7+ Cara Mengendarai Mobil Manual di Belokan Supaya Aman & Nyaman

CARA MENGENDARAI MOBIL MANUAL DI BELOKAN

Mengendarai mobil transmisi manual memang tidak mudah. Apalagi saat akan masuk belokan pasti diperlukan teknik khusus. Namun bukan berarti tidak ada cara mengendarai mobil manual di belokan dengan mudah yang bisa diaplikasikan.

Untuk bisa melewati belokan, memang dibutuhkan skill dalam memainkan kopling mobil manual. Selain itu perlu diperhatikan juga waktu yang tepat untuk berbelok supaya bisa lancar. Di bawah ini akan dijelaskan tentang bagaimana cara mengendarai mobil manual di belokan supaya aman :


1. Nyalakan Lampu Sein

Nyalakan Lampu Sein

Langkah pertama jangan lupa untuk terlebih dahulu menyalakan lampu sein. Sangat membahayakan bila langsung belok tanpa menyalakan lampu sein dulu. Bisa-bisa pengendara lain yang berada pada posisi belakang mobil kaget dan terjadi kecelakaan.

Nyalakan lampu sein sekitar 10 hingga 15 detik sebelum masuk area belokan. Jika dihitung kira-kira 30 meter sebelum sampai jalan belokan tersebut.


2. Mengurangi Kecepatan Mobil

Mengurangi Kecepatan Mobil

Lampu sein sudah dinyalakan, selanjutnya pelan-pelan kurangi kecepatan mobil. Mengurangi kecepatan mobil ini berguna supaya mempermudah penguasaan mobil. Dengan begitu arah laju mobil akan lebih gampang disesuaikan dengan arah yang dituju.


3. Bila Perlu Turunkan Gigi Persneling

Bila Perlu Turunkan Gigi Persneling

Tidak hanya mengurangi kecepatan mobil saja. Sebelum sampai jalan belokan ada baiknya menurunkan gigi persneling juga. Hal ini dilakukan supaya mobil nantinya makin mudah dikendalikan. Menurunkan posisi gigi juga berguna agar setelah melewati belokan, mobil tidak langsung kehilangan tenaga.

Misalnya posisi gigi sudah paling rendah dan kecepatan mobil juga tidak tinggi, maka sudah tidak perlu lagi menurunkan tuas transmisi.


4. Perhatikan Arah Belakang Mobil

Perhatikan Arah Belakang Mobil

Selanjutnya melalui kaca spion perhatikan arah belakang mobil. Langkah ini juga dilakukan sebelum mobil mulai masuk belokan. Jika situasi dirasa aman, silahkan mulai membelokkan mobil. Namun saat merasa kurang aman, tunggu sampai kondisi benar-benar memungkinkan mobil untuk berbelok.


5. Putar Kemudi Mobil Saat Mulai Berbelok

Putar Kemudi Mobil Saat Mulai Berbelok

Saat akan memasuki belokan, silahkan putar kemudi mobil. Jika dirasa mobil dalam kondisi sangat pelan, silahkan putar kemudi ketika ban depan sejajar dengan jalan lurus. Intinya saat berbelok ini harus disesuaikan dengan kecepatan mobil itu sendiri. Pengemudi yang sudah terbiasa kadang punya perkiraan waktu yang pas ketika akan berbelok.

Jangan lupa untuk mainkan kopling mobil untuk mengendalikan gerakan mobil. Supaya mesin mobil tidak mati silahkan injak pedal kopling. Lalu lepas perlahan pedal kopling untuk membuat mobil bisa melaju dengan pelan.


6. Tahan Putaran Kemudi Dan Perhatikan Kondisi Mobil Saat Berbelok

Tahan Putaran Kemudi Dan Perhatikan Kondisi Mobil Saat Berbelok

Setelah roda kemudi diputar, silahkan tahan agar tidak kembali pada posisi awal. Pasalnya, biasanya kemudi akan otomatis bergerak sendiri pada posisi awal yang akan justru membahayakan pengendara. Maka upayakan untuk menahannya sekuat mungkin, namun tetap jangan tegang supaya konsentrasi juga tetap terjaga.

Setelah kemudi berputar maka otomatis mobil akan ikut berbelok. Tinggal perhatikan saja kondisi mobil saat mulai berbelok. Sebelum mobil selesai berbelok sepenuhnya, pastikan untuk membalikkan arah kemudi. Hal ini dilakukan supaya mobil dapat berjalan lurus kembali.


  4+ Cara Memperbaiki Kaca Mobil Retak Panjang : Ulasan Manjakan

7. Kembali Ke Jalan Setelah Berbelok

Kembali Ke Jalan Setelah Berbelok

Setelah mobil berhasil belok, maka mobil akan berjalan kembali pada jalan yang lurus. Artinya posisi mobil sudah berhasil melalui belokan dengan aman dan lancar. Langkah terakhir tinggal atur saja kecepatan untuk mengendalikan laju mobil. Hal ini dilakukan agar mobil dapat tetap berjalan pada jalur yang seharusnya.

Itu tadi bagaimana cara mengendarai mobil manual di belokan. Mengendarai mobil manual untuk jalan biasa saja agaknya sedikit sulit. Apalagi untuk berbelok atau mundur. Tapi jangan khawatir, jika sering berlatih kemungkinan besar akan makin lancar. Cara-cara di atas bisa menjadi inspirasi.

Cara Mengendarai Mobil Manual Di Belokan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.