5 Cara Melepas Aki Mobil Mudah dan Aman Jika ingin Mengganti Sendiri

CARA MELEPAS AKI MOBIL

Aki merupakan bagian cukup penting pada mobil. Performa aki yang kurang prima bisa menghambat kinerja mobil itu sendiri. Mengganti aki bisa dilakukan di bengkel. Namun, biaya yang dikeluarkan tentu tidak murah. Mengapa tidak coba melepas lalu memasang aki yang baru sendiri? Cara melepas aki mobil sebenarnya juga tidak terlalu susah.

Selama urutannya benar, maka melepas aki lama dan menggantinya dengan yang baru bisa dilakukan sendiri tanpa perlu bantuan montir. Jadi pastikan untuk selalu mengganti aki secara teratur. Ikuti saja langkah-langkah cara melepas aki mobil lama dan menggantinya dengan yang baru berikut ini :


1. Siapkan Alat-Alat

Siapkan Alat Alat

Cara melepas aki mobil yang pertama adalah awali dengan menyiapkan segala peralatan yang dibutuhkan. Umumnya alat yang diperlukan untuk melepas aki yaitu kunci pas nomor 12 dan 10, tang, serta obeng minus. Selain itu pastikan juga untuk menyediakan aki yang baru untuk menggantikan yang lama.

Jenis aki mobil sebenarnya ada 2 macam yaitu aki basah dan aki kering. Untuk aki basah, sebelum dipasang perlu diisi air zuur terlebih dahulu sampai indikator maksimal dan tunggu hingga 10 menit. Beda dengan jenis aki kering yang dapat langsung dipasang.


2. Pastikan Kunci Kontak Dalam Keadaan Off

Pastikan Kunci Kontak Dalam Keadaan Off

Setelah peralatan sudah siap, silahkan pastikan kunci kontak dalam keadaan off. Bila perlu lepas kunci kontak tersebut, demi menghindari kemungkinan pintu terkunci dengan sendirinya. Selain itu saat kunci mobil ternyata dalam keadaan on, maka kemungkinan besar akan terjadi percikan bunga api. Kondisi ini pastinya sangat membahayakan.


3. Buka Terminal Aki

Buka Terminal Aki

Langkah berikutnya tinggal buka terminal aki. Awali dengan melepas kabel, baut, serta klem bagian kutub negatifnya terlebih dahulu. Mengapa harus kutub negatifnya dahulu? Karena jika tiba-tiba tidak sengaja menjatuhkan peralatan dan mengenai kutub positif bisa beresiko terjadi hubungan pendek arus listrik.

Namun jika terlebih dahulu kutub negatif yang dilepaskan, maka secara otomatis hubungan listrik pada mobil akan mati seluruhnya. Saat tiba-tiba ada benda jatuh tidak akan menimbulkan masalah yang serius. Untuk itu pastikan untuk melepas semua komponen aki pada kutub negatifnya dulu, baru dilanjutkan ke bagian kutub positifnya.


4. Angkat Aki Mobil

Angkat Aki Mobil

Saat sudah benar-benar terlepas, silahkan angkat aki mobil. Jangan lupa untuk mengangkatnya dengan posisi tegak lurus dan tetap berhati-hati. Hal tersebut dimaksudkan supaya air dalam aki tidak tumpah. Bahaya jika sampai cairan aki tumpah karena bisa membahayakan bahan-bahan pada mesin di dalam mobil tersebut.


5. Bersihkan Bagian Yang Berkarat

Bersihkan Bagian Yang Berkarat

Selanjutnya tinggal lakukan pembersihan di area kabel serta klem aki mobil. Mungkin saja ditemukan karat atau jenis kotoran lainnya, bisa segera dihilangkan. Cara menghilangkannya bisa menggunakan cairan anti karat. Cobalah dengan menggosokkannya ke bagian yang berkarat dengan hati-hati hingga cukup bersih.

  5+ Cara Memasang Stiker Mobil : Tips Ulasan Lengkap – Manjakan

Pembersihan seperti ini tentunya sangat penting sekali. Pasalnya karat atau kotoran yang menempel baik pada klem atau kabel dapat menjadi isolator. Bisa jadi, karat dan kotoran tersebut menghambat aliran listrik.


6. Mulai Pasang Aki Yang Baru

Mulai Pasang Aki Yang Baru

Terakhir tinggal pasang aki yang baru. Memasang aki baru justru berkebalikan dengan melepas aki lama. Silahkan taruh aki baru pada tempatnya pada posisi tegak lurus. Selanjutnya pasang kabel pada kutub positifnya terlebih dahulu. Baru setelah itu pasang kabel bagian kutub negatifnya.

Memasang kabel positif terlebih dahulu seperti ini untuk menghindari munculnya bunga api yang membahayakan. Setelah itu tinggal pastikan semua klem dan kabel terkunci dengan baik. Untuk mengetesnya, silahkan coba nyalakan mobil. Jika sudah bisa menyala, artinya pemasangan aki baru sudah berhasil dengan baik.  

Itu tadi bagaimana cara melepas aki mobil lama dan menggantinya dengan yang baru. Jika diperhatikan sepertinya tidak terlalu rumit dan setiap orang bisa melakukannya. Pastikan saja melakukan semua prosesnya dengan hati-hati. Jadi mulai sekarang jangan lupa untuk mengganti aki secara berkala.

Cara Melepas Aki Mobil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.