6 Manfaat Gotong Royong yang Layak Dilestarikan

2 min read

Manfaat Gotong Royong – Dahulu, kegiatan ini dilambangkan sebagai bentuk kerukunan antar umat beragama dan juga merupakan salah satu ciri dari masyarakat Indonesia.

Masyarakat Indonesia, terdiri dari banyak suku dan agama yang dianut sehingga sangat penting untuk menjaga kerukunan yang terjalin.

Manfaat Gotong Royong

Dalam mewujudkan kerukunan tersebut haruslah dibarengi oleh kebersamaan.

Ketika menyambut hari kemerdekaan Indonesia, masyarakat akan berbondong-bondong dalam melakukan kegiatan bergotong royong baik itu untuk menghias kampung atau mempersiapkan perayaan tersebut.

Segala hal akan terasa mudah serta indah saat melihat masyarakat yang memiliki beragam perbedaan dapat melakukan suatu hal secara bersama-sama.

Lalu, apa sebenarnya makna dari gotong royong?

Gotong royong berasal dari istilah dalam bahasa Jawa yang memiliki arti memikul atau mengangkat, sehingga gotong royong dapat diartikan sebagai kegiatan memikul atau mengangkat suatu beban secara bersama-sama.

Gotong royong sangat kental kaitannya dengan rasa nasionalisme dimana merupakan bentuk sikap dari sila ke-3 pancasila yaitu persatuan Indonesia.

Namun, sayang saat ini sudah jarang ditemukan kegiatan gotong royong dalam kehidupan sehari-hari khususnya pada masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan.

Lalu, apa sebenarnya manfaat dari melakukan gotong royong?

Gotong royong, memiliki banyak manfaat yang sangat berguna bagi masyarakat khususnya dalam menjaga sosialisasi dan interaksi antar sesama warga serukun.

Beberapa manfaat gotong royong antara lain :


Meringankan Beban Pekerjaan yang Harus Ditanggung

Hal tersebut tentu sangat sesuai, dimana gotong royong merupakan kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama artinya ketika semakin banyak orang yang mengerjakan satu pekerjaan tentu beban yang dirasa tidak sesulit saat dilakukan sendirian.

Sebagai contoh, saat seseorang membawa balok kayu secara sendirian tentu ia akan merasa balok kayu tersebut sangat berat.

Namun, akan berbeda jika balok kayu tersebut diangkat oleh hingga 5 orang secara bersama-sama tentu akan terasa semakin ringan.


Mempercepat Waktu Penyelesaian Suatu Pekerjaan

Tenaga dan kemampuan seseorang tentu akan jauh berbeda dengan kemampuan banyak orang.

Artinya, saat melakukan suatu pekerjaan secara bersama-sama maka hal tersebut dapat lebih cepat terselesaikan.

Misalnya dalam satu RT warga setempat ingin membersihkan lapangan bola secara bersama-sama tentu akan lebih cepat selesai dibanding dikerjakan oleh satu orang.

Saat ada yang membersihkan lapangan, memasang jaring gawang, dan mengecat gawang tentu akan lebih cepat selesai dibandingkan harus menunggu satu orang untuk membersihkan lapangan, lalu memasang jarring gawang, setelah selesai dilanjutkan untuk mengecat gawang.


Menumbuhkan Sikap Tolong-Menolong dan Kebersamaan Antar Sesama Masyarakat

Tidak dapat dipungkiri bahwa kebersamaan mampu menciptakan kedekatan perasaan.

Ketika dekat dan sering melakukan suatu hal secara bersama-sama kita akan semakin memiliki rasa iba hingga secara sukarela mau membantunya.

Hal ini sangat perlu untuk dibentuk dalam kehidupan sesama tetangga.

Tetangga adalah orang terdekat yang dapat membantu kita saat terjadi sesuatu sehingga ketika sering melaksanakan gotong royong, kedekatan hubungan dapat timbul hingga sangat akrab dan memiliki rasa kekeluargaan.


Menjalin Dan Membina Hubungan yang Baik Antar Warga

Seperti penjelasan pada manfaat sebelumnya, rasa kekeluargaan yang terjalin antar warga dalam suatu lingkungan tentu akan memberi perasaan tenang dan nyaman.

Dengan mengikuti gotong royong, kita dapat lebih mengenal dan dekat dengan para tetangga kita sehingga terjalin hubungan yang baik.

Setelah hubungan baik telah terjalin maka akan tercipta rasa kekeluargaan dalam diri sesama warga yang sangat erat.

Misalnya saja tetangga yang baru saja pindah rumah di lingkungan kita, ia belum mengenal tetangga sekitarnya.

Namun, dengan adanya gotong royong maka tetangga tersebut dapat ikut menjalin dan membina hubungan baik dengan sesama warga setempat.


Meningkatkan Rasa Persatuan dan Kesatuan

Persatuan dan kesatuan memang suatu hal yang sangat penting dalam hidup bertetangga bahkan hingga dalam hidup bernegara.

Dengan ikut terlibat dalam pelaksanaan gotong royong, kita telah berperan dalam menjaga persatuan dan kesatuan kehidupan masyarakat setempat.

Dalam pelaksanaannya tentu masyarakat yang terlibat di dalamnya memiliki tujuan dan keinginan yang sama sehingga mereka bersama-sama mewujudkan keinginan tersebut.

Misalnya, saat ingin merayakan hari kemerdekaan Indonesia maka warga di lingkungan setempat akan bergerak bersama-sama agar hal tersebut dapat terlaksana dengan baik.


Menghemat Pengeluaran

Pernah mendengar istilah sedikit demi sedikit akan menjadi bukit?

Hal tersebutlah yang menjadi manfaat dari gotong royong berikutnya.

Dalam hal dana pembangunan suatu fasilitas umum tentu akan menjadi semakin hemat jika dilakukan dengan kutipan warga bersama-sama.

Maksudnya begini, warga patungan dalam membiayai pembuatan fasilitas umum tersebut dan tidak memberatkan dana pembangunan hanya dari satu orang saja.

Nah, begitu banyak dan bermakna bukan manfaat dari gotong royong?

Sebagai salah satu ciri khas masyarakat Indonesia ada baiknya bagi kita sebagai generasi penerus untuk menjaga dan melestarikan kebiasaan baik tersebut.

Gotong royong sangat penting untuk dilakukan dalam kehidupan bermasyarakat serta dapat menghindari perpecahan akibat gesekan perbedaan yang beberapa waktu lalu membuat Negara kita krisis rasa toleransi hingga menimbulkan banyak perpecahan.

Sebagai warga Negara yang baik, yuk lestarikan gotong royong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *