Cara Membersihkan Kaca Mobil yang Buram : Ulasan Lengkap – Manjakan

CARA MEMBERSIHKAN KACA MOBIL YANG BURAM

Cara Membersihkan Kaca Mobil Yang Buram – Kondisi kaca mobil yang buram tentunya sangat mengganggu tampilan sebuah mobil.. Selain tidak enak dipandang, juga mengganggu penglihatan ketika dalam perjalanan dan hal ini tentunya sangat berbahaya khususnya bagi pengemudi.

Terdapat beberapa kaca pada mobil yang hendaknya dibersihkan secara tepat. Cara membersihkan kaca mobil yang buram bisa dilakukan secara aman di rumah dengan alat dan bahan yang mudah ditemukan di lingkungan rumah.

Kaca mobil yang terlihat buram bisa disebabkan beberapa faktor diantaranya terlalu banyak noda/ kotoran yang menempel. Bisa juga dikarenakan jamur yang mengganggu tampilan kaca.

Hal ini bisa terjadi karena situasi maupun kondisi cuaca di lingkungan sekitar, terutama ketika musim hujan tiba. Namun, tidak perlu khawatir, kaca mobil yang buram bisa dibersihkan dengan cara-cara berikut. Yuk kepoin!


1.   Perhatikan Posisi Mobil

Perhatikan Posisi Mobil

Terdapat beberapa hal yang hendaknya diperhatikan ketika membersihkan kaca mobil yang buram. Langkah pertama yang harus dilakukan yakni memperhatikan posisi mobil. Ketika membersihkan kaca mobil, hendaknya posisi mobil berada di tempat yang teduh. Posisi yang teduh akan membantu mobil terhindar dari teriknya matahari.

Panas matahari dapat menimbulkan adanya bekas air dari sabun atau cairan pembersih. Keadaan tersebut tidak mudah untuk dibersihkan, sehingga pastikan untuk menjaga mobil pada posisi yang teduh.


2.   Siapkan Alat yang Akan Digunakan

Siapkan Alat Yang Akan Digunakan

Selanjutnya, siapkan peralatan yang akan digunakan dalam proses membersihkan kaca mobil yang buram. Adapun bahan dan alat yang akan digunakan yakni kain berbahan lembut dan pasta gigi sebagai bahan pembersih. Pada kasus ini, kandungan dalam pasta gigi yang bersifat abrasif dipercaya mampu mengangkat kotoran yang menempel yang menjadi penyebab kaca buram.

Dalam mengatasi kaca buram pada mobil, pasta gigi banyak digunakan sebagai bahan pembersih yang bisa mengatasi kaca buram sehingga terlihat lebih bersih dan jelas. Setiap kotoran siap disapu bersih dan kaca buram pun dapat diatasi.


3.   Lap Kaca Secara Merata

Lap Kaca Secara Merata

Cara membersihkan kaca mobil yang buram selanjutnya yakni mengelap kaca secara merata. Pertama-tama, basahi kaca dengan menggunakan air bersih. Selanjutnya, tuangkan pasta gigi yang telah disiapkan. Setelah, pasta gigi diaplikasikan pada kaca mobil, gosok secara perlahan hingga merata.

Selain pasta gigi, cairan pembersih untuk kaca mobil juga bisa menggunakan air tembakau atau cuka dapur. Kedua bahan tersebut bisa dijadikan alternatif ketika membersihkan kaca mobil yang buram.


4.   Bersihkan Secara Merata dengan Menggunakan Air

Bersihkan Secara Merata Dengan Menggunakan Air

Jika proses pengecapan pada kaca sudah dilakukan, selanjutnya bilas dengan air bersih secara merata. Perhatikan pula air yang akan digunakan. Air dengan kandungan kapur dan garam yang tinggi dapat menimbulkan kaca mudah terkena jamur. Oleh karena itu, hindari penggunaan air yang memiliki kandungan tersebut.

Setelah dibersihkan dengan air, selanjutnya perhatikan apakan masih terlihat ada noda yang membuat kaca terlihat buram. Jika iya, maka lakukan proses penggelapan hingga noda benar-benar hilang.


  4+ Cara Memperbaiki Kaca Mobil Retak Panjang : Ulasan Manjakan

5.   Lakukan Proses Pengeringan

Lakukan Proses Pengeringan

Langkah terakhir yang melakukan pengeringan pada kaca. Pastikan kaca mobil tidak mengering begitu saja. Jika mengering dengan sendirinya, maka bercak air bisa menimbulkan jejak noda pada kaca. Dalam mengeringkan kaca mobil, bisa menggunakan kain kanebo atau pun kain lembut berbahan serat halus.

Lakukan proses pengeringan secara rapi baik dalam mengeringkan kaca bagian luar maupun dalam. Pada dasarnya, kaca bagian dalam tidak perlu menggunakan cairan pembersih, cukup gunakan air bersih untuk membersihkannya.

Nah, itulah beberapa cara membersihkan kaca mobil yang buram secara aman. Agar lebih terjaga, maka lakukan secara rutin, minimal sekali dalam seminggu. Pastikan untuk teliti dalam melakukan setiap tahapan di atas. Selamat mencoba!

Cara membersihkan kaca mobil yang buram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.