6 Bagaimana Cara Mengatasi Motor Brebet dan Penyebab Kenapa Bisa

CARA MENGATASI MOTOR BREBET

Pernah tidak saat menaiki motor, dan motor terasa ngadat atau istilah lainnya adalah brebet. Tentu hal itu sangat membuat tidak nyaman penggunaannya. Selain itu mesin yang sering ngadat atau brebet ini bisa menghambat kinerja motor.

Sehingga perlu ditemukan bagaimana cara mengatasi motor brebet supaya motor tetap dalam performa terbaiknya. Memang motor ngadat ini bisa dialami oleh hampir semua jenis motor.

Meskipun begitu tetap saja hal ini tidak bisa dibiarkan. Karena selain mengganggu performa mesin motor yang ngadat juga bisa mengganggu saat berkendara. Akibatnya keselamatan pengguna jalan bisa terancam, sehingga lebih baik jika masalah ini segera diatasi.

Baca Juga: Cara Mengatasi Mobil Penyok


Penyebab Motor Brebet

Penyebab Motor Brebet

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi motor brebet, ada baiknya untuk mengetahui penyebabnya. Karena dengan mengetahui penyebabnya, maka pengguna bisa melakukan perbaikan pada motor dengan tepat tanpa melenceng kemanapun. Adapun beberapa penyebab mesin motor mengalami brebet, diantaranya :

  • Busi kotor atau rusak
  • Pada saluran bahan bakar terdapat kotoran yang menumpuk
  • Bahan bakar yang tercampur dengan air
  • Karburator yang kotor
  • Injektor kotor
  • Filter udara kotor

aca Juga: Penyebab Motor Brebet


Cara Mengatasi Motor Brebet

Cara Mengatasi Motor Brebet

Setelah mengetahui apa saja penyebabnya, maka pengguna akan dengan mudah menemukan bagaimana cara untuk mengatasi motor yang brebet ini. Bahkan beberapa cara yang ada di bawah ini bisa dilakukan sendiri, tanpa membutuhkan bantuan dari pihak bengkel. Adapun beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi motor brebet diantaranya :

1. Mengecek Fuel Pump

Pertama lakukan pengecekan terhadap fuel pump. Karena seperti salah satu penyebab diatas yaitu adanya kotoran pada saluran bahan bakar. Sehingga apabila fuel pump ini memiliki kotoran yang menyumbat, maka tentu akan sangat mempengaruhi kinerja mesin motor.

2. Memperhatikan Bahan Bakar

Jangan pernah menggunakan bahan bakar yang memiliki oktan rendah apabila ingin motor selalu awet serta mesinnya tidak mudah mengalami brebet. Apalagi jika motor yang dimiliki adalah motor dengan spesifikasi khusus yang mestinya diisi dengan bahan bakar tertentu, namun justru diisi dengan jenis lain yang lebih murah.

3. Memeriksa Pengapian Busi

Selain kotoran pada saluran bahan bakar, ternyata busi juga menjadi penyebab lainnya mesin motor mengalami brebet. Sehingga untuk menghindari terjadinya brebet pada busi ada baiknya untuk memeriksa kondisi busi tersebut. Periksa apakah pengapian pada busi masih berjalan dengan baik atau tidak.

Baca Juga: Cara Ganti Oli Gardan

4. Memeriksa Karburator

Lalu hal lainnya yang juga menjadi penyebab dari mesin brebet adalah karburator. Pada karburator terdapat dua komponen penting yakni needle valve dan juga pelampung. Apabila kedua komponen tersebut rusak, maka bisa membuat busi menjadi basah karena bahan bakar yang banjir.

  5+ Cara Memasang Stiker Mobil : Tips Ulasan Lengkap – Manjakan

5. Melakukan Pembersihan Pada Injector

Lalu selanjutnya adalah melakukan pembersihan pada injector, sebab injector yang kotor menjadi salah satu penyebab mesin motor mengalami brebet. Biasanya pembersihan injector ini dilakukan ketika jarak motor sudah mencapai kurang lebih 1000 km.

6. Servis Di Bengkel

Terakhir, apabila sudah melakukan semua usaha di atas namun masih brebet maka ada baiknya untuk langsung melakukan servis di bengkel. Hal ini juga bisa menjadi solusi bagi seseorang yang tidak memiliki pengetahuan cukup dalam mesin dan takut salah ketika hendak mengerjakan sendiri.

Itulah tadi informasi terkait dengan penyebab mesin motor brebet, dan cara mengatasi motor brebet yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Dengan begitu pengguna motor tidak perlu panik lagi apabila motornya mengalami brebet, dan bisa melakukan pencegahan juga. Sehingga motor tetap nyaman dan selalu dalam keadaan siap untuk digunakan.

Cara Mengatasi Motor Brebet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *