Cara Membersihkan Radiator Mobil

1 min read

CARA MEMBERSIHKAN RADIATOR MOBIL

Radiator memiliki peranan yang sangat penting dalam kendaraan khususnya mobil. Fungsi benda ini adalah sebagai pendingin pada mesin kendaraan. Jika radiator rusak, maka sistem kerja mesin mobil pun ikut rusak. Oleh karena itu harus rutin dibersihkan. Diperlukan cara membersihkan radiator mobil yang benar atau sesuai dengan prosedur.

Untuk proses pembersihan radiator bisa langsung dibawa ke bengkel. Jika sudah mengerti prosedurnya, maka bisa melakukannya sendiri di rumah. Radiator harus selalu rutin dicek dan dibersihkan untuk menghindari kerusakan. Adapun berikut ini ada cara-cara yang bisa dijadikan bahan referensi :


1. Matikan Mesin Mobil

Matikan Mesin Mobil

Untuk membersihkan radiator mobil, maka hal pertama yang dilakukan adalah memastikan mesin kendaraan dalam kondisi mati. Jika dilakukan saat kondisi hidup, maka akan menghambat jalannya proses pembersihan. 

Selain itu, bisa juga membuat mesin mobil rusak. Suhu panas akan muncul saat kondisi mesin kendaraan hidup. Hal ini tentunya sangat membahayakan jika dilakukan.


2. Membuka Tutup Pembuangan Radiator

Membuka Tutup Pembuangan Radiator

Cara membersihkan radiator mobil selanjutnya yakni membuka tutup pada bak pembuangan. Tutup ini terletak di bawah radiator dan berwarna hitam atau putih. Bahan dari tutup pembuangan terbuat dari plastik jadi tidak bisa berkarat. 

Dalam tahap ini berfungsi sebagai jalan keluarnya air yang ada di dalam radiator yang akan dibersihkan. Air tersebut harus dibuang karena akan diganti dengan yang baru agar mesin bisa bekerja lebih maksimal.


3. Bersihkan Selang Radiator

Bersihkan Selang Radiator

Selang pada radiator merupakan media untuk jalannya arus air. Selang ini terhubung dengan mesin pada mobil. Jika tidak segera dibersihkan, maka akan banyak debu dan kotoran yang menempel. 

Caranya cukup mudah, hanya mengalirkan air ke dalam selang dan otomatis kotoran yang ada di dalamnya akan runtuh bersama air. Bisa juga menggosoknya menggunakan sikat kecil jika ingin lebih bersih lagi. Apabila menggunakan sikat untuk membersihkannya, maka perlu menambahkan cairan pembersih agar licin dan mudah.


4. Bersihkan Bagian Core Tank

Bersihkan Bagian Core Tank

Bagian terpenting dalam radiator yakni bagian inti atau biasa disebut core tank. Isilah radiator dengan air bersih untuk membersihkan bagian ini. Setelah itu, cek apakah air yang keluar melalui pembuangan masih kotor atau sudah bersih. 

Jika masih kotor, maka ulangi dengan mengisi air kembali sampai benar-benar bersih. Pastikan juga selang yang digunakan sangat lancar agar tidak menghambat jalannya arus air.


5. Ulangi Proses Pembersihan

Ulangi Proses Pembersihan

Dalam membersihkan radiator mobil, diperlukan pengulangan berkali-kali. Hal itu berfungsi agar tidak menyisakan kotoran yang akan mengganggu cara kerja mesin. Ulangilah mengikuti tahap dari awal. 

Pengulangan ini bisa dua sampai tiga kali tergantung dari kadar kotornya radiator tersebut. Di samping itu, bisa juga menambahkan cairan khusus untuk pembersih radiator agar hasil yang didapatkan semakin bersih dan memuaskan.


6. Memeriksa Kembali Keadaan Radiator

Memeriksa Kembali Keadaan Radiator

Setelah semua tahap selesai dilakukan, maka yang terakhir adalah mengecek ulang kondisi radiator. Periksalah secara menyeluruh meliputi bagian depan,tengah,dan belakang. Lakukan pengecekan dengan menyalakan mesin mobil dan amati apakah radiator berfungsi dengan baik atau tidak. 

Pastikan juga saat menyalakan mesin, tutup pembuangan radiator tidak terbuka atau sudah ditutup dengan rapat. Periksa juga apakah sirkulasi arus air berjalan dengan lancar atau tidak.

Urutan cara membersihkan radiator mobil di atas tentunya sangat bermanfaat. Perlu mengikuti langkah-langkah dengan benar dan runtut agar proses pembersihan bisa berjalan lancar. Lakukan pembersihan rutin lima bulan sekali. Selalu memeriksa kondisi radiator adalah kunci utama untuk menjauhkan dari kerusakan.

Cara Membersihkan Radiator Mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *