Contoh Pidato Tentang Narkoba yang Dapat Menggugah Kesadaran

7 min read

Pidato Tentang Narkoba

Pidato Tentang Narkoba –  Sebelum membahas mengenai pidato tentang narkoba, perlu diketahui narkoba merupakan kepanjangan dari narkotika dan obat-obat terlarang. Di mana narkoba ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang mengalami banyak pikiran.

Sehingga orang-orang tersebut membutuhkan kesenangan untuk menghilangkan pikiran tersebut. Pikiran ini bisa saja menjadikan seseorang mengalami gangguan kejiwaan jika sudah berlarut-larut. Maka narkoba ini adalah solusi sebagai ketenangan.

Karena memang narkoba ini mengandung zat yang bisa menenangkan pikiran orang lain atau penggunanya. Akan tetapi, bisa membahayakan kesehatan tubuh manusia jika digunakan secara berlebihan. Maka diperlukan sebuah pidato untuk menghentikan penggunaannya.

Di mana pidato tentang narkoba ini bisa dijadikan sebagai nasehat bagi orang yang sudah kecanduan. Dengan tujuan agar bisa berhenti menggunakan narkoba. Selain itu, harga dari narkoba ini juga termasuk mahal dalam satu kali penggunaan.


Pengertian dan Fungsi Pidato

Pengertian dan Fungsi Pidato

Pidato dapat diartikan sebagai sebuah kegiatan seseorang yang dilakukan untuk berbicara di depan umum atau banyak orang. Dengan tujuan untuk menyampaikan pendapat yang dimiliki mengenai sesuatu hal. Ada pun fungsi pidato sebagai berikut.

1. Memudahkan Komunikasi

Fungsi dari pidato yang pertama adalah memudahkan seseorang dalam melakukan suatu komunikasi. Di mana komunikasi yang dimaksud adalah komunikasi dengan seorang atasan maupun seorang bawahan.

2. Dapat Mendidik

Fungsi pidato dalam hal mendidik adalah seorang menyampaikan pidato yang memiliki isi berupa nasehat yang bersifat mendidik. Seperti halnya pidato mengenai berbakti kepada kedua orang tua yang mengajarkan seorang anak agar tidak durhaka.

3. Dapat Mempengaruhi Pendengar

Fungsi pidato mempengaruhi pendengar tidak jauh berbeda dengan fungsi yang dapat mendidik. Di mana seseorang akan terpengaruh untuk melakukan hal tersebut. Karena mengalami kesadaran dengan perbuatan yang dilakukan tidak sesuai.

4. Dapat Menghibur Pendengar

Dapat menghibur khalayak merupakan fungsi dari pidato yang bertemakan lucu. Di samping bertema lucu, ada juga unsur untuk mendidik seseorang untuk berbuat positif. Dari lucu tersebut membuat seseorang bisa terhibur.

5. Dapat Membuat Propaganda

Pidato berfungsi membuat propaganda agar pendengar bisa mengikuti alur dari isi pidato yang disampaikan. Sehingga seseorang bisa memiliki pendapat atau persepsi yang berbeda mengenai suatu hal yang telah disampaikan.

6. Dapat Menyambung Lidah Orang Lain

Fungsi pidato berikutnya adalah dapat menyambung lidah orang lain. Dalam artian dapat melanjutkan pembicaraan dari seseorang yang telah melakukan pidato. Seperti halnya adalah memiliki pendapat yang sama maupun yang berbeda mengenai pidato tersebut.

Baca Juga: Pidato Singkat


Persiapan Sebelum Berpidato

Persiapan Sebelum Berpidato

Sebelum melakukan sesuatu hal ada baiknya melakukan persiapan terlebih dahulu. Dengan tujuan agar kegiatan tersebut bisa berjalan dengan lancar. Sama halnya dengan pidato, sebelum berpidato diperlukan persiapan yang matang agar bisa berjalan dengan baik.

1. Menentukan Suatu Topik

Dalam penentuan suatu topik ini bertujuan agar pembahasan pidato tidak melebar atau tidak sesuai. Sehingga nantinya bahasan atau isi dari pidato tersebut dapat ditebak dengan jelas oleh pendengar hanya melalui topik.

Topik ini hampir mirip dengan tema. Di mana topik dan isi dari pidato harus saling berkaitan sehingga pendengar tidak bingung. Namun dalam penentuan topik atau tema pidato belum tentu menjadi judul dari sebuah pidato yang akan disampaikan.

2. Menganalisis Para Pendengar dan Situasi

Selanjutnya adalah menganalisis para pendengar. Dalam artian menyesuaikan bahasa yang akan digunakan dengan orang yang akan mendengarkan pidato tersebut. Sama halnya jika murid sekolah yang akan menjadi pendengar maka harus menyiapkan kata yang sesuai.

Kata ini harus sesuai dengan bahasa yang digunakan oleh pendengar seperti kata-kata gaul. Akan tetapi kata tersebut harus terkait dengan topik. Sedangkan situasi yang dimaksud adalah apakah situasinya menyenangkan, sedih, dan lain sebagainya.

3. Membuat Suatu Garis Besar

Suatu garis besar yang dimaksud adalah sub dari pokok-pokok bahasan agar dapat tersusun dengan sistematis sesuai dengan yang sudah direncanakan. Selain itu, garis besar ini dapat mempermudah membahas isi pidato meskipun tidak menggunakan metode menghafal.

Karena otak seseorang akan bekerja secara spontan dalam menyampaikan maksud atau pengertian dari pokok bahasan tersebut. Sehingga tidak membutuhkan naskah untuk dibaca maupun di hafal pada saat melakukan kegiatan pidato.

4. Melatih Vokalis atau Intonasi

Selanjutnya adalah melatih vokalis yang dimiliki sebelum melakukan pidato. Di mana vokalis ini dimaksudkan untuk melatih cara berbicara di depan umum. Dalam artian isi pidato tersebut memiliki intonasi dan tidak datar pada saat penyampaian.

Intonasi ini memiliki berbagai macam seperti intonasi tinggi, intonasi sedang, dan intonasi rendah. Di mana hal tersebut bisa disesuaikan kapan meninggikan kata yang akan disebutkan dan kapan diturunkan. Sehingga penyampaian pidato tidak datar.


Sistematika Penulisan Pidato

Sistematika Penulisan Pidato

Sebelum menyampaikan pidato, sebaiknya mengikuti sistematika penulisan pidato terlebih dahulu. Di mana sistematika penulisan ini bertujuan agar pendengar bisa memberikan penilaian sopan pada orang yang berpidato. Berikut ini sistematika dari penulisan pidato.

1. Pembuka

Pembuka ini bertujuan untuk memperkenalkan tujuan melakukan pidato ini. Di samping itu harus dilengkapi dengan kalimat salam terlebih dahulu. Seperti mengucap salam, mengucap syukur kepada Nabi, kemudian menyampaikan tujuan dari pidato tersebut.

Selain itu, pembuka ini juga tidak perlu menyusun kalimat yang panjang. Akan tetapi menyusun kalimat yang padat dan jelas berdasarkan isi pidato yang akan disampaikan nantinya. Sehingga pendengar tidak bingung dengan pembuka yang disampaikan.

2. Pendahuluan

Pembuka dan pendahuluan sangat berbeda. Di mana pembuka hanya berisi kalimat dan salam pembuka saja sebelum memulai kegiatan khususnya untuk berpidato. Namun berbeda dengan pendahuluan yang berisi gambaran mengenai isi pidato.

Dengan tujuan agar pendengar bisa menganalisa terlebih dahulu terhadap apa yang akan disampaikan nantinya. Dalam artian memberikan sedikit gambaran mengenai isi pidato tersebut dan pesan yang akan di dapat.

3. Isi Pidato

Isi pidato merupakan inti dari materi yang disampaikan. Di mana isi pidato ini sudah termasuk dari rangkaian pembahasan mengenai suatu topik. Selain itu, maksud dari topik tersebut dan sasaran dari topik yang terkait.

Selain itu, isi pidato ini sudah berisi mengenai kasus yang terjadi dengan saat sekarang ini. Sehingga pendengar bisa memahami dengan mudah antara materi yang dibahas dengan contoh kasus yang telah dipaparkan.

4. Penutup

Penutup merupakan kesimpulan mengenai isi dari materi yang telah dipaparkan. Selain itu penutup ini juga sudah berisi dengan solusi yang akan dilakukan terhadap kasus yang terjadi seperti kasus narkoba. Di mana kasus ini memang diperlukan suatu solusi.

Dengan tujuan agar nantinya seseorang bisa berhenti melakukan tindakan tersebut. selain itu, ada pula pesan yang akan disampaikan dari penutup pidato ini kepada pendengar. Seperti tidak melakukan narkoba karena bisa membahayakan kesehatan.


Contoh Pidato Tentang Narkoba

Dari berbagai macam-macam pidato salah satunya adalah pidato tentang narkoba. Di mana pidato ini bertujuan agar pendengar dapat menyadari kesalahan sudah menggunakan narkoba. Meskipun hal tersebut bertujuan untuk menghilangkan stres seseorang.


1. Pidato Narkoba Dalam Kalangan Pelajar

1. Pidato Narkoba Dalam Kalangan Pelajar

Pidato Narkoba Dalam Kalangan Pelajar

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh dan selamat pagi. Yang terhormat para hadirin sekalian. Puji syukur selalu diberikan kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan rahmat-Nya.

Hal pertama yang akan saya sampaikan adalah bahaya penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar. Di mana hal ini memang sering kita temui khususnya di kalangan pelajar sekarang ini. Karena memang sudah banyak yang menggunakan narkoba.

Padahal kita ketahui bersama bahwasanya narkoba ini merupakan obat yang bisa mengganggu prestasi di sekolah. Namun kebanyakan pelajar memang awal menggunakan narkoba hanya ingin mencoba saja. Akan tetapi banyak pelajar yang kecanduan.

Karena pelajar ini merasakan suatu kesenangan setelah konsumsi narkoba. Selain itu, banyak juga pengedar yang menawarkan barang ini kepada pelajar dengan modal bujukan. Sehingga ada gangguan kesehatan yang tidak diketahui setelah menggunakan narkoba.

Banyak golongan dari obat ini yang memberikan efek seperti selalu membayangkan yang tidak terjadi. Selain itu, seseorang juga sering merasakan bingung dan kehilangan ingatan. Efeknya juga memiliki waktu jangka panjang.

Sehingga obat ini harus dicegah sedini mungkin melalui bimbingan dari orang tua. Karena perubahan sifat juga biasa terjadi setelah konsumsi narkoba. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan terima kasih.


2. Contoh Pidato Tentang Bahaya Narkoba Bagi Remaja

2. Contoh Pidato Tentang Bahaya Narkoba Bagi Remaja

Pidato Tentang Bahaya Narkoba Bagi Remaja

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh dan selamat pagi bagi kita semua. Syukur Alhamdulillah kepada Tuhan YME yang senantiasa memberikan nikmat yang luar biasa. Sholawat serta salam kita curahkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai petunjuk jalan kebenaran.

Hadirin yang saya hormati dan saya muliakan. Ada perkataan dari seorang Ir. Soekarno mengenai 10 pemuda yang sanggup beliau ubah menjadi wajah bangsa. Di mana perkataan ini bertujuan untuk memberikan semangat kepada pemuda saat sekarang ini.

Para pahlawan kita memberikan peringatan untuk menjauhi hal-hal yang bersifat negatif. Hal negatif ini seperti menggunakan narkoba, minum alkohol, dan lain sebagainya. Dengan tujuan agar pemuda bisa memiliki pikiran yang cemerlang.

Melihat dari ayat Al-Quran Surah Al-Maidah ayat 90 mengenai larangan konsumsi khamar. Karena khamar ini sangat diharamkan oleh agama dan termasuk dalam perbuatan keji. Salah satu yang termasuk khamar adalah konsumsi narkoba.

Di mana narkoba ini memiliki banyak efek yang ditimbulkan seperti menghilangkan mental pelopor bagi generasi muda. Sehingga bangsa bisa saja rusak dikarenakan perbuatan ini yang dilakukan oleh generasi muda.

Maka dari itu marilah kita bersama-sama untuk tetap menjaga keutuhan bangsa dengan meningkatkan ukhuwah islamiyah. Dengan tujuan untuk mengantisipasi narkoba. Sekian dan terima kasih.


3. Pidato Untuk Pengguna Narkoba

3. Pidato Untuk Pengguna Narkoba

Pidato Untuk Pengguna Narkoba

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, salam sejahtera bagi kita semua. Marilah
kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT atas banyaknya rahmat yang telah diberikan. Tidak lupa pula kita curahkan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Perlu diketahui penyalahgunaan narkoba merupakan bahan kimia yang bisa saja mengubah akal pikiran seseorang. Selain itu, narkoba ini juga sudah ditegaskan bahwa sangat dilarang oleh agam dan pemerintah Indonesia.

Memang narkoba memiliki dampak positif, namun apabila digunakan dengan tidak benar bisa saja menyebabkan penyakit. Penyakit yang dimaksud seperti merusak fungsi saraf, otak, dan organ tubuh lainnya.

Seperti yang sudah diketahui bahwa narkoba ini mengandung berbagai macam zat. Di mana zat ini memang awalnya bertujuan untuk menyembuhkan penyakit atau menenangkan pikiran seseorang. Namun pada fakta yang ada masih banyak yang menyalahgunakan narkoba ini.

Seperti menggunakan narkoba secara berlebihan yang berakibat seseorang kecanduan. Sehingga ingin memakai secara terus menerus namun tidak memiliki uang. Oleh karena itu pengguna ini melakukan tindakan kriminal untuk mendapatkan uang.

Maka dari itu, sayangi diri kita sebelum terjerumus ke hal yang bersifat negatif seperti menggunakan narkoba. Selain itu, narkoba ini hampir tidak memiliki manfaat. Sekian dan terima kasih.


4. Pidato Tentang Pengedar Narkoba

4. Pidato Tentang Pengedar Narkoba

Pidato Tentang Pengedar Narkoba

Selamat Siang dan salam sejahtera. Marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah atas banyaknya rahmat yang telah diberikan. Tidak lupa juga bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW sebagai nabi petunjuk pintu kebenaran.

Banyaknya pengedar narkoba di negara Kita tercinta ini menawarkan narkoba yang tidak mengenal kalangan. Baik kalangan anak-anak, remaja, dewasa, dan bahkan orang tua sekali pun yang ditawarkan.

Sehingga mereka mencoba dan tidak lama menjadi pecandu narkoba karena kesenangan yang diperoleh setelah konsumsi. Berbagai jenis narkoba yang ditawarkan oleh pengedar ini yang menyebabkan rusaknya pikiran anak bangsa.

Mulai dari jenis sabu, ganja, dan lain sebagainya yang menjadi barang yang ditawarkan. Harga pun tidak terlalu mahal untuk jenis narkoba sabu akan tetapi memiliki ukuran kecil. Dengan tujuan agar pemula ini akan terus membeli karena tidak puas dengan ukurannya.

Banyak fakta yang sudah dilihat di dalam kalangan masyarakat yang memang menjadikan bisnis dari penjualan ini. Mengapa demikian, karena pada dasarnya juga memiliki banyak keuntungan yang diperoleh oleh pengedar.

Di mana pengedar ini tidak memiliki rasa kasihan terhadap tubuh seseorang setelah menggunakan narkoba. Maka dari itu, marilah kita menjaga dan mendidik anak untuk menjauhi narkoba. Sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Pidato Tentang Pendidikan


5. Contoh Pidato Tentang Narkoba

5. Contoh Pidato Tentang Narkoba

Pidato Tentang Narkoba

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh dan selamat pagi. Hal pertama yang harus dilakukan sebelum memulai pidato ini adalah bersyukur kepada Allah SWT. Berbagai kenikmatan yang telah diberikan kepada manusia di dalam muka bumi ini.

Pidato tentang narkoba ini saya harap dapat bermanfaat nantinya. Yang perlu diketahui sebelum memulai pidato ini adalah pengertian dari narkoba. Narkoba adalah musuh terbesar yang sedang dihadapi dalam suatu negara. Karena narkoba ini sebagai perusak.

Perusak dalam artian mengubah sifat seseorang dengan cara yang sangat cepat. Contoh kecilnya adalah mengubah moral seseorang untuk melakukan tindakan kriminal. Disebabkan karena tidak memiliki biaya membeli narkoba.

Sehingga berbagai cara dilakukan untuk hal tersebut dikarenakan sudah ketergantungan terhadap narkoba tersebut. Oleh karena masa depan generasi muda akan rusak begitu saja dengan adanya narkoba ini.

Banyak pula yang meninggal akibat dari penggunaan narkoba. Karena memang sangat mengganggu atau merusak kesehatan manusia jika sudah menggunakan. Apalagi jika sudah kecanduan, maka kematian sudah minim.

Maka dari itu jagalah diri masing-masing dan jangan mudah terpengaruh terhadap orang lain. Karena hal tersebut bisa saja membuat kita terjerumus ke dalam hal-hal yang negatif. Selain itu, pikiran tidak akan tenang jika tidak menggunakan narkoba. Sekian dan terima kasih.

Berbagai paparan mengenai pidato yang dimulai dari pengertian, tujuan, jenis, dan lain sebagainya. Sehingga sebelum membuat pidato diharapkan mengerti mengenai pidato seperti jenis pidato yang berisi hafalan maupun lainnya. Selain itu, ada juga pidato yang hanya dibacakan.

Selain itu, berbagai contoh pidato mengenai narkoba mulai dari pidato yang dilakukan di sekolah, di kantor, maupun di acara khusus. Seperti acara yang dilakukan secara rutin di kota besar yang berisi imbauan dan solusi untuk tidak menggunakan narkoba.

 

10 Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris Beserta Terjemahan

Pembukaan Pidato Bahasa Inggris – Pidato bahasa Inggris adalah salah satu kegiatan berbicara di depan umum untuk menginformasikan suatu hal dengan bahasa Inggris. Salah...
bikinartikel
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: