Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia

3 min read

Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia

Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan IndonesiaPada tahun 2020 ini, Indonesia akan merayakan hari kemerdekaan yang ke 75 tahun. 75 tahun bukanlah ukur yang sedikit, melainkan bisa dikatakan umur yang sudah cukup matang. Kalau tahun 2019 pemerintah Indonesia menggunakan logo SDM Unggul Indonesia Maju pada ucapan selamat hari kemerdekaan Indonesia.

Lalu bagaimana dengan tahun 2020? Bagi orang Indonesia, kemerdekaan adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh warga negara Indonesia. Tak jarang banyak warga negara Indonesia yang menantikan hari kemerdekaan.

Hari kemerdekaan Indonesia jatuh kepada tanggal 17 Agustus. Dengan memperingati hari kemerdekaan maka banyak sekali beberapa orang mengunggah beberapa ucapan kemerdekaan. Mulai dari ucapan selamat hari kemerdekaan Indonesia dalam bahasa Jawa, Sunda, Inggris serta beberapa bahasa lainnya.

Nah, untuk itu ada beberapa ucapan yang bisa kamu gunakan untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Lihat di bawah ini, ya!


1. Ucapan Yang Pertama Khusus Orang Indonesia

1. Ucapan Yang Pertama Khusus Orang Indonesia

Dalam merayakan ulang tahun negara kita, memang perlu sekali yang namanya ucapan. Ini dia ada ucapan yang pertama, bisa kamu gunakan. Terutama pada saat 17 Agustus nanti: 

“Berjuang itu bukan hanya tentang darah tetapi tentang membela negara Indonesia. Ini tentang Indonesia, bukan tentang beberapa daerah saja. Merdeka!”

Baca Juga: Ucapan Selamat Tidur


 2. Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia Terutama Para Rakyat

 2. Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia Terutama Para Rakyat

Berjuang adalah salah satu hal yang dilakukan oleh para pahlawan kita. Sepatutnya kita bangsa Indonesia juga harus memiliki niat untuk berjuang. Kamu bisa gunakan ucapan ini:

 “Perjuangan para pahlawan memang patut sekali mendapatkan apresiasi, tetapi bukan yang kamu lakukan adalah berdiam diri. Walaupun negara kita sudah merdeka tetapi tidak selayaknya kamu mulai membiarkan kerja keras pahlawan. Tetaplah mengenang mereka, para pahlawan – pahlawan yang sudah menghabiskan hidupnya demi kemerdekaan Indonesia. 

Merdeka bukan hanya untuk satu daerah, tetapi untuk NKRI kita. Hai pemuda dan pemudi Indonesia pada hari kemerdekaan ke 75 tahun ini. Diharapkan Indonesia akan menjadi negara yang lebih baik lagi daripada sebelumnya. Selamat hari kemerdekaan ke 75 tahun untuk negara kita, Indonesia, tetaplah berpartisipasi untuk negeri ini”.  


3. Ucapan Yang Untuk Lansia

3. Ucapan Yang Untuk Lansia

Usia memang bukan batasan berakhir suatu negara, seperti Indonesia. Indonesia memang sudah cukup tua, karena sudah banyak hal yang dilalui. Dan ada ucapan yang ketiga: 

“Saat ini usia negara kita, Indonesia memang sudah tak muda lagi tetapi satu hal yang harus kamu tahu. Merdeka bukan hanya sebatas mengibarkan bendera merah putih di suatu tempat, tetapi merdeka adalah bisa terlihat dari semangat pemuda pemudinya. Wahai pemuda pemudi, tetaplah berjuang demi Indonesia kita, tanah air kita. 

Berjuang memang butuh waktu yang lama tetapi inilah waktu yang kamu harapkan. Tetaplah mencintai Indonesia, walaupun seperti apa Indonesia kini dan nanti. Indonesia adalah tanah air kita tetaplah bangga pada Indonesia. Selamat hari kemerdekaan Republik Indonesia tetaplah jaya selama – lamanya.


4.  Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia Khusus Para Mahasiswa

4.  Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia Khusus Para Mahasiswa

Masa depan adalah sesuatu jangka waktu yang masih lama. Tetapi kalau bangsa Indonesia mampu untuk merubahnya. Kenapa tidak? Cuplikan ucapannya: 

“Indonesia masa depan tergantung dari kamu, pemuda pemudi Indonesia. Hanya kamu lah penerus bangsa Indonesia, tanpa adanya kamu bahkan Indonesia tidak akan bisa berkembang. Kalau kamu ingin Indonesia yang lebih baik maka berjuang lah demi Indonesia.

Berusaha lah sekuat yang kamu bisa karena takdir Indonesia bergantung pada kamu, para penerus bangsa kita. Di hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 tahun ini, lihatlah semangat yang membara dalam diri setiap pemuda pemudi. Selamat hari merdeka”.


5. Ucapan Hari Kemerdekaan Yang Untuk Penerus Bangsa

5. Ucapan Hari Kemerdekaan Yang Untuk Penerus Bangsa

Mencintai produk dalam negeri adalah hal yang harus dilakukan oleh pemuda pemudi. Bukan hanya mencintai, tetapi harus menggunakan produknya. Ada ucapannya ya: 

“Wahai pemuda pemudi Indonesia, sadarlah kalian Indonesia itu kaya. Lihatlah ke sekeliling kalian, banyak sekali hal yang kalian temui. Apakah kamu tidak ingin mengolah bahan bahan itu di negeri kita sendiri, tanah air kita. Tidak iri kah kalian, melihat banyak negara yang berlomba-lomba mendapatkan produk dalam negeri?

Wahai bangsa Indonesia, sedarlah kalian? Ini adalah negeri kita, bangsa kita, INDONESIA. Seharusnya kita lebih berjuang mempertahankan yang merupakan hak Indonesia. Bukan malah diberikan ke negara asing. MERDEKA! Selebar hari kemerdekaan RI!”.


6. Ucapan Kemerdekaan Indonesia Untuk Para Pejuang

6. Ucapan Kemerdekaan Indonesia Untuk Para Pejuang

Negeri yang pernah dijajah oleh beberapa negara kini sudah merdeka. Indonesia sudah berubah, lantas apakah mau tetap seperti ini. Tentu kamu menginginkan Indonesia yang lebih baik melalui ucapan ini: 

“Indonesia kini bukan Indonesia dahulu yang dijajah oleh penjajah, tetapi Indonesia kini harus tetap bertahan.Kemerdekaan hanyalah sebuah ikatan yang dilepas, tapi ikatan itulah yang menentukan Indonesia di masa mendatang. Demi Indonesia yang lebih baik lagi, tetaplah berjuang walaupun pahlawan telah tiada.

Tetaplah berjuang demi tanpa hal apapun, seperti pahlawan yang berjuang demi negara Indonesia. Bahkan darah dan nyawa pun ikut dikorbankan dalam membela kemerdekaan negara republik Indonesia. Tetaplah seperti ini Indonesia ku, MERDEKA! Selamat kemerdekaan Indonesia!”.


7. Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia Untuk Para Wanita

7. Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia Untuk Para Wanita

Kemerdekaan memang salah satu hal yang sudah diraih oleh bangsa Indonesia. Salah satunya adalah ucapan dalam bentuk pantun. Lihat, ya ucapan di bawah ini: 

“Bapak pergi ke kantor membawa pekerjaan Tidak lupa juga membawa gunting kuku Hari ini itu hari kemerdekaan Hari yang selalu ku tunggu Eh, sudah ada Bung Karno serta Bung Hatta Dua pahlawan proklamator bangsa H Kemerdekaan ini adalah hari yang indah Bahkan hari kemerdekaan tak pernah terlupakan oleh pemuda Indonesia”.

8. Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan Yang Guru 

8. Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan Yang Guru 

Banyak hal yang bisa dipelajari dari 17 Agustus. Salah satunya adalah tentang upacara yang pada dasarnya adalah hal yang sakral. Tentu tidak boleh disepelekan. Baca ucapannya: 

“17 Agustus adalah hari yang ditunggu-tunggu, ada banyak sekali rasa yang kamu rasakan. Mulai senang, sulit, kecewa, bahagia dan banyak lagi yang lainnya. Selalu ingat, upacara pengibaran bendera merah putih yang selalu diputar di televisi. Tak lupa mengikuti berbagai lomba kemerdekaan. Mulai dari memasukkan paku ke botol, membawa kelereng menggunakan sendok dan perlombaan lainnya.

Walaupun pahlawan telah berjuang, kita juga berhak berjuang demi negara kita. Kita itu sangat memimpikan melihat pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih”.

Baca Juga: Ucapan Selamat Dalam Bahasa Arab


9. Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan Untuk Pahlawan 

9. Ucapan Selamat Hari Kemerdekaan Untuk Pahlawan 

Warga negara Indonesia berhak berjuang demi negaranya sendiri, Indonesia. Terutama hal ini bisa kamu ungkapkan langsung sebagai suka cita untuk Indonesia.

 “Berjuang adalah hal yang bisa dilakukan oleh setiap saja khususnya bagi warga negara Indonesia. Berjuang itu tandanya kamu mulai mencintai Indonesia, bangga pada Indonesia. Kemerdekaan adalah aspirasi nyata dari berbagai masyarakat Indonesia. Ini harus dibuktikan bukan hanya Berkat dari perjuangan para pahlawan yang luar biasa membela Indonesia, Indonesia bisa merdeka sekarang.

Jika sedang bingung melihat ucapan hari kemerdekaan Indonesia maka kamu bisa simak beberapa ucapan di atas. Karena ada banyak sekali ucapan yang bisa kamu pilih, bahkan kalau beruntung kamu bisa gunakan ucapan yang kamu suka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *