6+ Ukuran Ban Mobil dan Cara Merawat Supaya Bisa Lebih Awet

ARTI UKURAN BAN MOBIL

Ukuran Ban Mobil – Mobil merupakan kendaraan beroda empat yang cukup populer dan banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Kendaraan yang satu ini ditopang dengan beberapa elemen penting, salah satunya ban.

Tidak banyak yang mengetahui bahwa pada ban mobil terdapat tulisan berupa kode yang mengandung arti. Setiap pengguna hendaknya mengetahui apa arti ukuran ban mobil yang tertera, sehingga tidak salah dalam proses pembelian.

Untuk mempermudah dalam memahami arti ukuran ban mobil, maka pada artikel ini akan ditunjukkan pada sebuah contoh langsung. Berikut ini terdapat kode ban mobil P205/75/R16 85H. Adapun arti di balik ukuran ban mobil tersebut yakni sebagai berikut.


1.   Huruf P

Huruf P

Pada kode ban mobil P205/75/R16 85H, diawali huruf P yang memiliki arti tersirat. Huruf P tersebut merupakan kependekan dari Passenger. Hal ini memiliki arti bahwa mobil yang digunakan ditujukan untuk mobil penumpang MPV, SUV atau City Car. Selain huruf P, terdapat huruf lainnya yang digunakan sebagai kode pada ban mobil. Di antara huruf tersebut yakni T (Temporary), LT (Light Truck), dan ST (Special Trailer).


2.   Angka 205

Angka 205

Selanjutnya, setelah huruf P terdapat angka 205. Arti dari angka yang tertera pada ban mobil tersebut menunjukkan lebar tapak suatu ban.  Jika tertera angka 205, maka ban tersebut memiliki lebar tapak 205 dalam satuan milimeter. 

Lebarnya suatu tapak ban mobil sangatlah penting diperhatikan, guna meningkatkan kenyamanan dalam berkendara. Lebar tapak suatu ban mobil akan mempengaruhi daya cengkeram suatu mobil, meskipun akan berpengaruh pula pada akselerasi mobil.

Baca Juga: Penyebab Aki Mobil Habis Sendiri


3.   Angka 75

Angka 75

Pada kode ban mobil P205/75/R16 85H, terdapat angka 75. Arti ukuran ban mobil tersebut menunjukan besarnya ban secara menyeluruh. 75 dikatakan sebagai angka profil, dan pada ban mobil bisa saja tertera angka lainnya yang menunjukkan angka profil dan tapak lebar suatu ban mobil. Dengan mengetahui angka profil pada ban mobil, maka bisa dipertimbangkan besarnya ban mobil yang ingin dibeli.

Baca Juga: Transmisi Mobil Matic Slip


4.   R16

R16

Selanjutnya, pada contoh kode ban mobil yang telah disebutkan sebelumnya terdapat R16. Arti dari kode tersebut berarti ukuran velg suatu mobil. Kode yang tertera pada ban mobil merupakan petunjuk bahwa ban tersebut hanya bisa digunakan pada velg dengan ukuran yang sama. Hal ini merupakan aturan baku yang tidak bisa dipasangkan dengan ukuran lainnya. Jadi, pastikan untuk membeli ban yang tepat dan sesuai dengan velg mobil yang digunakan.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Transmisi Mobil Matic

5.   Angka 85

Angka 85

Kode berupa angka 85 menunjukkan arti ukuran ban mobil tepatnya petunjuk pada batas maksimal beban yang akan ditumpu suatu mobil. Jika pada kode di atas tertera angka 85, maka memiliki arti bahwa beban maksimal yang dapat ditumpu sekitar 450 hingga 580 Kilogram. Terdapat acuan khusus yang menjadikan beberapa angka sebagai kode petunjuk batas maksimal beban.

  5+ Cara Mengganti Kampas Rem Mobil & Cara Merawat Supaya Bisa Awet

Di antara huruf tersebut yakni 62 (beban 265 Kg), 63 (beban 272 Kg), 66 (beban 300 Kg), 68 (beban 315 Kg), 70 (beban 335 Kg), 73 (beban 365 Kg), 75 (beban 387 Kg), 80-89 (beban 450-580 Kg), dan 90-100 (beban 600-800 Kg).


6.   Huruf H

Huruf H

Terakhir, terdapat huruf H tertera pada ban mobil. Huruf H ini memiliki arti sebagai petunjuk batas kecepatan yang dapat ditempuh oleh ban mobil. Adapun huruf H mengandung arti bahwa ban mobil tersebut memiliki batas kecepatan maksimal 210 Km/Jam. Selain huruf H, terdapat huruf lainnya yang dijadikan sebagai kode kecepatan.

Di antara kode tersebut yakni P (150 Km/ Jam), Q (160 Km/ Jam), R (170 Km/ Jam), S (180 Km/ Jam), T (190 Km/ Jam), U (200 Km/ Jam), V (240 Km/ Jam), W (270 Km/ Jam), Y (300 Km/ Jam) dan Z ( 240 Km/ Jam).

Demikianlah ulasan terkait arti ukuran ban mobil yang bisa dipahami. Semoga bermanfaat dan menjadi acuan ketika membeli ban mobil. Pastikan untuk bersikap teliti dalam memilih ban mobil, lihat ukurannya dengan baik dan pastikan usia ban tidak melewati batas kadaluarsa.

Ukuran ban mobil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *