :

  • Objek pengamatan atau hal yang akan diamati
  • Waktu dan tempat pelaksanaan pengamatan
  • Tujuan melakukan pengamatan
  • Hasil dan kesimpulan dari pengamatan yang telah kita lakukan

Contoh Laporan Pengamatan Sederhana

Objek Pengamatan

– Tanah Di Desa Bandar Baru Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang

Waktu Pengamatan

– Jumat, 27 Oktober 2017

Tempat Pengamatan

– Desa Bandar Baru Kabupaten Deli Serdang

Tujuan Pengamatan

– Untuk mengetahui Sifat Fisik Tanah di wilayah Desa Bandar Baru Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang

– Untuk mengetahui Sifat Fisik Tanah di wilayah Desa Bandar Baru Kecamatan Sibolangit Kabupaten Deli Serdang

Hasil Pengamatan

Sifat Fisik Tanah

1. Warna Tanah

Berdasarkan hasil observasi kami dilapangan warna tanah pada lapisan pertama berwarna cokelat, warna tanah pada lapisan kedua berwarna kehitaman, dan warna tanah pada lapisan ketiga berwarna abu-abu.

2. Tekstur Tanah

Berdasarkan hasil observasi kami dilapangan, tektsur tanah pada lapisan pertama memiliki tekstur liat atau lempung, tekstur tanah pada lapisan kedua memiliki tekstur lempung tetapi tidak selempung lapisan pertama, dan tekstur tanah pada lapisan ketiga memiliki tekstur pasir.

3. Struktur Tanah

Berdasarkan hasil observasi kami, struktur pada lapisan pertama berstruktur halus, pada lapisan kedua berstruktur halus, tetapi lebih halus dari lapisan yang pertama, dan struktur lapisan ketiga berstruktur kasar.

Sifat Kimia Tanah

1. Kandungan Zat Kapur

Berdasarkan hasil pengujian sederhana yang kami lakukan untuk melihat ada atau tidaknya kandungan zat kapur pada lapisan tanah yang kami jadikan sample dalam penelitian kami yaitu dengan menambahkan larutan HCL 3% dan tanah.

Maka kami peroleh hasil bahwasannya pada lapisan tanah pertama tidak mengandung zat kapur, hal ini ditandai dalam penelitian tidak ditemukan bui pada tanah yang telah dicampurkan dengan larutan HCL 3%.

Pada lapisan tanah kedua juga tidak mengandung zat kapur, hal ini ditandai dalam penelitian tidak ditemukan bui pada tanah yang telah dicampurkan dengan larutan HCL 3%.

Pada lapisan tanah ketiga terdapat kandungan zat kapur dalam jumlah yang sedikit hal ini ditamdai dengan ditemukannya bui dalam jumlah yang sedikit pada tanah yang telah dicampurkan dengan larutan HCL 3%.

2. Kandungan Bahan Organik (BO)

Berdasarkan hasil pengujian sederhana yang kami lakukan untuk mengetahui Bahan Organik pada lapisan tanah yang kami jadikan sample dalam penelitian kami yaitu dengan menambahkan larutan H2O2 dan tanah.

Maka kami peroleh hasil bahwasannya pada lapisan tanah pertama mengandung banyak bahan organik hal ini tampak pada hasil penelitian terdapat banyak bui pada tanah yang telah dicampur larutan H2O2.

Pada lapisan tanah kedua mengandung banyak bahan organik, hal ini tampak pada hasil penelitian terdapat banyak bui pada tanah yang telah dicampur larutan H2O2 bahkan jumlah bui yang tampak pada lapisan tanah kedua lebih banyak daripada yang terdapat pada larutan pertama.

Pada lapisan tanah ketiga tidak mengandung bahan organik, hal ini tampak pada hasil penelitian tidak terdapat bui pada tanah yang telah dicampur larutan H2O2.

3. Kandungan OH

Berdasarkan hasil pengujian sederhana yang kami lakukan untuk mengetahui jumlah OH tanah pada lapisan tanah yang kami jadikan sample dalam penelitian kami yaitu dengan menambahkan larutan H2O2 10% dan tanah.

Maka kami peroleh hasil bahwasannya pada lapisan tanah pertama PH tanah 5, pada lapisan tanah kedua ph tanah 4, dan pada lapisan tanah ketiga ph tanah 5.

4. Kandungan pH Potensial

Berdasarkan hasil pengujian sederhana yang kami lakukan untuk mengetahui jumlah pH Potensial pada lapisan tanah yang kami jadikan sample dalam penelitian kami yaitu dengan menambahkan larutan KCL dan tanah.

Maka kami peroleh hasil bahwasannya pada lapisan tanah pertama pH tanah 5, pada lapisan tanah kedua ph tanah 5, dan pada lapisan tanah ketiga ph tanah 5.

5. Kandungan pH Aktual

Berdasarkan hasil pengujian sederhana yang kami lakukan untuk mengetahui jumlah pH Aktual pada lapisan tanah yang kami jadikan sample dalam penelitian kami yaitu dengan menambahkan air dan tanah.

Maka kami peroleh hasil bahwasannya pada lapisan tanah pertama pH tanah 7, pada lapisan kedua 5, dan pada lapisan ketiga 6.

Kesimpulan Pengamatan :

Dari penelitian yang telah dilakukan yaitu berupa observasi dan wawancara maka kesimpulan yang dapat di ambil adalah : sifat fisik dari ketiga lapisan tanah yang kami jadikan sample adalah tanah lapisan pertama berwarna cokelat, bertekstur liat, dan berstruktur halus.

Sifat fisik dari tanah lapisan kedua berwarna kehitaman, bertekstur liat, dan berstruktur halus sedangkan sifat fisik dari tanah lapisan ketiga berwarna abu-abu, bertekstur pasir, dan berstruktur kasar.

Sifat kimia lapisan tanah dari ketiga lapisn tanah yang kami jadikan sample penelitian adalah pada tanah lapisan pertama tidak mengandung zat kapur, banyak mengandung bahan organik, pH OH 5, pH potensial 5 dan pH aktual 7.

Pada tanah lapisan kedua tidak mengandung zat kapur, banyak mengandung bahan organik, pH OH 4, pH potensial 5 dan pH aktual 5.

Pada tanah lapisan ketiga mengandung zat kapur, tidak mengandung bahan organik, pH OH 5, pH potensial 5 dan pH aktual 6.

Contoh di atas merupakan salah satu contoh laporan pengamatan secara singkat.

Pada dasarnya struktur laporan pengamatan dituliskan sesuai kebutuhan instalansi tertentu yang membutuhkan laporan pengamatan tersebut.

Namun, untuk bentuk secara umum suatu laporan pengamatan harus mencantumkan informasi tentang objek pengamatan, waktu dan tempat pengamatan, tujuan pengamatan, hasil dan kesimpulan dari pengamatan yang telah dilakukan.

N.Hafizqi N.Hafizqi nama pena dari seorang perempuan yang dilahirkan pada bulan ke-2 terakhir dalam tahun masehi. Menyukai warna merah muda serta puisi sebagai karya sastra yang memiliki berjuta teka-teki sebagai pemahaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *