5+ Cara Memperbaiki Sepeda Listrik : Tips Ulasan Lengkap – Manjakan

CARA MEMPERBAIKI SEPEDA LISTRIK

Cara Memperbaiki Sepeda Listrik – Seiring perkembangan teknologi, kini sudah banyak kendaraan yang dibuat dengan tenaga listrik seperti sepeda misalnya. Menggunakan sepeda listrik sangat memudahkan karena ringan dan bebas polusi.

Namun kendaraan ini seringkali mengalami kerusakan. Cara memperbaiki sepeda listrik berikut akan membantu pengguna mencari tahu penyebab dan langkah mengatasinya.

Keunggulan lainnya yakni pengguna tidak perlu mengeluarkan tenaga untuk mengayuh. Sepeda listrik juga memiliki desain menarik layaknya scooter matic. Meski begitu pengguna harus tetap melihat kondisi fisik dan mesinya.

Salah-salah diperjalanan mesin sepeda malah ngadat dan tidak mau jalan.  Berikut ini beberapa masalah dan solusi mengatasi sepeda listrik rusak.


1. Ganti dengan Baterai Baru, jika Kerusakan Karena Baterai Bocor

Ganti Dengan Baterai Baru, Jika Kerusakan Karena Baterai Bocor

Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada sepeda listrik adalah baterainya. Jika sepeda sudah terasa tidak memiliki tenaga saat dikendarai sementara baru saja di cas, berarti baterainya yang bocor dan rusak. Lalu bagaimana mengatasinya? Ganti saja dengan yang baru.

Setelah menggantinya, jangan pernah mengecas baterai dalam waktu yang lama karena bisa memicu kebocoran lagi. Hindari juga jalanan menanjak dan terlalu sering mengakselerasi secara mendadak.

Baca Juga: Motor Injeksi Kehabisan Bensin


2. Memperbaiki Kabel Hall Sensor, Penyebab Mesin Ngadat Atau Tidak Stabil

Memperbaiki Kabel Hall Sensor, Penyebab Mesin Ngadat Atau Tidak Stabil

Selain baterai, kerusakan sepeda listrik bisa saja terjadi karena dinamo yang bermasalah. Ciri cirinya bisa dilihat dari saat sepeda dinyalakan, mesin terasa pincang. Mesin sepeda baru bisa menyala saat diberi tenaga manual. Putarannya pun sangat lambat dan saat di gas sepeda tidak mau menyala.

Kerusakan motor penggerak pada sepeda listrik biasanya terjadi karena hall sensor dan kerusakan 3 phase motor. Namun lebih banyak kasus terjadi karena masalah hall sensor. Kerusakan pada 3 phase, axle atau mounting dudukan sering terjadi karena modifikasi yang kurang sempurna. 


4. Dengan Cara Membongkar Jok Sepeda Listrik

Dengan Cara Membongkar Jok Sepeda Listrik

Solusi jika terjadi kerusakan pada kabel hall sensor, pengguna bisa membongkar bagian jok sepeda listrik. Kemudian buka bagian yang menghalangi kontroler agar kabel hall sensor bisa diperiksa dengan lebih mudah. Penyebab motor tidak mau di gas terjadi karena kombinasi 3 phrase dan hall sensor tidak pas.

ON kan mesin dan buka handle gas agar mesin berputar. Saat sepeda berputar, cabut salah satu kabelnya. Lakukan percobaan pada semua kabel. Jika saat kabel dicabut malah mesin semakin pincang atau malah berhenti, maka kabel tersebut tidak bermasalah.

Sementara jika pengguna mencabut salah satu kabel, kemudian mesin mandek atau tidak terjadi apa-apa, kemungkinan kabelnya yang bermasalah. Caranya mirip dengan mencari busi yang mati pada mesin mobil. Saat sudah menemukan penyebabnya, tinggal ganti saja sensor hall yang rusak tersebut.

  Merek Mobil Buatan Italia Paling Populer di Indonesia

Baca Juga: Cara Merawat Mobil Matic


4. Mengacak Kabel Kombinasi

Mengacak Kabel Kombinasi

Namun jika ternyata masalah bukan pada kabelnya, terdapat cara lain yakni dengan mengacak kombinasinya kabel. Tetapi hal tersebut biasanya terjadi pada kendaraan yang sudah mengalami modifikasi. Saat mengalami sepeda listrik berputar sesaat kemudian mati, penyebab yang mungkin terjadi karena komponen BLDC terlalu sering dibongkar. Atau mungkin saja pemasangannya yang kurang pas.

Baca Juga: Motor Matic Tiba Tiba Mati


5. Memperbaiki Komponen Kontroler

Memperbaiki Komponen Kontroler

Kerusakan bagian komponen kontroler sepeda listrik ditandai dengan mesin yang tidak mau menyala padahal sudah diaktifkan. Cara memperbaiki sepeda listrik karena controller yang rusak, ganti saja bagian tersebut dengan yang baru. Tetapi untuk mencegah kerusakan lebih lanjut, sebaiknya serahkan pada tukang bengkel karena mereka lebih berpengalaman.  

Nah, itu dia beberapa penyebab dan cara memperbaiki sepeda listrik mulai dari kerusakan baterai hingga kontroler. Jika tidak begitu yakin, lebih baik serahkan saja kepada ahlinya. Namun jika hanya kerusakan ringan, mungkin pengguna bisa memperbaikinya sendiri.

cara memperbaiki sepeda listrik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *