Contoh Teks Pidato Sumpah Pemuda untuk Membangkitkan Semangat

5 min read

Teks Pidato Sumpah Pemuda

Pidato Sumpah PemudaPidato sumpah pemuda sangat cocok ditujukan kepada anak muda Indonesia. Biasanya pidato ini akan disampaikan pada hari sumpah pemuda yaitu pada tanggal 28 Oktober. Dalam membuat pidato ini bukanlah suatu hal yang sangat sulit, yang terpenting disesuaikan dengan tujuan penyampaian dan audience. Untuk itu perlu diketahui tujuan penyampaian terlebih dahulu.

Apabila tujuan penyampaian pidato untuk membangkitkan semangat para pemuda pemudi Indonesia maka isi teks pidato berupa motivasi dan inspirasi. Isi teks pidato ini juga bisa berupa sejarah atau makna dari sumpah pemuda. Berikut ini merupakan beberapa contoh isi teks pidato sumpah pemuda yang menarik perhatian pendengar, mulai dari masyarakat umum hingga pemuda dan anak-anak.


1. Pidato Sumpah Pemuda untuk Masyarakat Umum

1. Pidato Sumpah Pemuda Untuk Masyarakat Umum

This is box title

Baca Juga: Pidato Hari Kesaktian Pancasila


2. Pidato Sumpah Pemuda untuk Mahasiswa

2. Pidato Sumpah Pemuda Untuk Mahasiswa

Pidato Sumpah Pemuda untuk Mahasiswa

Mahasiswa mempunyai peran penting bagi negara ini, untuk membawa perubahan besar yang lebih baik. Memberikan pidato sumpah pemuda untuk mahasiswa dapat menambah semangat, motivasi, serta inspirasi mereka dalam membangun negara ini. Berikut ini merupakan contoh pidato sumpah pemuda untuk para mahasiswa:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Salam sejahtera dan selamat pagi semuanya.

Salam mahasiswa!

Alhamdulillah hari ini kita masih diberi kesehatan oleh Tuhan Yang Maha Esa sehingga bisa berkumpul di acara yang baik ini. Selamat pagi! salam semangat untuk mahasiswa dan mahasiswi harapan bangsa. Teman-teman hari ini kita memperingati hari sumpah pemuda yang semoga bisa menambah semangat dan motivasi kita semua. Saya juga akan menyampaikan beberapa hal mengenai sumpah pemuda dalam pidato ini.

Teman-teman yang saya banggakan,

Dahulu para pemuda dan pemudi menggencarkan proklamasi untuk segera di proses, hingga terjadinya insiden Rengasdengklok. Dahulu para mahasiswa yang memiliki jiwa muda menginisiasi kongres pemuda. Hari ini adalah bagian kita semua yang termasuk pemuda harapan bangsa, mahasiswa, untuk melakukan perubahan besar.

Teman-teman yang saya banggakan,

Mahasiswa merupakan agent of Change yang memiliki tanggung jawab besar terhadap perubahan bangsa. Di mana mahasiswa mampu melakukan gerakan yang bisa ditegakkan, direbut, bahkan dimainkan. Indonesia tidak akan mengalami perubahan yang baik tanpa adanya kontribusi dari mahasiswa.

Namun saat ini pergerakan mahasiswa sudah mengalami banyak perubahan. Dimana gerakan mahasiswa harus di revolusi yang sesuai dengan zaman, teknologi, serta budaya masa kini. Serta mental yang dimiliki mahasiswa juga harus direvolusi agar tidak selalu terjebak dalam kejayaan yang lama.

Dahulu, para pemuda Indonesia menjadi pejuang menggunakan senjata untuk melawan para penjajah negara kita. Sekarang  sudah saatnya kita melanjutkan perjuangan mereka dengan menjaga kemerdekaan ini serta mengangkat derajat negara Indonesia dimata dunia, melalui karya, prestasi, dan lainnya.

Teman-teman yang saya banggakan,

Saat ini kita sudah memasuki zaman modern, namun kita juga tidak boleh melupakan makna perjuangan yang dituangkan dalam isi teks 3 sumpah pemuda. Oleh sebab itu, marilah kita sama-sama bersatu untuk melanjutkan perjuangan dengan baik untuk negara. Mulai saat ini tanamkan rasa persatuan untuk mencapai tujuan yang sama. Karena kalau bukan kita, siapa lagi?

Saya akhiri pidato yang saya sampaikan di hari sumpah pemuda ini. Semoga pidato saya memberikan pesan semangat untuk kita semua dalam menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

Semoga kita bisa sama-sama membangun negara Indonesia. Mohon maaf apabila saya salah dalam berkata. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


3. Pidato Sumpah Pemuda untuk Pelajar SMP dan SMA

Contoh Pidato Singkat

Pidato Sumpah Pemuda untuk Pelajar SMP dan SMA

Makna sumpah pemuda juga harus diberitahu kepada para pelajar tingkat SMP dan SMA. Hal tersebut guna menanamkan rasa nasionalisme dan patriotisme pada negara. Berilah pidato yang motivatif dan menarik untuk didengar. Di bawah ini merupakan contoh pidato sumpah pemuda untuk pelajar SMP dan SMA, yaitu:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Selamat pagi anak-anak dan Bapak Ibu yang saya hormati.

Marilah bersama-sama kita panjatkan puja dan puji syukur atas nikmat yang telah Allah SWT berikan. Tak lupa juga untuk bershalawat kepada nabi Muhammad SAW yang telah berjuang menebar keislaman dan kebaikan.

Yang terhormat Bapak Ibu guru, serta murid-murid yang saya cintai.

Pada hari yang cerah ini, saya akan sedikit menyampaikan mengenai perjuangan yang dilakukan oleh para pemuda Indonesia dahulu dalam memperjuangkan kemerdekaannya dari tangan penjajah. Tepatnya pada tahun 1928 tanggal 28 Oktober yang merupakan hari sumpah pemuda.

Anak-anak yang saya cintai,

Dahulu, negara ini tidak disebut dengan negara Indonesia, melainkan dengan sebutan nama suku seperti Jawa, Madura, Sunda, Bugis, Batak dan suku lainnya. Namun, pada akhirnya suku-suku tersebut bersatu menghilangkan rasa gengsi serta menerima perbedaan untuk satu tujuan. Tujuan apakah itu? Ada yang tahu? Yaitu tujuan untuk mengusir penjajah Belanda dari wilayah Indonesia.

Anak-anak yang saya cintai,

Sayangnya pada saat ini, toleransi dan sikap saling menerima perbedaan sudah mulai luntur dari kalangan pemuda pemudi Indonesia. Hal tersebut dapat terlihat dari kasus banyaknya penghinaan karena perbedaan agama, pandangan politik, suku, dan budaya. Pada akhirnya, sikap tersebut membuat mereka sibuk berdebat dan melupakan persatuan Indonesia. padahal Indonesia sendiri memiliki masalah penting yang bisa diselesaikan dengan persatuan.

Oleh sebab itu, sebagai para remaja yang terdidik dan menjadi generasi harapan bangsa, kita semua harus bersatu untuk mewujudkan tujuan Indonesia. Kita semua harus berusaha menyingkirkan rasa ego, gengsi, serta sombong dalam diri, untuk menciptakan rasa toleransi, kerukunan, dan hidup berdampingan dengan damai.

Jadikanlah perbedaan di Indonesia suatu hal yang indah dan bisa dibanggakan. Jangan sampai perbedaan budaya, suku, ras, dan agama memecah belah persatuan Indonesia dan menghalangi kita untuk menjadi manusia unggul. Marilah kita sama-sama mengingat dan merenungi filosofi gerakan sumpah pemuda yang telah dibentuk secara mati-matian oleh para pejuang kita terdahulu.

Sebagai seorang pelajar, tugas kita saat ini adalah belajar dengan baik dan menjadi generasi unggul. Sehingga kalian bisa mengharumkan nama Indonesia kelak. Jangan lupa untuk selalu semangat dan disiplin. Demikian pidato yang bisa saya sampaikan pada pagi hari ini mengenai sumpah pemuda. Semoga kalian bisa menjadi generasi yang sukses, unggul, dan berkarakter. Semangat! Dan saya ucapkan selamat hari sumpah pemuda.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Baca Juga: Pidato Perpisahan Kelas 9


4. Pidato Sumpah Pemuda bertema Peran Pemuda

4. Pidato Sumpah Pemuda Bertema Peran Pemuda

Pidato Sumpah Pemuda untuk Pelajar SMP dan SMA

Pemuda memiliki peran penting untuk bangsa dan negara. Hal ini juga merupakan salah satu makna dari isi sumpah pemuda. Ini merupakan contoh pidato sumpah pemuda bertema peran pemuda, yaitu:

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang pertama saya mengucapkan syukur kepada Allah SWT karena telah memberikan nikmat serta karunia-Nya yang begitu banyak. Tidak lupa juga untuk selalu bershalawat kepada Baginda Nabi Muhammad SAW Suri tauladan umat.

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Untuk mengenang kembali hari sumpah pemuda marilah kita merenungkan diri, Apakah kita sudah berkontribusi dengan baik untuk negara ini? Apakah kita memiliki semangat kebangsaan yang tinggi? Dan Apakah negara ini sudah sangat kokoh serta kuat?

Hadirin sekalian, sebagai pemuda pemudi bangsa serta yang memiliki jiwa muda sudah sepatutnya kita bersatu membangkitkan bangsa. Hal ini sesuai dengan filosofi sumpah pemuda yang merupakan perjuangan dari para pemuda demi persatuan Indonesia.

Namun sayangnya, para pemudi dan pemuda Indonesia kurang memiliki jiwa pejuang dan rasa nasionalisme serta patriotisme. Hal ini dapat dibuktikan dari banyaknya kasus kenakalan dan kriminal yang dilakukan oleh para pemuda. padahal para pemuda ini memiliki peran yang penting bagi bangsa dan negara.

Teman-teman seperjuangan, alangkah baiknya kita mengikuti jejak pemuda terdahulu yang membela negara Indonesia mati-matian. Mereka rela mengorbankan waktu, tenaga, pikiran bahkan nyawanya demi kemerdekaan. Meskipun saat ini negara Indonesia sudah merdeka, Namun perjuangan tidak boleh berhenti. Kita perlu gencarkan kembali semangat anak muda untuk membangun negara Indonesia menjadi lebih baik lagi.

Mulai dari sekarang, kita harus bisa memilih lingkungan dan pergaulan yang positif agar tidak terjerumus dengan kegiatan yang negatif dan merusak diri. Serta mulai membangun relasi dengan orang-orang yang membawa pengaruh baik.

Demikian pidato yang saya bawakan hari ini. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tentunya dalam membawakan pidato tidak bisa sembarangan. Terlebih lagi jika pidato yang dibawakan itu tidak jelas maknanya seperti apa. Untuk itu, memang diperlukan kemampuan berbicara di depan orang banyak saat ingin melakukan pidato. Kemampuan berbicara ini biasa disebut dengan publik speaking.

Itulah 4 contoh teks pidato sumpah pemuda yang bisa dibawakan untuk membangkitkan semangat para pemuda. Pastikan isi pidato tersebut disesuaikan dengan target pendengar, agar mudah dipahami. Kreasikan isi teks pidato tersebut dengan isu-isu yang terjadi. Jangan lupa untuk menyisipkan pesan moral dalam isi teks pidato tersebut.

10 Contoh Pembukaan Pidato Bahasa Inggris Beserta Terjemahan

Pembukaan Pidato Bahasa Inggris – Pidato bahasa Inggris adalah salah satu kegiatan berbicara di depan umum untuk menginformasikan suatu hal dengan bahasa Inggris. Salah...
bikinartikel
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: