Apa Saja Yang Harus Diservice Pada Motor Matic

1 min read

Apa saja yang harus diservice pada motor matic

Apa Saja Yang Harus Diservice Pada Motor Matic – Keberadaan motor matic cukup populer, terutama di Negara Indonesia. Penggunaannya yang dipandang mudah menjadi pemicu terhadap banyaknya peminat motor matic.

Namun, sangat disayangkan tidak sedikit pengguna yang meremehkan perihal perawatan yang hendaknya dilakukan secara rutin dan tepat. Lalu, apa saja yang harus diservice pada motor matic? Berikut ini informasi lengkapnya.

Pada dasarnya, motor jenis apapun hendaknya dilakukan servis secara rutin. Hal ini sebagai salah satu upaya untuk menjaga motor lebih terawat. Terkhusus pada motor matic terdapat beberapa elemen penting yang hendaknya diservis secara rutin. Di antara elemen tersebut yakni sebagai berikut.


1.   Aki

Aki

Elemen pertama yakni aki. Agar kendaraan bermotor dapat digunakan dengan lancar, maka aki harus diperhatikan seefektif mungkin. Fungsinya pun sangat penting yakni sebagai penyalur arus pada setiap bagian. 

Intinya, aki sangat penting dalam sistem kelistrikan. Untuk mengetahui kondisi aki pada motor matic memang tidak mudah, tidak heran banyak pengguna yang mengalami aki mati. Untuk menghindari hal tersebut, lakukan penggantian aki secara rutin minimal sekali dalam tujuh bulan.


2.   Ban

Ban

Apa saja yang harus diservice pada motor matic? Elemen lainnya yakni ban motor. Dalam berkendara, ban sangatlah penting. Kondisi ban hendaknya diperhatikan sebaik mungkin, jika kondisinya tpis, maka pengguna akan mudah tergelincir. Selain itu, perhatikan tekanan pada ban, secara ideal tekanannya untuk ban depan yaitu 200 Kpa dan 220 Kpa untuk tekanan bagian belakang. Tidak hanya itu, ban pada motor sebaiknya diganti jika sudah mencapai batas pemakaian 40.000 Kilometer atau diganti minimal tiga tahun sekali.


3.   Busi

  Busi

Selanjutnya, suku cadang dengan bentuk yang kecil ini cukup penting untuk diperhatikan. Keberadaan busi sebagai pemantik api yang berpengaruh dalam pembakaran mesin agar bekerja hendaknya diservis secara tepat. 

Secara umum, busi kendaraan biasanya diganti jika sudah mencapai batas 20.000 hingga 50.000 Kilometer. Kondisi busi yang buruk akan membuat tenaga motor tidak berjalan secara maksimal. Oleh karena itu, pastikan untuk mengganti busi secara tepat dan sesuai anjuran.


4.   Karburator

  Karburator

Selain elemen di atas, apa saja yang harus diservice pada motor matic? Karburator menjadi salah satu elemen vital pada motor. Proses pembongkaran sangat disarankan jika motor matic sudah menempuh jarak sekitar 6.000 Kilometer. Karburator juga harus diservis secara rutin guna mengetahui adanya air yang masuk ataupun gangguan lainnya. Jika hal ini tidak dilakukan sedini mungkin, maka motor pun akan sulit untuk menyala secara normal.


5.   Lampu Kendaraan

Lampu Kendaraan

Kendaraan bermotor jika digunakan saat malam, maka elemen lampu sangatlah penting. Jika lampu kendaraan tidak menyala tentunya cukup berbahaya bagi pengendara. Secara umum, lampu kendaraan hendaknya diganti jika batas maksimal pemakaian hingga 2 tahun. Perlu diingat, lampu kendaraan bukan hanya sekedar penghias, melainkan sebagai alat penerangan yang mendukung sistem keamanan saat berkendara.


6.   Oli

Oli

Bagian lainnya yang hendak diservis secara rutin yakni oli. Pada kendaraan bermotor keberadaan oli bak aliran darah pada tubuh manusia. Sebagai pelumas mesin, oli hendaknya diganti secara berkala. 

Pada oli mesin motor matic biasanya dilakukan servis setiap 1.000 Kilometer dengan maksimal jarak yang ditempuh 5.000 Kilometer atau dilakukan minimal dua bulan sekali. Adapun penggantian oli shockbreaker pada motor matic dilakukan setiap 10.000 Kilometer jarak yang ditempuh.

Apa saja yang harus diservice pada motor matic? Elemen lainnya yang biasa diperhatikan oleh para pekerja bengkel yakni pemeriksaan rem bagian depan dan belakang, suspensi depan-belakang, filter oli, handle gas, bagian roda dan jari-jari, penyetelan rantai, baut pengikat, penyetelan klep, dan sebagainya. Semoga informasi di atas dapat menjawab pertanyaan  terkait elemen-elemen yang hendaknya diservis pada motor matic.

Apa saja yang harus diservice pada motor matic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *