Ucapan Selamat Hari Santri

3 min read

Ucapan Selamat Hari Santri

Ucapan Selamat Hari SantriSelain menggelar pawai, ucapan selamat hari santri nasional juga salah satu hal yang penting untuk diberikan kepada teman ataupun sekedar dijadikan status di sosial media. Berikut ini beberapa contoh kalimat selamat hari santri yang kamu share ke sosmed.

Peringatan ini jatuh pada tanggal 22 Oktober. Hari santri merupakan bentuk penghormatan kepada peran santri atas jasanya yang ikut berjuang untuk kemerdekaan dan kedaulatan Republik Indonesia.

Sejarah peringatan hari santri bermula saat resolusi jihad pada 22 Oktober 1945 yang dicetuskan oleh KH. Hasyim Asy’ari dengan tujuan mencegah tentara belanda yang ditumpangi NICA kembali ke Surabaya. Setiap tahunnya, pemerintah membuat logo dan tema yang berbeda untuk memperingati hari bersejarah ini.


Daftar isi Artikel

Ucapan Selamat Hari Santri Nasional Motivasi Untuk Teman Atau Sahabat

Selamat Hari Santri Nasional Motivasi Untuk Teman Atau Sahabat

Baca Juga: Ucapan Ulang Tahun Untuk Sahabat Bahasa Inggris

Kata-kata berikut ini akan memberikan motivasi terhadap para teman sesama santri agar terus berkarya dan tak lupa dengan jasa para ulama terdahulu saat membantu nusantara menghalau para penjajah. Ucapan ini juga menarik untuk diaplikasikan dalam kartu ucapan  yang desainnya bisa kamu buat sendiri. Kamu juga bisa memberikan kalimat selamat hari santri nasional tahun 20xx di setiap contoh ucapan bawah ini.

Menjadi santri bukanlah menjadi sok alim atau menjadi manusia yang tertutup. Tetapi merupakan langkah menjadi manusia yang meneladani Rasulullah.

Kalimat tersebut cukup mengena. Ya, dengan menjadi santri bukan berarti ingin menjadi sok alim dan ekslusif, tetapi merupakan upaya menjadi manusia yang senantiasa mengikuti nabi Muhammad dalam setiap tindakannya.

Ayo bersama wujudkan islam yang sejuk dan damai!

Kata-kata ini cukup singkat tetapi bermakna. Selain mengucapkan selamat, juga terdapat kalimat motivasi agar senantiasa bersama mewujudkan islam yang sejuk dan damai. Karena Islam datang dengan membawa kedamaian bagi seluruh alam.

Selamat memperingati hari santri. Semoga semangat pendahulu kita dalam memperjuangkan kemerdekaan senantiasa hadir dalam setiap diri para santri.

Contoh diatas merupakan salah satu ucapan hari santri yang bisa kamu pasang di status sosmed. Pada kalimat tersebut terkandung doa semoga para santri senantiasa memiliki motivasi dan semangat nasionalisme serta cinta NKRI seperti yang ada pada diri pendahulunya.

Selamat hari santri. Semoga jiwa religius dan nasionalisme kebangsaan kita selalu kuat.

Ucapan selamat hari santri diatas mencerminkan bahwa santri bukanlah orang yang hanya fokus pada kehidupan akhirat dan hanya memperdulikan agamanya saja. Tetapi, santri juga memiliki jiwa nasionalisme dan cinta terhadap negara. Bukan menjadi individu yang pasif terhadap keberadaan negara.

Berbekal niat suci nan baik, kulangkahkan kaki menuju gerbang pesantren. Doakan aku agar senantiasa rajin dan tangguh dalam menghadapi ujian kehidupan selama di pesantren. Selamat hari santri.

Selain memberikan kalimat ucapan memperingati hari santri, kamu juga meminta doa kepada setiap yang membaca agar senantiasa rajin dan kuat saat tinggal di pesantren. Hal ini demi kehidupan yang baik di dunia dan akhirat nanti.

Dari pesantren kami belajar banyak hal seperti kemandirian, pantang menyerah, dan saling mengasihi kepada sesama manusia dan mendekatkan diri pada Allah. Selamat hari santri.

Memberikan kalimat selamat memperingati hari santri bisa juga awali dengan pengalaman hidup yang didapat seperti contoh di atas. Dengan tinggal di pesantren, santri bisa lebih mandiri dan saling peduli terhadap sesamanya.


Ucapan Selamat Hari Santri Nasional Untuk Anak

Selamat Hari Santri Nasional Untuk Anak

Baca Juga: Ucapan Selamat Haji

Bagi orang tua, pasti cukup berat melepaskan anaknya belajar di pondok pesantren. Tetapi orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya. Dengan memberikan kesempatan anak menjadi santri, nantinya ia akan lebih mandiri dan lebih banyak belajar ilmu agama maupun dunia yang merupakan bekal yang penting untuk kehidupannya kelak.

Anakku, sudah berapa lama kau rela tak pulang demi mendapatkan ajaran dari para kyai. Nak, hari ini merupakan hari santri, semoga selalu menjadi kebanggan kedua orang tuamu.

Kalimat ini sangat baik diucapkan kepada sang anak saat hari santri tiba. Memberikan kalimat ucapan merupakan salah satu bentuk kepedulian orang tua saat anak jauh darinya.

Ditengah perkembangan zaman dan teknologi, kau rela mengabdikan diri untuk mendapatkan ilmu yang menjadi bekal akhreat. Selamat hari santri. Semoga selalu bahagia dan dalam lindungan Allah.

Sang anak pasti akan merasa gembira saat orang tua tidak lupa hari santri. Apalagi  jika memberikan ucapan selamat hari santri pada anaknya yang sedang menempuh pendidikan di pesantren.  Selain mengucapkan kalimat selamat memperingati hari yang bersejarah, sebagai orang tua juga tak lupa menyelipkan doa untuk kebaikan anaknya.

Nak, kami bangga padamu. Terus lah menjadi generasi yang berakhlak mulia dengan mengikuti jejak Rasulullah dan yang mampu bersaing ditegah perkembangan zaman.

Selain mengungkapkan rasa bangga karena memiliki anak seorang santri. Orang tua juga terus mendukung anak agar menjadi orang yang mulia dengan berkiblat pada Rasulullah serta menjadi pribadi yang bisa bersaing di zaman yang terus berkembang ini. Karena dalam menuntut ilmu haruslah seimbang dunia dan akhirat. Tidak hanya akhirat melulu atau sebaliknya.

Salah satu pintu yang akan membantu orang tua untuk menempati surgaNya yakni dengan mengaji. Tetap semangat ngajinya ya nak, karena hadiah terindah bagi kami bukanlah harta yang berlimpah, tetapi memiliki anak yang shaleh.

Kalimat tersebut merupakan bentuk dukungan kepada sang anak saat menempuh pendidikan di pondok pesantren. Anak akan sangat terharu membaca pesan demikian dari orang tuanya. Anak Pun akan merasa disupport sepenuhnya saat ia menjadi santri, karena bukan uang yang diinginkan orang tuanya, tetapi menjadi anak yang shaleh yang bisa membawa kedua orang tua menuju surga.

Selamat hari santri. Menjadi santri merupakan penerus bangsa yang tak hanya agamis tetapi juga intelektual. Dibalik bangsa yang besar, tentu ada campur tangan dan doa para santri. Sehat terus nak, kami selalu mendoakanmu.

Wah, sang anak pasti akan sangat terharu ternyata orang tuanya tidak lupa bahwa hari ini adalah hari santri. Selain memberikan ucapan selamat memperingati hari santri, nasehat juga tak luput diberikan. Sebagai orang tua juga tak lupa untuk menyematkan doa terbaik untuk anaknya yang sedang menempuh pendidikan di ponpes sebagai seorang santri.

Nah, itu dia beberapa contoh ucapan selamat hari santri nasional mulai dari contoh ucapan yang bisa diberikan kepada teman dan kalimat memperingati hari santri dari orang tua untuk anaknya yang sedang menempuh pendidikan di pondok pesantren.

Cukup menarik kan? Semoga contoh-contoh diatas bisa menjadi inspirasi bagi yang sedang mencari ucapan hari santri yang menarik dan berbeda dari biasanya. Semoga bermanfaat.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *