7+ Ciri Ciri Busi Mobil Mati : Berbagai Tips Ulasan Lengkap – Manjakan

CIRI CIRI BUSI MOBIL MATI

Ciri Ciri Busi Mobil Mati  – Busi merupakan salah satu komponen mobil yang penting. Saat bagian ini mengalami kerusakan bahkan mati, kendaraan tidak akan bekerja secara maksimal bahkan bisa memicu kerusakan komponen lainnya.

Meskipun kecil, busi sangatlah berpengaruh terhadap performa mesin. Ciri ciri busi mobil mati berikut akan membantu pengguna mengenali tanda-tanda busi sudah usang dan harus diganti.

Benda yang ujungnya terdapat elektroda ini memiliki fungsi utama untuk membakar bensin yang sudah dikompresi piston. Busi memiliki batas usia pemakaian, sama seperti bagian lainnya. Saat rusak atau mati, pengguna mobil bisa merasakan gejala dan cirinya. Berikut ini tanda busi mobil yang mati.


Ciri Busi Mobil Mati 

Ciri ciri busi mobil yang mati dapat dilihat dari tampilan dan performanya. Menjadi coklat, kuning dan merah. jika sudah parah, busi bisa berubah menjadi hitam gosong. Kenali kerusakan busi melalui tanda-tandanya berikut ini

1. Warna Busi Mobil Berubah Coklat, Kuning atau Kemerahan

Warna Busi Mobil Berubah Coklat, Kuning Atau Kemerahan

Ciri busi mobil mati yang pertama adalah dengan melihat warna dari busi apakah berubah atau tidak. Busi yang bermasalah memiliki warna cenderung kecoklatan.  Warnanya juga bisa berubah menjadi kuning atau kemerahan. Dalam kondisi ini busi tidak benar-benar rusak, tapi terjadi masalah pada bagian lainnya.

Busi yang berubah menjadi kemerahan atau kuning disebabkan karena panas yang berlebih. Biasanya disebabkan rusaknya bagian pendingin. Karena itu segeralah periksa mesin pendingin untuk memastikan kerusakannya.

Baca Juga: Cara Pasang Gps Mobil

2. Warna Busi Mobil Gosong

Warna Busi Mobil Gosong

Busi mobil juga bisa mengalami perubahan warna menjadi hitam gosong. Jika mengalaminya, bisa jadi masalah utama terletak pada pengaturan bahan bakar. Segeralah bawa kendaraan ke bengkel untuk pengecekan lebih lanjut dan memastikan penyebab kerusakannya.

3. Busi Meleleh Dan Mesin Sulit Dinyalakan

Busi Meleleh Dan Mesin Sulit Dinyalakan

Busi yang meleleh diakibatkan oleh kebocoran pada bagian kompresi. Jika hal ini terjadi, segeralah bawa mobil ke bengkel. Pengguna juga mungkin mengalami kesulitan saat menghidupkan mesin mobil.  Jika mesin susah untuk dinyalakan, mungkin salah satu masalahnya ada pada busi. Jika dipaksakan dengan kondisi demikian, mobil akan sering mogok di tengah jalan.

Baca Juga: Busi Motor Injeksi

4. Mesin Terasa Pincang

4.1.1

Kondisi demikian dapat dirasakan oleh pengguna karena mesin yang berputar tidak seimbang. Selain itu, jika ada salah satu busi yang mati, getaran mesin terasa berbeda dibanding biasanya. Getaran terasa lebih kasar. Jika mengalami hal demikian, segera lakukan pengecekan pada bagian busi.


Ciri Busi Mobil Rusak

Selain kondisi mati, busi yang rusak juga akan mengganggu kinerja kendaraan. Jangan menunggu rusak dulu baru dibawa ke bengkel. Berikut ini tanda kerusakan busi yang bisa dikenali saat mesin dinyalakan maupun diam.

  7+ Cara Merawat Rantai Motor & Cara Merawat Supaya Bisa Awet

1. Putaran Tidak Halus

Putaran Tidak Halus

Mungkin pengguna merasakan kondisi putaran mobil tidak seperti biasanya. Saat busi mengalami kerusakan, kondisi putaran mobil akan berubah seperti kurang halus dan lebih berat. Kondisi ini bisa dirasakan pengguna saat berada di dalam kabin.

2. Terdapat Getaran Tidak Normal Pada Bagian Mesin

Terdapat Getaran Tidak Normal Pada Bagian Mesin

Anda juga bisa merasakan dan mendengar adanya getaran pada mesin yang tidak normal saat mobil dihidupkan. Getaran ini tidak muncul saat mobil dalam kondisi normal. Rasakan dan perhatikan kondisi mobil dengan teliti untuk mengetahuinya.

Baca Juga: Penyebab Rem Mobil Ngempos

3. Tuas Gas Berat

Tuas Gas Berat

Tanda lain busi mobil rusak adalah saat pengguna menarik tuas gas. Saat ditarik, tuas akan terasa berat tidak seperti biasanya. Itu karena mesin mobil tidak normal karena tidak bisa bekerja dengan seimbang. Ketidakseimbangan terjadi akibat tenaga yang keluar dari silinder terputus-putus.

Demikian penjelasan  mengenai ciri ciri busi mobil mati dan rusak. Jika mengalami tanda-tanda diatas, segeralah mobil pengguna ke bengkel untuk diganti dengan busi baru.

Ciri ciri busi mobil mati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *