5+ Cara Menghitamkan Motor Secara Permanen & Merawat Supaya Awet

CARA MENGHITAMKAN MOTOR SECARA PERMANEN

Motor yang sudah lama termakan usia tentunya mengalami perubahan. Salah satu perubahan yang paling signifikan tentunya terletak pada bodynya. Jika awalnya bodi tersebut hitam mengkilap namun lama kelamaan menjadi buram dan tak mengkilap lagi. Maka dari itu, artikel kali ini akan membahas cara menghitamkan motor secara permanen.

Karena memang, body motor yang tidak mengkilap tentunya agak sedikit mengganggu penampilan. Maka dari itu, sangat penting untuk membuat body motor agar mengkilap seperti baru lagi. Maka, artikel kali ini akan membahas cara menghitamkan motor secara permanen yang mudah. Berikut dibawah ini cara-cara tersebut :


1. Menggunakan Cat Pengkilap

Menggunakan Cat Pengkilap

Hal yang paling mudah dan praktis untuk dilakukan tentunya adalah mengecat motor agar tidak terlihat kusam. Namun, gunakanlah cat yang memang khusus untuk digunakan pada body motor. Namun, langkah ini harus diulangi beberapa kali agar benar-benar membuat warnanya menjadi permanen.

Untuk caranya yang pertama adalah terlebih dahulu membersihkan bagian yang akan dicat ulang. Bersihkan menggunakan air lalu lap hingga kering. Setelahnya barulah mulai proses pengecatan. Perlu untuk diingat, cara satu ini tidak akan berhasil jika hanya dilakukan sekali saja. Tetapi harus diulangi hingga beberapa kali, barulah akan membawa hasil hitam mengkilap yang permanen.


2. Menggunakan Trim Dressing

Menggunakan Trim Dressing

Trim dressing  ini adalah salah satu opsi lainnya untuk mengembalikan warna hitam body motor. Cara satu ini pun paling banyak dilakukan di bengkel-bengkel. Selain harganya yang terjangkau, penggunaannya pun dapat dilakukan sendiri di rumah. Sehingga tentunya dapat dijadikan sebagai pilihan yang tepat.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membersihkan daerah body yang akan dihitamkan. Lebih baik untuk menggunakan cairan alkohol supaya hasilnya lebih bersih daripada dicuci dengan air biasa. Selanjutnya barulah mulai untuk mengoleskan krim trim dressing pada bagian yang diinginkan. Pada saat mengoleskan krim ini harus menggunakan applicatornya. Supaya tidak mengotori tangan dan juga supaya dapat terhindar dari iritasi.


3. Menggunakan Minyak Sayur

Menggunakan Minyak Sayur

Cara satu ini merupakan cara yang terdengar paling murah. Namun, menurut mereka yang telah mencoba cara satu ini mengatakan hasilnya cukup memuaskan. Karena selain bahan yang murah dan mudah didapat, cara pengaplikasiannya pun tidaklah sulit. Sama seperti cara mengoperasikan bahan lainnya.

Langkah awalnya pun sama seperti cara-cara sebelumnya. Pertama adalah membersihkan dahulu bagian-bagian body yang akan dibuat mengkilap. Karena bahannya menggunakan minyak, maka lap lah bagian yang basah terkena air hingga benar-benar kering. Selanjutnya celupkan lap kedalam minyak yang sudah disiapkan dan oleskan ke seluruh bagian body motor yang diinginkan. Ulangi cara ini hingga 5 kali, untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari modal yang minimal.


  5+ Cara Mengemudi Mobil Di Tanjakan Curam Supaya Aman & Nyaman

4. Menggunakan Hairdryer

Menggunakan Hairdryer

Cara satu ini memang mungkin terdengar tidak begitu lazim digunakan untuk sebagai alat pengkilap body motor. Namun nyatanya banyak yang sudah menginformasikan bahwa cara satu ini sangat layak untuk dicoba.

Caranya adalah dengan melepaskan terlebih dahulu body yang akan dibuat mengkilap. Cuci bersih bagian body tersebut. Lalu lakukan proses pemanasan dengan hairdryer. Hal yang perlu diingat adalah harus menggunakan hairdryer yang memiliki tingkat kepanasan yang tinggi.


5. Menggunakan Semir Untuk Ban

Menggunakan Semir Untuk Ban

Ada beberapa merk yang menawarkan semir ban agar ban selalu terlihat mengkilap. Namun, ternyata semir yang digunakan untuk ban tersebut dapat digunakan juga pada body motor. Hasil hitamnya pun dikatakan cukup lama bertahan. Sehingga memang membuat cara satu ini memang layak untuk dicoba.

Itulah beberapa cara menghitamkan motor secara permanen dengan mudah. Tentunya juga menggunakan barang-barang yang mudah didapatkan. Maka dari itu, semua cara tersebut tidak ada ruginya untuk dicoba.

Cara Menghitamkan Motor Secara Permanen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.