Budaya Aceh : Sangat Unik dan Menarik, Banyak Memikat Wisatawan

BUDAYA ACEH

Budaya Aceh – Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki keunikannya tersendiri. Dijuluki serambi Mekkah, tidak heran jika budaya Aceh memiliki warnanya tersendiri.

Karena keunikannya tersebut Aceh bahkan mendapat gelar Nanggroe Aceh Darussalam, yang biasanya diberikan khusus pada daerah yang memiliki status spesial.

Kebudayaan daerah atau sering disebut dengan culture merupakan kebudayaan yang lebih spesifik. Biasanya hal itu berupa kebudayaan berdasarkan daerah atau golongan tertentu. Namun bukan berarti kebudayaan atau culture ini tidak bisa dikenal lebih luas. Seperti yang akan dibahas kali ini beberapa budaya Aceh yang mendunia.


Ruang Lingkup Budaya

Ruang Lingkup Budaya

Sebelum membahas budaya Aceh apa saja yang mendunia, akan lebih baiknya untuk membahas apa saja yang termasuk ke dalam ruang lingkup budaya agar pembahasannya lebih terarah. Ruang lingkup tersebut berupa kesenian, bahasa, upacara adat, sistem religi atau keagamaan, makanan khas daerah dan masih banyak hal lainnya.

Kesenian yang dimaksud bisa berupa tarian, lagu, serta alat musik. Contoh dalam hal ini adalah Tari Saman yang dikategorikan sebagai salah satu budaya dari Aceh yang sudah mendunia. Namun selain Tari Saman, ada banyak lagi hal lainnya.


Ciri Khas Budaya Aceh

Ciri Khas Budaya Aceh

Aceh memiliki ciri khas dengan budayanya yang bernuansa Islami. Hal ini sejalan dengan julukan daerahnya yakni serambi Mekah. Selurus dengan hal itu beberapa adat aceh pun bernuansakan islam seperti pakaian adatnya yang memiliki celana lebar dan cingkrang. Lalu ada hukum yang bernuansa syariat.

Tidak hanya bernuansa islami. Aceh juga memiliki ciri khas budayanya yang kental dengan adat melayu. Seperti lagunya yang memiliki melodi yang sama, dan bahasa yang digunakan. Untuk makanan sendiri Aceh memiliki nuansa yang bercampur dengan India. Rempah-rempah khasnya serta kuahnya yang bersantan menjadi kesamaan dari dua budaya ini.


Budaya Aceh yang Mendunia

Budaya Aceh Yang Mendunia

Salah satu ciri yang khas dari budaya Aceh adalah memiliki nuansa Islam yang kental. Baik dari alat musik, tarian, lagu, bahkan sampai hukum yang digunakan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Rumah Adat

Pembahasan budaya yang pertama merupakan rumah adat. Tempat bernaung dari rakyat Aceh ini memiliki keunikan yang khas. Meski tidak membuang fakta bahwa di beberapa bagian memiliki percampuran dari beberapa budaya. Dimulai dari ornamen, bentuk serta material bangunannya

Setiap turis yang pernah mengunjungi Aceh pasti mengenal kebudayaan Aceh yang satu ini, yaitu rumah adatnya. Krong Bade merupakan rumah adat yang khas dengan bentuk panggungnya. Semuanya dibangun menggunakan bahan baku dimulai dari atap hingga ornamennya.

2. Tari Daerah

Selanjutnya adalah tari daerah. Ada banyak tarian daerah Aceh seperti seudati, ratoe jaroh, saman, dan yang lainnya. Namun ada dua tarian yang sangat mendunia yang pertama ratoe jaroh. Tarian ini menjadi sangat mendunia karena digunakan pada saat pembukaan Asian Games di Jakarta pada tahun 2018 lalu. Ratoe Jaroh biasanya dilakukan oleh para wanita dengan peserta berjumlah genap.

  Akulturasi Budaya di Indonesia : Contoh, Pengaruh dan Beragai Bidang

Kedua adalah tari saman. Saman merupakan tarian yang terkenal dengan irama tepukannya yang menggantikan musik. Tarian yang berasal dari suku Gayo ini tidak menggunakan musik. Karena ketenarannya pada tahun 2011 tarian ini ditetapkan sebagai perwakilan budaya tak benda warisan manusia oleh UNESCO.

3. Lagu Daerah

Aceh memiliki banyak lagu daerah bahkan beberapa diantaranya pernah digunakan dalam even penting. Seperti lagu anak yatim Salah satu film yang menyentuh tentang gempa dan tsunami aceh yaitu, hapalan surat delisa menggunakan lagu ini sebagai ost nya. Sebuah lagu yang memiliki makna menyedihkan tentang anak yang menanyakan kepada sang ibu dimana ayahnya yang sudah meninggal.

Selanjutnya ada lagu bungong jeumpa. Bungong Jeumpa, bungong jeumpa meugah di Aceh. Sepenggal lirik di atas mungkin sudah pernah di dengar oleh sebagian Rakyat Indonesia pada pembukaan Asian Games tahun 2018 lalu. Syair lagu ini didendangkan oleh para penari pada saat menarikan tairan ratoe jaroh yang juga menjadi viral.

4. Upacara Adat

Memiliki banyak upacara adat, Aceh bahkan memiliki lembaga atau instansinya tersendiri. Ada beberapa upacara adat di Aceh seperti upacara peutron anak, tulak bala, bercocok tanam, membuka lahan, dan masih banyak yang lainnya. Namun ada dua yang paling populer yaitu bercocok tanam, dan tulak bala.

Bercocok tanam merupakan upacara yang unik. Dimulai dari proses pembukaan lahan, bahkan sampai bercocok tanam biasanya dilakukan oleh masyarakat. Selanjutnya upacara tulak bala. Upacara ini berfungsi untuk menolak bala dan biasanya dilakukan pada bulan Shafar. Hal ini dikarenakan masyarakat Aceh percaya bahwa bulan itu sangat panas dan bisa membawa petaka.

5. Makanan Daerah

Budaya Aceh selanjutnya adalah makanan daerah. Dalam hal makanan, Aceh sedikit memiliki kesamaan dengan India. Ada banyak makanan daerah khas Aceh seperti mie aceh, kuah sie itek, gulai kambing, kuah pliek u, kopi tarik, dan yang lainnya. Hampir kesemuanya sudah diperhitungkan di dunia. Namun mie aceh lah yang paling populer.

Siapa yang tidak kenal dengan mie legendaris yang satu ini? Rasa enak dari Mie Aceh bahkan sudah terkenal di dunia. Mie yang memiliki cita rasa khas rempah-rempah Aceh membuatnya menjadi sangat enak. Banyak variasi yang bisa ditambahkan dalam penyajian Mie Aceh sehingga tidak usah khawatir akan bosan. Bahkan karena kepopulerannya mie ini dibuat dalam versi instan.

6. Senjata Adat

Ada dua senjata Aceh yang paling terkenal bahkan menjadi warisan nasional sejak abad ke-12. Kedua senjata itu adalah rencong, dan peudang. Rencong memiliki banyak jenis seperti rencong Meukeree, meuceugek, pudoi, dan meupucok. Senjata yang berbentuk seperti pisau ini digunakan sebagai salah satu senjata dalam bela diri nasional yaitu, pancak silat.

  Komunikasi Antar Budaya dalam Kehidupan Sehari hari dan Komponennya

Peudang merupakan senjata adat Aceh selanjutnya yang terkenal. Senjata ini pada dulunya berfungsi untuk mematikan langkah musuh. Disusun dari besi dan baja yang sangat kuat pada setiap inchinya membuat senjata ini sangat ampuh untuk mematikan lawan. Nama peudang sendiri digunakan karena memang bentuknya seperti pedang dengan ornamen khas Aceh.

7. Pakaian Adat

Memiliki pakaian adat yang mendunia tentunya provinsi Aceh wajib masuk dalam daftar. Pakaian ini sering digunakan dalam upacara adat kedaerahan, dan sering dipakai oleh pejabat daerah setempat. Bagi kaum lelaki baju meukasah untuk atasan serta celana cekak musang. Sementara untuk perempuan baju Kurung lengan panjang juga celana cekak musang.

8. Suku Adat Aceh

Sebuah budaya tentu terbentuk dari beberapa gabungan suku lokal. Begitu juga dengan budaya aceh yang terbentuk dari beberapa sukunya. Suku-suku di Aceh diantaranya suku gayo, suku singkil, dan suku alas serta masih banyak lainnya. Semuanya memiliki keunikan masing-masing namun satu yang paling dikenal adalah suku gayo karena banyak menyumbangkan kebudayaannya.

9. Bahasa Daerah

Pembahasan terakhir yang tidak boleh dilupakan tentang budaya dari aceh tentu bahasa daerahnya. Selain menggunakan Bahasa Indonesia masyarakat Aceh juga menggunakan bahasa daerahnya untuk berkomunikasi dalam keseharian. Bahasa daerah tersebut diantaranya, bahasa Aceh, Bahasa Alas, Bahasa Gayo, dan masih banyak yang lain.

Memiliki gelar Nangroe Aceh Darussalam tentu provinsi yang merupakan titik nol km daerah Indonesia ini memiliki hal yang spesial. Dalam hal ini budaya Aceh memiliki hal spesial tersendiri yang menjadikannya mendunia. Kebanggaan tentu meliputi rakyat Aceh saat mengetahui budayanya menembus dunia. Tapi tidak hanya rakyat Aceh melainkan seluruh rakyat Indonesia juga memiliki kebanggaan itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *