5 Cara Mengoperasikan Mobil Matic dan Tips Berkendara dengan Aman

CARA MENGOPERASIKAN MOBIL MATIC

Mempelajari mobil matic dikatakan lebih mudah daripada mobil manual. Namun, sebagai pemula tetap saja dibutuhkan untuk belajar mengendarainya terlebih dahulu.

Maka dari itulah, artikel kali ini akan membahas tentang cara mengoperasikan mobil matic untuk pemula. Artikel ini bertujuan untuk membantu para pemula yang memiliki mobil namun bingung untuk belajar dengan siapa. Mungkin bisa saja meminta bantuan orang-orang terdekat, namun mungkin mereka tidak selalu memiliki waktu yang luang.

Selain itu jika ingin kursus, biaya setiap pertemuan juga cukup besar. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk belajar sendiri untuk mengendarai mobil matic. Berikut dibawah ini adalah panduan cara mengoperasikan mobil matic untuk pemula :


1. Fokus

Fokus

Dalam mengendarai kendaraan apapun hal pertama yang sangat diperlukan adalah fokus. Dengan berlatih sendiri pun maka tingkat fokus akan lebih tinggi dibandingkan jika ditemani dengan orang lain. Maka dari itu, inilah salah satu kelebihan jika belajar mengendarai mobil matic sendirian.

Untuk mendapatkan sikap fokus ini, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendudukkan diri senyaman mungkin. Karena, jika posisi sudah nyaman maka semakin sedikit kemungkinan pikiran akan teralihkan. Perlu juga untuk menjauhkan handphone dari jangkauan selama tengah belajar mengendarai ini.


2. Hafalkan Tuas Transmisi

Hafalkan Tuas Transmisi

Sikap fokus pada poin pertama sangat diperlukan untuk menjalankan poin kedua ini. Karena, untuk menghafal posisi tuas transmisi di luar kepala maka dibutuhkan fokus yang tinggi. Hal ini sangat berlaku untuk pemula yang masih baru belajar.

Tuas ini pun perlu dipindah-pindah sesuai dengan keadaan jalan yang sedang dilalui. Jika keadaan jalan sedang seperti biasanya maka posisi tuas harus terletak pada posisi D. Namun, jika jalan yang dilewati tengah macet ataupun padat merayap maka tuas lebih baik diletakkan pada posisi N dan lain sebagainya.

Posisi tuas ini harus dihafal di luar kepala, dimulai dari awal belajar mobil. Karena, pada mobil matic keberadaan tuas ini sangat penting untuk keamanan dan kenyamanan berkendara. Maka, kembali lagi pada poin satu, fokuslah pada saat mengendarai.


3. Kenali Keadaan Mobil

Kenali Keadaan Mobil

Selain tuas transmisi, ada lagi yang harus dihafal di luar kepala oleh pengendara. Hal tersebut adalah fitur kendaraan tersebut. Dalam hal ini mobil, maka ada beberapa tombol yang harus dihafal dan dan diingat. Contohnya adalah tuas untuk menyalakan lampu sign ataupun letak klaksonnya.

Pelajari juga bagaimana cara tombol-tombol tersebut bekerja. Terlebih dalam menggunakan tuas untuk lampu sign. Karena, jika salah dalam menggerakkannya maka bisa jadi mengakibatkan hal yang cukup fatal. Itulah pentingnya untuk mengetahui fitur-fitur di dalam sebuah mobil.


4. Jangan Malas Berlatih

Jangan Malas Berlatih

Ini adalah salah satu tips yang sangat penting untuk diingat. Karena, dengan sering berlatih maka kemampuan mengendarai mobil matic pun akan semakin terasah. Tidak ada salahnya juga untuk sering mencari referensi cara mengoperasikan mobil matic. Hal tersebut dapat digunakan untuk menambah pengetahuan lagi, yang mungkin saja belum diketahui sebelumnya.


  5+ Cara Memperbaiki Sepeda Listrik : Tips Ulasan Lengkap – Manjakan

5. Hindari Perasaan Panik

Hindari Perasaan Panik

Hal satu ini sebenarnya adalah hal yang sangat lazim terjadi. Namun, sadar ataupun tidak kepanikan justru tidak akan menolong apapun. Malah sebaliknya, seringkali membuat orang-orang salah dalam mengambil tindakan. Maka dari itu, pada saat belajar mengendarai mobil pastikan diri dalam keadaan tenang dan fokus.

Boleh juga untuk mendengarkan instrumen-instrumen yang dapat meningkatkan kefokusan juga ketenangan. Kedua hal ini adalah hal yang sangat penting untuk ada dalam diri seorang pengendara. Karena ketika fokus dan tenang, meskipun dalam keadaan terdesak seseorang tersebut lebih bisa mengambil pilihan yang benar.

Itulah cara mengoperasikan mobil matic untuk pemula yang tengah belajar mobil sendirian. Belajar mobil sendirian bukanlah pilihan yang salah. Namun, tentunya harus diiringi dengan sifat dan langkah-langkah yang telah disebutkan diatas tadi. Semoga artikel ini dapat membantu para pembaca yang sedang belajar mobil matic secara otodidak.

Cara Mengoperasikan Mobil Matic

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.