Contoh Pantun Pernikahan

5 min read

Pantun Pernikahan Nasihat

Pantun PernikahanMemberikan kado pernikahan kepada sahabat memang merupakan sebuah keharusan. Supaya lebih berkesan ada baiknya memberikan sisipan ucapan berupa pantun pernikahan pada hadiahnya. Dengan begitu hadiah akan jauh lebih bermakna dan berkesan. Buat yang masih bingung ingin menggunakan pantun seperti apa, bisa melihat contoh yang ada di bawah ini.


Daftar isi Artikel

Pantun Pernikahan Nasihat

Pantun Pernikahan Nasihat

Untuk contoh pantun pernikahan yang pertama adalah jenis nasihat yang bisa diberikan kepada pasangan pengantin baru. Meskipun merupakan nasihat, tapi pantun ini memiliki sifat yang santai dan tidak terlalu serius. Sehingga pengantin yang diberikan pantun ini tidak akan merasa digurui dan tidak merasa terganggu. Langsung saja lihat contoh pantunnya di bawah ini.

Niat Pergi Ke Rumah Pak Camat

Naiklah Motor Supaya Sampai

Sama Suami Haruslah Hormat

Barulah Pernikahan Berjalan Damai

Pantun yang pertama mengingatkan bahwa pernikahan akan berjalan damai apabila istri bisa menghormati suami sebagaimana kodratnya. Meskipun begitu, perlu diingat bahwa rasa saling menghormati ini harus timbul dari kedua belah pihak. Karena barulah dengan begitu pernikahan bisa berjalan dengan baik dan langgeng sesuai dengan yang diinginkan.

Hidup Haruslah Bersikap Ramah

Agar Silaturahim Tidak Padam

Istri Soleha Lentera Rumah

Jagalah Agar Cahayanya Tidak Padam

Istri yang baik tentu akan memberikan kebaikan pula untuk rumah tangga yang dijalani, sehingga jangan sampai hal tersebut hilang. Perlu diketahui bahwa menjaga perasaan istri adalah kewajiban dalam menjalankan rumah tangga. Karenanya untuk mengingatkan kembali gunakanlah pantun yang satu ini sebagai hadiah.

Pergi Ke Pasar Membeli Tahu

Janganlah Lupa Untuk Membayar

Rumah Tangga Adalah Perahu

Harus Kompak Agar Bisa Berlayar

Sering dikatakan bahwa rumah tangga merupakan bahtera yang artinya bahwa rumah tangga ini akan dibawa berlayar dalam mengarungi kehidupan. Penumpangnya memang pada awalnya hanya dua orang, tapi setelahnya penumpang tersebut akan bertambah. Supaya perahu bisa tetap berjalan dengan baik, maka diperlukan kekompakan dari suami istri agar rumah tangga tetap utuh.

Hari Minggu Ke Rumah Pak Aji

Niat Hati Ingin Melihat Sangkar

Kamu dan Dia Sudah Berjanji

Jangan Sampai Ada yang Ingkar

Perlu diingat bahwa janji pernikahan ini melibatkan tuhan didalamnya, karena itu jangan pernah menganggap pernikahan ini sebagai ajang main-main. Karena janji yang sudah dibuat dengan manusia saja harus ditetapati, apalagi dengan tuhan. Jadi terus ingat bahwa pernikahan ini ada yang mengawasi dan jangan pernah coba-coba untuk ingkar dengan janji yang sebelumnya sudah dibuat.

Adik Bayi Meminta Mainan

Sampai Keluar Air Matanya

Pernikahan Bukanlah Permainan

Haruslah Serius Saat Menjalaninya

Hampir sama seperti nasihat sebelumnya terkait dengan pernikahan bukanlah sebuah ajang permainan. Jangan pernah gegabah dalam mengambil keputusan terkait dengan pernikahan ini, karena itu sama saja mempermainkan janji yang sudah dibuat dengan tuhan dan itu bukanlah hal yang baik.

Baca Juga: Pantun Pernikahan


Pantun Pernikahan Agama

Pantun Pernikahan Agama

Selain pantun pernikahan yang berisikan nasihat secara umum, ada juga loh pantun yang jenisnya merupakan pantun agama. Untuk jenis pantun yang satu ini bisa memiliki makna yang luas karena bisa berupa nasihat ataupun hanya sekedar bernafaskan islami saja. Apabila ingin memberikan pantun yang menenangkan hati, tapi bukan nasihat tidak ada salahnya melihat contoh yang satu ini :

Melihatnya Menangis Haru

Menunduk Terlihat Pundung

Selamat Menjadi Pasangan Baru

Semoga Tuhan Menjadi Pelindung

Berharap bahwa tuhan selalu melindungi pengantin baru dimanapun dan kapanpun selama mengarungi bahtera rumah tangga sampai maut memisahkan keduanya. Dengan pantun ini selain diberikan sebagai hadiah, juga merupakan doa yang tulus dari seseorang kepada mempelai yang berbahagia. Sehingga sangat cocok untuk disisipkan pada hadiah pernikahan.

Alat Makan Bisa Menggunakan Garpu

Jangan Lupakan Keberadaan Piring

Wahai Pengantin yang Baru Bersatu

Berdoalah Tuhan Selalu Mengiring

Karena apapun masalahnya akan selalu menemukan jalan keluar apabila sudah meminta kepada tuhan. Begitu juga dengan pernikahan, apabila terjadi masalah pada pernikahan berdoalah kepada tuhan. Pantun yang satu ini juga menjadi pengingat sekaligus harapan yang diberikan pada awal pernikahan, yakni sebuah harapan agar tuhan selalu ada dalam pernikahan ini.

Banyak yang Menyangka Itu Gigi Taring

Karena Tumbuh Paling Terakhir

Di Pelaminan Kalian Bersanding

Semoga Jannah Menjadi Labuhan Terakhir

Mendapatkan pendamping yang diimpikan saat di dunia tentu merupakan hal yang sangat menyenangkan. Namun hal itu akan lebih menyenangkan apabila hubungan ini bisa berlanjut sampai ke surga atau jannah. Karena itu artinya sebuah kebahagiaan abadi sudah pasti didapatkan apabila berhasil menjadi pasangan di surga kelak nanti.

Ramai Berkumpul Melihat Bilal

Menunggu Datangnya Bulan Syahdu

Kini Kalian Sudah Menjadi Halal

Sakinnah Mawadah Warahmah Untukmu

Sering didengar terkait dengan ucapan semoga pernikahan bisa menjadi sakinnah mawadah dan warahmah. Ucapan ini merupakan ucapan yang wajib saat sedang mendatangi sebuah pernikahan. Supaya bisa memberikan ucapan ini namun tidak terkesan monoton, sesekali boleh dicoba mengucapkannya menggunakan pantun seperti salah satu contoh di atas.

Dalam Hidup Perbanyak Amalan

Supaya Mendapat Berkah Dari Allah

Doa Tulus Untuk Kalian

Pasangan Pilihan Dari Allah

Bukankah akan sangat menyenangkan ketika pasangan yang sedang menikah dikatakan sebagai pasangan pilihan tuhan, atau istilah sekarang made by heaven. Bisa dikatakan pantun yang satu ini tidak hanya berupa pantun agama, tapi juga pantun romantis yang menenangkan hati. Jadi tidak ada salahnya mencoba untuk mengirimkan pantun ini sebagai sisipan bersamaan dengan kado pernikahan lainnya.


Pantun Pernikahan Jenaka

Pantun Pernikahan Jenaka

Selain berisikan nasihat, ataupun berlafaskan agama bisa juga memberikan pantun yang sifatnya sedikit jenaka. Meskipun begitu pantun yang jenaka ini tetap menjaga kesopanan sehingga tidak terkesan berlebihan dan jatuhnya malah tidak lucu. Kalau masih bingung ingin memberikan pantun jenaka yang seperti apa, maka tidak ada salahnya melihat beberapa contoh ini :

Matahari Mulai Terbenam Sinarnya

Berarti Hari Sudah Berganti Malam

Memandang Wajah Cantiknya

Tidak Sabar Rasanya Menunggu Malam

Rasanya bagi pengantin baru, tidak sabar untuk menunggu malam tiba setelah pernikahan berlangsung. Untuk sedikit memberikan tambahan kebahagiaan kepada pengantin baru, tidak ada salahnya untuk mengirimkan pantun ini. Karena meskipun berjenis pantun pernikahan jenaka, tapi masih tetap sopan dan tidak terkesan berlebihan sama sekali.

Memikirkan Tentang Biaya

Membuat Hati Menjadi Galau

Hari Ini Kita Bahagia

Melupakan Sejenak Cicilan yang Menunggu

Ini bisa dibilang pantun jenaka namun mengandung unsur realistis di dalamnya. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa biaya setelah nikah akan jauh lebih besar jika dibandingkan dengan biaya sebelum nikah atau untuk nikahnya itu sendiri. Sehingga jangan sampai lupa dengan banyaknya cicilan yang harus diurus setelah pernikahan ini.

Niat Hati Ingin Membeli Sapi

Apa Daya Hanya Sisa Uang Koin

Untunglah Merah Merona Pipi

Menyembunyikan Senyum Malu Pengantin

Namanya masih pengantin baru, rasanya untuk melakukan tatap mata saja keduanya malu dan enggan. Beruntungnya saat sedang merasa malu ini ada perona pipi yang menyamarkan perasaan malu karena bertatap muka. Sehingga tidak terlalu terlihat salah tingkahnya. Apalagi jika salah tingkah ini dilihat oleh banyaknya orang yang hadir, pasti sangat memalukan.

Banyak yang Terkejut Mengira Itu Buaya

Ternyata Hanya Kadal yang Singgah

Pengantin Baru Riang Bahagia

Melupakan Wajah Mantan yang Pernah Singgah

Namanya sudah menikah itu artinya harus fokus dengan masa depan berdua dengannya. Dengan begitu, kedua mempelai harus mulai merelakan mantan. Sehingga tidak ada lagi bayang-bayang mantan yang akan singgah. Karena kini diri sudah tidak lagi sendiri dan rasanya tidak elok jika masih mengingat mantan yang memang seharusnya dilupakan.

Pergi Jauh Hendak Membeli Majalah

Namun Malang Tidak Didapat

Janganlah Kalian Terlalu Lelah

Agar Nanti Malam Bisa Tetap Kuat

Lagi-lagi malam pengantin yang selalu ditunggu-tunggu oleh setiap mempelai. Jadi sedikit menggoda keduanya di harinya yang bahagia tentu bukan masalah. Hitung-hitung sebagai hadiah tambahan untuk keduanya.

Baca Juga: Pantun Anak Muda


Pantun Pernikahan Romantis

Pantun Pernikahan Romantis

Terakhir adalah jenis pantun yang paling banyak diberikan dan hadir saat sedang pernikahan yakni pantun romantis. Karena pantun ini dianggap paling sesuai dengan momen yang ada sehingga pasti akan sangat tepat apabila dijadikan sebagai hadiah pernikahan. Supaya pantun yang diberikan tidak monoton, maka bisa menggunakan beberapa contoh pantun yang ada di bawah ini sebagai referensi.

Wajah Terkejut Melihatnya Bertanding

Malas Tergambar Karena Terlalu Lama

Kalian Kini Sudah Bersanding

Setelah Berjuang Bersama

Namanya pasangan melewati pasang surut sebelum pernikahan adalah hal yang wajar. Menjadi hal yang membanggakan ketika perjuangan itu berhasil dan kini bisa bersanding dengan nyaman di pelaminan. Itulah sebabnya mengapa mengingatkan keduanya bahwa berhasil berjuang bersama sampai bersanding merupakan hal yang baik.

Sebelum Sholat Hendaknya Menggelar Sejadah

Jangan Lupa Sucikan Diri

Cantik dan Tampan Bersanding Indah

Membuat Camar Termenung Iri

Saking indahnya kedua mempelai duduk di pelaminan bahkan sampai membuat burung camar iri. Karena memang burung camar adalah burung yang terkenal akan keindahannya. Tapi keindahannya bisa kalah dengan kedua pengantin yang sedang bersanding.

Sedih Hati Menunggu Lama

Menunggu Teman yang Lupa Waktu

Mata Tak Lepas Antar Sesama

Saling Memandang Tak Kenal Waktu

Bukankah hal yang sangat romantis ketika melihat kedua mempelai saling pandang tanpa kenal waktu. Melihat hal tersebut rasanya memberikan pantun ini sebagai hadiah ataupun ucapan merupakan hal yang tepat. Karena seperti berisikan gambaran yang tepat akan kondisinya keduanya.

Matanya Bergerak Kanan Kiri

Mengikuti Alur Pendulum

Wajahnya Sangat Berseri

Membuat Lelaki Tak Henti Tersenyum

Wanita kabarnya akan sangat cantik ketika menjadi seorang pengantin. Hal tersebutlah yang bisa membuat pengantin laki-lakinya tidak berhenti tersenyum saat memandanginya. Tentu sebuah hal yang sangat romantic dan juga sangat imut dan menyenangkan, serta sedikit menggemaskan.

Dua Ditambah Dua Sama Dengan Satu

Dua Ditambah Satu Sama Dengan Tiga

Cantik dan Tampan Sudah Bersatu

Semakin Memberi Warna Pada Dunia

Memang indah rasanya saat melihat kedua mempelai yang tampak serasi, yang satu tampak cantik dan yang satu tampan. Untuk menggambarkan kebahagiaan tersebut tidak ada salahnya untuk menuangkannya ke dalam pantun. Kurang lebih isinya seperti contoh pantun yang ada di atas.

Itulah tadi beberapa contoh pantun pernikahan dengan beragam jenis yang bisa dijadikan sebagai contoh. Jadi kini memberikan ucapan selamat atas pernikahan sudah memiliki cara baru yang tidak membosankan dan monoton, yakni menggunakan pantun. Tapi pastikan saat memberikan pantun ini waktunya tepat.

Supaya semakin spesial saat memberikan pantun pernikahan ini sebagai ucapan, bisa juga dengan menulisnya dengan indah. Bisa dengan menggunakan kertas yang unik dengan warna yang berbeda sehingga semakin terlihat unik. Tambahkan juga hiasan pada kertas ucapan yang ingin diberikan pasti hasilnya akan semakin unik, berkesan dan juga berbeda. Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *