Penting! 7 Unsur Unsur Ini Harus Ada Saat Debat

1 min read

Unsur Unsur Debat – Menurut KBBI pengertian debat adalah pembahasan dan pertukaran pendapat mengenai suatu hal dengan cara saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing.

Sehingga kegiatan debat dapat diartikan sebagai bentuk kegiatan menguji pendapat yang dilakukan secara individu maupun kelompok untuk mendapatkan kemenangan dukungan pendapat tersebut.

Di dalam debat, biasanya terdapat sudut pandang yang pro dan sudut pandang yang kontra terhadap tema materi yang akan didiskusikan.

Selanjutnya kedua sudut pandang akan bertanya jawab tentang pendapat yang disampaikan, dan moderator berperan sebagai pemimpin, pengaju pertanyaan, hingga sebagai penengah tim debat.

Hasil akhir debat disimpulkan dengan dua cara yaitu melalui penilaian juri atau voting.

Dalam hal ini voting akan di lakukan jika perolehan penilaian dari juri sama sehingga di lakukanlah pemungutan suara para peserta debat.


Unsur Unsur Debat dan Pengertiannya

Unsur Unsur Debat Dan Pengertiannya

Selain penjelasan singkat di atas, suatu debat haruslah memiliki beberapa unsur-unsur yang harus ada saat berlangsungnya debat. Unsur-unsur tersebut antara lain :

[lwptoc skipHeadingLevel=”h2″]

1. Mosi

Mosi adalah hal atau topik yang akan didebatkan oleh peserta yang di sampaikan oleh moderator.

2. Tim Pro

Tim pro adalah tim yang akan menyampaikan pendapat-pendapat setuju dengan mosi, beserta alasan pendukungnya.

3. Tim Kontra

Berbeda dengan tim pro, tim kontra adalah tim yang akan tidak setuju dan menetang mosi, serta memberi sanggahan-sanggahan atas pendapat yang di sampaikan tim pro.

4. Tim Netral

Tim netral adalah tim yang menjadi penengah dan tidak condong dengan pro atau kontra terhadap mosi.

5. Moderator

Dalam debat, moderator merupakan unsur penting lainnya yang harus ada, sebab moderatorlah yang akan memimpin dan membantu jalannya perdebatan.

Moderator juga yang akan membacakan tata tertib proses debat, mengajukan pertanyaan hingga menengahi adu pendapat peserta debat.

6. Peserta Debat

Peserta debat adalah orang-orang yang mengikuti pelaksanaan adu argumen ini.

Dalam hal ini selain peserta yang telah menjadi tim debat, penonton pun menjadi bagian peserta yang nantinya jika dimungkinkan, akan berperan dalam penentuan hasil akhir dengan voting.

7. Penulis

Hal yang tidak kalah pentingnya yaitu penulis dimana tugasnya adalah menulis segala kegiatan debat baik itu mosi, pertanyaan moderator, pendapat tim hingga hasil akhir debat.

Itulah 7 unsur unsur yang setidaknya harus ada dalam pelaksanaan debat dan satu sama lain saling berkaitan.

Debat sendiri, memiliki beberapa tingkatan seperti tingkat sekolah, tingkat universitas, tingkat provinsi hingga tingkat nasional dan tingkat internasional.

Dalam suatu debat akan menghasilkan tim yang menjadi pemenang dimana kemenangan tersebut dapat diraih dengan menyelaraskan pendapat yang disampaikan dengan fakta lapangan yang ada sebab debat memang membutuhkan data ilmiah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *