Referensi Contoh Pidato tentang Pergaulan Bebas untuk Semua Kalangan

5 min read

Pidato Tentang Pergaulan Bebas

Pidato tentang Pergaulan BebasPergaulan bebas semakin banyak saja di tengah masyarakat. Bahkan pergaulan bebas ini sudah banyak dilakukan oleh para remaja terutama di kalangan para pelajar. Maka dari itu ada baiknya untuk mengingatkan dan memberikan sebuah edukasi melalui pidato tentang pergaulan bebas.

Pidato ini bisa dijadikan sebagai edukasi tentang resiko dari melakukan pergaulan bebas. Untuk itu alangkah baiknya untuk menyampaikan pidato ini di tengah-tengah masyarakat terutama para kaum muda atau remaja. Berikut beberapa contoh mengenai pidato tentang pergaulan bebas.


Pidato tentang Pergaulan Bebas untuk Remaja atau Lingkungan Sekolah

Pidato Tentang Pergaulan Bebas Untuk Remaja Atau Lingkungan Sekolah

Pidato tentang Pergaulan Bebas untuk Remaja atau Lingkungan Sekolah

Seperti yang sudah disinggung seperti diatas, bahwa pergaulan bebas ini banyak dilakukan oleh para kaum muda atau remaja. Maka dari itu ada baiknya untuk menyampaikan pidato ini dikalangan para remaja. Pidato ini diharapkan bisa menjadi peringatan dan edukasi mengenai resiko dari pergaulan bebas.

Buatlah pidato yang singkat namun jelas mengenai isinya. Karena kebanyakan remaja tidak suka mendengarkan pidato yang panjang, dan terkesan membosankan. Berikut contoh pidatonya.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati Bapak/ibu Kepala Sekolah, dan rekan-rekan guru sekalian, serta para siswa siswi yang saya banggakan. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji serta syukur kepada Tuhan, karena rahmat dan inayahnya kita bisa berdiri disini untuk bersama-sama mendengarkan pidato tentang pergaulan bebas.

Dan tidak lupa juga marilah kita sanjungan shalawat serta salam kepada junjungan kita semua yakni Nabi Muhamad SAW, keluarga, sahabat, dan para pengikutnya yang semoga kita termasuk di dalamnya. Berdirinya saya di sini untuk menyampaikan pidato tentang pergaulan bebas.

Seperti yang kita ketahui sekarang ini, bahwa pergaulan bebas semakin banyak dilakukan terutama oleh para pelajar seperti kalian ini. Tapi apakah kalian tahu bahaya di balik pergaulan bebas? Para remaja yang melakukan pergaulan bebas hanya tahu senang-senangnya saja, tanpa tahu bahaya dan resiko dibaliknya.

Itulah tujuan saya menyampaikan pidato ini, untuk mengingatkan betapa bahayanya pergaulan bebas itu. Ada banyak sekali bahaya yang disebabkan dari melakukan pergaulan bebas. Seperti kehamilan di luar nikah, penyakit menular, dan masih banyak lagi. Bahaya ini bisa memberikan dampak baik secara langsung maupun tidak.

Dampak yang paling jelas dari pergaulan bebas adalah hancurnya masa depan orang tersebut. Jika ada pelajar yang hamil di luar nikah dan harus bertanggung jawab, setelah itu mereka sudah pasti akan dikeluarkan dari sekolah. Lalu bagaimana ingin punya masa depan yang cemerlang jika sekolah saja tidak ditamatkan?

Untuk itu ada baiknya untuk berpikir lebih jauh lagi sebelum melakukan sebuah tindakan. Kepada anak-anak yang saya cintai ada banyak cara untuk menghindari pergaulan bebas ini, dengan memilih-milih teman dan pergaulan. Umur para remaja tentunya sudah bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

Saya harap anak-anak semua mau mengikuti nasihat saya untuk menjauhi pergaulan bebas. Buatlah prestasi sebanyak-banyaknya dan hindari pergaulan yang tidak baik. Dengan begitu masa depan akan cemerlang dan tentunya keluarga akan bangga.

Sekian pidato yang bisa saya berikan, kurang dan lebihnya mohon dimaafkan. Saya ucapkan banyak terima kasih untuk perhatiannya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Baca Juga: Pidato Tentang Narkoba 


Pidato tentang Pergaulan Bebas untuk Orang Tua

Pidato Tentang Pergaulan Bebas Untuk Orang Tua

Pidato tentang Pergaulan Bebas untuk Orang Tua

Ada baiknya untuk menyampaikan pidato ini kepada orang tua. Pidato ini bisa dijadikan sebagai media untuk mengedukasi para orang tua, sehingga orang tua bisa lebih memperhatikan lingkaran pergaulan anak-anak mereka.

Dengan begitu pergaulan bebas juga dapat dicegah. Para orang tua juga harus mengetahui bahaya dan resiko dari pergaulan bebas. Pidato ini bisa disampaikan di sekolah maupun di lingkungan sekitar. Berikut adalah contoh pidatonya.

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati para Bapak/ibu wali murid dan rekan-rekan sekalian yang hadir disini. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji serta syukur kepada Tuhan, karena rahmat dan inayahnya kita bisa hadir disini untuk bersama-sama mendengarkan pidato yang akan saya sampaikan.

Dan tidak lupa juga marilah kita sanjungan shalawat serta salam kepada junjungan kita semua yakni Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan para pengikutnya yang semoga kita termasuk di dalamnya. Hadirnya bapak/ibu sekalian di sini untuk mendengarkan sebuah pidato dari saya mengenai pergaulan bebas.

Seperti yang kita ketahui, bahwa pergaulan bebas semakin marak saat ini. Bahkan banyak yang melakukannya secara terang-terangan. Pergaulan bebas tidak hanya seks bebas saja. Mabuk-mabukkan, merokok di bawah umur, memakai narkoba juga termasuk ke dalam pergaulan bebas.

Ada baiknya sebagai orang tua untuk selalu mengawasi lingkaran pertemanan dan pergaulan anak. Terus berikan edukasi kepada anak mengenai bahaya pergaulan bebas. Selain itu orang tua juga harus memberikan contoh yang baik, agar bisa dijadikan sebagai contoh oleh anak-anaknya.

Orang tua diharapkan bisa mendidik anak-anaknya dengan benar sejak dini, agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas saat sudah dewasa nanti. Tidak hanya itu, sebagai orang tua juga harus memberikan perhatian yang cukup, agar sang anak tidak merasa kesepian dan tidak mencari kehidupan lain di luar sana (pergaulan bebas).

Itulah tadi pidato yang bisa saya sampaikan. Saya harap pidato ini tidak hanya sekedar untuk didengarkan saja. Tetapi bisa dijadikan sebagai saran atau masukkan kepada bapak/ibu untuk lebih memperhatikan pergaulan anak-anaknya agar tidak terjerumus ke dalam pergaulan bebas. Pergaulan bebas ini sudah dipastikan dapat merusak masa depan anak-anak kita.

Sekian pidato yang bisa saya berikan. Kurang dan lebihnya mohon dimaafkan, saya pamit undur diri. Saya ucapkan banyak terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.


Pidato tentang Pergaulan Bebas untuk Masyarakat Umum

Pidato Tentang Pergaulan Bebas Untuk Masyarakat Umum

Pidato tentang Pergaulan Bebas untuk Orang Tua

Selanjutnya pidato tentang pergaulan bebas ini bisa juga disampaikan di tengah-tengah masyarakat. Hal ini tentunya sangat berguna, agar banyak masyarakat yang mengetahui tentang bahaya pergaulan bebas. Selain itu agar masyarakat juga bisa saling membantu mencegah pergaulan bebas di lingkungan sekitarnya.

Seperti tidak mengijinkan anak-anak muda yang berkumpul, karena disitulah biasanya terjadi pergaulan bebas. Tidak menutup pergaulan bebas seperti mabuk-mabukkan atau menggunakan narkoba akan terjadi di dalamnya. Berikut adalah contoh pidatonya.

Assalamualaikum Wr. Wb

Yang saya hormati bapak/ibu dan saudara-saudara semua yang hadir disini. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji serta syukur kepada Tuhan, karena rahmat dan inayahnya kita bisa hadir disini untuk bersama-sama mendengarkan pidato yang akan saya sampaikan.

Dan tidak lupa juga marilah kita sanjungkan shalawat serta salam kepada junjungan kita semua yakni Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan para pengikutnya yang semoga kita termasuk di dalamnya. Berkumpulnya kita semua di sini untuk mendengarkan pidato yang akan saya berikan mengenai pergaulan bebas.

Tujuan saya menyampaikan pidato ini adalah untuk meningkatkan kesadaran warga-warga sekalian mengenai pergaulan bebas. Pergaulan bebas sangat mengkhawatirkan akhir-akhir ini. Untuk itu ada baiknya kita sebagai masyarakat untuk lebih memperhatikan hal ini.

Jika di lingkungan sekitar bapak/ibu ada anak-anak muda yang berkumpul alangkah baiknya untuk membubarkannya saja. Karena biasanya di dalamnya akan terjadi pergaulan bebas seperti mabuk-mabukkan atau menggunakan narkoba.

Selain itu berkumpul yang tidak ada tujuannya juga bisa memicu kejahatan lain. Seperti bentrok atau tawuran dengan perkumpulan anak-anak muda lainnya. Selain itu anak-anak muda tersebut bisa saja mencuri dan meresahkan warga sekitar.

Untuk itu ada baiknya warga-warga disini bisa lebih memperhatikan lingkungan sekitarnya, agar pergaulan bebas tidak terjadi disana. Saya harap agar warga-warga sekalian bisa menerapkan nasihat atau anjuran dari pidato yang saya sampaikan ini.

Saya akhiri pidato sampai disini. Maafkan bila ada kata-kata saya yang salah atau kurang mengenakan untuk warga sekalian. Saya ucapkan banyak terima kasih untuk semua perhatiannya.

Wassalamualaikum. Wr. Wb.

Baca Juga: Pidato Singkat


Pidato tentang Pergaulan Bebas di Tempat Ibadah

Pidato Tentang Pergaulan Bebas Di Tempat Ibadah

Pidato tentang Pergaulan Bebas untuk Orang Tua

Tidak ada salahnya untuk menyampaikan pidato ini di tempat-tempat ibadah. Karena pergaulan bebas ini juga menyangkut tentang agama. Jadi bisa dikaitkan antara agama dengan larangan pergaulan bebas. Berikut adalah contoh pidatonya.

Assalamualaikum. Wr. Wb.

Yang saya hormati jamaah-jamaah sekalian yang hadir disini. Pertama-tama marilah kita panjatkan puji serta syukur kepada Tuhan, karena rahmat dan inayahnya kita bisa hadir disini untuk bersama-sama mendengarkan ceramah sekaligus pidato yang akan saya sampaikan.

Dan tidak lupa juga marilah kita sanjungkan shalawat serta salam kepada junjungan kita semua yakni Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan para pengikutnya yang semoga kita termasuk di dalamnya. Di sini saya ingin menyampaikan ceramah dan pidato tentang pergaulan bebas.

Kenapa saya mengangkat tema tentang pergaulan bebas ini? Karena memang ada keterkaitan antara pergaulan bebas ini dengan agama. Sepertinya sudah banyak yang tahu bahwa pergaulan bebas sendiri dilarang oleh semua agama. Karena hal tersebut merupakan hal yang sesat dan melenceng dari ajaran agama.

Lalu apa hubungan antara pergaulan bebas dengan agama? Begini, jika seseorang memiliki keimanan dan taat kepada agamanya maka kemungkinan untuk terhindar dari pergaulan bebas sangatlah besar. Karena agama akan menjadi pelindung saat orang tersebut ingin melakukan pergaulan bebas.

Mereka akan mengingat larangan di dalam agamanya dan pasti tidak akan melakukan pergaulan bebas tersebut. Untuk itu ada baiknya untuk para jamaah disini menanamkan pelajaran keagamaan di dalam diri anaknya sejak masih kecil. Karena dengan begitu anak-anak akan tumbuh dengan nilai agama di dalam dirinya.

Dan dengan begitu pergaulan bebas pun dapat terhindarkan. Itulah kira-kira hubungan antara agama dan pergaulan bebas. Dengan nilai agama yang tertanam di dalam diri dengan baik, dapat menghindarkan seseorang dari melakukan pergaulan bebas.

Kira-kira itulah pidato yang dapat saya berikan. Saya harapkan para jamaah-jamaah disini bisa menerapkan hal ini kepada anak-anaknya, agar tidak terjerumus ke dalam lubang pergaulan bebas. Terima kasih atas perhatiannya, kurang dan lebihnya mohon dimaafkan.

Wassalamualaikum. Wr. Wb.

Itulah tadi contoh-contoh pidato tentang pergaulan bebas. Pidato-pidato ini bisa disampaikan untuk semua kalangan, mulai dari anak sekolahan hingga para orang tua. Diharapkan dengan menyampaikan pidato-pidato ini dapat mengurangi pergaulan bebas di Indonesia ini.

Jangan lupa untuk menambahkan pesan-pesan positif di dalam setiap pidato yang diberikan. Agar semakin banyak masyarakat yang menyetujui mengenai pidato yang disampaikan. Dan angka pergaulan bebas di Indonesia ini bisa semakin menurun. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat serta menjadi referensi untuk menyampaikan pidato tentang pergaulan bebas.

 

10 Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris Beserta Terjemahan

Pembukaan Pidato Bahasa Inggris – Pidato bahasa Inggris adalah salah satu kegiatan berbicara di depan umum untuk menginformasikan suatu hal dengan bahasa Inggris. Salah...
bikinartikel
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: