Cara Membuat Knalpot Mobil Ngebass : Tips Ulasan Lengkap – Manjakan

CARA MEMBUAT KNALPOT MOBIL NGEBASS

Cara Membuat Knalpot Mobil Ngebass  – Para pecinta dunia otomotif memang kerap kali melakukan modifikasi pada kendaraannya. Terlebih untuk suara knalpot standar (OEM) yang selalu membuat mereka kurang puas dan tidak tertarik.

Alhasil tidak jarang yang mengubah suaranya dengan cara membuat knalpot mobil ngebass. Bagi yang suka melakukan modifikasi kendaraan akan tetapi tidak tahu cara membuat knalpot mobil ngebass, tidak perlu khawatir.

Sebab, berikut ini akan mengulas beberapa cara yang umum dilakukan untuk membuat suara knalpot lebih ngebass sehingga akan kian menarik:


1. Bobok Knalpot

Bobok Knalpot

Bobok knalpot adalah salah satu langkah untuk membuat suaranya menjadi lebih ngebass atau free low. Bahkan cara ini dipercaya bisa membuat tenaga kendaraan lebih besar seiring dengan kecepatannya yang meningkat. Hal ini karena sekat-sekat dalam silincer knalpot telah dihilangkan.

Untuk caranya yang pertama adalah mulai potong ujung knalpot dengan gergaji. Setelah itu setiap sekat di dalamnya silahkan diambil dengan las dan pasang kembali. Bagian ini memang paling termudah, namun jika ragu bisa langsung membawanya ke tukang bobok.


2. Menutup Corong Knalpot

Menutup Corong Knalpot

Pada dasarnya sebuah knalpot bisa mengeluarkan berbagai suara yang unik karena terdapat lubang. Oleh karena itu, langkah selanjutnya supaya suaranya bisa ngebass harus memodifikasi bagian lubang yang juga berfungsi sebagai peluit tersebut.

Caranya adalah dengan menutupnya akan tetapi tidak boleh terlalu rapat. Melainkan sisakan sedikit peluit pada bagian tengahnya sehingga knalpot bisa mengeluarkan suara yang lebih ngebass dan keras. Mudah dan murah bukan tekniknya?


3. Mengganti Leher Knalpot

Mengganti Leher Knalpot

Memberikan moncong knalpot bisa menjadi cara yang paling populer dan biasa disebut dengan konsep thailook. Para modifikator terlebih anak-anak muda lebih menyukai teknik ini karena terkesan lebih keren dan suara yang dihasilkan juga halus.

Langkah untuk memasangnya yang pertama adalah dengan melepas komponen silencer. Mengisinya dengan 2 buah pipa dengan ukuran berbeda, yaitu ½  dan ¼ lebih pendek dari silincernya tadi. Kemudian pasang kembali dengan arah memutar. Namun, yang terpenting diameternya harus lebih besar dari pipa bawaan.


4. Modifikasi Chamber

Modifikasi Chamber

Knalpot chamber sebenarnya merupakan tempat pembuangan gas atau asap berwarna putih. Hal tersebut karena adanya embun yang dihasilkan kemudian terbakar oleh knalpot yang ganas. Maka, cara untuk membuat suaranya lebih ngebass adalah dengan memodifikasinya.

Memodifikasi bagian tersebut akan membuat kendaraan terdengar lebih garang. Caranya pun cukup mudah, yaitu hanya perlu membersihkan bagian dalam knalpot. Setelah itu saringan yang terletak di dalamnya dikeluarkan dan diisi dengan hasil modifikasi sendiri.


5. Mengganti Resonator

Mengganti Resonator

Resonator ini sebenarnya merupakan komponen sistem pengeluaran dari sebuah knalpot. Letaknya berada di antara header dan muffler. Fungsinya sendiri untuk meredam suara pembakaran mesin sehingga kinerja mobil bisa lebih optimal.

  6+ Cara Membersihkan Blok Mesin Motor & Merawat Supaya Bisa Awet

Oleh karena itu, dengan cara mengganti bagian resonator mobil akan mampu membuat suara knalpot bisa terganti secara keseluruhan. Bahkan supaya lebih maksimal, maka bisa mencoba menggantinya dengan pipa lurus sehingga alirannya lebih bebas dan suara knalpot akan terdengar lebih nyaring dan ngebass.


6. Mengganti Muffler Tail

Mengganti Muffler Tail

Cara membuat suara knalpot mobil lebih ngebass bisa dengan mengganti muffler tailnya. Bahkan teknik tersebut paling umum digunakan. Letaknya sendiri berada pada bagian akhir exhaust system dan berbentuk seperti tabung.

Muffler sendiri memiliki sekat pada bagian dalamnya sehingga suara knalpot cenderung teredam. Maka, dengan mengganti dan mengisinya, tentu akan berhasil membuat suaranya menjadi lebih ngebass dengan volume garang.

Meskipun cara membuat knalpot mobil ngebass bisa dilakukan dengan mudah tetap saja harus berada dalam pengawasan ahlinya. Terlebih karakter setiap mesin kendaraan berbeda-beda sehingga apabila salah langkah justru akan mempengaruhi performanya.

Cara membuat knalpot mobil ngebass

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.