Ucapan Selamat Ramadhan

6 min read

Ucapan Selamat Ramadhan

Ucapan Selamat RamadhanBulan ramadhan adalah salah satu bulan yang ada dalam kalender Islam. Kehadirannya selalu dirindu dan dinanti-nanti oleh seluruh umat muslim. Sudah siap menyambut bulan suci ramadhan? Kali ini ada berbagai kumpulan ucapan selamat ramadhan yang bisa dijadikan referensi untuk menyambutnya.

Bulan ramadhan menjadi bulan yang dinanti-nanti karena dalam bulan ini segala bentuk amalan yang baik akan dilipat gandakan pahalanya. Ramadhan yang suci penuh dengan keberkahan ini dijadikan sebagai ladang amal baik bagi para umat muslim. Para umat muslim saling berlomba satu sama lain untuk mengerjakan amal perbuatan yang baik demi menggapai keberkahan yang ada di bulan ramadhan.

Pada bulan ramadhan juga akan memberi keberkahan bagi orang yang bisa memanfaatkannya dengan baik. Selain itu, di bulan ramadhan juga dimana para setan atau pengganggu manusia akan dikurung di dalam api neraka sehingga tidak bisa mengganggu manusia di dalam bulan ramadhan ini. Oleh karena itu begitu spesialnya bulan yang satu ini, maka wajib memberi ucapan selamat ramadhan kepada teman dan sanak saudara.


Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan

Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan

Merupakan 1 dari 12 bulan yang ada pada sistem kalender islam atau kalender hijriyah. Tiap-tiap bulan yang terdapat pada kalender hijriyah memiliki keistimewaannya masing-masing, begitu juga dengan bulan suci ramadhan.

Datang membawa berjuta-juta keistimewaan yang membuatnya menjadi bulan yang paling dirindui dan ditunggu-tunggu oleh umat muslim. Segala bentuk amal kebaikan akan dilipat gandakan ganjaran atau pahalanya sehingga bulan ini dijadikan sebagai ajang perlombaan untuk melakukan amal kebaikan. Ada banyak sekali keistimewaan yang terjadi di bulan ramadhan.

Pertama ada malam Lailatul Qadar, salah satu malam istimewa yang hanya ada di bulan ramadhan. Malam ini lebih baik jika dibandingkan dengan 1000 malam. Tidak hanya itu saja, di bulan ramadhan tepatnya pada malam ke-17 di bulan ramadhan ada malam Nuzulul Qur’an. Untuk pertama kalinya kitab suci Al-Qur’an diturunkan oleh Allah SWT ke bumi sebagai pedoman hidup bagi seluruh umat muslim.

Selain malam-malam istimewa, pada bulan ramadhan juga terdapat tradisi atau kegiatan menarik yang hanya terjadi dan dilakukan di bulan ramadhan seperti berpuasa, tadarus Al-Qur’an, sahur, dan berburu takjil. Semua itu hanya terjadi di bulan ramadhan saja, ketika ramadhan pergi, maka kegiatan tersebut juga akan ikut pergi. Ada banyak sekali keistimewaan yang ada di bulan ramadhan, maka beruntunglah bagi orang-orang yang mampu memanfaatkannya dengan baik.


Kumpulan Ucapan Selamat Ramadhan

Salah satu ciri umat muslim yang baik adalah selalu menyambut dengan hati yang riang gembira ketika bulan ramadhan tiba. Ini menandakan  bahwasannya bulan ini penuh dengan keberkahan yang dijadikan sebagai ajang perlombaan dalam memperbanyak amal kebaikan.

Ada banyak sekali cara menyambut bulan suci ramadhan, salah satunya bisa dengan menggunakan kata-kata ucapan selamat ramadhan yang bisa diberikan kepada keluarga maupun disebarkan melalui akun sosial media yang dimiliki. Berikut contoh ucapannya:

1. Ucapan Selamat datang Bulan Ramadhan

1. Ucapan Selamat Datang Bulan Ramadhan

Ada beragam kata ucapan yang bisa digunakan di bawah ini, pilihlah salah satu yang terbaik untuk dibagikan kepada keluarga maupun kepada teman-teman tercinta. Berikut contohnya:

  • Selamat datang bulan ramadhan, dimana pintu-pintu maaf dibuka lebar-lebar sedangkan pintu-pintu dosa ditutup rapat-rapat.
  • Selamat memasuki bulan ramadhan. Terhadap urusan dunia lihatlah orang yang ada di bawahmu agar engkau dapat bersyukur dan untuk urusan akhirat lihatlah orang yang ada di atasmu agar engkau selalu bersemangat dalam melakukan amal kebaikan.
  • Selamat bulan ramadhan. Jangan pernah iri dengan rezeki yang diterima oleh saudaramu, karena rezekimu tidak akan pernah tertukar oleh-Nya.
  • Jangan pernah gelisah memikirkan soal rezeki karena rejeki tidak akan pernah tertukar karena Allah swt yang langsung memberinya. Selamat beribadah di bulan suci ramadhan.
  • Bersihkan diri, sucikan hati. Selamat beribadah di bulan suci ramadhan.
  • Hapuskan dendam yang ada di hati, luaskan kata maaf di hati, mari bersama-sama menjalani hari yang penuh berkah di bulan ramadhan.
  • Membaca Al-Qur’an tidak hanya sekedar dibaca saja, tapi harus diresapi di dalam hati karena Al-Qur’an membawa pesan-pesan indah dalam kehidupan. Selamat memasuki bulan suci ramadhan.
  • Tidak ada suara indah yang semerdu dari seseorang yang sedang membaca Al-Qur’an dengan khusyuk. Selamat bulan ramadhan bulan turunnya Al-Qur’an.
  • Selamat bulan ramadhan. Allah SWT sangat membenci orang-orang yang sombong dan suka sekali membanggakan dirinya sendiri.
  • Di bulan suci ramadhan ini, segala amalan ibadah akan berlipat ganda pahalanya. Namun, segala amalan akan dinilai dari niatnya. Selamat berlomba-lomba mencari pahala di bulan suci ramadhan.
  • Orang muslim yang baik itu orang yang peduli terhadap orang-orang yang ada di sekitarnya. Selamat memasuki bulan ramadhan.
  • Hanya di bulan ramadhan, siang diisi puasa malam diisi hembusan Al-Qur’an. Selamat memasuki bulan ramadhan.
  • Allah swt selalu bersama dengan orang-orang yang sabar dan senang berusaha. Selamat bulan ramadhan.

Baca Juga: Ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa


2. Ungkapan Penuh Makna Ramadhan

2. Ungkapan Penuh Makna Ramadhan

Kata-kata ucapan di atas masih kurang? Tenang, di bawah ini masih ada kata-kata ucapan selamat ramadhan yang juga bisa digunakan untuk diucapkan kepada keluarga maupun teman-teman yang ada di rumah, diantaranya:

  • Diantara 1 orang muslim dengan muslim lainnya adalah bersaudara, maka rukunlah agar persaudaraan itu tetap terjaga. Selamat memasuki bulan ramadhan.
  • Bila ada salah yang terbuat, maka biarkan hati tuk berkata maaf karena manusia tempatnya berbuat salah. Selamat beribadah di bulan suci ramadhan.
  • Di malam bulan ramadhan, isilah hati yang mulai redup dengan membaca ayat-ayat cinta dari Sang Pencipta yang ada dalam Al-Qur’an. Selamat melaksanakan ibadah di bulan ramadhan.
  • Ada satu malam di bulan ramadhan, yang malamnya lebih baik daripada seribu bulan, yang malamnya terpancar benih-benih cinta dari Allah SWT. Selamat menikmati bulan suci ramadhan.
  • Sambutlah bulan yang suci penuh berkah ini dengan hati yang lapang dan gembira, selamat memasuki bulan ramadhan.
  • Bersihkan diri, sucikan hati, lapangkan jiwa, mari bersama menyambut bulan suci ramadhan.
  • Bangunlah di sepertiga malam terakhir, di mana Allah swt turun di bumi, berdoalah dan berharaplah hanya kepada-Nya karena Dia sebaik-baiknya tempat berharap. Selamat menyambut bulan suci ramadhan.
  • Bersinarlah wajah orang-orang yang terkena basuhan air wudhu di bulan ramadhan ini.
  • Tidak ada yang lebih bersinar dari wajah orang-orang yang selalu terkena basuhan air wudhu di bulan suci ramadhan.
  • Tidak ada aroma wangi dari baunya mulut umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa di bulan suci ramadhan.
  • Bulan ramadhan bulan yang penuh berkah di mana tiap-tiap harinya terdengar indah lantunan suara ayat-ayat suci Al-Qur’an di malam hari. Selamat beribadah di bulan suci ramadhan.
  • Baca lah ayat-ayat suci Al-Qur’an karena dia memberi manfaat kepada orang-orang yang rajin membacanya. Selamat memasuki bulan suci ramadhan.
  • Kesabaran tidak akan memiliki batas, bukanlah kesabaran jika di dalamnya masih mempunyai batas. Selamat bulan suci ramadhan.

3. Ucapan Penuh Keren

3. Ucapan Penuh Keren

Masih kurang dengan kata-kata ucapan di atas? Di bawah ini masih ada kata-kata ucapan untuk menyambut datangnya bulan suci ramadhan, diantaranya:

  • Bagaimana kita bisa mendapatkan kalau tidak meminta? Berdoalah kepada Allah SWT, sesungguhnya Dia suka ketika kita hanya meminta kepada-Nya. Selamat memasuki ibadah bulan suci ramadhan.
  • Teruslah berbuat baik karena tidak ada balasan bagi perbuatan yang baik melainkan dibalas dengan hal baik juga. Selamat beribadah di bulan suci ramadhan.
  • Selamat bulan suci ramadhan. Berdoalah kepada Allah, karena Dia adalah tempat sebaik-baiknya untuk meminta dan berdoa.
  • Orang muslim yang baik itu, orang yang bermanfaat bagi saudara-saudara muslim di sekitarnya. Selamat menyambut bulan suci ramadhan.
  • Kekayaan yang sebenarnya yang kita miliki adalah harta yang kita sedekahkan kepada orang lain karena itu adalah bekal amal yang akan kita bawa nanti. Selamat memasuki bulan suci ramadhan.
  • Di bulan ramadhan ini, jangan pernah meremehkan doa yang langitkan di sepertiga malam karena doa yang dilangitkan tidak akan kembali tanpa membawa sesuatu yang baik. Selamat bulan suci ramadhan.
  • Ingat, dunia ini adalah tempat meninggal bukan untuk tempat tinggal, maka perbanyaklah amal untuk akhirat. Selamat memasuki bulan suci ramadhan.
  • Selamat bulan ramadhan, semoga di bulan yang penuh berkah ini semakin banyak amal baik yang kita lakukan agar hidup menjadi lebih berkah seperti bulan ramadhan.
  • Setiap yang bernyawa pasti akan merasakan mati, maka mari bersama-sama menyiapkan bekal amal baik sebanyak mungkin. Selamat memasuki bulan suci ramadhan.
  • Tidak hanya perut yang perlu makan, hati juga, isilah hati dengan nasihat-nasihat yang baik, suara-suara yang baik karena itu semua makanan yang baik untuk hati. Selamat beribadah di bulan suci ramadhan.

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Raya Waisak


4. Ungkapan Ramadhan Singkat

4. Ungkapan Ramadhan Singkat

Masih belum ketemu kata-kata ucapan yang pas di hati? Di bawah ini ada 5 kata ucapan terakhir yang bisa digunakan untuk menyambut datangnya bulan suci ramadhan:

  • Kita lebih sering mengingat manusia, yang jelas-jelas sering sekali melupakan kita, sedangkan kita sering melupakan Allah, padahal Allah tidak pernah lupa akan kita. Selamat memasuki bulan suci ramadhan.
  • Selamat memasuki bulan ramadhan. Belajarlah dan bersungguh-sungguhlah dalam menuntut ilmu karena Islam sangat menghargai ilmu.
  • Dunia adalah jembatan perjalanan, akhirat adalah tujuan dari perjalanan tersebut. Jadi, tidak selayaknya jembatan dijadikan tempat tinggal. Selamat bulan suci ramadhan.
  • Bulan ramadhan telah tiba, bulan yang penuh berkah lagi penuh ampunan, jadikan momen terbaik untuk memperbaiki diri dan iman.
  • Bersungguh-sungguhlah dalam bertakwa karena Allah swt menyukai orang-orang yang sabar dan juga bertakwa. Selamat bulan suci ramadhan.
  • Selamat bulan suci ramadhan. Sesungguhnya Allah swt sangat suka sekali dengan hamba yang berdoa dan berharap kepada-Nya, maka berdoalah dan taruhlah harap hanya kepada-Nya.

Allah swt menjadikan bulan ramadhan sebagai bulan yang suci dan penuh dengan keberkahan. Tentunya akan bermanfaat bagi orang-orang yang mampu memanfaatkannya dengan baik. Isi hari-hari pada bulan ramadhan dengan amalan-amalan yang baik seperti mengaji, bersedekah, berpuasa, dan amalan-amalan baik lainnya.

Beruntunglah orang-orang yang memanfaatkan bulan ramadhannya dengan baik karena manfaat bulan ramadhan hanya dapat dirasakan oleh orang-orang beruntung tersebut. Mari jangan disia-siakan bulan yang penuh berkah ini, jadikan sebagai momen untuk memperbaiki kualitas diri dan iman kepada Allah swt.

Nah, itulah kata ucapan selamat ramadhan yang bisa dibaca pada artikel kali  ini, pilih satu kata ucapan yang terbaik untuk orang-orang tercinta. Sekian dan semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *