Alarm Mobil Tidak Bunyi

1 min read

Alarm Mobil Tidak Bunyi

Alarm mobil berguna untuk menghindarkan kendaraan dari tindak pencurian atau kejadian yang tidak diinginkan lainnya. Namun apa jadinya jika alarm mobil tidak berbunyi? Yang terlintas mungkin komponen tersebut rusak dan harus diganti.

Tetapi sebelum memutuskan untuk membeli yang baru, baiknya ketahui terlebih dahulu penyebabnya.  Mungkin saja baterai alarm yang habis atau penyebab sepele lainnya.

Seperti gangguan frekuensi sekitar kendaraan seperti pemancar radio atau logam protector.  Untuk itu, berikut penyebab alarm tidak berfungsi yang perlu diketahui.


1. Baterai Remote Habis

Baterai Remote Habis

Penyebab alarm mobil tidak berbunyi pertama adalah baterai remote yang habis. Sumber listrik pada alarm sendiri menggunakan sumber daya baterai. Jika sudah lama digunakan, daya baterai akan berkurang dan pengguna perlu menggantinya dengan yang baru.

Jangka waktu  penggantian baterai biasanya kurang lebih satu tahun. Sehingga mungkin banyak pengguna yang tidak ingat harus menggantinya secara rutin setahun sekali. Baterai yang habis juga bisa ditandai dengan lampu indikator yang redup. 


 

2. Gangguan Frekuensi

Gangguan Frekuensi

Gangguan frekuensi bisa menyebabkan alarm tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Mungkin saja pengguna memarkirkan mobil di sekitar pemancar radio, BTS, logam protector atau CCTV. Sistem alarm bawaan mobil akan lumpuh akibat dari gangguan yang dihasilkan antena tersebut. Solusinya, pengguna perlu memindahkan kendaraan ke tempat lain sehingga alarm bisa berfungsi normal kembali.


3. Rusaknya Komponen Alarm

Rusaknya Komponen Alarm

Jika sudah mengecek baterai remote dan frekuensi ternyata baik-baik saja, mungkin penyebab alarm tidak berbunyi karena kerusakan pada komponennya. Kerusakan tersebut bisa dipicu karena beberapa hal salah satunya kualitas mesin yang rendah.

Penyebab lainnya yakni karena kelalaian pengguna sendiri seperti terlalu sering mengantongi remote di celana yang menyebabkan remote tertekan. Jika mengalami hal demikian, sebaiknya ganti remote dengan yang baru.


4. Modul Alarm Tidak Normal

Hand Holding Button On The Remote Car For Close And Open The Door.

Penyebab satu ini mengakibatkan alarm bunyi terus menerus dengan remote yang tidak berfungsi. Cara mengatasinya, pengguna perlu melepaskan modul alarm sementara untuk me non-aktifkan fungsinya. Ini bisa dilakukan jika bentuk alarm terpisah dengan Electric Control Unit mesin. Jika ternyata modul menyatu dengan ECU, pengguna mau tidak mau harus membawa kendaraan ke bengkel untuk melakukan perbaikan sistem alarm.


5. Kerusakan Pada Sensor Pintu

Kerusakan Pada Sensor Pintu

Masalah pada sensor pintu juga bisa membuat alarm tidak berfungsi dengan baik. Hal tersebut juga mengakibatkan sensitivitas mobil menjadi tinggi. Bahkan mungkin saja alarm akan berbunyi secara terus-menerus. Saklar lampu pun ikut terkena dampaknya dan tidak bisa berfungsi secara optimal.


6. Alarm Berada Pada Valet Mode

Alarm Berada Pada Valet Mode

Jika pengguna mengalami saat mengunci pintu maupun membuka alarm tidak mengeluarkan suara, mungkin saja alarm berada di valet mode. Mode tersebut berguna untuk kebutuhan parking valet dimana pemilik kendaraan akan diberikan nomor parkir. Kemudian mobil diparkirkan oleh petugas khusus. Mungkin pengguna juga tidak menyadari hal ini karena hanya asal pencet remot.

Seperti valet parking yang dilakukan oleh orang lain, keamanannya pun harus dilonggarkan. Salah satunya dengan me non-aktifkan alarm. Untuk mengembalikannya, buka pintu sopir kemudian klik lock pada remote dilanjutkan dengan unlock dan lock lagi. Lakukan ketiga langkah tersebut dengan cepat sampai lampu indikator merah pada dashboard mati.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat jika pengguna mengalami kendala alarm mobil tidak berbunyi. Alarm saja ternyata tidak menjamin kendaraan bebas dari tindak pencurian.  Oleh karena itu, pengguna perlu melengkapi kendaraan dengan perangkat keamanan lain seperti kunci stir, GPS tracker dan immobilizer atau aftermarket.

Alarm Mobil Tidak Bunyi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *