Ucapan Selamat Purna Tugas Pensiun

4 min read

Ucapan Selamat Purna Tugas Pensiun

Ucapan Selamat Purna Tugas PensiunUcapan selamat purna tugas pensiun biasanya disampaikan kepada keluarga, kerabat atau rekan yang sudah mencapai masa akhir jabatan kerja. Ucapan semacam ini bukan sebagai bentuk penghinaan tetapi justru sebagai bentuk apresiasi atas segala usaha atau karena kesuksesan-kesuksesan kerja yang sudah diraih.

Hal itulah maka ucapan selamat semacam ini perlu disampaikan. Paling tidak untuk memacu spirit serta meningkatkan semangat agar di masa tua masih bisa beraktivitas dengan nyaman. Selain itu, dengan adanya ucapan selamat semacam ini juga tersirat pengharapan-pengharapan yang terkait dengan si pensiun maupun keluarga dan kehidupannya.

Berikut ini akan dijelaskan jenis-jenis ucapan selamat purna tugas pensiun kepada seseorang. Konteksnya adalah ucapan yang disampaikan yang terkait dengan dirinya serta yang terkait dengan harapan-harapan kebaikan bagi kehidupan di masa tuanya. Ini dia jenis-jenis ucapan yang dimaksud:

Ketika ada orang sudah purna jabatan atau purna tugas maka selayaknya memberikan ucapan selamat kepadanya. Karena sudah dijelaskan di atas bahwa ini sebentuk apresiasi atau paling tidak penghargaan atas segala yang telah dilakukan.   Jenis ucapan selamat purna tugas yang pertama terkait dengan diri seseorang. Ini juga dibagi menjadi beberapa jenis ucapan. Ini dia penjelasan lengkapnya:


Ucapan Purna Tugas Secara Khusus

Ucapan Purna Tugas Secara Khusus

Baca Juga: Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Arab

Biasanya akan ada seseorang terdekat yang akan memberikan ucapan ini. Tentunya ucapan tersebut terkait dengan bidang pekerjaan yang digelutinya, berikut contohnya:

1. Ucapan Selamat Purna Tugas Terkait Kesehatan

Ucapan selamat purna tugas pensiun yang pertama yang terkait dengan diri seseorang adalah ucapan yang berisi harapan-harapan tentang kesehatan. Tidak dimungkiri orang yang sudah purna tugas memang usianya sudah tua. Maka dari itu kesehatan tubuh sejatinya menjadi unsur penting yang perlu dijaga.

Nah, untuk mengucapkan selamat kepada orang yang sudah pensiun maka seharusnya diselipkan harapan-harapan terkait dengan kesehatan tubuhnya. Paling tidak supaya ketika menikmati masa-masa pensiun tubuh tidak terganggu dengan berbagai macam penyakit. Untuk contoh ucapannya silakan lihat kalimat berikut:

“Selamat purna tugas Ayah! Semoga sehat selalu”

2. Ucapan Selamat Purna Tugas Terkait dengan Usia

Ucapan selamat purna tugas pensiun biasanya juga berisi tentang usia atau umur seseorang. Biasanya orang akan pensiun jika usianya sudah memasuki kepala enam atau lebih dari itu. Di masa tersebut usia manusia akan semakin mendekati batasnya. Namun harapan tetap harus ada.

Paling tidak masih tersimpan keinginan dan kesempatan untuk tetap berkumpul bersama keluarga dalam waktu yang lebih lama. Oleh karena itu, silahkan sampaikan ucapan selamat purna tugas dengan menyelipkan kata-kata usia di dalamnya. Seperti contoh kalimat di bawah ini:

“Selamat menikmati masa pensiun ya dan semoga panjang umur”

3. Ucapan Selamat Purna Tugas Terkait dengan Kesuksesan

Ada yang mengatakan jika orang sudah pensiun maka kesuksesannya akan berkurang. Ini jika sukses dikaitkan dengan perekonomian atau keuangan. Akan tetapi, jika ingin mengucapkan selamat purna tugas pensiun kepada seseorang baiknya diselipkan juga harapan terkait dengan kesuksesan-kesuksesan selanjutnya. Sekalipun sudah tidak lagi bekerja dalam arti kerja yang konvensional.

Maksud dari ucapan ini adalah sekalipun sudah memasuki masa pensiun tetapi tidak membuat ekonomi runtuh. Malah masih diberi kesempatan untuk bekerja di luaran sehingga ada kesuksesan-kesuksesan baru yang diraih di usia senja. Ini dia contoh kalimatnya:

“Di hari pensiunmu ini semoga kesuksesan tetap menaungi”

4. Ucapan Selamat Purna Tugas Terkait dengan Fisik Seseorang

Jika sudah memasuki masa pensiun biasanya tidak saja usia yang berkurang tetapi juga bentuk fisik. Misal kulit yang ketika masih muda kencang tetapi ketika sudah memasuki usia pensiun sudah mulai muncul keriput dan keluar garis-garis ketuaan.

Ciri-ciri ucapan selamat purna tugas yang terkait dengan fisik seseorang diantaranya ucapan diselipkan kata-kata atau istilah-istilah yang terkait dengan bentuk tubuh seseorang.  Maksudnya sekalipun usia sudah tua tetapi fisik masih tetap mengejawantahkan kesehatan serta keindahan dari fisik itu sendiri. Contoh ucapan yang terkait dengan hal ini bisa dilihat pada kalimat berikut:

“Selamat ulang tahun! Semoga tetap awet muda ya”

5. Ucapan Selamat Purna Tugas Terkait dengan Ibadah

Ucapan selamat purna tugas pensiun yang terkait dengan diri seseorang yang terakhir adalah ucapan selamat purna tugas soal ibadah.  Ini didasarkan pada anggapan kalau manusia sudah tiba pada masa pensiun seharusnya memang memiliki rutinitas beribadah yang lebih ditingkatkan. Karena tidak diketahui kapan ajal akan menjemput

Oleh sebab itu bolehlah disampaikan ucapan selamat purna tugas yang terkait dengan ibadah kepada orang yang sudah memasuki masa pensiun. Ini dia jenis ucapannya:

“Selamat ulang tahun! Semoga sehat dan jangan lupa berdoa ya”
“Selamat purna tugas semoga rezekinya lancar dan dikuatkan dalam beribadah”

 


Ucapan  Secara Umum

Ucapan  Secara Umum

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Raya Nyepi

Jika di atas dijelaskan jenis ucapan selamat purna tugas yang terkait dengan diri orang yang pensiun maka di bawah ini akan dijabarkan tentang ucapan yang terkait dengan kehidupan orang tersebut secara umum.

Di dalam ucapan ini tersurat harapan-harapan yang tidak berefek secara langsung bagi orang yang pensiun. Tapi ada harapan-harapan kebaikan yang diharapkan terjadi tidak hanya bagi si pensiun tetapi juga bagi keluarganya dan rumah tangganya. Ini dia jenis-jenis ucapan yang ada hubungannya dengan kehidupan orang yang purna tugas secara umum:

1. Ucapan Selamat Purna Tugas Terkait dengan Rumah Tangga

Ketika orang sudah pensiun dan masih memiliki rumah tangga yang lengkap maka ucapan selamatnya bisa digabungkan antara harapan-harapan diri dengan harapan-harapan rumah tangga. Silahkan isi ucapan tersebut dengan istilah-istilah yang menjelaskan tentang rumah tangga, mahligai keluarga dan lain sebagainya. Ini contoh-contoh kalimatnya:

“Selamat menjalankan masa pensiun. Semoga keluarganya semakin harmonis ya kawan”
“Selamat menikmati hari-hari pensiun semoga waktumu lebih banyak untuk keluarga ya Ayah”

2.  Berisi Harapan Kesuksesan Secara Umum

Pada jenis ucapan semacam ini kata-kata yang disampaikan harus berisi pengharapan tentang kesuksesan secara umum. Maksudnya bukan hanya kesuksesan orang yang pensiun saja yang didoakan tetapi juga kesuksesan keluarganya.

Sebab bisa menjadi mungkin ketika sudah memasuki masa pensiun maka penghasilan akan mengalami perubahan. Bahkan ini bisa membuat kesuksesan yang ditata dari awal bisa rusak dengan cepat. Oleh sebab itu ucapan selamat semacam ini semata untuk mendoakan agar hal tersebut tidak menimpa keluarga dari orang yang sudah memasuki masa pensiun. Untuk melihat jenis ucapannya silakan cermati kalimat di bawah ini:

“Sekarang sudah tiba masa pensiun. Jadi semoga rumah tanggamu tetap dinaungi kesuksesan”
“Sekalipun sudah pensiun semoga rezeki tetap mengalir deras kepada kehidupan rumah tanggamu ya”

3. Berisi Apresiasi Perjuangan

Saat orang sudah pensiun biasanya sudah mengalami banyak hal. Bahkan terkadang saat masih aktif bekerja, penghasilan dari kerjanya itu sudah dikeluarkan untuk kesuksesan keluarga. Misalnya sudah berhasil mewariskan harta, memberikan  pekerjaan kepada saudara, menguliahkan anak sampai S2, membangun bisnis keluarga dan lain sebagainya.

Oleh karenanya itu bolehlah mengucapkan selamat purna tugas kepada seseorang yang sudah pensiun dengan mengaitkan kembali pada hal-hal yang sudah dicapainya saat masih bekerja. Untuk jenis contoh ucapannya silakan lihat kalimat berikut:

“Di hari yang kamu tunggu ini saya ucapkan semoga jerih payahmu benar-benar bermanfaat bagi kami ayah”

4. Terkait dengan Cita-Cita Keluarga yang Belum Tercapai

Nah jika masa pensiun sudah tiba maka bolehlah di dalam ucapan purna tugas diselipkan kata-kata agar cita-cita yang diimpikan tersebut bisa tercapai. Dengan adanya ucapan semacam ini diharapkan terselip juga doa sehingga keinginan ketika masih aktif kerja bisa diijabah. Untuk jenis ucapannya silakan lihat kalimat di bawah:

“Selamat menempuh purna tugas semoga cita-citamu membangun bisnis perusahaan tercapai ya”
“Nah sekarang kamu sudah memasuki masa pensiun. selamat ya Jadi sudah bisa dong membangun peternakan yang kamu cita-citakan dulu. Semoga sukses ya”

Terkadang ada orang yang ketika masih muda memiliki keinginan untuk membangun sesuatu ketika sudah tiba masa pensiun nanti. Seperti keinginan untuk membangun bisnis online, membangun perusahaan keluarga, berangkat umroh dan lain sebagainya.

Itulah beberapa ucapan selamat purna tugas pensiun yang bisa disampaikan kepada yang bersangkutan. Ucapan inilah yang sejatinya menjadi penyemangat serta menyenangkannya yang sudah memasuki masa tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: